News
Batal
KATEGORI
link has been copied
99
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eda54507e3a725159515775/mengapa-resah-dengan-alkitab-bahasa-minang
Sejarah Minangkabau adalah sejarah kemenangan. Sejarah penuh percaya diri. Yang lebih penting lagi kemenangan itu berasal dari kecerdikan. Menurut etimologi yang bersumber dari legenda, Minangkabau berasal dari dua kata: minang dan kabau. Minang dari manang artinya menang dan kabau artinya kerbau. Menang dalam pertandingan kerbau yang menyelamatkan tanah Minangkabau dari serbuan orang luar. Daripa
Lapor Hansip
05-06-2020 21:18

Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?

Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?

Sejarah Minangkabau adalah sejarah kemenangan. Sejarah penuh percaya diri. Yang lebih penting lagi kemenangan itu berasal dari kecerdikan.

Menurut etimologi yang bersumber dari legenda, Minangkabau berasal dari dua kata: minang dan kabau. Minang dari manang artinya menang dan kabau artinya kerbau. Menang dalam pertandingan kerbau yang menyelamatkan tanah Minangkabau dari serbuan orang luar. Daripada terjadi pertumpahan darah, lebih baik mengadu kerbau.

Pihak luar (konon disebut Majapahit) memilih kerbau yang besar dan tegap. Sementara orang-orang Minangkabau malah melepaskan anak kerbau yang masih menyusu tapi membekali kepalanya dengan senjata.

Kerbau besar merasa tak terancam. Sedangkan anak kerbau langsung menyusup ke bagian perut untuk mencari puting susu. Kepalanya yang dipasang ‘tanduk pisau’ menusuk perut dan mencabik-cabik perut kerbau besar. Masyarakat lokal menang melalui pertandingan kerbau. Disebutlah Minangkabau. Ornamen dan arsitektur gaya tanduk kerbau pun menjadi ciri khas budaya Minang sampai saat ini.

Yang menarik dari legenda tadi adalah pesannya: kemenangan melalui kecerdikan. Kemenangan tak ditentukan dengan kebesaran, bukan pula dengan emosi kemarahan, bukan dengan logika kekuatan tapi dengan kekuatan logika, ketenangan, percaya diri sehingga merangkai strategi yang cerdik dan jitu.

Kaum cerdik pandai dari Minangkabau sangat banyak menjadi pendiri bangsa dan Republik Indonesia, dari politisi, ulama, sastrawan, seniman, musisi, akademisi, diplomat, wartawan, sejarahwan atau sebut saja apa profesinya, kita bisa menyebut ada orang Minangnya. Mau aliran nasionalis, sosialis, islamis, hingga yang komunis. Hatta, Sjahrir, Agus Salim, Yamin, Tan Malaka, Rasuna Said, Ruhana Kudus, Hamka, Natsir, Chairil Anwar, Rahma El Yanusiyah, Usmar Ismail, dan masih banyak lainnya.

Tokoh-tokoh ini dikenal karena cerdik pandai, intelektualitasnya dan keterbukaanya. Mereka terbuka karena percaya diri. Menutup diri ciri khas rendah diri. Intelektualitas, keterbukaan dan perantuan. Menjadi ciri khas sejarah masyarakat Minang.

Dari sisi ekonomi juga tak perlu diragukan lagi. Rumah Makan Padang membentang dari Sabang sampai Papua. Ulet, kerja keras dan menang melalui kecerdikan.

Tapi tiba-tiba Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayito mengirim surat ke Menkoinfo agar mencopot aplikasi alkitab dalam bahasa Minangkabau. Langkah ini lebih dibaca sebagai ketakutan pada sebuah aplikasi, yang langsung terkenal gara-gara Irwan Prayitno ‘merusuhinya’.

Ada teman saya yang sinis berkomentar seperti ini: “Minangkabau dikuasai Belanda melahirkan kaum cerdik pandai, tapi dikuasai PKS malah melahirkan sosok seperti Irwan Prayitno”. Saya memahami kesinisannya sebagai protes. Dia mungkin geram.

Kalau bagi saya langkah Irwan Prayitno itu sebagai langkah politik SARA dalam konteks Pilkada. Karena kalau kita bercermin dari sejarah dan masyarat Minang yang penuh percaya diri dan terbuka, langkah Irwan Prayitno tak menemukan relevansinya.

Takut pada Alkitab bahasa Minang, sementara Alkitab dalam bahasa Arab pun sudah umum di kalangan umat Kristen di Timur Tengah. Padahal dalam umum, bahasa Arab sering dipahami dan diidentikkan dengan Islam, tapi tak ada protes masyarakat Arab yang muslim atas Alkitab dalam bahasa Arab.

Ideologi Irwan Prayitno sepertinya diimpor dari negeri jiran, di mana orang Kristen dilarang menyebut tuhan mereka dengan sebutan Allah. Ini aneh dan lucu. Karena dalam Alkitab bahasa Arab pun nama Allah digunakan. Atau dalam Al-Quran sendiri, nama Allah sudah dikenal sebagai Pencipta Langit dan Bumi sebelum Islam (QS Az Zumar: 38). Kok tiba-tiba atas nama Islam mau memonopoli nama Allah?

Padahal terkait aplikasi Alkitab dalam bahasa Minang kalau tidak butuh tidak perlu diunduh. Sesederhana itu. Kecuali kalau ada fenomena masyarakat Minang dipaksa mengunduh aplikasi itu. Boleh protes. Boleh melawan. Boleh bereaksi.

Play store itu seperti hidangan di Rumah Makan Padang. Semua makanan dari menu yang ada dikeluarkan, tapi tidak semua harus dimakan! Tergantung selera. Jangan menyalahkan yang menyajikan. Kalau cuma mau satu menu, ya duduk saja di warung pecel lele, jangan masuk ke Rumah Makan Padang.

Jadi Alkitab bahasa Minang ini masalah sederhana, kalau tak butuh tidak usah diunduh. Orang awak tak dipaksa. Kecuali Irwan Prayitno mau memainkan isu politik SARA, maka langkah Irwan Prayitno berpotensi bisa merusak toleransi dan kerukunan umat beragama. Menjadi ancaman bagi Bhinneka Tunggal Ika.

Mohamad Guntur Romli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:25


Jadi teringat sebuah pantun nasehat dari ranah minang emoticon-Kaskus Lovers

"adat basandi syarak...syarak basandi kitabuloh..

"bodat hobby pake aps kafir ampe berak..abis berak2 trus emang masalah buat loh...??" emoticon-Kagets emoticon-kisssing
Diubah oleh MahoImperator
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 16 balasan
Memuat data ..
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:27
Kalo Alkitab tidak.boleh masuk ranah minang karena corak budaya islam.
berarti kalo gubernur Bali dan Papua boleh juga memuat peraturan melarang peredaran Alquran di Bali dan Papua, karena tidak sesuai dengan corak budaya hindu dan kristen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 33 balasan
Memuat data ..
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:31
Gw cuma tau malin kundangemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:31
Indon uclim ngen tot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:32
Parno kaga jelas nih gubernur kadrun didikan pks ..mungkin harus pakai bahasa arap kali ya alkitab biar halal dan barokah.
Diubah oleh rabelkonon15
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:37
tau heran aje ama orang2 pemilik kapling surga....ampe salib kuburan aje di jogja jadi korban.....kadrun ohhhh kadrun iman lo iman pemaksaan kehendak dan rusuh aje..emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:37
percuma ribut skr,aplikasinya da gak ada,yang ributnya telat gini cuma nyari pamor doangemoticon-fuck
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:48
Agamaku, agamaku.

Agamamu, urusanku.


Ttd,

Kadrun

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:52
Karena yang resah imannya setipis kaleng kong guan dan sama sekali gak percaya sama agamanya bisa melindungi dia emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:52
Aneh.
Biarin aja.
Spy keliatan kitab yg benar yg mana
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan bajier memberi reputasi
2 0
2
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:55
Ini gubernur.
Harus berdiri di bawah pancasila.
Bukan berdiri di bawah quran.

Beda kalo marbot masjid
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 21:58
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 22:16
lumayan trending di forum sebelah. ane kira apaan.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan tedd1s memberi reputasi
2 0
2
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 22:16
pake playstore aja kalian harus nya gak boleh, itu budaya kafir... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 22:21
Konon katanya (partai) allah adalah pencipta langit dan bumi.

Tapi umatnya takut ama aplikasi, dan yang menghapusnya harus orang lain emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 22:25
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 22:27
gubernur ga jelas program kerjanya
biar kelihatan kerja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 22:44
Gak belajar sama aceh yang dihajar dengan tsunami yah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 22:52
Blunder yg akan jadi sejarah perpolitikan indonesia dan akan diingat sepanjang masa.

Pelajaran buat kita semua utk berhati2 dlm bertindak, apalagi jika sudah punya kekuasaan besar.

Pikirkan dahulu dampak dan akibat nya utk jangka panjang nya.


Seperti ingat panci ingat si....
Ingat USB ingat si...
Dan lain lain...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Mengapa Resah dengan Alkitab Bahasa Minang?
05-06-2020 22:53
Takut keabisa downline kali gan.. biasa agama2 mlm..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia