• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kawasaki ZX25R Diprediksi Torsinya Lemot, Masa Kalah Sama Motor Matic

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Kawasaki ZX25R Diprediksi Torsinya Lemot, Masa Kalah Sama Motor Matic
Kawasaki ZX25R masih tetap jadi motor yang spesial bagi para bikers…siapa yang gak ngiler coba, motor sport 250cc tapi sudah dibekali dengan mesin 4 silinder. Untuk saat ini Kawasaki ZX25R masih tenang belum ada rival pesaingnya, dan di segmen 250cc motor ini terbilang motor yang paling advance. 

Pertama, mesinnya sudah menggunakan konfigurasi 4 silinder, kemudian yang kedua banyak teknologi canggih yang tertanam didalamnya, seperti tracktion control, quickshift, riding mode, ABS dan masih banyak lainnya.

Terakhir dengan mesin 4 silinder tersebut, bisa dibayangkan akselerasinya akan super kenceng dan powerfull. Bahkan ada yang biang jika motor tersebut memiliki power sebesar 45-50hp.


Meski yang dibanggakan adalah tenaganya super buas, tetapi ada satu hal yang jarang di bahas banyak orang yakni soal torsi. Nah, ada satu kelemahan dari dulu yang belum bisa dihilangkan di motor 250cc 4 silinder.

Memang soal power motor ini sangat buas, rata-rata mesin 250cc 4 silinder itu punya power sebesar 45hp-an. Tetapi yang jadi permasalahannya adalah torsinya.

Ada yang bilang semakin banyak jumlah silindernya maka semakin sedikit pula output torsi yang bisa dikeluarkan. Apalagi ini cuma 250cc, yang gak kebayang deh jeroan mesinnya bakal sekompleks dan sekecil apa ukurannya.

Kalau dilihat dari data, mesin ZX25R itu memiliki panjang stroke sekitar 3cm, kalau kita bandingkan dengan generasi lawas ZX25R sebelumnya…mereka memiliki torsi sebesar 25,5Nm/11500rpm.

Sedangkan motor 250cc sekarang seperti Ninja 250SL memiliki torsi 22,6Nm/8500rpm, dan Kawasaki Ninja 250FI memiliki torsi 23,5Nm/10000. Lalu apakah torsi milik ZX25R itu bisa melebihi saudara-saudaranya?


Ada yang pernah mengulas kalau Kawasaki mengatasi masalah torsi lemot di ZX25R ini dengan mengubah ukuran rasio gearnya. Memang itu bisa dikatakan sebagai solusi untuk meningkatkan putaran bawah dari ZX25R, efeknya pengendara bakal merasakan perpindahan gigi yang terlalu singkat karna rasionya kecil…dengan catatan kalau pemberitaan tersebut benar.

Kalau tidak, diprediksi untuk tarikan awal ZX25R bahkan bisa kalah dengan tarikan awal motor-motor matic. Kenapa? Itu karena mesin yang dipakai di motor 4 silinder cenderung memiliki ukuran stroke yang pendek, dan mesinnya lebih mengarah ke karakter overbore.


Kelebihan overbore ini bisa melengking sampai rpm tinggi dan mendapatkan tenaga puncak yang besar, tapi kekurangannya adalah torsinya lemah dan putaran torsinya bisa diraih di rpm tinggi juga.

Bisa kebayang kan ngedennya kaya apa.

Referensi : pertamax7.com(26/5/2020).

nona212Avatar border
vitznoyaAvatar border
vitznoya dan nona212 memberi reputasi
0
5K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.