News
Batal
KATEGORI
link has been copied
47
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed79245f4ae2f3827443bcf/kasus-rasisme-amp-represi-seperti-george-floyd-berulang-di-indonesia
JAKARTA - Kematian George Floyd memantik kemarahan warga dunia. Gelombang protes muncul di mana-mana, dengan tuntutan agar aparat bersikap lebih adil dan tidak rasis terhadap orang sipil. Floyd, seorang pria kulit hitam berusia 46 tahun, ditangkap polisi Minneapolis pada 25 Mei 2020 karena dianggap membeli rokok dengan uang palsu. Polisi bernama Derek Chauvin menempatkan lutut kirinya di antara ke
Lapor Hansip
03-06-2020 19:06

Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia

JAKARTA - Kematian George Floyd memantik kemarahan warga dunia. Gelombang protes muncul di mana-mana, dengan tuntutan agar aparat bersikap lebih adil dan tidak rasis terhadap orang sipil.

Floyd, seorang pria kulit hitam berusia 46 tahun, ditangkap polisi Minneapolis pada 25 Mei 2020 karena dianggap membeli rokok dengan uang palsu.

Polisi bernama Derek Chauvin menempatkan lutut kirinya di antara kepala dan leher Floyd. Floyd meminta tolong dan bilang dia tak bisa bernapas dan tubuhnya tak lagi responsif setelah berada di posisi tersebut selama enam menit.

Tapi Chauvin tidak berdiri sepanjang delapan menit 46 detik. Floyd meninggal satu jam setelah kejadian. Kematian Floyd memicu demonstrasi di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia.

Di Berlin, Jerman, ratusan demonstran berkumpul dua hari berturut-turut, membawa papan atau kertas bertuliskan: "Diam adalah kekerasan"; "Tahan akuntabilitas polisi"; dan "Siapa yang kamu panggil saat polisi membunuh?"

Sementara di pusat kota London, Inggris, para pendemo meneriakkan: "No Justice!" atau "tidak ada kedamaian!" Protes juga muncul dari Indonesia. Meski tak ada demonstrasi di jalanan, mereka bersuara di media sosial. Di antara sekian banyak protes itu, ada yang mengaitkannya dengan situasi orang-orang Papua selama bertahun-tahun: mereka juga diperlakukan rasis dan direpresi aparat.

"Kasus yang sama juga terjadi di Indonesia," kata Dano Anes Tabuni, satu dari enam mantan tahanan politik asal Papua yang baru saja bebas 26 Mei lalu, saat dihubungi wartawan Tirto pada Selasa (2/6/2020) sore.

"Rasisme ini bukan hal baru dan sudah lama jadi masalah untuk orang kulit hitam." Dano dan lima kawannya dipenjara karena dituduh makar saat aksi damai pada Agustus 2019 lalu. Aksi itu sendiri dipicu oleh perlakuan rasis warga dan aparat ke mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur pada Agustus 2019.

Aksi ini pula memicu kerusuhan di Tanah Papua. Baca juga: Kronologi Kematian George Floyd yang Jadi Penyebab Demo di AS Penyebab Kematian George Floyd yang Memicu Demo di AS Jejak Rasisme kepada Orang Papua Perilaku rasis aparat negara dan warga sipil ke orang Papua memang bukan barang baru.

13 Juli 2016 lalu, perlakuan rasis diterima oleh Obby Kogoya, mahasiswa asal Papua yang berkuliah di Yogyakarta. Di depan asrama Kamasan di Jalan Kusumanegara, ia dikejar, ditendang, dipukuli, lalu ditangkap saat hendak mengikuti sebuah aksi protes. Peristiwa itu diabadikan oleh fotografer lepas Suryo Wibowo.

Kameranya menangkap peristiwa memilukan: hidung dan rahang bawah Obby ditarik. Tiga tahun setelahnya, tepatnya pada 16 Agustus 2019, sekelompok personel TNI menggedor gerbang asrama Papua di Surabaya. Alasannya, mereka melihat ada bendera Merah Putih yang dipasang pemerintah Kota Surabaya jatuh ke selokan. Secara bertahap Satpol PP dan ormas berdatangan, mengepung asrama itu selama 24 jam.

Bermacam makian bernada rasis diteriakkan massa sambil sesekali melempari batu ke arah dalam asrama. Esoknya, 43 mahasiswa Papua yang ditangkap itu dibebaskan oleh polisi karena mereka tidak memiliki bukti kuat jika para penghuni menghina lambang negara.

Ekses peristiwa ini tak pernah siap dikendalikan oleh pemerintah. Pada Senin, 19 Agustus, dua hari setelah negara ini merayakan kemerdekaannya yang ke-74, gelombang orang Papua menumpahkan kekecewaannya di Jayapura, ibu kota Papua, dan di Manokwari, ibu kota Papua Barat, serta Kota Sorong.

Di Jayapura, lautan manusia berdemo jalan kaki sepanjang 18 kilometer dari Waena, pusat keramaian di kota itu, menuju kantor gubernur; menuntut rasialisme terhadap orang Papua harus dihentikan. Gubernur Papua Lukas Enembe saat itu tegas berkata bahwa "kami bukan bangsa monyet, kami manusia."

Di Manokwari, situasinya lebih panas. Gedung parlemen daerah dibakar. Pohon di tepi jalan ditebang. Ban dibakar. Melumpuhkan aktivitas dan mobilitas warga. Hentikan Sikap Rasis Direktur Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid menegaskan memang "ada kemiripan" antara kasus George Floyd dan orang Papua di Indonesia: sama-sama menjadi korban rasisme sistemik.

Kepada reporter Tirto, Selasa sore, Usman mengatakan sebagaimana terhadap orang Papua, "rasisme sistemik terhadap orang-orang kulit hitam di Amerika juga memiliki akar yang panjang." Baca juga: Siklus Rasisme terhadap Mahasiswa Papua Kegagapan Indonesia Menangani Rasisme terhadap Orang Papua Karena sikap rasis bersarang di kepala aparat, mereka jadi menggunakan kekuatan secara berlebihan bahkan untuk menghadapi isu-isu 'remeh'.

Usman mengatakan berdasarkan laporan Amnesty pada 2018 lalu, kasus kekerasan di Papua kerap tidak ada urusannya dengan tuntutan kemerdekaan. "Isunya demo atau isu sehari-hari. Sama kasusnya Floyd itu kan urusan supermarket, remeh, sehari-hari," kata Usman.

"Tapi karena ada rasisme yang sistemik, akhirnya mudah melakukan kekerasan berbalut rasis yang enggak pernah dipertanggungjawabkan," lanjutnya. Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia Asfinawati sepakat dengan Usman, bahwa watak rasis aparat membuat mereka memperlakukan berbeda orang Papua.

Indikatornya sederhana, kata Asfin, "aksi di Papua dan oleh orang Papua, apa pun isunya, akan dituduh makar, padahal aksi dari kelompok lain ya aksi saja." Watak rasis tersebut membuat aparat terbiasa mencari-cara kesalahan yang sebenarnya tak pernah ada. "Termasuk Dano dan kelima orang yang dituduh makar kemarin.

Masak makar pemidanaannya hanya bulanan? Karena dari awal sudah ditahan, sama hakim enggak mungkin dibebaskan. Kalau makar beneran ya bisa dipenjara dengan waktu lama. Sakit negara ini," katanya menegaskan. Dano Anes Tabuni meminta aparat Indonesia, juga masyarakat umum, belajar dari kasus Amerika.

"Selama ini Indonesia menganggap orang Papua sebagai monyet, hitam, terbelakang, tidak maju, kotor, bau. Dengan label-label seperti itu, ya kapan saja bisa mencuat kasus seperti di Amerika," katanya.

https://tirto.id/kasus-rasisme-repre...indonesia-fEB6

Berapa banyak wanita kulit putih yang diperkosa sampai hamil oleh pria kulit hitam?

berapa banyak kulit putih dibantai dengan sangat brutal di afrika selatan?

berapa banyak bandit bandit kulit hitam Bronx dan Los Angeles merampok dan membunuh warga kulit putih?

MENGAPA DUNIA DIAM??? MENGAPA DUNIA TERGUNCANG KALAU KULIT HITAM MATI, TAPI KALAU KULIT PUTIH YG MATI, DUNIA DIAM. KENAPA?

Banyak sekali kasus pembunuhan kulit putih. Tapi dunia seakan bisu, tidak bersuara..

lama lama, kaum hitam sama dengan kaum 4L.

menjadikan warna kulit sebagai pembenaran apapun kelakuan mereka..

lihat sekarang buktinya, kalau mereka orang baik tentunya ga ada penjarahan, tapi memang dasarnya bangsad, mumpung demo, ikut mencuri juga emoticon-Big Grin

itu yg kalian bela? Binatang seperti itu yg kita bela?

#BebaskanDerekChauvin

#WhiteLivesMatter

#PutihTidakBersalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:09
Hahaha..berapa banyak memex wanita kulit putih yg sudah merasakan BBC? Brp megaliter peju kulit hitam yg udah diperas untuk naughty blonde? Hmm..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
747.400 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:11
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diamondchest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:12
Parah nigger usa kelakuannya...

Jangan disamain sama papua sini..

Orang papua jauh lebih beradab..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:13
jadi indonesia ga mau kalah jg ya
profile-picture
747.400 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:14
Itu yang kasus di Surabaya bukannya di provokasi kadrunwati dari partai gerandong ?
0 0
0
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:14
berapa benua yang udah d jajah kulit putih?
berapa suku yang hilang karena kulit putih? lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:17
melihat masalah itu dari 2 sisi gan. gak semua negro reseh, gak semua kulit putih jg brengsek, semua manusia itu sama, gak semua org indonesia ramah, yg galak jg banyak. gak semua org cina suka berak sembarangan, yg suka kebersihan juga lebih bnyk. dlm kasus floyd ini yg menjarah jg ada faktor jengkel gegara phk covid mereka cari trigger, lagian polisi itu gak ada kata2 melecehkan si negro. floyd teteplah bajingan receh, yg tdk pantas dimatikan. kalo papua ada sisi dilecehkan rasial terutama oleh kadrun, kalo ama org surabaya sendiri atau jawa pada umumnya mereka tdk terlalu rasial dgn org papua. karena ane dulu pernah punya temen papua n sempet masuk komunitasnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:17
asal bs towel2 amoy pas kerusuhan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KiroV dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:19
nigger sono minoritas

sandnigger (kadrun) sini mayoritas tapi selalu merasa tertindas dan dijolimi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diamondchest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:22
profile-picture
747.400 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:22
Ada gak forum berbahasa inggris selain reddit di amerika ya? Saya mau bikin thread melawan Black Lives Matter.

saya mau bikin gerakan White Lives Matter, bahwa sejatinya kulit putih banyak dirugikan dan dianiaya di belahan dunia lain.

saya mau menyadarkan orang amerika disana, kalau kulit putih juga teraniaya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:27
intinya yang demo terlalu lebay...

rasisme ga bakal ilang dari dunia...

just live with it...
seperti kata pak presiden, hidup bersama corona, hidup bersama rasisme...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 747.400 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 19:30
aparat jangan arogan kepada warga sipil
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 747.400 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 20:03
Quote:Original Posted By yeytothesouz
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia


emoticon-Christmas


palkon kadal gurun gobi emoticon-Big Grin
Diubah oleh zinaitudosa
profile-picture
yeytothesouz memberi reputasi
1 0
1
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 20:05
Quote:Original Posted By 747.400
Ada gak forum berbahasa inggris selain reddit di amerika ya? Saya mau bikin thread melawan Black Lives Matter.

saya mau bikin gerakan White Lives Matter, bahwa sejatinya kulit putih banyak dirugikan dan dianiaya di belahan dunia lain.

saya mau menyadarkan orang amerika disana, kalau kulit putih juga teraniaya


kegoblokan yg hqq
0 0
0
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 20:11
kerusuhan dulu dibahas lagi
apa masalahnya surat kabar goblok satu ini
jangan samakan kasusnya kayak di amrik
0 0
0
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 21:07
Itu demo org2nya malah pada looting wkwk. Udh murni ngerusuh itu mah, ada yg ngompori. Cm kenapa dibiarin smpe hmpir seminggu? Yg kasian itu yg punya usaha jdi korban kena looting demonstran, padahal kagak tau apa2.
0 0
0
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 21:44
Black Skin , White Skin inilah bukti Kekayaan sang pencipta.
0 0
0
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
03-06-2020 22:07
klw masalah di asrama papua emang dari dlu sering reseh orang" disna
0 0
0
Kasus Rasisme & Represi seperti George Floyd Berulang di Indonesia
04-06-2020 09:16
profile-picture
diamondchest memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia