Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
404
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed319b709b5ca312a0f9737/hancurnya-mimpi-habibie-pesawat-indonesia-disuntik-mati
Sebuah mimpi dari pemuda Indonesia untuk membuat pesawat memang dapat diwujudkan oleh Bapak BJ Habibie, dengan bangga mempersembahkan N-250 Gatot Kaca yang menari di udara.
Lapor Hansip
31-05-2020 09:43

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Langit biru membentang dari sabang hingga merauke, terlihat burung besi banyak berkeliaran tapi tak satupun yang made in Indonesia. Kenapa?

Sebuah mimpi dari pemuda Indonesia untuk membuat pesawat memang dapat diwujudkan oleh Bapak BJ Habibie, dengan bangga mempersembahkan N-250 Gatot Kaca yang menari di udara.

Terkenang saat itu ketika Indonesia bangga dengan penerbangan perdana N-250 Gatotkaca di Lapangan Udara Husein Sastranegara. Suharto sebagai sosok dibelakang layar demi terciptanya industri besar di tanah air gembira dengan hasil yang dicapai Menteri Riset dan Teknologi sekaligus juga Direktur Utama Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) dialah sosok yang disukai banyak pemuda masa kini Bacharuddin Jusuf Habibie.

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Masyarakat bangga, sorak sorai gembira pun terjadi ketika Indonesia ternyata mampu membuat pesawat terbang penumpang, dan ini adalah tulang punggung bagi industri pesawat kita dimasa depan.

Walau bahan baku komponen N-250 masih berasal dari luar negeri seperti dimana 39,73% berasal dari Amerika. Lalu dari Indonesia hanya sebesar 38,6%, sisanya berasal dari Prancis, Inggris, dan Jerman. Tapi kita tetap merasa bangga karena perakitan dari 0 hingga finishing dilakukan di Indonesia.

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Hingga Indonesia terkena imbas krisis 1998, ekonomi hancur dengan imbasnya kerusuhan yang terjadi di Indonesia. Presiden Soeharto akhirnya meminjam uang dari International Monetary Fund (IMF). Dan syaratnya harus menghentikan proyek pesawat komersial N-250 yang dilakukan Indonesia.

Semua sudah tahu akhirnya IPTN seperti dibunuh oleh kepentingan hutang, ada yang tidak mau Indonesia mengembangkan pesawat komersial menengah dan kecil yang sangat diperlukan bagi negara dengan jenis kepulauan. Ada permainan yang dilakukan IMF, bahkan beliau memgatakan IPTN dibunuh IMF seperti yang dikatakan beliau sendiri,

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Quote:

Habibie menganalogikan bahwa dimatikannya industri strategis Indonesia sama dengan membunuh anak sendiri. Apabila sang anak sakit, seharusnya disembuhkan hingga bangkit kembali,” tulis Weda S. Atma.



Nampaknya ada rekayasa besar ketika saat itu IPTN sedang mengembangkan pesawat N-2130. Bila ini dapat diwujudkan Indonesia tidak lagi ketergantungan untuk impor dari Airbus dan Boeing.

Ditengah badai corona ada hal yang menarik ketika Pemerintah kembali berhutang, lalu hal yang membuat orang bertanya-tanya ketika pengembangan pesawat menengah N-245 dan program industri pesawat R80 yang sebelumnya masuk dalam program proyek strategis nasional dihentikan.

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Pemerintah fokus kepada pengembangan drone, yang dinilai lebih efisien dibandingkan pesawat komersial? Apa yang terjadi dibalik layar? Apakah elite global hanya mitos atau memang nyata?

Yang jelas saat ini mimpi Habibie telah disuntik mati oleh kepentingan pihak tertentu, masih adakah pemimpin yang dapat berjuang melawan orang-orang dibalik layar? Masih menunggu satrio piningit, atau sebenarnya melawan arus itu adalah hal yang sia-sia. Jadi nikmati saja hidup yang sekarang ini dengan lapang dada. Salam, saya c4punk see u next thread.

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

GIF




Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 113 lainnya memberi reputasi
110
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 09:50
Kangen eyang 🥺🥺
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smeljonathan dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 10:01
hutang indonesia sudah sampai ke titik di mana mustahil bisa di lunasi lagi
karena gak bakal bisa di lunasi, maka selamanya indonesia jadi kacung asing
makanya mahasiswa cerdas indonesia lebih milih jadi WNA kerja di sana daripada indonesia, karena tau indonesia udah hopeless
tinggalkan kapal yg karam
hanya segelintir yg nasionalis yg bertahan di indonesia
sad but truth
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan 48 lainnya memberi reputasi
43 6
37
Lihat 73 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 10:07
gue nungguin komen argumen infrastruktur vs dirgantara
profile-picture
profile-picture
black_robo dan gta007 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 10:14
saya lebih suka pada pandangan Pak Habibi

Mendirikan rs khusus mata agar anak Indonesia suka membaca
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 10:56
Ane gak paham perpolitikan dirgantara, setau ane pesawat habibie didesain ekonomis sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Ane baca2 sih irit bahan bakar, mampu menampung banyak penumpang & mampu terbang dilandasan pendek.

Kemudian teknologi mutakhir lainnya jg gak kalah modern kok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.yuhuu007 dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 11:11
Rumit persoalannya ditambah dengan masalah wabah sekarang ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 11:38
hehe...pasti ada something
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 11:38
yang jadi masalah pesawatnya susah dijual
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 11:41
sayangnya, tapi mirisnya gw rasa walau 75 tahun bangsa ini merdeka, kita belom siap buat barang begituan bray
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pretKupret dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 12:06
kok selamat jalan habibie.. dah lama tu
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan SetiyawanJoko memberi reputasi
2 0
2
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 12:12
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 12:46
IMO sih kalo emang ingin bersaing di industri penerbangan kita emang sudah ketinggalan jauh kalo memang tujuannya untuk komersil dan cari profit, mungkin beda lagi kalo memang pengembangan tersebut hanya dilakukan sebagai upaya penelitian saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 13:43
Apakah Kalst*r msh beroperasional konon memesan 25 unit R80emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 14:01
Sungguh miris baca thread ente bang...
"mimpilah kau stinggi mungkin, dan bangkitlah kau dikala mimpimu dirampas!"
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
edhot212 dan 29 lainnya memberi reputasi
1 29
-28
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 14:05
Orang pinter
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 14:18
Sedihnya baca tritmu, bang. mungkinkah nasib bangsa ini kelak berubah jadi lebih baik?
profile-picture
profile-picture
black_robo dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 14:27
aku suka gaya penulisannya, mungut ilmu dimarih ahh
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan xeun memberi reputasi
2 0
2
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 16:27
korban ekonomi memburuk pas pandemi... bbrp proyek dibekukan..

pertanyaannya : apakah kita punya rencana jangka panjang? misalnya jika ekonomi membaik, apakah proyek R80 ini akan hidup lagi..??

yg dulu²..
N250 disuntik mati..
roket seri RX gak tau lanjutannya...
emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
G0J0 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 18:17
di kondisi kaya gini, emang bakal masih ada airlines yg mau beli pesawat? dari vendor ternama macam boeing dan airbus aja pada dipangkas kontrak penjualannya, lah jelas mending jangan dilanjut masbro. kalo udah dibikin trus gak ada yg beli? biaya R&Dnya jadi lapur dong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
31-05-2020 19:26
realistis aja .... kalau suntik mati, fasilitas di gunakan untuk penelitian pembuatan drone dan pesawat tempur seharusnya lebih berguna dr pada industri pesawat komersil yg jelas kita udah kalah jauh dari Amerika prancis rusia dan china.buat apalagi lebih bagus kembagin pesawat tempur gandeng pindad. supaya kita punya kekuatan untuk pertahanan udara yg memadai. kita kepulauan untuk menjangkau wilayah indonesia secara maksimal adalah pakai peswat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pianpido dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia