News
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed196d2f4d6955fba60cdf2/tak-setuju-tanggapan-ombudsman-pengamat-buka-bukaan-alasan-harga-bbm-tak-turun
WE Online, Jakarta - Ombudsman RI melalui anggota Laode Ida mengungkapkan, terdapat tiga alasan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang hingga saat ini tidak mengalami penurunan di saat harga minyak dunia alami penurunan serta adanya wabah Covid-19. Ketiga alasan tersebut yakni pertama, harga pokok BBM yang dijual di Indonesia adalah harga sebelum turunnya harga BBM dunia. Kedua, harga BBM dunia terus
Lapor Hansip
30-05-2020 06:12

Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun

WE Online, Jakarta -
Ombudsman RI melalui anggota Laode Ida mengungkapkan, terdapat tiga alasan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang hingga saat ini tidak mengalami penurunan di saat harga minyak dunia alami penurunan serta adanya wabah Covid-19.

Ketiga alasan tersebut yakni pertama, harga pokok BBM yang dijual di Indonesia adalah harga sebelum turunnya harga BBM dunia. Kedua, harga BBM dunia terus berfluktuasi (naik-turun). Ketiga, jika harga BBM diturunkan dan terjadi kerugian besar di pihak Pertamina, akan terjadi pengurangan tenaga kerja atau Pemutusan Hubungan Kerja.

Adanya penjelasan dari Ombudsman ini langsung direspons oleh pengamat energi dari Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman. Dia menuturkan, tiga alasan utama Pertamina kepada Ombudsman sebagai penyebab harga BBM tidak turun adalah jauh dari kebenarannya, bahkan terkesan menyesatkan.

Menurut Yusri, tidak seharusnya Ombudsman ikut berkomentar seperti LSM atas dasar pemahaman sepihak saja, yakni hanya sepihak dari Pertamina saja, sehingga bisa menimbulkan pertanyaan Ombudsman ini mewakili kepentingan rakyat Indonesia atau kepentingan badan usaha Pertamina.

"Seharusnya, Ombudsman sesuai fungsinya bertindak dan bersikap mewakili kepentingan umum sebuah badan usaha, yaitu menelisik apakah telah terjadi mal administrasi dilakukan oleh Pertamina, Shell, Total, AKR, dan Vivo dalam menerapkan harga jual BBM umumnya itu telah melanggar peraturan perundang undang yang berlaku," jelas Yusri dalam keterangan yang diperoleh Warta Ekonomi, Kamis (28/5/2020).

Dirinya melanjutkan, dari ketiga alasan yang dikemukan Pertamina itu, yang benar hanyalah bila harga BBM diturunkan, Pertamina akan terancam kolaps. Namun, itu bisa terjadi lebih disebabkan karena proses bisnisnya dari hulu ke hilir yang telah dikelola selama ini tidak efisien, bukan karena harga minyak murah.

"Sebagai contoh, investasi Pertamina di hulu, seperti membeli PI (participacing interest) beberapa blok migas di luar negeri penuh dengan dugaan mark up, bahkan ada blok yang telah dibeli. Namun, belum setetes pun minyak pun bisa dinikmati Pertamina sampai saat ini. Padahal, sejak tahun 2016 hingga saat ini Pertamina telah mengeluarkan uang sekitar Euro 1 miliar untuk akuisisi dan capex serta opex," tambahnya.

Lanjutnya, selain itu, ternyata rerata biaya pokok produksi semua sumur minyak Pertamina berkisar sekitar US$26 per barel sehingga ketika harga minyak dunia sudah berada di bawah US$30 per barel, tentu akan mengancam kondisi keuangan Pertamina secara keseluruhan. Dengan begitu, kalau harga minyak murah itu berlangsung lama, Pertamina akan berpontensi kolaps adalah sebuah keniscayaan.

Hal tersebut diperparah oleh kinerja kilang Pertamina yang sudah tua dan tidak efisien sehingga biaya pokok produksi BBM-nya menjadi mahal. Kemudian, ternyata sampai proses pembelian minyak mentah, BBM dan LPG oleh ISC Pertamina juga belum transparan. Akibatnya, masih terbuka lubang adanya praktik kongkalikong, pada dasarnya tak seindah yang diucapkan oleh Direksi dan Komisaris utamanya Ahok di media.

Karenany, makin sempurnalah harga dasar produk BBM Pertamina menjadi mahal. Hal itu telah disumbang oleh berbagai proses dari hulu sampai ke hilirnya yang tak efisien.

"Karena kita sebagai negara net importir, harusnya dengan harga minyak dunia murah merupakan berkah bagi rakyat Indonesia yang lagi kesulitan daya belinya akibat Covid-19, bukan malah jadi perdebatan kenapa harga BBM tidak turun-turun," tegas Yusri Usman.

https://www.wartaekonomi.co.id/read2...-bbm-tak-turun





Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun


emang bangsa dan negara ini udah sesat karena dikelola orang2 sesat emoticon-DP


Mantan napi diangkat jadi komisaris utama diperintahkan sikat habis mafia pula emoticon-Gila


nutup alexis aja gak punya nyali koq mau diperintahkan utk sikat habis mafia migas emoticon-Gila




Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun

msh ingat buku putih???, itu cuma sampah! emoticon-Tai
Diubah oleh sniper2777
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 06:41
Udh enak dikelonin sama bini baru ngapain cari musuh lagi. Org2 jg pada gk tau terimakasih emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ayah.junaedi
0 0
0
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 06:44
hoahem semua bisa bacot, tapi begitu ditanya buktinya apa....ah sudahlah emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 06:56
Setuju 1 bagian: Pertamina tidak transparan & tidak efisien. Nggak cuma pertamina sih, semua BUMN pengelola hajat orang banyak ya gitu. PLN & PDAM apalagi
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
1 0
1
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 07:19
nah loh ahlinya sdh berbicara siapa yg benar?
Diubah oleh daroi
0 0
0
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 07:23
BUMN kita ini memang sudah lama gak efisien
Lalu, kita maunya apa... Minta harga murah (harga jual lebih kecil dr cost?) dan akhirnya BUMN kolaps gitu?....
Kl bkn krn berbarengan dengan covid-19 ane yakin lah bakal turun jg itu harga
Krn saat ini sales anjlok setengahnya


profile-picture
kucingnyapakrt memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 07:33
Gak mungkin turun, sebenarnya kerugian nya sebesar apa sih ini pertaminix emoticon-Nohope
0 0
0
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 07:37
salah ahok lagi
0 0
0
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 08:02
Kalau harga harga bbm turun jelas akan menggerus sumber pendapatan negara. Anggap aja itu bantuan rakyat pada negara. Kalau negara kolaps rakyat juga yang jadi korban.
Meski harga mahal tetap aja penjualan produk bahan bakar akan mengalami penurunan. Pembatasan transportasi, pembatasan sektor industri, dan pengetatan mobilitas penduduk membawa dampak signifikan pada kinerja penjualan pertamina. Kalau sampai ditambah penurunan harga bbm, itu bagi pertamina ibaratnya elias pikal kena hook, jab, dan uppercut mike tyson. TKO
0 0
0
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 08:10
Gw quote yg ini...

"Karena kita sebagai negara net importir, harusnya dengan harga minyak dunia murah merupakan berkah bagi rakyat Indonesia yang lagi kesulitan daya belinya akibat Covid-19, bukan malah jadi perdebatan kenapa harga BBM tidak turun-turun," tegas Yusri Usman.

Yuk, ada buzzer cebi yg bisa bantah argumen ini? Argumen net importir yg sering dipakai kroni partai garong, Pertamina dan jajaran nya ketika naikin harga BBM?

Take emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan bigbuncit memberi reputasi
2 0
2
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 08:17
Kalau harga BBM turun akan berdampak terhadap meningkatnya angka pengangguran di Indonesia kata Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria
0 0
0
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 08:21

BUMN

rugi untuk negeri emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh kureno23q
profile-picture
sniper2777 memberi reputasi
1 0
1
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 08:43
Kita NET IMPORTIR hanya sebagai alasan saat BBM NAIK
Kalo minyak mentah lagi turun Pertamina berubah jadi Produsen minyak
0 0
0
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 08:50
Menanti turunnya harga BBM, sebab di dunia sudah mengalami penurunan harga minya, hanya di Indonesia 🇮🇩 yg belum 🤔

emoticon-Mewek
Diubah oleh riendzy92
0 0
0
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 09:05
ya suruh aja si yusri tambang minyak sendiri pake pompa air emoticon-Ngakak

@sniper2777
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 09:06
Namanya cuma pengamat...hanya mengamati dan komentar giliran suruh handle blom tentuan becus juga kok..ada yg jago teori tp begitu suruh praktek pda mingkem
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 09:12
Cuma kangen kitab putih + air mata buaya partai yg sekarang jadi penguasa

emoticon-Malu
Diubah oleh belial
profile-picture
snovian memberi reputasi
1 0
1
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 09:15
India aja udah invest gede2an buat solar power, di Indo masih aja ngurusin minyak sama batu bara.
profile-picture
Malioboror memberi reputasi
1 0
1
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 10:42
buku putih jilid 2 segera terbit



































































tapi bo'ong emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 10:48
Sudah pada lupa apa, kalau Indonesia .. dengan seabrek penduduknya, yang suka keluyuran tanpa tujuan, gengsian, "trendi" (ada cc yang lebih rendah tapi milih yang cc-nya gede dengan alasan lagi trend), termasuk sebagai negara dengan harga BBM yang murah se Asia Tenggara ? Dimana karena itu kemudian terjadi kasus penjualan minyak ilegal oleh oknum dari Indonesia ke oknum negara tetangga ?
Profit seperti apa yang dapat dihasilkan dari hasil jual murah itu ? Belum lagi kalau ada korupsi ...

Terkait kasus penjualan minyak ilegal itu, apakah si Yusri sedang mengadakan pembelaan pada mereka ? Karena dengan tidak turunnya harga BBM di Indonesia, sedangkan harga BBM seperti di Malaysia turun, dengan sendirinya para oknum itu sekarang menjadi "kelaparan".
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Tak Setuju Tanggapan Ombudsman, Pengamat Buka-Bukaan Alasan Harga BBM Tak Turun
30-05-2020 10:48
Ketiga alasan tersebut yakni pertama, harga pokok BBM yang dijual di Indonesia adalah harga sebelum turunnya harga BBM dunia. Kedua, harga BBM dunia terus berfluktuasi (naik-turun). Ketiga, jika harga BBM diturunkan dan terjadi kerugian besar di pihak Pertamina, akan terjadi pengurangan tenaga kerja atau Pemutusan Hubungan Kerja.

Alasan gak masuk akal.... Cari cuan
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia