News
Batal
KATEGORI
link has been copied
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed151d109b5ca47463ec361/tuduhan-makar-di-seminar-ugm-yogyakarta-salah-tafsir
Yogyakarta - Presiden Constitutional Law Society Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Aditya Halimawan membantah tuduhan makar yang diarahkan pada acaranya bertajuk Persoalan Pemecatan Presiden di Tengah Pandemi Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan. Berdasarkan poster yang beredar, acara tersebut digelar pada Jumat, 29 Mei 2020 pukul 14.00 WIB. Rencananya, hadir sebagai pembicara Guru Besar Hu
Lapor Hansip
30-05-2020 01:17

Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir

Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir

Yogyakarta - Presiden Constitutional Law Society Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Aditya Halimawan membantah tuduhan makar yang diarahkan pada acaranya bertajuk Persoalan Pemecatan Presiden di Tengah Pandemi Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan. Berdasarkan poster yang beredar, acara tersebut digelar pada Jumat, 29 Mei 2020 pukul 14.00 WIB.

Rencananya, hadir sebagai pembicara Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia Nimatul Huda, yang dimoderatori oleh mahasiswa UGM M. Anugerah Perdana. Seminar digelar secara online melalui aplikasi Zoom

Tuduhan makar dialamatkan oleh dosen Fakultas Teknik Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta, Bagas Pujilaksono Widyakanigara yang menyebut adanya gerakan makar di UGM di tengah pandemi Covid-19. Dia menyebut tabu berwacana pemecatan Presiden pada kondisi pandemi saat ini.

Aditya menegaskan bahwa acara tersebut bukan bermaksud untuk memberhentikan Presiden RI Joko Widodo. Acara itu melainkan untuk mengedukasi masyarakat bagaimana memberhentikan seorang presiden seperti diatur oleh hukum. "Tidak serta merta diturunkan begitu saja hanya karena alasan politis," katanya kepada wartawan, Kamis, 28 Mei 2020.

Ia menyatakan, menurunkan Presiden harus ditinjau dari sistem ketatanegaraan. Ia menyebut tuduhan makar yang diarahkan kepadanya kemungkinan hanya salah menafsirkan saja.

Acara itu pun sama sekali tidak ada hubungannya dengan Fakultas Hukum UGM. "Ini acara yang diadakan oleh mahasiswa FH UGM," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Dekan FH UGM, Sigit Riyanto mengatakan, FH UGM tidak ada kaitannya dengan acara tersebut. Menurutnya, pihaknya tidak mempermasalahkan acara yang dibuat oleh mahasiswanya. "Apa masak mau saya permasalahkan," katanya.

Ia menilai acara seperti itu adalah hal yang biasa. "Kegiatan mahasiswa yang jadi viral itu kan biasa. Wong rapat kabinet saja bisa bocor lalu viral di sosial media," katanya.

Sementara itu, untuk bisa mengikuti acara seminar tersebut, bisa mendaftarkan di ugm.id/DaftarDilawan/CLS1. Namun, sejumlah peserta yang ingin mendaftar mengaku kesulitan mengakses link tersebut.

"Alamat buka link pendaftaran aneh. Kalau UGM resmi mestinya ugm.ac.id. Coba buka link pendaftaran, bisa nggak," ujar dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM Yogyakarta Achmad Munjid.

https://www.tagar.id/tuduhan-makar-d...a-salah-tafsir

Acara dibikin Mahasiswa hukum UGM, bukan resmi dari Fakultas Hukum UGMnya

Dekan tau dan ga keberatan emoticon-Hammer (S)

Link resmi UGM itu ugm.ac.id bukan ugm.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 01:27
Berita di atas menjawab kebingungan wa, kenapa pihak UGM tidak melakukan klarifikasi ato apa gitu..

Ternyata dekan FH nya sendiri tau ttg acara yg dibuat mahasiswanya ini, dan merasa tidak masalah, dgn kata lain, walau tak tersurat, secara tersirat dekannya sendiri menyetujui acara ini.. emoticon-Hammer (S)

Sayang sekali, minimal pakailah judul yg lebih baik, yg tidak terkesan makar, yg tidak terkesan provokator.. Untunglah ga jd dilaksanakan, mikir2 ya dek klo buat2 acara..
Diubah oleh RyoEdogawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 01:53
apa segitu urgen nya ngangkat topik tsb?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 02:08
Bukan acaranya UGM, pembicara bukan orang UGM cuman mahasiswa pengen viral, terus ndompleng nama UGM.
Pakai website fake UGM.

Kesimpulan: mahasiswa memalukan, kalo nggak mo tipu-tipu jangan bikin website UGM abal2, pakek nama kelompok sendiri donk. Ngisin-isinke wong UGM.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 02:21
Kebebasan berpendapat versi kitak kitak.
Diskusi kinerja presiden = auto makar.


Paman kim dan kakek stalin pasti banggak!
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ss78 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 02:41
Sebetulnya diskusi soal impeachment/pemecatan presiden sesuai hukum tata negara sah2 saja.

Yang aneh, ada kata2 "di tengah pandemi"

Seolah2 mau berencana memecat presiden memanfaatkan masa pandemi ini. Makanya jd menjurus makar.

emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 02:42
Sudahlah gak usah ngeles segitu gamblangnya kok
0 0
0
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 03:20
Memalukan nama almamater.
profile-picture
snoopze memberi reputasi
1 0
1
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 03:38
udah lsg debat di meja hijau aja biar jelas siapa yg benaremoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 03:51
Acara itu melainkan untuk mengedukasi masyarakat bagaimana memberhentikan seorang presiden seperti diatur oleh hukum. 
0 0
0
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 04:03
pemecatan apa itu terminologi HTN? apa nggak ada dosen HTN FH UGM yang bisa jadi narsum? amis...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 04:09
Asyiiiik Mahasiswa Kadrun UGM dan Mahasiswi Kadrunwati UGM nya Mulai 'Tjutji Tangan' ni yeeeeeeeee...

Take Beer 🍺🍻

emoticon-Ngakak
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
1 0
1
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 04:28
Punten, sluuur! Gw bangun tidur salah zaman apanya?
Seingat gw tidur di zaman reformasi, bangun-bangun kog balik ke zaman Sukarno rukun sama Suharto?

Kelakuan rezim koplok dan buzzernya sungguh-sungguh menjijikkan. Diskusi ilmiah malah dilabeli makar. Demen bener mematikan nalar.
Mau bikin agama baru lewat dogma makar apa ya?
Saingan sama si kofar-kafir?
Atau mau bikin Indonesia macam Korut?

Rezim laknat pembawa kemunduran bangsa.


Take emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan corobikang memberi reputasi
1 1
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 04:42
Masih cari celah untuk rebut kekuasaan di tengah chaos?

Tolonglah, kita sudah darurat orang waras di negeri ini jadi harap buka mata lebar lebar
Pilpres sudah usai dengan kedua pihak yg dulu berseteru kini sama2 memegang peranan masing2 di pemerintahan..




Edit:
sepertinya hanya orang bermental Megalomaniak atau Otoriter (itupun kalau ada) yang bersedia menggantikan pemimpin saat ini yang memang sudah terlihat kelimpungan menghadapi situasi pandemi.
Sedangkan bila mereka cuma bisa membahas cara menggantikan tapi tidak punya calon pengganti, jangan lupakan kebodohan tagar GantiPresiden waktu itu, banyak bicara tapi sedikit aksi nyata.
Diubah oleh loekirasiapa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 05:11
makar dari mananya?

0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 05:24
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir

Sepertinya dongokwi and the gank paranoid sekali...dikit dikit makar, tidak sesuai sama mereka auto anti pancasila pemecah belah NKRI...

Mereka jurusannya hukum, kalau belajar aturan perihal memecat presiden apa salahnya? Kalau mereka belajar cara melengserken DONGOKWI, atau cara memecat DONGOKWI, nah itu kalian baru bela junjungan kalian..jangan lupa jilatin taiknya juga...mau siapapun presidennya materi itu tetap ada, dan akan diajarken seuai jurusan mereka...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 05:36
Quote:Original Posted By ilnero
apa segitu urgen nya ngangkat topik tsb?

Apa segitu urgen nya menuduh makar terhadap topik tsb?

Quote:Original Posted By tonidookie
Kebebasan berpendapat versi kitak kitak.
Diskusi kinerja presiden = auto makar.
Paman kim dan kakek stalin pasti banggak!

Bahkan kata TS, semestinya pakai judul yang lebih baik.
Ahahaha kan lucu kalo suatu acara Judul saja harus disetir, tidak bebas

Quote:Original Posted By ruuki
udah lsg debat di meja hijau aja biar jelas siapa yg benaremoticon-Leh Uga

Betul gan

Quote:Original Posted By jeerabbit
makar dari mananya?

Coba ditanyakan ke yang complaint


" Saya rindu dikritik... Saya tidak marah dikritik... "
Preeeeeeeeeeeet... Omong Kosong emoticon-Wakaka
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 05:39
Quote:Original Posted By RyoEdogawa
Berita di atas menjawab kebingungan wa, kenapa pihak UGM tidak melakukan klarifikasi ato apa gitu..

Ternyata dekan FH nya sendiri tau ttg acara yg dibuat mahasiswanya ini, dan merasa tidak masalah, dgn kata lain, walau tak tersurat, secara tersirat dekannya sendiri menyetujui acara ini.. emoticon-Hammer (S)

Sayang sekali, minimal pakailah judul yg lebih baik, yg tidak terkesan makar, yg tidak terkesan provokator.. Untunglah ga jd dilaksanakan, mikir2 ya dek klo buat2 acara..

Baper kali jadi manusia, mati aja, kalo pake rasa terkesan, elu terkesan cebong dungu nggak pake otak, tapi lebih pake halusinasi.

seminar dengan judul pemecatan aja kok terkesan makar, takut amat elu kedongkel dari kekuasaan junjungan elu.

elu, jangan mendungukan diri secara berlebihan, cari dulu defenisi makar, baik secara hukum maupun secara bahasa. baru opini.

cebong kobokan, kelamaan dan kebanyakan minum aer kobokan pencucian kaki, baper dan dungu jadinya.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 06:05
Quote:Original Posted By loekirasiapa
Masih cari celah untuk rebut kekuasaan di tengah chaos?

Tolonglah, kita sudah darurat orang waras di negeri ini jadi harap buka mata lebar lebar
Pilpres sudah usai dengan kedua pihak yg dulu berseteru kini sama2 memegang peranan masing2 di pemerintahan..

Edit:
sepertinya hanya orang bermental Megalomaniak atau Otoriter (itupun kalau ada) yang bersedia menggantikan pemimpin saat ini yang memang sudah terlihat kelimpungan menghadapi situasi pandemi.
Sedangkan bila mereka cuma bisa membahas cara menggantikan tapi tidak punya calon pengganti, jangan lupakan kebodohan tagar GantiPresiden waktu itu, banyak bicara tapi sedikit aksi nyata.

nggak ada salahnya merebut kekuasaan dengan cara cara konstitusional.

itu yang bikin seminar, juga memiliki spesifikasi di bidang hukum, mereka membahas secara hukum.
secara akademisi, sah sah aja itu.

cebong kobokan aja yang kelojotan karena baperan dan nggak punya otak.

Harus diakui, pemerintah, khususnya pemerintha pusat, emang nggak bisa nangani wabah korona, terlalu lambat akhirnya nyebar keseluruh Indonesia, masih untung pemerintah daerah banyak yang inisiatif sendiri.

Dengan kegagalan menangani virus korona ini, makanya ditinjau secara hukum, apakah kegagalan ini bisa dijadikan dasar hukum untuk melakukan “pemecatan presiden”

gitu cebong dungu bin dongok.

Baperan kali si cebong mah, akibat kebanyakan nenggak aer kobokan pencucian kaki, ama kelamaan idup dalem kobokan.
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 07:06
mahasiswa belajar saja yg rajin biar IPKnya tinggi...dapat beasiswa, lulus cumlaude trus kerja jadi staffsus milenial dapat project trilyunan... emoticon-Embarrassment
0 0
0
Tuduhan Makar di Seminar UGM Yogyakarta Salah Tafsir
30-05-2020 07:07
Make car

emoticon-Belgia .
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia