News
Batal
KATEGORI
link has been copied
84
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed0a701f0bdb27671667a48/jika-harga-bbm-turun-jutaan-orang-terancam-kena-phk
jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria menuturkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) akan berdampak terhadap meningkatnya angka pengangguran di Indonesia. Sofyano mengatakan jutaan orang akan kehilangan pekerjaan jika harga BBM turun di tengah pandemi corona. Dia menambahkan, di tengah harga minyak dunia yang belum menentu saat ini, memang ada per
Lapor Hansip
29-05-2020 13:09

Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK

Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK


jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria menuturkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) akan berdampak terhadap meningkatnya angka pengangguran di Indonesia.

Sofyano mengatakan jutaan orang akan kehilangan pekerjaan jika harga BBM turun di tengah pandemi corona.

Dia menambahkan, di tengah harga minyak dunia yang belum menentu saat ini, memang ada persyaratan agar harga BBM bisa turun.

Pertama, sumur eksplorasi hulu dan kilang minyak di negeri ini harus ditutup semuanya. Kedua, produksi hulu migas nasional tidak perlu dibeli Pertamina. Dan ketiga, melakukan impor 100 persen BBM karena harga sedang murah.

“Dengan cara tersebut, harga BBM dalam negeri akan turun. Tetapi itu tadi, jutaan orang terancam PHK,” kata dia.

Sebab, jumlah pekerja pada industri hulu migas dan juga sektor pendukung, memang luar biasa besar. Tidak hanya Pertamina, tetapi juga KKKS lain, industri jasa pendukung, dan sejumlah sektor ikutan, semua akan terkena dampak.

“Bahkan tidak hanya hulu, tetapi pekerja pada sektor hilir juga bisa terkena dampak," kata dia.

Menurut Sofyano, memang tidak mudah menurunkan harga BBM karena harga minyak masih sangat berfluktuasi. Apalagi, saat ini justru dalam tren yang sedang meningkat.

“Makanya, jika harga BBM diturunkan mengikuti harga minyak dunia yang turun, apakah masyarakat serta-merta ikhlas harga BBM dinaikkan jika harga minyak dunia ternyata naik?," tanyanya.

Di sisi lain, Sofyano juga mengingatkan, penurunan harga BBM tidak memberi banyak manfaat bagi masyarakat. Pasalnya, di saat pandemi COVID-19, banyak masyarakat yang diam di rumah atau menjalankan working from home (WFH).

Terpisah, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan juga mengingatkan harga BBM harus disikapi secara komprehensif dan melihat keseluruhan aspek.


Sebab, Pertamina sebagai BUMN energi terbesar di Indonesia tidak hanya mengelola sektor hilir, tetapi juga hulu dan pengolahan atau kilang.

“Ketika kemarin harga minyak dunia jatuh, maka sektor hulu Pertamina paling terpukul. Padahal, hulu adalah penyumbang terbesar pendapatan Pertamina,” jelas Mamit.

“Jadi, bayangkan kalau misalnya kemarin kita menurunkan harga minyak harga BBM, dan Juli harus kita menaikkan kembali. Kalau itu yang terjadi, saya khawatir ada semacam gejolak di masyarakat," imbuhnya.(chi/jpnn)

https://m.jpnn.com/news/jika-harga-b...ena-phk?page=1


memang harga minyak dunia turun, tapi lu semua jangan ngarep harga BBM turun, wes lah gak usah ngarep banget turun gak mungkin, kalo buzzerp dan bani cebong bilang "beli sono di Malaysia emoticon-Leh Uga"

Nah sekarang gw bilang gak usah ngarep ini BBM turun malah harusnya naik,

Percuma jg turun itu stok yg dijual saat ini stok kemaren krn ada pandemi covid19 minyaknya belom abis emoticon-Leh Uga

Nah mau borong minyak jg bingung, krn gak ada kilang untuk nampung/nimbun emoticon-Leh Uga

Terus minyak yg murah mau di beli jg percuma, udah di borong Amerika emoticon-Leh Uga

Diubah oleh kafiradikal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:13
gimana kalo dinaikkan saja ?
profile-picture
profile-picture
legbail dan entop memberi reputasi
1 1
0
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:14
sofyano ini kok ngga logis sekali pernyataannya...apalagi pernyataan tsb kontradiksi dengan pernyataan pejabat pertamina sebelumnya yg menyatakan pertamina masih impor, sehingga penyesuaian harga menunggu 2 bulan blablabla...

lagipula coba dipikir yang waras pernyataan ini :

“Makanya, jika harga BBM diturunkan mengikuti harga minyak dunia yang turun, apakah masyarakat serta-merta ikhlas harga BBM dinaikkan jika harga minyak dunia ternyata naik?," tanyanya.

sedari dulu kalo pertamax ato nonsubsidi naek, ikhlas ngga ikhlas toh tetep naek lho.
bikin pernyataan kok konyol sekali...emoticon-fuck

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:16
ah masa sih coba dites dulu turunin harga bbm 70% selama 3bulan aja
benar gak nanti pengangguran bertambah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:17
Ada berapa sih yang terancam gara gara bbm diturunin dibanding manfaatnya untuk 200juta jiwa penduduk?gue kadang gak ngerti sama logic nya.
Toh pun PHK pasti dikasi pesangon,apalagi sektor minyak bumi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:19
si softex bacotnya muter2 aja kayak ojol.. bijikmana jg si ngahox udah dikasi jabatan dan gaji lumayan di pertamina jg kagak bs bikin reformasi di BUMN enih.. dasar memang bajing loncat.. klo udah enak jg bakal lupa daratan.. emoticon-Wakaka
Diubah oleh zinaitudosa
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan Siinaga memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:19
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK



Komisarisnya gak berguna emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan pinkypatrick memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:22
terkait pandemi COVID-19...smua sektor, smua aspek mengalami penurunan (declining) enggak adil klo harga perolehan turun harga jual enggak mau turun dgn alasan takut memPHK orang ... bilang aja mo nyari laba berlipat di tengah pandemi
0 0
0
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:23
Naikin harga tengah malam gampang banget, ini tinggal turunin harga sulitnya macam nagih duit utang, banyak macam alasan
katanya harga ngikutin pasar dunia, tapi itu cuma lips service emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:24
ya udah, di gratiskan aja gimana?
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
1 0
1
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:27
bacod ...
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan idkfa memberi reputasi
2 0
2
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:29
Ga ada akhlak emoticon-Leh Uga
0 0
0
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:29

siapa sih ni orang?
pernyataanya kontradiksi gak sesuai realita indonesia.

dari dulu bbm naik turun gak masalah,gada jutaan orang kena phk.
apalagi sektor hilir di bilang kena dampak.hayooo sebutin contohnya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:30
Baiknya naikkan saja 100%
profile-picture
profile-picture
RyanYulio dan legbail memberi reputasi
0 2
-2
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:36
Jadi rakyat harus mengucapksn alhamdulillah harga bbm gak turun emoticon-Hammer2
0 0
0
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:38
batal bikin kilang minyak kah gara2 pandemi?
0 0
0
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:38
kalo sampe kejadian banyak PHK di sektor migas gegara harganya turun

berarti strukturnya kegemukan
banyak parasit

lha wong di phk banyak aja tetap beroperasi toh ?

blm gaji nya selangit.. sangat timpang dengan bidang usaha lainnya.
Diubah oleh SyncMaster753
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan legbail memberi reputasi
2 0
2
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:39
Harga produksi masih harga lamaemoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:43
Baru2 ini muncul anceman yg katanya pekerja indo gak bisa kerja dan gak ada yg mau kerja makanya di datengin dari cina

Skrg ngancem bakal byk PHK kalau BBM turun

Dikira kita ini bodoh apa😒
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:44
Naikin sekalian biar makin rame bacotan emoticon-Big Grin
0 0
0
Jika Harga BBM Turun, Jutaan Orang Terancam Kena PHK
29-05-2020 13:46
Alesan apa lagi ini? Lah kok bisa produksi di dalem negri lebih mahal dari beli di luar negri yg perlu kapal gede buat ngirim, perlu biaya ini itu?

Giliran mau turun harga, muter-muter dengan banyak alasan. Giliran naek harga pasaran dunia, tanpa jeda, ikutan naek?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia