News
Batal
KATEGORI
link has been copied
116
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed81b92a2d19526f473ec69/pengusaha-tolak-program-tapera-jokowi
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalangan pengusaha menolak program tabungan perumahan rakyat (Tapera) yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera. Menurut pengusaha, Tapera menambah beban perusahaan karena bukan cuma pekerja yang akan menanggung iuran kepesertaan, tapi juga pengusaha. Mengutip PP terkait, pengusaha dan pekerja patungan membay
Lapor Hansip
04-06-2020 04:52

Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi

 Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi

Quote:
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalangan pengusaha menolak program tabungan perumahan rakyat (Tapera) yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera.

Menurut pengusaha, Tapera menambah beban perusahaan karena bukan cuma pekerja yang akan menanggung iuran kepesertaan, tapi juga pengusaha. Mengutip PP terkait, pengusaha dan pekerja patungan membayarkan iuran program Tapera masing-masing 0,5 persen dan 2,5 persen.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial Harijanto mengatakan program Tapera tidak tepat diberlakukan, meski jangka waktu keikutsertaan pekerja swasta sampai tujuh tahun ke depan atau paling lambat 2027 mendatang.

"Apindo sudah menolak, setahu saya serikat pekerja juga menolak, tapi ini ada masa tujuh tahun paling lambat harus daftar," terang Harijanto kepada CNNIndonesia.com, Rabu (3/6).


Menurutnya, hal utama yang membuat kebijakan ini tidak tepat adalah tumpang tindih dengan program kepesertaan lain. Misalnya, iuran kepesertaan BP Jamsostek.


Lihat juga: Pekerja Swasta Dipatok Bayar Iuran Tapera Paling Lambat 2027
Selain itu, ia juga tidak melihat urgensi yang mendasar dari kebijakan ini. Menurutnya, urusan menabung untuk perumahan pekerja sejatinya bisa dilakukan dengan cara lain.

"Kami belum bahas bagaimananya, tapi sebetulnya dana untuk perumahan karyawan itu sudah bisa diakomodir oleh BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek). Kami juga tidak tahu pemerintah untuk apa bentuk itu," jelasnya.


Di sisi lain, menurutnya, kebijakan ini hanya akan membuat negara 'membuang-buang' uang. Sebab, biaya pembentukan badan biasanya tidak sedikit.

"Karena biaya pengelolaan akan mahal, harus ada direksi, pengawas, pegawai, dan lainnya," katanya.




Senada, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Antonius J. Supit juga menilai kebijakan ini tidak tepat. Sebab, kondisi ekonomi tengah tertekan akibat pandemi virus corona atau covid-19 dan pengusaha memiliki kewajiban iuran kepesertaan pekerja di bidang lain.

"Pengusaha ini ibarat mendaki gunung, sudah berat, belum tentu semua bisa. Seharusnya, beban kami dikurangi, bukan malah ditambah," tutur Anton.


Hal yang membuat kebijakan ini tidak tepat adalah waktu penerapan program yang dilakukan tahun ini dan implementasinya secara bertahap mulai tahun depan. Padahal, kondisi ekonomi usai pandemi corona pun diperkirakan masih cukup sulit karena harus melakukan pemulihan.

Sementara saat ini, para pengusaha masih terus berupaya agar Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tidak terjadi, meski operasional tak berjalan. Tujuannya, agar tidak semakin banyak pekerja yang kesusahan di era pandemi.

Lihat juga: Simulasi Iuran Pekerja Gaji Rp5 Juta Saat Tapera Berlaku
"Dalam kondisi saat ini, di mana ekonomi drop (jatuh) cukup besar, kebijakan ini kontra produktif. Saat ini pun kami berusaha agar jangan ada yang PHK, kalau ada, itu setelah recovery (pemulihan) pasti kami rekrut lagi," ucapnya.

Dari sisi iuran, pengusaha sejatinya juga memiliki beban iuran kepesertaan pekerja di bidang lain. Misalnya iuran peserta BPJS Kesehatan sekitar 4 persen dari tarif per bulan.

Lalu, ada juga kewajiban menanggung iuran kepesertaan BP Jamsostek, seperti untuk program Jaminan Hari Tua (JHT) sekitar 3,7 persen dari tarif kepesertaan. Kemudian, 2 persen dari tarif untuk program jaminan pensiun.


Lihat juga: Besaran Iuran Tapera, Tabungan Perumahan untuk Pekerja
"Dari kewajiban BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan saja, total yang harus kami bayar sekitar 10,24 persen sampai 11,74 persen dari total gaji yang kami bayar," ungkapnya.

Menurut catatan Anton, setidaknya rata-rata beban iuran kepesertaan pengusaha untuk BPJS Kesehatan dan BP Jamsostek berkisar Rp6,7 miliar per bulan. Bahkan, ada salah satu grup usaha dengan pekerja mencapai 110 ribu orang menanggung beban iuran mencapai Rp60 miliar per bulan.

"Ada yang bayar sebulan Rp60 miliar per bulan, itu jadi setahun Rp720 miliar sendiri," jelasnya.


Lihat juga: Hati-hati, Tapera Jangan Sampai Bikin Warga Antipati
Tak heran, sambung dia, bila banyak pengusaha yang justru meminta pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan tunda bayar iuran BPJS Kesehatan dan BP Jamsostek kepada dunia usaha di tengah pandemi corona. Sebab, biayanya cukup besar dan mengganggu arus kas di tengah pandemi corona ini.

"Semua mungkin tahu apa yang paling baik, tapi yang kami lakukan semestinya adalah yang terbaik untuk saat ini. Jadi kurang bijaksana menambah kewajiban pengusaha sekarang ini ketika kami malah minta iuran BPJS ditangguhkan," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kebijakan iuran Tapera. Rencananya, kebijakan ini akan diimplementasikan secara bertahap mulai 2021. (uli/bir)


Sumber
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...-tapera-jokowi

Sangat setuju dengan Apindo dan Kadin
Diubah oleh juraganind0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
michaelxkai dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 04:52
Ga cukup selama ini iuran BPJS Kesehatan, iuran BPJS Ketenagakerjaan???

Ga cukup itu iuran JKN 4%, JKN 1%, JKK 1.74%, JKM 0.3%, JHT 3.7%, JHT 2%, JP 2%, JP 1% ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 05:13
Pengusahanya bakal mendadak kadrun emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raise.up dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 05:15
Ahhhelah ini pengusaha gak pahamnya Pak Jokowi butuh kursi utk dibagi bagi ke kawan2nya yg belum kebagian kursi komisaris dan direktur..
Contohnya deny siregar dan abu janda sepertinya cocok dan pempinan tapera ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 05:19
Gak usah ngeluh cuma dipalak 3% penghasilan emoticon-Metal
Belum dipalak buat setor anak istri, terus nanti setor nyawa.

Duitnya ada, duitnya ada he he he.. Tinggal pilih mau hasil ngutang atau malak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 05:26
kyknya di program BPJSTK ada bantuan buat kepemilikan/renovasi rumah. knp ada lagi?
yg uda punya rumah trus bakal jadi tabungan apa? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 05:40
Inti nya MAU di bolak balik bagaimana pun kaLo memberat kan pengeluaran bulanan ya udah ga perlu di bicarakan.
Nenek mu jg tau kalo lg bokek harus serba hemat bukan nya Akal2an ikuti aturan tambah pengeluaran.
Akal2 babi Luh jok kurang makan babi lu jd TOLOL




emoticon-Traveller
Diubah oleh bajier
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 05:47
Dibayarin rumah sama perusahaan intinya emoticon-Wakaka

Patungan sih. Mana mau Serikat pekerja. Klo full dibayarin perusahaan tanpa dipotong gaji pasti Serikat pekerja setuju
0 0
0
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 05:47
@laudien29 Kalau ujung ujungnya Rakyat dapet tabungan di akhir, bukan dapet rumah, ga ada bedanya sama BPJS-TK JHT yang juga bisa dicairin di akhir.

Mending ditambah aja itu % iuran di BPJS-TK, dibanding keluar uang lagi buat bikin badan baru. Bikin badan baru ngeluarin duit lagi.

Quote:Sebab, biaya pembentukan badan biasanya tidak sedikit.

"Karena biaya pengelolaan akan mahal, harus ada direksi, pengawas, pegawai, dan lainnya," katanya.


IMHO

emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh 4nt1.sup3r
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 05:52
joke = bercanda
0 0
0
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:02
Palak terus rakyat nya emoticon-Leh Uga

Pinokio emang hebat..pemimpin yg ga akan lahir dalam 100 thn mendatang emoticon-Angkat Beer






























Tapi boong emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh elanglangit25
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:04
semoga di tunda
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:04
jujur gw gak mau iuran tapera, beresin dulu tuh bpjs jangan nanti jadi benalu bpjs nya karena defisit terus tiap tahun, jangan nanti jadi warisan ke pemerintahan selanjutnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:07
2,5% itu lumayan juga ya bagi gw ya, banyak kebutuhan lain. tapera babi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:16
males di kasih tabungan rumah, pas udah lunas rumah wujudnya Luas 36m persegi,

Ya mending, gw punya rumah pilih sendiri dong (beli sesuai kevutuhan) emoticon-Traveller
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:27
Kebijakan kontra produktif ini, berat bgt buat pengusaha dan karyawan.. penjelasan narasumber sudah komprehensif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:30
Gw ga paham masalah ini tp asumsiku negara lg kehabisan dana jokowi lg cari cara dpt duit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:32
Periode ke 2 berantakan, untung ane golput emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:39
urgensinya apa buat pekerja
















emoticon-Cool
profile-picture
bimo77 memberi reputasi
1 0
1
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:40
Apapun masalahnya solusinya minta sumbangan emoticon-Selamat

Rezim nasi anjing emang biadab emoticon-Ultah
Diubah oleh adamyvon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Pengusaha Tolak Program Tapera Jokowi
04-06-2020 06:42
pantes aja pendukungnya bunuhh diri ...
kebangetan nginjeknya sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia