Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eda3261b8408802b458b373/memasuki-masa-transisi-tanpa-tenggat
Sumber pict : Google Pemerintah DKI Jakarta menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi sebagai fase peralihan menuju pemulihan kondisi yang mereka sebut masa aman dan produktif. Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan mengatakan PSBB transisi akan berlangsung tanpa batas waktu atau hingga data penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menunjukkan angka nol. “Jangan ang
Lapor Hansip
05-06-2020 18:54

MEMASUKI MASA TRANSISI TANPA TENGGAT

MEMASUKI MASA TRANSISI TANPA TENGGAT
Sumber pict : Google

Pemerintah DKI Jakarta menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi sebagai fase peralihan menuju pemulihan kondisi yang mereka sebut masa aman dan produktif. Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan mengatakan PSBB transisi akan berlangsung tanpa batas waktu atau hingga data penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menunjukkan angka nol.

“Jangan anggap (penanganan Covid-19) di Jakarta sudah selesai. Belum. Ini masa transisi,” kata Anies di balai kota, kemarin. Dia meminta warga tetap menegakkan protokol kesehatan. "Jangan sampai kondisi Jakarta kembali ke awal.”

Pembatasan sosial transisi ditetapkan setelah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta dan tim Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mencatat penurunan angka reproduksi (Rt) virus corona di Ibu Kota yang konstan di 0,99 selama bulan ini. Angka itu turun dari kisaran 4 pada Maret lalu,  membaik jadi 1,09 pada pertengahan bulan lalu. Rt 4 berarti satu pasien menularkan virus corona ke empat orang lain.

Indikator perbaikan lain ada di pertambahan kasus positif dan kematian akibat Covid-19 yang cenderung melandai dan menurun dibanding data nasional. Padahal, pada Maret dan April lalu, DKI Jakarta adalah wilayah zona merah yang mendominasi kasus positif dan kematian. 
 

Menurut Anies, selama PSBB transisi, DKI akan melonggarkan pembatasan di sejumlah kegiatan dan fasilitas umum secara bertahap. Awalnya, warga diizinkan kembali bersembahyang di rumah ibadah mulai hari ini, termasuk salat Jumat dan misa mingguan. Hanya, kegiatan keagamaan yang membentuk kerumunan di luar ibadah rutin masih dilarang.

Di Fase I, secara bertahap DKI juga memperbolehkan pengoperasian perkantoran, kegiatan industri, usaha kecil, mal, restoran, dan taman. Paling akhir di fase ini, taman hiburan dan kebun binatang akan kembali buka pada 20 Juni mendatang. Penerapan pelonggaran awal ini akan dievaluasi pada akhir bulan.

Meski namanya pelonggaran, Anies menegaskan, setiap warga tetap terikat pada protokol kesehatan, termasuk kewajiban bermasker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan etika bersin. Fasilitas umum pun kudu menjalankan penyemprotan disinfektan secara berkala, menggelar pemeriksaan suhu tubuh, menyediakan sarana cuci tangan, dan memiliki klinik atau rumah sakit rujukan. “Kalau terjadi lonjakan kasus, kami akan menghentikan semua pelonggaran sewaktu-waktu. Semua kembali diketatkan,” ujar Anies.

Selama PSBB transisi, DKI masih mengharamkan aktivitas dan kegiatan di sejumlah sektor yang dinilai minim manfaat bagi masyarakat luas. Larangan itu di antaranya resepsi perkimpoian, perayaan sunatan, acara di gedung serbaguna, bioskop, karaoke, hiburan malam, dan salon kecantikan. Pemerintah provinsi juga masih mewajibkan sekolah menjalankan pembelajaran jarak jauh.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jakarta, Mujiyono, mengapresiasi keputusan DKI untuk memulihkan jam operasional dan jumlah armada angkutan umum massal. Akan tetapi, kata dia, pengawasan di sarana transportasi umum harus mendapat porsi perhatian besar karena sektor itu rawan menjadi lokasi penularan virus corona. "Jumlah penumpang pasti membeludak, penerapan protokol kesehatan harus diawasi betul," kata politikus Partai Demokrat itu.

Wakil Ketua DPRD Zita Anjani meminta Pemprov DKI mulai memikirkan strategi pemulihan ekonomi sembari memastikan pengelola fasilitas umum menjalankan protokol kesehatan. “Sekarang sudah waktunya semua diselamatkan, bukan hanya kesehatan,” ujar politikus Partai Amanat Nasional ini.


Sumber :
https://koran.tempo.co/amp/berita-utama




0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia