Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
15
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed78cd510d29525a942c6a4/jajanan-ciri-khas-sunda-asli-gansist-harus-coba
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA! Assalamu'alaikum... Sampurasun? Rampes. Halo,gansist! Ketemu lagi sama Fidy setelah lamanya rebahan terus hingga akhirnya teringat pada jajanan sunda yang sering Fidy buat di rumah atau beli di luar. Bukan hanya rasanya menggugah selera. Tapi bahan-bahannya pun tak kalah sehat dan menciptakan rasa penasaran dalam pembuatannya. Simak terus ya gansis
Lapor Hansip
03-06-2020 18:43

JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!

JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
[img]www.google.com[/img]
Quote:Assalamu'alaikum...
Sampurasun? Rampes. Halo,gansist! Ketemu lagi sama Fidy setelah lamanya rebahan terus hingga akhirnya teringat pada jajanan sunda yang sering Fidy buat di rumah atau beli di luar.


Quote:Bukan hanya rasanya menggugah selera. Tapi bahan-bahannya pun tak kalah sehat dan menciptakan rasa penasaran dalam pembuatannya.
Simak terus ya gansist.



1. Rengginang

Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!

sumber : google

Poin pertama yang dicantumkan merupakan makanan legend di daerah Tasikmalaya. Bahan pembuatannya dari beras kentan dan pesedap rasa. Pada saat rengginang dimasukkan ke dalam mulut Gansist, teksturnya akan hancur karena memang renyah. Rasanya gurih membuat lidah Gansist bakalan ketagihan terus.
Biasanya rengginang selalu hadir di penyajian acara pernikahan, khitanan, dan hari raya besar islam seperti halnya idul fitri dan idul adha. Rengginang selalu dicari dan selalu dijadikan incaran bagi para ibu-ibu.
Tapi, setelah dilihat lebih saksama ternyata bukan hanya kaum ibu-ibu ataupun bapak-bapak yang mengagumi rasa rengginang. Ternyata anak-anak pun sangat menyukainya.
Rengginang tersedia di warung terdekat, tapi warga tasik lebih kreatif dan memilih untuk membuat daripada membeli.

Cara pembuat rengginang tidak terlalu susah, hanya saja kalian dibutuhkan resep pembuatan dari nenek moyang terdahulu sehingga dapat membuat rengginang yang selalu diincar dari dulu.
Quote:Kok Fidy mau diincar kayak rengginang ya? Mau sih jadi rengginang asal jangan jadi bubuknya aja yang selalu dibuangemoticon-Ngakak



2. Opak Singkong

Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!

sumber : My Pict

Setelah rengginang yang menjadi legend di Tasikmalaya. Masih ada lagi Opak singkong yang selalu dijadikan incaran bagi para pecintanya.

Quote:Fidy juga suka lho oppakorea. Soalnya mereka tuh ngegemesinemoticon-Kiss (S)


Oke. Kembali lagi membicarakan opak singkong bukan oppakorea yaa! Soalnya, kalau Oppakorea kan sayang banget kalau dimakan apalagi kalau Lee Minhoo.Uwuuu sayangkuemoticon-Bingung

Opak singkong itu terbuat dari bahan yang kaya akan karbohidrat yakni singkong. Nama singkong dalam bahasa sunda adalah sampeu.

Cara pembuatannya mudah kok tidak menyulitkan. Hanya butuh tenaga saja ya Gansist pada saat kalian melunakkan singkongnya dengan cara diparut hingga benar-benar bisa kalian bentuk sedemikian rupa. Bisa kalian bentuk bulat, persegi empat, segitiga, bisa juga bentuk hati yang kokemoticon-Blue Guy Peace
Quote:Kalau bentuk Agan keknya sulit yaa? Jadi, jangan memaksakan diri membentuk wajah kalian masing-masing ya!


3. Seroja
Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!

sumber : google

Nah, makanan legend selanjutnya adalah seroja yang terbuat dari tepung beras. Seroja juga tak kalah enak dari kedua makanan sebelumnya yang telah agan sebutkan. Makanan ini juga enak lho, renyah juga dan gurih.

Quote:Renyah tuh kalau masih baru yaa! Kalau udah lama kan pasti udah hapeukemoticon-Malu (S)


4. Combro

Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!


Makanan keempat nih yang paling ane suka. Selain punya citarasa yang yummy, biasanya di dalamnya juga suka dibumbui dengan tingkat kepedasan yang super nampol. Bagi kalian pecinta rasa pedes bisa nih konsultasi sama ane cara bikin combro paling enak di seantero Tasikmalaya. emoticon-Ngakak

Bahannya juga nggak perlu susah nyari sampe ke Korea atau ke China dan daerah lainnya. Karena kalian bisa mendapatkannya dengan mudah di daerah kalian masing-masing. Singkong pastinya ada dong di daerah kalian. Yang nggak ada coba acungkan tangannya😁

Caranya tuh gini ya Gansist. Mudah banget gak harus nunggu sampe seminggu ngebuatnya. Satu jam aja jadi tuh combro soalnya mudah.
Singkongnya kupas dulu terus cuci sampai bersih, cucinya pakai air ya Gan!
Setelahnya Gansist bisa langsung parut tuh singkong. Nah, setelahnya Gansist bisa langsung ngebikin isinya.
Isinya juga mudah dicari hanya dari oncom yang ditumbuk disatukan dengan beberapa bumbu. Salah satunya cabai yang bisa membuat lidah Gansist meleleh pada saat menjilatnya.
Biasanya sih ane bikin combro tuh pake cabai yang sebanyak-banyaknya biar pedesnya tuh nampol banget.

Quote:Pedesnya tuh kayak omongan doi yang bilang minta putusemoticon-Bingung


5. Ulen Ketan

Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!


Quote:Aduh gusti! Kalau ngomongin soal ulen ketan tuh bikin lidah meleleh, ngiler banget. Tuh kan jadi kepengin.


Cara pembuatannya dari beras ketan bisa yang berwarna hitam ataupun putih. Karena keduanya tetap melezatkan kok tidak ada bedanya. Seperti kembaran gitu lho gak ada bedanya.
Beras ketannya tuh dicuci dulu biar bersih, setelahnya ditumbuk sampai halus banget. Butuh tenaga yang ekstra nih Gansist buat melunakkannya. Kayak melunakkan hati si pangeran es yang kagak meleleh terusemoticon-Cape d... (S)

Kalau sudah dilunakkan, kita bisa langsung aduk disatukan dengan bumbu yang bisa membuat ulen tersebut jadi lezat dan gurih.
Diaduk ya Gansist sampai merata, setelahnya bisa dibentuk menjadi bundaran besar.
Biarkan di atas plastik yang bersih. Oh iya jangan lupa dilumuri minyak terlebih dahulu. Agar ketan tersebut tidak menempel pada kedua tangan Gansist.

6. Nagasari

Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!

sumber : google

Nagasari terbuat dari tepung beras yang sudah dimasak terlebih dahulu. Di dalamnya kalian akan mendapatkan sebuah hadiah yakni pisang yang mengandung banyak vitamin teruntuk kesehatan kalian. Pisang juga dipercaya dapat menahan rasa lapar. Nih buat Gansist yang lagi pada diet bisa mencoba makanan yang telah disarankan ane.

7. Gemblong

Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!


Makanan ini terbuat dari ketan putih yang sudah ditumbuk. Setelahnya Gansist bisa langsung mengadoninya dengan kalis hingga membentuk bulatan lonjong.
Kemudian digoreng dengan api yang sedang. Setelahnya dilumuri dengan gula merah aren yang membuat lumer di mulut Gansist.

Quote:Gansist mau coba gak? Sini aja main ke rumahnya ane biar nanti disediain gemblong yang berbeda.



8. Keremes

Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!


Makanan yang selanjutnya terbuat dari ubi dan campuran gula merah aren.
Ubinya tuh diparut dulu biar halus.
Nah, setelah diparut kayak gitu kalian langsung hancurin gula merahnya buat diadukin sama ubi yang sudah kalian parut tadi. Terus aja diaduk sampai merata ya Gansist. Kalau sudah, Gansist bisa langsung ngebulat-bulatin terus langsung digoreng deh. Gampang kan?

Quote:Mau coba nggak?Bikin dong Gansist mudah lho!


9. Misro

Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!


Gansist sudah tahu belum kalau nama Misro itu kepanjangan dari "amis dijero" artinya manis di dalam. Emang iya bener banget Misro itu manisnya kebangetan kayak janji manis dia yang keseringan diucapkanemoticon-Cape d... (S)

Pada saat Gansist menggigitnya nanti bakalan langsung terpecah gula merah yang meleleh. Enak banget.

10. Peyeum ketan

Quote:JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!


Makanan yang ke-10 merupakan ciri khas pada saat hajatan/acara besar. Biasanya pada saat ada yang menikah ataupun khitan Gansist bakalan menemukan peyeum ketan yang bakalan membuat lidah Gansist pada ngiler.

Cara bikinnya juga mudah. Tapi, Gansist harus lebih teliti dalam pembuatannya karena peyeum ketan ini terlalu sensitif jika dalam pembuatannya asal-asalan. Maka dari itu, Gansist harus lebih teliti dan bersih dalam membuatnya.
Beras ketannya dibersihkan terlebih dahulu dari banyaknya kerikil kecil yang telah bercampur di antara ketan tersebut.

Setelah itu, dicuci terlebih dahulu dengan bersih dengan menggunakkan air yang juga bersih.
Nah, langkah terakhir beras ketan yang telah dicuci tersebut dicampur dengan ragi pilihan yang bagus.

Quote:Masih banyak sih makanan khas Sunda yang lebih menggiurkan selera Gansist. Tapi hanya beberapa yang ane ambil untuk dibuat thread dan diberitahukan kepada Gansist semua.


Quote:Wassalam ya Gansist. Terimakasih sudah mau membaca dan alangkah baiknya Gansist bisa membuat dalam pembuatannya. Mudah,enak, dan bikin lidah kalian ketagihan. Dijamin deh enak!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
03-06-2020 18:59
baru tau combro itu asli sunda xixixixixi
makasih infonya gaaan
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
03-06-2020 19:10
GALENDO GA MASUK? NGEUNAH ETA!!
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
03-06-2020 19:10
Quote:Original Posted By kwhaleyf
baru tau combro itu asli sunda xixixixixi
makasih infonya gaaan


Combro = oncom dijero
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
03-06-2020 19:12
sepertinya msh bnyk emoticon-Bingung
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
03-06-2020 20:43
jadi pengen makam opak emoticon-Matabelo
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
03-06-2020 20:51
duhhh peyeum🤤🤤🤤
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
03-06-2020 21:11
no 3 klo d tmpatku namanya kembang goyang
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
04-06-2020 08:24
Kicimpring kang mus gak ada bree emoticon-Hammer2




Bata emoticon-Bata (S)
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
04-06-2020 10:41
laper bre
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
04-06-2020 19:29
Oh nagasari tu jajanan khas sunda ya.. soalnya di tempat ane juga banyak yang jual/bikin.. Paling bikin mupeng peyeum ketannya gan.. peyeum ketan itu sama kaya tape ketan gitu kan ya gan..
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
05-06-2020 22:34
ulen kalo lagi anget anget nya dimakan sedep bangeet beuh
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
08-06-2020 09:40
rangginang lah
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
JAJANAN CIRI KHAS SUNDA ASLI. GANSIST HARUS COBA!
17-06-2020 10:38
Combrooo terbaikkk hahahah walaupun suka ada jebakkan di dalemnya tapi tetep jajanan wajib sih kalo lagi strolling di jawa barattt
profile-picture
Fidyputry022 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Cooking & Resto Guide
roll-violet-ubi-ungu
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia