Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
199
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed4ab74337f935c1d735cef/papua-jelajahi-kekayaan-negeri-sendiri-bukan-luar-negeri
Papua juga mendapat julukan "Surga Kecil Di Timur Indonesia" loh Gansist, karena keindahannya yang tak ada habisnya. Dari pesona alam, budaya, tradisi, kuliner hingga sumber daya manusia yang ada di sana menjadi aset yang berharga Gansist. Karena itu wilayah yang berada di ujung timur Indonesia ini, memiliki beragam tujuan menarik untuk dikunjungi.
Lapor Hansip
01-06-2020 14:17

Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bismillah
Assalamu'alaikum

Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
Papua, adalah pulau yang bentuknya menyerupai burung Cenderawasih, terletak gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya.

Papua juga mendapat julukan "Surga Kecil Di Timur Indonesia" loh Gansist, karena keindahannya yang tak ada habisnya. Dari pesona alam, budaya, tradisi, kuliner hingga sumber daya manusia yang ada di sana menjadi aset yang berharga Gansist. Karena itu wilayah yang berada di ujung timur Indonesia ini, memiliki beragam tujuan menarik untuk dikunjungi🤗

Agan dan Sista sudah tahu belum? Papua yang terletak di ujung timur Indonesia ini, dikenal dengan pariwisata eksotis dan masih alami loh, dengan pemandangan gunung, hutan lebat, padang rumput, rawa-rawa dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan dan bahkan sudah terkenal di dunia, duh bangganya ya Gansist.

Yuk Gansist kita lihat tempat-tempat wisata terkenal di Papua

5 Tempat Wisata yang mengagumkan di papua

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Taman Nasioanal Teluk Cenderawasih menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia loh Gansist. Di sini, terdapat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa Agan dan Sista saksikan di alam bawah lautnya. 

1. Raja Ampat

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Raja Ampat ini terkenal dengan kawasan penyelaman yang paling disukai para penyelam loh Gansis, dan waktu paling bagus untuk menyelam adalah di bukan Oktober dan November. Karena pada bulan-bulan ini, cuaca sedang bagus dan air sangat jernih sehingga jarak pandang saat menyelam sangat ideal.

3. Lembah Baliem

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Selain Raja Ampat ada lagi nih Gansist, yang merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Yaitu Lembah Baliem nama tempatnya.

4. Pantai Bosnik

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Nah, ini yang di tunggu-tunggu, bagi Agan dan Sista yang suka berSelfi ria, Pantai Bosnik ini sangan bagus untuk berfoto loh, Pantai yang berada 15 km dari pusat kota Biak ini memiliki hamparan pasir luas dengan air jernih kebiruan dan deretan pohon kelapa yang menjadikannya sebagai pemandangan sempurna untuk diabadikan dalam kamera Gansist nih.

5.Tugu MacArthur 

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Agan dan Sista pasti sudah tahu, yang namanya Tugu itu pasti adalah tempat yang tertinggi dan penghormatan. Nah, sama dengan Tugu MacArthur merupakan tugu penghormatan bagi Jenderal Douglas MacArthur yang merupakan jenderal besar Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Tugu ini berada di Ifar Gunung, Jayapura. 

Setelah melihat keindahan alam Papua yang membuat kita berdecak kagum, Ane akan menganjak Agan dan Sista untuk mengenali beberapa makanan khas daerah Papua ini. Yuk cekidot ...😍😘

1 . Udang Selingkuh

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Ternyata, bukan orang saja yang bisa selingkuh ya Gansist. Undang juga bisa loh,
di Papua Barat, udang dengan bentuk besar seperti kepiting ini dimasak hingga dinamakan Udang Selingkuh. Karena kepalanya mirip kepiting sedangkan badannya seperti udang.

2. Ikan Bakar Manokwari

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Menu ini bebahan dari ikan tongkol Gansist, dan biasa ditemukan di warung-warung atau rumah makan pinggir jalan di Papua, cita rasa ikan tongkol ini diberi sambal khas Papua yang pedas. Dimakan bareng nasi putih, maknyus dah😂

3. Papeda

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Makanan yang kental dan unik ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu jadi tak heran jika teksturnya kental. Dan sangat baik untuk kesehatan loh Gansist.

Agan dan sista sudah bisa membedakan tepung sagu dan tepung kanji/tapioka belum?
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.


Yuk diperhatikan ya Gansist tepung sagu warnanya agak butek kemereahan dan tepung kanji itu putih bersih. Teksturnya pun beda loh Gansist, karena tepung sagu lembab dan berat makanya bisa di gumpalin, sementara tepung kanji ringan dan kering terurai.

Kebetulan Ane punya tepung sagu Gansist, ane pesan dari pulau seberang yang banyak pohon sagunya. Ternyata awetloh tepung sagu ini, padahal sudah satu bulan Ane simpan di kulkas😍😂

Kalau begitu, Ane mau coba bikin Papeda nih, tanda cintaku pada Papua😘

Papeda ala lenitan

Bahan:
250 gram tepung sagu
3 siung bawang putih/Ane skip
1 gelas air ukuran sedang.

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

1. Panaskan air dalam panci kecil hingga mendidih, lalu masukkan sagu yang sudah di larutkan dengan sedikit air.
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

2. Masak di atas api kecil, aduk tetus hingga berubah warna
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

3. Adodan sagu sudah berubah menjadi bening tektur menjadi seperti lem.

Tumis Bunga Pepaya dan Daun Belinjo cabe merah

Bahan :

1. Secukupnya bunga pepaya
Secukupnya daun belinjo
Bawang merah secukupnya
Bawang putih secukupnya
Cabe merah secukupnya
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

2.Iris bawang putih, bawang merah, dan cane merah, lalu tumis hingga harum.
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

3. Masukkan bunga pepaya dan daun belinjo aduk sebentar, tambahkan garam dan perasa (bagi yang suka)
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

4. Taraaa ... Sayur tumis Bunga pepaya daun belinjo sudah jadi nih Gansis.
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.


Papeda bisa disantap dengan ikan tongkol masak kuah kuning, atau juga dengan sayuran, apapun semua itu pasti sedap dan nikmat apalagi masaknya dengan sepenuh hati. Seperti hatiku padamu😂

Gansist selain resep di atas, makan Papeda dengan sayur tumis, Ane juga berkreasi membuat Papeda dengan berkuah. karena Ane suka makanan berkuah dan hangat.

Yuk intip cara Ane masak Papeda berkuah.

Bahan
Secukupnya tepung sagu
Secukupnya air
Secukupnya kangkung
Secukupnya udang/kerang/ dll
Bawang putih (haluskan)
Bawang merah( haluskan)
Cabe rawit (sesuai selera, haluskan)
Sedikit ikat teri( sesuai selera, haluskan)
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Carbut :
1. Masak air dalam panci hingga mendidih.
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

2. Masukkan bumbu halus.
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

3. Aduk sebentar, lalu masukan kangkung, serta udang, tambahkan garam dan perasa (bila suka) lalu aduk rata.
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

4. Siapkan adonan sagu yang dikasih sedikit air
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

5. Masukkan larutan sagu dan air tadi ke dalam panci
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

6. Di aduk-aduk hingga terlihat mengental dan larutan sagu berubah warna bening. Tunggu sampai meletup-letup.
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

7. Nah, bila sudah bening dan kental kuah sayur kangkung tadi berarti Papeda kuah siap untuk dihidangkan dan di santap Gansist.
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
Quote:Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.

Taraa ... Sudah jadi nih Gansist, tinggal pilih sesuai selera mau Papeda makan terpisah dari kuah dan sayur atau Papeda berkuah dengan sayurnya semuanya tetap nikmat dan enak.

Wow ... Mudah banget bukan buat Papeda, dan yang paling Ane suka makanan satu ini adalah sehat banget dan baik untuk kesehatan. Gansist masih ingat gak tahun lalu heboh beras naik harga? Mak-mak di setiap gang perumahan heboh habiz pada ngeluh. Kalau bagi pecinta Papeda ... itu mah gak ngaruh, karena tidak makan nasi cukup dengan Papeda dari Sagu sudah bahagia.
Begitu juga dengan Ane bahagia bisa langsing dengan makan Papeda setiap hari😍 bisa di jadikan menu diet juga loh Aganndan sista.

Oke, selesai sudah perkenalan kita dengan daerah tercinta kita ini, yang patut kita banggakan dan kita jaga serta kita rawat bersama. Jangan bilang liburan dalam negeri sendiri tidak asik kalau belum kunjungi Papua Tercinta kita,
jelalajahi kekayaan negeri sendiri.

Ane pamit undur diri dulu ya Agan dan sista, sampai jumpa lagi di trit Ane yang akan datang, Bye ....🤗



Wassalamu'alaikum 🙏
Batam, 01062020

Sumber foto :klik
Sumber Narasi : Opini pribadi & sumber
Diubah oleh lenitan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 57 lainnya memberi reputasi
58
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 14:22
pajwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 14:22
Mantap pemandangannya cuma sayang jauh.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 14:23
sungguh tempat yang indah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 14:29
Papua adl surganya Indonesia emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 14:59
papeda kaya nama makanan india
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 15:00
jago masak bener nih bundaa 😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 16 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 15:00
Ingin kesana, tapi amankah ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 16:27
udang selingkuh, ngakak ane bacanya sist, siapalah yg pertama ngasih nama bgtuemoticon-Ngakak
Diubah oleh indrag057
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 17:05
cara masak papeda, kok ngingetin ama kuah sate padang ya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 17:13
kenapa aku kepikiran ntar mau honeymoon ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih, ya 🤭🙈
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 18:03
cuuaaakeeepp😍😍😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 18:14
Ajak aku kesana...dan menikmati udang selingkuh...emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 18:35
yups, keindahan Indonesia belum saya katam
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan lenitan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 18:47
Apanya yang jelajahi negeri sendiri kalau biaya tiket sekali perjalanan menuju kesini bisa untuk ke jepang pulang pergi?? Hahaha ironis.
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan lenitan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 18:48
wah, ada resepnya.

save dah, ntar kalo lagi rajin mo eksekusi 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desifatma77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 19:53
Quote:Original Posted By firdainayah
kenapa aku kepikiran ntar mau honeymoon ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih, ya 🤭🙈


Siap2 nabung dri sekarang sist, wujudkan impianmu:tepuktangan
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan lenitan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 19:55
msh bermimpin pingin ke raja ampat... mesti ada sodara di papua yg uda pernah ke misol
profile-picture
profile-picture
lenitan dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 19:59
Quote:Original Posted By lenitan
Kagak tau juga om dari sononya sudah begono namanyaemoticon-Leh Uga


Tapi unik sih, bkin orang penasaran. Dan berawal dari penasaran orang jadi pengen tau dan mencicipi.
profile-picture
lenitan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 20:35
Quote:Original Posted By lenitan
Boleh kapanpun kamu mau aku siap dan dengan senang hati emoticon-Leh Uga


Alhamdulillah...
profile-picture
lenitan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Papua, Jelajahi Kekayaan Negeri Sendiri, Bukan Luar Negeri.
01-06-2020 21:33
Kalau papua tercinta sih memang sidah tidak usah diragukan lagi keindahan, papua membuat wajah Indonesia lebih cantik, semoga kita semua bisa menjaga pemberian tuhan ini yahhh
profile-picture
lenitan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Cooking & Resto Guide
recook--dalgona-iced-coffe
Cooking & Resto Guide
ayam-geprek
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia