News
Batal
KATEGORI
link has been copied
275
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed71c21349d0f78a90ac498/luhut-tantang-pengkritik-utang-negara-tatap-muka
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menantang pengkritik utang negara untuk bertatap muka dengannya. Luhut mengaku ingin berbincang terkait penambahan utang negara selama pandemi virus corona  atau Covid-19.
Lapor Hansip
03-06-2020 10:42

Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka

Past Hot Thread
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menantang pengkritik utang negara untuk bertatap muka dengannya.

Luhut mengaku ingin berbincang terkait penambahan utang negara selama pandemi virus corona  atau Covid-19.

"Jadi kalau ada yang mengkritik kami, sini saya juga pengen ketemu. Jadi jangan di media sosial saja. Nanti ketemu kami, ngomong," ujarnya melalui diskusi virtual, Jakarta, Selasa (2/6/2020).

"Enggak usah ngomong di TV lah, ketemu saya sini. Nanti dia kasih angkanya, saya tentara walaupun bukan lulusan ekonomi, saya bisalah jawab itu. Tapi jangan rakyat dibohongin," sambungnya.

Mantan Komandan Khusus Satgas Tempur Kopassus itu menjelaskan, utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih rendah ketimbang negara-negara lainnya seperti Singapura, Amerika Serikat dan Jepang, apalagi disaat pandemi ini banyak negara berutang untuk stimulus ekonomi demi perbaikan ekonomi negaranya.

"Singapura itu lebih dari 100 persen dari debt to GDP-nya. Begitu juga dengan Amerika, malah kita enggak tahu lagi berapa besar," kata dia.

Luhut mengatakan utang pemerintah Indonesia terhadap PDB akan mencapai 32 persen hingga akhir 2020.

Baca juga: Tak Bisa Layani Penerbangan Haji, Berapa Kerugian yang Diderita Garuda?

Luhut bilang, utang pemerintah merupakan utang produktif yang akan memperbaiki negara Indonesia yang dulu tertinggal dari negara lain. Ia meminta kepada para ekonom yang mengkritik utang negara untuk memberikan informasi tepat kepada masyarakat.

"Saya ini tentara, jadi belajar juga dari anak-anak muda yang ngerti. Jadi kita jangan enggak ngerti juga, bodoh-bodohin rakyat kita ngutang enggak benar. Utang kita itu produktif," ucapnya.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat total utang pemerintah hingga April 2020 mencapai Rp 5.172,48 triliun.

Baca juga: Haji Dibatalkan, Pengusaha Travel Berharap Calon Jemaah Tak Lakukan Refund

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, total utang tersebut meningkat Rp 644,03 triliun atau 14,22 persen.

Total utang tersebut setara dengan 31,78 persen terhadap PDB. Angka tersebut masih dalam batas aman dalam Undang-undang (UU) Keuangan Negara Nomor 17 tahun 2003 yang menetapkan batas maksimal rasio utang pemerintah sebesar 60 persen dari PDB.

https://money.kompas.com/read/2020/0...page=all#page2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 30 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 10:45
Hutang produktif kata kuncinya gan.. emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darklight89 dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 10:47
siapa yg bayar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
geforce9800gtx dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 10:47
Kadrun mendadak pakar ekonomi, finansial, supply, demand, bubbling, cuan, dsb yang cuma bacot dan banci sosmed mana berani!!! emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Koncong dan 26 lainnya memberi reputasi
22 5
17
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 10:48
mana berani mereka opung

mca jihadnya kibot doang

tul gak @sniper2777

pake kibot mana dpt bidadari coy emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rgenpeninsula dan 13 lainnya memberi reputasi
8 6
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 10:49
beberapa kampret memang ngeselin, nggak paham ekonomi (pendidikan rendah) tapi kerjanya nyinyirin hutang negara. nggak usah dimasukin hati pak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kouldesak dan 12 lainnya memberi reputasi
6 7
-1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 10:58
Hayolo. Mending pada diem baek-baek kalo ngga mau debat terbuka.
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reasius dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:00
Tayangin tv lah debatnya bukan cm dipanggil tatap mata berdua, nanti bs menduga yg tdk2

Ini malah blg ga ush tayang di tv.... Kan aneh...

Kalo perlu buka forumnya di mata najwa
Minta najwa yg undang, gw yakin banyak yg dtg

Kl perlu menkeu nya dtg jg

emoticon-Cool
Diubah oleh venom123
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 37 lainnya memberi reputasi
38 0
38
Lihat 13 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:01
Ketemu pun debatnya pasti debat kusir.
Dan endingnya cuma gertak ala mantan tentara.
Tempeleng sana tempeleng sini.
Jadi ngapain diladenin.

Biar saja fakta berbicara.
Rakyat juga bisa menilai sendiri.

Quote:Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka


Ini siapa yg mau bayar?
Utangnya 4.000 an trilyun, setahun bayar cicilan kreditan cuma mampu 100 an trilyun.

Butuh 40 tahun Pemerintah Indon buat melunasinya itu.
Itupun kalau nggak nambah utang lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
clyope dan 24 lainnya memberi reputasi
22 3
19
Lihat 20 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:03
Ayo udah ditantangin tuh..
Rocky gerung, Said didu, din, tunjukkan nyali anda.

Tp debat intelektual jgn maen hina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
partonesia dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:07
bukan di TV..
jadi debat tertutup gitu ya?
ada yg berani?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
partonesia dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:09
Quote:Original Posted By istri.pedopil
mana berani mereka opung

mca jihadnya kibot doang

tul gak @sniper2777

pake kibot mana dpt bidadari coy emoticon-Ngakak



Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka

Ati2 gan di hajar pakai tuh keyboard kelar hidup lu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:12
Kadrun kan emang gitu
Lantang di medsos
Mengkerut pas ketemu dunia nyata
Lalu ntar ancam didatengin bareng” ama temen temennya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ach.titan dan 11 lainnya memberi reputasi
6 6
0
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:18
dari omongannya aja jelas dia nggak ngerti emoticon-Wink emoticon-Wink tatap muka hal yang sia-sia sama orang ini. mending menkeu nya aja jelasin moral hazard itu pinjaman.

contoh kekurang cerdasannya membandingkan penjaman jepang dengan pinjaman indonesia terhadap gdp .prosentase pinjaman indonesia.
Diubah oleh brick_water
profile-picture
profile-picture
profile-picture
clyope dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:23
Bagus tambah lagi hutangnya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LupuZjR dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:25
paling pas nyampe di pelototin om luhut juga kicep..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
D_666_VIL dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:27
Ngapain minta ketemuan ? Tinggal lu kasih pengumuman di media biar seluruh rakyat indonesia tau. Ginian aja g becus lu...!!emoticon-Najis Atau klo mo ketemuan boleh2 aja tp disiarin secara live di media nasional.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
clyope dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:31
tatap muka biar gampang karungin emoticon-Wakaka

profile-picture
profile-picture
profile-picture
LupuZjR dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:34
silahkan yang mau ngadep dan sungkem sama lord luhut emoticon-Nyepi













mendadak jadi banci ketemu sama opung emoticon-Takut emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ach.titan dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 11:36
masuk tv lah, mau liat gue opung sehebat apa kalo debat terbuka. kalo tertutup siapa yg tahu, siapa yg lebih bener
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LupuZjR dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 12:01
Klo ada yg nyalon trus muncul in ide hapus in utang dgn cara2 yg real bukan janji2 doang ane pilih,, sejauh ini semua janji doang,, selalu bilang hapus in utang tapi goib yah gimana caranya lul?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LupuZjR dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia