Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed755a6349d0f5b537094a2/biasakan-tiga-kata-ini-pada-anak-sejak-kecil-apa-gunanya
Anak-anak tumbuh dan berkembang dipengaruhi oleh banyak hal, terutama lingkungan terdekat dengan mereka. Tentu banyak hal baik bisa ditanamkan kepada buah hati sejak kecil. Nah, ada juga tiga kata yang penting dimengerti anak sejak usia dini, setidaknya dibiasakan oleh orangtua agar dipahami maknanya oleh anak-anak. Apa sih tiga kata itu?
Lapor Hansip
03-06-2020 14:47

Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?

Anak-anak tumbuh dan berkembang dipengaruhi oleh banyak hal, terutama lingkungan terdekat dengan mereka. Keluarga pastinya! Ayah bundanya, kakek-neneknya, juga saudara kandungnya. Proses pembelajaran yang bersumber dari keluarga kemudian sekolah, lingkungan bermain, dan saudara-saudara jauhnya membuat anak mengenal banyak hal. 


Bahkan, proses meniru yang memang di situlah secara alami awal mula kita mengenal banyak hal sejak kecil, berpengaruh pada pembentukan karakter. Lewat menirukan atau copy paste dari kebiasaan orangtua, misalnya, mental hingga pola pikir anak terbentuk. Untuk itu, kebiasaan baik yang ditularkan orangtua kepada anak menjadi sangat penting.

Tentu banyak hal baik bisa ditanamkan kepada buah hati sejak kecil. Nah, ada juga tiga kata yang penting dimengerti anak sejak usia dini, setidaknya dibiasakan oleh orangtua agar dipahami maknanya oleh anak-anak. Apa sih tiga kata itu?

1. Tolong

Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?

Biasakan anak menggunakan kata ini untuk kalimat-kalimat atau tutur kata tertentu. Terutama ketika si kecil hendak meminta pertolongan kepada orangtua atau orang lain yang bertemu dengannya. Nah, orangtua harus pula membiasakan menggunakan kata ‘tolong’ ini jika ingin meminta bantuan anak-anak. “Tolong, Nak, ambilkan kacamata Ayah di meja.” Atau, “Tolong Mama ya, Kak, iris kecil-kecil bawang putih itu sebelum digoreng.”

Penggunaan kata ‘tolong’ tersebut membuat tutur kata menjadi lunak, adem, padahal kalimatnya bernada memerintah. Ini berbeda bila orangtua seenaknya saja meminta tolong kepada anak, dengan bahasa demikian: “Ambilkan kacamata Ayah di meja!” Atau, “Iris kecil-kecil bawang putih itu sebelum digoreng.”

Jika orangtua membiasakan diri menggunakan kata ‘tolong’ ini untuk menyuruh si kecil maka anak pun otomatis akan menirunya. Anak-anak menjadi terbiasa sejak kecil untuk bertutur kata lembut, sopan, dan tidak mudah memerintah orang lain seenaknya. Itulah setidaknya guna kata ‘tolong’ yang dibiasakan kepada anak sejak kecil, sebelum mereka jadi dewasa, dan berinteraksi dengan banyak orang.

2. Terima kasih

Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
Kita bukanlah manusia super. Setidaknya itu dibuktikan ketika kita meminta pertolongan kepada orang lain, atau ketika orangtua meminta tolong kepada anak-anaknya. Setelah meminta tolong dan mendapatkan pertolongan maka jangan lupa ucapkan terima kasih. Orangtua perlu membiasakan kata ini dalam interaksi sehari-hari dengan anak-anak. “Terima kasih ya, Nak, kamu sudah membantu Ibu memasak di dapur.” Atau, “Terima kasih, Dik, sudah membuatkan kopi untuk Ayah.” 

Salah satu ciri orang yang rendah hati adalah tidak lupa berterima kasih kepada orang lain. Entah itu karena pujian yang diberikan orang lain kepada kita, atau karena kita sudah mendapatkan banyak bantuan yang sangat berkesan. Biasakan menggunakan kata ‘terima kasih’ ini di saat berkomunikasi dengan anak. Dengan demikian, buah hati akan terbiasa pula menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Manfaatnya sangat besar untuk anak, yaitu buah hati menjadi pribadi yang tahu menghargai peran orang lain, tidak mudah lupa diri atas jasa orang lain, dan bisa mengucapkan terima kasih di saat yang tepat.

3. Semoga

Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?

Ada saat-saat suka, ada pula saat-saat kita berduka. Itulah hidup, penuh dinamika. Demikian pula saat mendidik anak, kita tidak selamanya berada dalam situasi yang lapang. Ada kalanya harus merasakan kesesakan, sedih, kecewa, bahkan dihiasi dengan air mata. Dalam situasi seperti ini orangtua jangan mudah menyerah. Tunjukkan kepada anak bahwa kita merupakan orangtua yang sabar dan kuat dalam cobaan.

“Ini hanya cobaan, Nak, semoga ke depan hidup kita bisa lebih baik lagi.” Sebagai orangtua, biasakan kita tetap yakin bahwa kita tidak pernah kehilangan harapan, tidak lupa berdoa, dan senantiasa membesarkan hati anak-anak jika kita tertimpa musibah atau kesulitan. Kata ‘semoga’ menjadi penting dibiasakan kepada anak. Di dalam kata tersebut terselip makna doa, bukan makna kepasrahan.

Bisa juga, orangtua mengungkapkan, “Semoga kelak kamu akan menjadi orang sukses melebihi kesuksesan orangtuamu.” Atau, “Semoga berhasil dalam studimu, Nak, meski kita sedang berada dalam situasi sulit.”

Membiasakan menggunakan kata ‘semoga’ sangat bermanfaat untuk mengenalkan harapan, doa, dan cita-cita kepada si kecil. Anak juga tidak akan mudah menyerah jika mengalami kesulitan atau menghadapi tantangan. Kesabaran juga akan mudah dimiliki anak-anak karena buah hati sudah terbiasa menggunakan kata ‘semoga’ sebelum ia beranjak dewasa.

Semoga tulisan ini menginspirasi ya. Jangan lupa bahagia!



Foto: pixabay.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
03-06-2020 15:21
“Tolong ambilkan dompet ayah dirumah tetangga, Nak!”


:bokek
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
03-06-2020 16:17
kata "maaf"
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
03-06-2020 20:53
maaf jugaa gan jangan lupaaa
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
1 0
1
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
03-06-2020 21:00
YANG JAUH LBH PENTING DARI SEMUA NTU JUSTRU KAGAK DIBAHAS, YAITU BUDAYA MENGANTRI !!!
MENGANTRI PNY NILAI EDUKASI YG LUARBIASA DLM SEGALA HAL BREE
profile-picture
profile-picture
mr.yuhuu007 dan herrypengarang memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
03-06-2020 21:13
tolong, terima kasih, minta maaf tuh menurut ane 3 kata ajaib yg ngebekas banget sampe gede. nambah empati dan simpati bgt, soalnya ane ngerasain sampe gede gini efeknya ke ane gimana
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
07-06-2020 10:21
adeeekk cuci tangan dulu sebelum makan

adeeekk ayo cuci piring sama gelasnya habis makan jangan lupa cuci sekalian punya papa mama ya

adeeekk nyapu dong lantainya kotor tuh

adeeekk jangan main terus diluar jangan lupa belajar kalo nilainya jeblok nggak papa mama kasih hadiah lho

adeeekk kamu kok kerjaanya tidur mulu, ayo bantu mama masak.

....................
....................

berlatih sabar melalui ujian. emoticon-linux2
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
08-06-2020 06:24
wah Baru tau nih yang semoga. karena kalau tolong dan terima kasih udah tau.
tapi iya sih bener juga. ya pasti ada momen ketika ngerasain sedih kecewa gitu sih.
profile-picture
profile-picture
ben.cumberbatch dan kaitokid94 memberi reputasi
2 0
2
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
08-06-2020 20:22
ah iya juga ya. ane dari kecil diajaein untuk selalu bilang tolong, terima kasih, dan maaf sama orang tua ane. tapi malah makin ke sini agak suka lupa malah emoticon-Cape d...
profile-picture
ben.cumberbatch memberi reputasi
1 0
1
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
09-06-2020 15:34
Penting memang, menanamkan hal hal tersebut ke anak sedini mungkin karena itu juga dapat menghiring anak tumbuh menjadi individu yang berakhlak
0 0
0
Biasakan Tiga Kata Ini pada Anak Sejak Kecil, Apa Gunanya?
09-06-2020 21:45
kudu nanemin hal hal seperti ini sedari kecil sih
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia