Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
13
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eda0ae288b3cb0d45073920/haruskah-panik-ketika-anak-telat-bicara
Si kecil belum lancar juga berbicara. Dibandingkan teman seumurannya, kamu menyadari bahwa kemampuan berkata-katanya sepertinya masih kurang. Haruskah panik ketika anak telat bicara? Berikut penjelasan dan apa yang bisa kamu lakukan ketika anak telat bicara. Kapan Orangtua Perlu Khawatir?
Lapor Hansip
05-06-2020 16:05

Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?

Past Hot Thread
Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?


Si kecil belum lancar juga berbicara. Dibandingkan teman seumurannya, kamu menyadari bahwa kemampuan berkata-katanya sepertinya masih kurang. Haruskah panik ketika anak telat bicara? Berikut penjelasan dan apa yang bisa kamu lakukan ketika anak telat bicara.

Kapan Orangtua Perlu Khawatir?

Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?

Foto: www.istockphoto.com 



Menurut psikolog, Susanthi Pradini, M.Psi, secara umum, anak dapat mengucapkan kata pertamanya di sekitar usia 1 hingga 1,5 tahun. Setelah itu, perkembangan bahasa anak berkembang pesat karena anak sebenarnya sudah memahami kata-kata dalam bahasa ibunya jauh sebelum ia dapat mengucapkannya.

“Di usia 2–3 tahun anak sudah dapat menyusun kalimat berisi satu hingga dua kata seperti ‘ibu minum’ atau ‘makan roti’ meskipun artikulasinya belum terlalu jelas,” ucapnya.

Orangtua perlu khawatir jika, “hingga usia 3 tahun anak belum menunjukan tanda-tanda mengucapkan kata yang dapat dimengerti oleh orang di sekitarnya dan hanya menunjuk sesuatu yang diinginkannya.”

Hal praktis yang bisa kamu terapkan adalah, dengan “mengecek melalui milestones perkembangan bahasa anak yang tersedia di kartu kembangAaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaasaaaa anak yang diterbitkan BKKBN,” saran psikolog anak dan remaja ini. “Jika anak ibu secara konsisten berada di bawah rentang normal selama 2 tahun berturut-turut ibu, maka mulai perlu memeriksakan anak ibu kepada dokter atau psikolog.”




Bagaimana Mengenali Anak Telat Bicara?

Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?

Foto: www.shutterstock.com


Perlu diketahui bahwa keterlambatan bicara bisa jadi merupakan gejala dari gangguan perkembangan tertentu. Untuk mengetahui apakah keterlambatan bicara yang dialami oleh anak merupakan gejala dari gangguan perkembangan atau disebabkan oleh kurangnya stimulasi dari pengasuh maka diperlukan “serangkaian pemeriksaan yang dilakukan oleh professional,” papar Susanthi.

Pada LIMONE, Susanthi menyebutkan keterlambatan bicara dapat dideteksi dimulai dari usia 3 tahun. Dengan tanda-tanda berikut.

-Anak belum menunjukan tanda-tanda dapat mengucapkan kata pertama yang dapat dimengerti hingga ulang tahunnya yang kedua.

-Anak jarang mengeluarkan suara/bicara dan lebih banyak menunjuk sesuatu yang diinginkannya hingga usia 2 tahun.


-Anak tampak kesulitan mengulangi kata yang diucapkan oleh orangtua


-Anak memiliki kosakata yang sedikit dan masih banyak kata-kata yang sulit dimengerti oleh orang lain selain ibu, hingga ulang tahunnya yang ketiga.


-Setelah dicek dengan batuan tabel kartu kembang anak, anak secara konsisten berada di bawah kurva normal pada aspek bahasa.



Apa Penyebab Anak Telat Bicara?

Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?

Foto: www.shutterstock.com


Secara umum, anak terlambat bicara bisa dipengaruhi berbagai faktor. LIMONE menanyakan beberapa hal yang sering menjadi kekhawatiran para orangtua.

Makanan: apakah mempengaruhi kemampuan anak berbicara?

Menurut, Susanthi, beberapa ahli berpendapat bahwa tekstur makanan akan berpengaruh terhadap kemampuan bicara anak. Berbicara melibatkan organ mulut, lidah, dan tenggorokan untuk dapat menghasilkan bunyi yang menjadi salah satu aspek dari bahasa. Oleh karena itu, kematangan organ mulut juga menjadi salah satu penentu keterampilan berbicara pada anak.

“Inilah sebabnya tekstur makanan anak secara bertahap perlu ditingkatkan dari usia bayi agar organ mulut anak semakin kuat dan terlatih. Namun demikian, pendapat ini masih perlu dikaji dan diteliti lebih lanjut,” ujar Susanthi.

Pola asuh: apakah berkontribusi?

Pola asuh orangtua tak hanya berperan menentukan kepribadian anak, juga sangat berpengaruh terhadap anak alami keterlambatan bicara. Susanthi berpendapat bahwa tentu saja perkembangan anak selalui dipengaruhi oleh faktor genetis (nature) dan lingkungan (nurture). Begitu pula dengan perkembangan bahasa, dan kemampuan berbicara adalah bagian dari perkembangan bahasa anak.

“Anak belajar bicara dari interaksi yang dilakukan dengan lingkungan sekitarnya,” ungkap Susanthi. “Untuk anak usia dini, lingkungan terkecil dan dominan ada pada orangtuanya, termasuk di dalamnya bagaimana cara orangtua berkomunikasi dengan anak dan pola asuh yang diberikan orangtua kepada anak.”

Faktor keturunan dan genetik: apakah ada hubungannya?

Seringkali berkembang pendapat di masyarakat, jika salah satu orangtua dari anak terlambat bicara maka anaknya pun terlambat bicara. Dan hal ini yang dikatakan sebagai genetik atau keturunan. “Pendapat ini tidak sepenuhnya salah. Namun, yang dimaksud dengan genetik atau keturunan adalah adanya kondisi gen tertentu yang diwariskan kepada keturunannya,” imbuhnya.


Susanthi menerangkan lebih lanjut, “biasanya ini terkait dengan gangguan perkembangan yang dijelaskan sebelumnya.”

Gadget: apakah berpengaruh?

Aha! Kamu pasti penasaran dengan hal ini, apalagi generasi sekarang disebut sebagai ‘digital generation‘.

“Ada, seperti yang kita ketahui gawai (gadget) diciptakan untuk memudahkan hidup manusia,” terang Susanthi.

Menurutnya, penggunaan gawai dapat berpengaruh positif atau negatif terhadap kemampuan bicara anak tergantung cara penggunaan gawai tersebut oleh pengasuh kepada anak. “Hal ini akan bergantung pada apa yang dilakukan anak dengan gawainya. Apakah ia didampingi atau tidak ketika bermain dengan gawainya,” jelasnya.

Kunci utama dalam keterampilan bicara anak adalah interaksi antara pengasuh dengan anak,” Susanthi menuturkan. “Semakin banyak anak diberi kesempatan untuk mengungkapkan keinginan dan pendapatnya dengan bahasa, semakin baik keterampilan bicara pada anak.”


Lalu, Apa Dampaknya Bila Anak Telat Bicara?

Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?


Foto: www.shutterstock.com

Susanthi berpesan bahwa salah satu dampak dari keterlambatan bicara dapat menjalar ke area sosio-emosi anak. Pasalnya, salah satu fungsi bahasa adalah komunikasi dengan lingkungan di sekitarnya


“Ketika anak memiliki kesulitan untuk mengungkapkan keinginan dan pendapatnya kepada lingkungan atau lingkungan sulit mengerti maksud dari keinginan anak, maka terjadi ketidakseimbangan yang mendorong munculnya masalah,” tambahnya.

Untuk dampak jangka panjangnya, “anak menjadi cenderung pendiam atau tampak seperti pemarah karena merasa tidak dimengerti oleh lingkungannya. Bahkan kebalikannya, lingkungan yang menjauh karena merasa tidak mengerti maksud anak.”

Agar tidak terpengaruh pada kemampuannya di sekolah, Susanthi menyarankan agar lingkungan termasuk orangtua harus mendukung perkembangan anak.

“Setiap anak istimewa dengan segala kemampuannya. Jika lingkungan dapat memfasilitasi dan mendukung perkembangan anak, maka anak dapat berkembang optimal dan menampilkan kemampuannya dengan baik. Termasuk anak yang pernah atau sedang mengalami keterlambatan bicara,” ujarnya.

Bagaimana Membantu Anak yang Telat Bicara?

Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?
Foto: www.istockphoto.com

Sekali lagi: anak yang mengalami keterlambatan bicara dapat berkembang keterampilan bicaranya menuju perkembangan yang semestinya, “iya, dengan penanganan dan stimulasi yang tepat,” kata Susanthi.

Bagaimana membantu sang anak yang mengalami keterlambatan bicara?

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti terapi wicara, dengan didukung oleh peningkatan stimulasi kemampuan bahasa yang dapat dilakukan orangtua. Misalnya dengan sering mengajak anak bicara dan mengusahakan mengubah bentuk pertanyaan yang diajukan dari pertanyaan yang hanya dapat dijawab dengan jawaban ‘ya’ dan ‘tidak’ dengan pertanyaan yang memungkinkan anak untuk menjelaskan,” beber Susanthi.

Lebih lanjut Susanthi menerangkan bahwa stimulasi orangtua menjadi salah satu pendukung penting bagi perkembangan bahasa anak. Terdapat 4 cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mengatasinya, antara lain:

-Menyusun ulang (recasting): pengucapan makna suatu kalimat yang sama atau yang mirip dengan cara yang berbeda.

-Menggemakan (echoing): mengulangi apa yang anak katakan, khususnya kalau perkataan itu adalah suatu ungkapan atau kalimat yang tidak sempurna.

-Memperluas (expanding): menyatakan ulang apa yang telah anak katakan dalam bahasa yang secara linguistik lebih canggih.


-Penamaan (labelling): mengidentifikasi nama-nama benda di sekitar anak.



Semoga penjelasan tadi membantu kamu yang sedang mengalami situasi yang mirip. Untuk lebih lanjut, LIMONE sangat menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli. Dan jika si kecil suka memukul, coba baca penjelasan dan tips dari psikolog ini.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yunie87 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?
Kemarin 20:52
Tdk perlu panik,, lsg ambil tindakan saja, periksa ke dokter,, nt bisa diterapy anaknya, anakku dulu umur 2,5th blm bisa ngomong, lsg aku terapykan sekarang umur 6th, dah lancar ngomongnya
0 0
0
Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?
10-06-2020 17:56
kek tetangga ane nih telat bicara dan skrg udh umur 3 thn. sempet diperiksain ke dokter karna khawatir, eh dokternya bilang gpp. cm anaknya males aja mau ngomong jd ortunya jg harus aktif ngajakin ngomong
0 0
0
Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?
10-06-2020 08:26
emoticon-Mewek
jadi inget ogut sendiri ...
sampe SMA masih gagap ...
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?
07-06-2020 10:30
panik itu kalo pacar telat datang bulan wkwkwkwkwkkw.....
0 0
0
Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?
07-06-2020 08:30
Dulu juga anak aku telat bicara. Sampe umur 3 tahun kata katanya masih blm jelas.mungkin karena pengaruh empeng yg hampir ga pernah lepas dienut sma dia. Tapi busa bicara juga kok akhirnya walaupun tanpa terapi ke dokter.
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?
07-06-2020 00:14
Take it slow saja
Maksimal sih normalnya usia 3 tahun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lima.kilo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?
06-06-2020 07:42
Mungkin ada indikasi autis kalau telat bicara
0 0
0
Haruskah Panik Ketika Anak Telat Bicara?
05-06-2020 20:56
nice inpooooo bener ini, ane mau buru2 lapor dah sama emak ane jgn ngasi keponakan ane bubur mulu emoticon-Frown ngaruh ternyata ye
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Kids & Parenting
seks-siapa-takut
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia