News
Batal
KATEGORI
link has been copied
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed0bf18f0bdb23f4f70fa80/sedot-rp400-m-saat-pandemi-rs-pulau-galang-dianggap-proyek-borosquot
tirto.id - Rumah Sakit Darurat Pulau Galang sepi. Per kemarin (27/5/2020), hanya ada 42 orang yang dirawat, dengan rincian 30 orang positif COVID-19 dan sisanya Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Total, dari 12 April sampai 27 Mei, pasien yang dirawat ada 114. RS darurat yang terletak di Batam Kepulauan Riau ini awalnya adalah tempat pengungsian rakyat Vietnam dan Kamboja pada masa Orde Baru. Ia mulai
Lapor Hansip
29-05-2020 14:51

Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"

Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"


tirto.id - Rumah Sakit Darurat Pulau Galang sepi. Per kemarin (27/5/2020), hanya ada 42 orang yang dirawat, dengan rincian 30 orang positif COVID-19 dan sisanya Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Total, dari 12 April sampai 27 Mei, pasien yang dirawat ada 114.

RS darurat yang terletak di Batam Kepulauan Riau ini awalnya adalah tempat pengungsian rakyat Vietnam dan Kamboja pada masa Orde Baru. Ia mulai dialihfungsikan dan ditambahkan fasilitas-fasilitas penunjang lain pada awal Maret lalu, ketika COVID-19 mulai menghantam Indonesia. Biaya yang dihabiskan untuk membangun RS darurat ini mencapai Rp400 miliar.

Fasilitasnya terbilang lengkap. Mengutip setkab.go.id, selain fasilitas isolasi, observasi, lab, instalasi jenazah, hingga landasan helikopter, di tempat ini juga terdapat penunjang seperti mes petugas medis, gedung farmasi dan gizi, juga air bersih hingga instansi pengolahan limbah. Sementara daya tampungnya 1.000--kontras dengan isinya yang tak sampai 50 pasien.

Sepinya pasien di Pulau Galang bukan karena penderita COVID-19 di Indonesia memang sedikit. Faktanya kurva kasus masih terus menanjak tajam dengan angka positif mencapai 23.851 per 27 Mei kemarin pukul 12 siang. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana menjelaskan, pasien sedikit karena fasilitas ini memang menampung para tenaga kerja Indonesia yang mudik lewat jalur Batam.

“Kami khusus menampung pasien PMI/TKI (Pekerja Migran/Tenaga Kerja Indonesia), misalnya dari Malaysia. Setiap PMI yang kedapatan reaktif [lewat] tes langsung kami istirahatkan dan karantina dulu. Yang tak reaktif kami izinkan pulang,” kara Tjetjep kepada reporter Tirto, Rabu (27/5/2020).

Meski hanya merawat 42 orang, hingga saat ini ada 300 tenaga medis yang siap siaga di RS Darurat Pulau Galang. “Dokter umumnya 6 orang, spesialisnya ada dokter paru-paru, ahli gizi, dokter penyakit dalam,” katanya.

Disebut Tidak Matang

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan pembangunan RS Darurat Pulau Galang tidak direncanakan dengan baik. Indikatornya: ia jauh dari episentrum penyebaran wabah--kini ada di DKI Jakarta dan Jawa Timur--dan hanya melayani pasien yang sangat spesifik.

“Jauh dari mana-mana, tidak strategis. Bagaimana orang mau berobat ke sana, aksesnya kan minim,” kata Trubus kepada reporter Tirto, Rabu (27/5/2020).“Ujung ujungnya ini [pasien] ke Wisma Atlet,” tambahnya. Wisma Atlet adalah RS darurat pertama yang dipersiapkan pemerintah sebelum RS Pulau Galang.

Para PMI lebih banyak pulang ke Indonesia lewat jalur udara dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Hingga 31 Mei, pengelola memprediksi akan ada 10 ribu PMI kembali ke Indonesia lewat bandara tersebut.

Tjetjep Yudiana mengatakan sejauh ini mereka “belum menerima rujukan dari Soetta.” “Saya pikir kalau melaui Soetta ya pasti ke Wisma Atlet, karena kalau dibawa ke Batam ada risiko penularan di pesawat.”

Mengutip Antara, per 27 Mei lalu ada 885 pasien yang dirawat inap di Wisma Atlet. Pasien dengan kategori positif mencapai 851, sisanya PDP dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Karena dasar itu Trubus menegaskan pembangunan RS Darurat Pulau Galang itu cuma buang-buang anggaran.

“Ini memang ada unsur pemborosan. Rp400 miliar itu bisa bangun RS di Banten, di Jawa Tengah. Pokoknya yang enggak jauh dari ibu kota dan Jakarta. Saya kira ini benar-benar keputusan yang terlalu mendadak,” ungkap dia.

Ekonom dari Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira pun menyimpulkan serupa, bahwa ada pemborosan anggaran. Namun karena saat ini RS Darurat Pulau Galang kadung berdiri, ia menyarankan sebaiknya melakukan evaluasi. Dari sana mungkin ada anggaran yang dapat direalokasi seperti untuk “stimulus tenaga medis.”

Menurutnya insentif pemerintah ke sektor kesehatan masih terlalu minim, hanya Rp75 triliun dari Rp405 triliun. “Harusnya sudah 50:50,” katanya.

RS Darurat Pulau Galang sebenarnya dibangun bukan hanya untuk penanganan COVID-19. Ini adalah proyek jangka panjang, dan barangkali karena itulah meski jauh dari episentrum dan operasionalnya tidak maksimal saat ini, RS Darurat Pulau Galang tetap dibangun.

“Nanti kalau sudah semuanya selesai baru ini akan kita alihkan pada penggunaan yang lain. Rencananya memang untuk rumah sakit penyakit-penyakit menular dan riset,” kata Presiden Joko Widodo saat meninjau RS pada 1 April lalu. Saat itu ia bahkan berharap RS ini “enggak dipakai.”(tirto.id - smj/rio)


https://tirto.id//sedot-rp400-m-saat...medium=Popular





GIF



In mukidi we trust emoticon-Mewek













emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Uprutz dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
30-05-2020 06:19
Mukidi...... the real tjahja asia sesungguhnya
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 18:51
momen yg tepat bt hamburin duit
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 18:43
lha..emang bagus kan kelebihan kamar daripada kekurangan kamar..
ntar ada pasien tergeletak di halaman RS salah pemerintah lagi..

pemborosan itu bayar ongkos balap 200M tapi barangnya nggak ada.
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 18:38
Ya gak ada yang nyangka kalau penyakitnya nyebar ke seluruh propinsi.
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 18:08
sayang sih, lokasi jauh jadi ga difungsikan maksimal.

smoga ada solusinya deh
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 17:38
dikira indonesia itu jakarta kali..

emoticon-fuck2emoticon-fuck2emoticon-fuck2emoticon-fuck2
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 17:34
Yang buat artikel dan yang narasumbernya lupa, klo itu rumah sakit bukan proyek, tapi investasi......

Investasi buat masa depan, kalo ada kejadian serupa yang perlu isolasi setidaknya udah ada lokasi (di pulau) yang bisa dijadikan tempat karantina, bukan seperti sekarang, ada di dalam area banyak manusia.


Pertanyaannya lebih tepat, apa mampu itu bangunan klo udah jadi bisa dipelihara (diurus) dan saat diperlukan siap.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 17:32
konon cahya asia terlihatdisaat fajar dipulau itu
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 17:24
Pertanyaan ... apakah masih ada TKI yang ada diluar Indonesia ?
Selagi itu masih tetap ada, maka fasilitas itu tetap diperlukan, kecuali vaksinnya sudah jadi dan disebarkan.
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 17:09
ini ntar buat laboratorium rahasia pemerintah R.I dalam mengembangkan senjata biologis emoticon-Cool
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 17:07
sia² juga
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 17:03
bangunnya terlalu jauh dari pusat penyebaran virus..
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 17:03
Ini pemerintah salah prediksi, diprediksi bahwa nanti banyak kru-kru kapal pesiar/TKI yang perlu di karantina, maka dipersiapkanlah RS di pulau terpencil, eh kenyataan berkata lain, virusnya KEBURU MASUK ke kota besar, ya udah kepalang basah kru-kru kapal/TKI diisolasi juga bareng-bareng di kota besar. Bolehkah yang kasih ide suruh bangun RS di pulau galang MINTA MAAF dan MUNDUR? Kayanya pemerintah ini banyak yang berbuat SALAH FATAL tapi gak pernah ada yang mundur. emoticon-Cape d...
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 16:55
Ini kan karena pemerintah gugup diawal, booming kan diawal diberitain terus, menteri2 juga pada kesana di TV2 terus..ya akhirnya jadi blunder sendiri
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 16:51
Hadehhhh..... 400M apa itu dah maksimal penggunaan RS nya ?

Banyak pasien yg positif tp gak di pindahin malahan banyak yg masih berkeliaran

emoticon-No Hope emoticon-No Hope
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 16:30
serapan anggaran maksimal.... good job
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 16:29
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"

Mantap jongos 👍
Diubah oleh MUF0REVER
profile-picture
cekingsS memberi reputasi
1 0
1
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 16:28
Masih mending ada bentuknya
Gimana kabar aibon 80m?
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 16:27
Arahnya bagus kok, tujuannya jelas utk karantina, klo masalah ternyata pasiennya sedikit justru harus kita syukuri, berarti kita masih mampu menangani wabahnya toh?

Namanya orang2 bersiap2 utk suatu bencana itu ya dengan kemungkinan terburuknya, nanti klo nyiapin sekedarnya dan ga cukup, pasti dinyinyirin juga emoticon-Big Grin

Masih ada gelombang ke dua, namun berharap, kondisinya tidak parah sehingga rumah sakit ini tetep sepi pasien..

Klo mau ini RS berfungsi baik dan karantina pasien lebih terlokalisir, ya tinggal kirim aja pasien2 dari RS lain ke RS Pulau Galang, terutama yg beresiko kabur2an, klo udah disitu kan mau kabur berenang kemana coba? Hehehe.. tapi apa iya pada mau patuh dikirim ke sana?

Dan jgn lupa, awal pembangunan dulu itu utk screening dan karantina warga negara Indonesia yg pulang dari luar negeri terutama yg dari China.. Klo wa bilang sih, patut disyukuri ini sudah dilakukan, karena klo ngga, mungkin wabahnya lebih parah lg drpd yg kita lihat skr ini..
0 0
0
Sedot Rp400 M Saat Pandemi, RS Pulau Galang Dianggap Proyek Boros"
29-05-2020 16:22
mestinya di banten dunk ...emoticon-Hammer2

ato gak di pulo 1000 emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia