News
Batal
KATEGORI
link has been copied
287
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed076a710d29512c5340f84/kemampuan-pelajar-cina-dan-singapura-teratas-indonesia-peringkat-6-dari-bawah
Negara-negara Asia mendominasi peringkat kemampuan pelajar versi OECD. Yang dinilai adalah kemampuan membaca, matematika dan sains para siswa dari 79 negara. Indonesia duduki peringkat 6 dari bawah. Empat provinsi di Cina, Beijing, Shanghai, Jiangsu dan Zhejiang, menduduki peringkat teratas dalam survei kemampuan pelajar PISA (Programme for International Student Assessment) versi OECD yang hasilny
Lapor Hansip
29-05-2020 09:42

Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah

Negara-negara Asia mendominasi peringkat kemampuan pelajar versi OECD. Yang dinilai adalah kemampuan membaca, matematika dan sains para siswa dari 79 negara. Indonesia duduki peringkat 6 dari bawah.

Empat provinsi di Cina, Beijing, Shanghai, Jiangsu dan Zhejiang, menduduki peringkat teratas dalam survei kemampuan pelajar PISA (Programme for International Student Assessment) versi OECD yang hasilnya dirilis di Paris. Ke-empat provinsi itu mencapai skor 555, diikuti oleh Singapura dengan 549, Macao (525) dan Hong Kong (524).
Survei PISA dilakukan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan OECD setiap tiga tahun di antara 37 negara anggotanya ditambah 42 negara mitra dagang dan ekonomi. Survei terbaru memuat data-data dari tahun 2018.
Jerman menduduki peringkat 20 dengan skor 498. Indonesia hanya mencapai skor 371 dan menduduki peringkat ke-6 terbawah. Peringkat ini didasarkan pada penilaian kemampuan membaca, yang dinilai jadi faktor terpenting.
Survei PISA dilakukan berdasarkan tes dua jam yang melibatkan 600.000 siswa berusia 15 tahun dari negara-negara peserta. Yang diuji adalah kemampuan membaca dan memahami materi yang dibaca, kemampuan matematika dan kemampuan sains.


Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah



Guru berkualitas dan pendidikan yang adil?
"Di banyak negara Asia, pendidikan anak-anak adalah prioritas nomor satu," kata Eric Charbonnier, pakar pendidikan di OECD. "Guru memiliki pelatihan berkualitas tinggi dan ada investasi di sekolah yang mengalami kesulitan," tambahnya.
Dalam kemampuan membaca dan memahami, yang dianggap OECD sebagai indikator utama potensi pendidikan, negara dengan kinerja terbaik adalah negara Baltik kecil Estonia, diikuti oleh Kanada, Finlandia dan Irlandia.
Sedangkan negara-negara Eropa yang lebih besar berada jauh di belakang, Inggris di peringkat 14, Jerman ke-20 dan Prancis ke-23. Amerika Serikat berada di peringkat ke-13.
Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria mengatakan, para siswa dari empat provinsi di Cina telah "mengungguli sebagian besar rekan-rekan mereka dari 78 sistem pendidikan yang berpartisipasi (dalam survei)".
Selain itu, 10 persen siswa yang paling "miskin" secara sosial-ekonomi di empat wilayah ini "juga menunjukkan keterampilan membaca yang lebih baik daripada rata-rata siswa di negara-negara OECD, serta keterampilan yang mirip dengan 10 persen siswa yang paling diuntungkan di beberapa negara ini," katanya dalam konferensi pers di Paris.


masing-masing wilayah luasnya setara dengan negara OECD pada umumnya, meskipun pendapatan mereka jauh di bawah rata-rata OECD.

Status ekonomi sering menentukan kinerja siswa
"Kami juga melihat peningkatan luar biasa di beberapa negara yang kinerjanya jauh di bawah rata-rata OECD, tetapi mereka meningkat sangat cepat," katanya, merujuk pada Albania, Moldova, Peru dan Qatar.
Melihat hasil survei dari negara-negara maju anggota OECD, Angel Gurria menyebut hasilnya "mengecewakan". Di  sebagian besar negara anggota "hampir tidak ada peningkatan dalam kinerja siswa mereka" sejak survei PISA pertama pada tahun 2000.
Bahkan di Jerman, sekalipun menduduki peringkat lumayan baik, skor di ketiga kategori yang diperiksa memburuk dibandingkan angka-angka dari tahun 2015. Namun status ekonomi di Jerman masih sangat menentukan kinerja siswa.
OECD memuji Brasil, Indonesia, Meksiko, Turki dan Uruguay karena telah mendaftarkan lebih banyak anak berusia 15 tahun dalam pendidikan menengah "tanpa mengorbankan kualitas pendidikan yang disediakan".
Angel Gurria mengatakan, sementara beberapa negara telah menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi seharusnya tidak menjadi indikator kinerja pendidikan, namun bagi banyak negara, kesetaraan dalam pendidikan belum tercapai.
"Adalah sangat mengecewakan, bahwa di banyak negara kode pos siswa tetap menjadi indikator terpenting mengenai prestasinya," tandasnya.

https://www.dw.com/id/survei-kemampu...20/a-51524700

ya akhi

china diatas amerika?
uda pasti ini bukan PISA
tapi CISA

emoticon-Matabelo 
Diubah oleh nasbung.idiot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:09
Cuma kitab agama yg penting dibaca dan dihapal di dunia yg fana ini

profile-picture
profile-picture
Jeffraid dan snoopze memberi reputasi
2 0
2
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:09
mendarat di bulan aja ga pernah mau masuk surga
soal selangkangan lu mending masuk warung remang remang juga syur
ga usah kejauhan ampe syurga

emoticon-Ngakak
Diubah oleh ThinSkunk
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:11
jangan mengejar hal hal duniawi emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:11
Kok singapore ke dua yah... Itu scorenya lebih tinggi dari china dah
emoticon-Bingung
Diubah oleh kily89
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:15
soal duniawi yg penting naiknya Rubicon 100% Made in America


profile-picture
profile-picture
bontakkun dan Jeffraid memberi reputasi
2 0
2
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:15
Quote:Original Posted By RyoEdogawa
Coba kriteria materinya diubah jd pelajaran Sejarah, Geografi, Bahasa, dan kemampuan mencatat buku sampai habis, mungkin hasilnya bisa berbeda emoticon-Big Grin


kemampuan "mengarang"
indo juaranyaemoticon-Metal
soal matematika: jawab dg skill mengarang
soal akuntansi: jawab pake mengarang
soal fisika: jawab dg mengarang
soal sejarah: jawab dg mengarang jg
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:16
Sayang sekali pinter2 tapi kena kekang CCP
0 0
0
Lihat 19 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:19
Ngapain juga sih bahas gini malah jadi merembet bully agama? mang gendeng nih forum ....justru yg mabok agama ya gini ni....apa2 ada trit dan bahasan yg pertama muncul di otak nya agama dan agama
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:19
Quote:Original Posted By kily89
Ga juga gan, penulis yang go international lebih sedikit atau mungkin ga ada sama sekali... Kualitas karangan fiksi nya kalah sama orang luar. Bikin script sinetron aja bikin eneg.

Lebih tepatnya kemampuan ngasal


lah emang maksudnya mengarang=ngasal

ya kali jawab soal eksak beneran pake skill mengarangemoticon-Hammer
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:21
china memang hebat satu2nya di asia yg dianggap mampu tendang duna bule barat
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:22
Kemampuan kita itu adalah mentertawakan bangsa lain.
Itu adalah kemampuan yang paling utama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:23
Pendidikanemoticon-thumbdown
Kesehatanemoticon-thumbdown
Teknologiemoticon-thumbdown
Ekonomiemoticon-thumbdown

Udah 74th merdeka masih gini2 aja ni negaraemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rs2006 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:24
Ini yg anomali d Indon. Peringkat Singapura selalu nomer 1 d dunia dr segi ekonomi, pendidikan, SDM dan Indonesia selalu d urutan buncit. Tp masih banyak kadrun yg pengin banding2kan Indonesia spy bs kaya singapura

Sekali 2 kadrun bandingin Indonesia spy ky somalia

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kily89 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:27
Quote:Peringkat ini didasarkan pada penilaian kemampuan membaca, yang dinilai jadi faktor terpenting


Quote:Survei PISA dilakukan berdasarkan tes dua jam yang melibatkan 600.000 siswa berusia 15 tahun dari negara-negara peserta. Yang diuji adalah kemampuan membaca dan memahami materi yang dibaca, kemampuan matematika dan kemampuan sains


Indonesia memang darurat membaca emoticon-Hammer (S)
Kalau peringkat ke-6 terbawah dari 32+47 negara berarti peringkat 76
CMIIW
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan wen12691 memberi reputasi
2 0
2
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:29
Quote:Original Posted By snoopze
Kemampuan menghafal juga anak2 sini juara gan emoticon-Big Grin


menghafal deretan mantan yoooemoticon-2 Jempol
profile-picture
snoopze memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:30
Gak cuman faktor murid,faktor kualitas guru juga perlu diperhitungkan.kalau mau pendidikan indonesia bermutu.

1.jadikan sekolah pendidikan menjadi sekolah kedinasan layaknya ipdn dan stan,jadinya seleksinya lebih ketat dan persaingannya lebih ketat.

2.tutup kampus2 pndidikan abal2,. Fokuskan di kota besar kaya unj,upi,unm yang sudah diubah jadi sekolah kedinasan guru.

3.tingkatkan kesejahteraan guru.wajib!!

4.ada penempatan bagi mahasiswa yang sudah lulus.

5.cari dosen berkualitas yang GAK BAPER,ane g tau permasalahan dosen indo itu gimana,tapi kbnyakan baper dan ngasih nilai seenak udelnya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
warglaives dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:31

@anthonydavis

Lah pake nyalah2 in eslam,pesantren dll ga nemu tehnologi dll...lah ini kaum paul sama ateis indo udah nemuin apa?hp?kapal terbang?kapal selam?mobil?motor?

yang koment di sini baik golongan paul atau ateist paling pengangguran atau kerja tambel ban,waiter,ojol,jadi pendeta dan misdionaris makan uang jemaat dst ga ada prestasi2 nya buat tehnologi dan sains ...pinter ngomong doang emoticon-Ngakak
Diubah oleh tuandorna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cuangcoetz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:36
@anthonysudarson emang prestasi mu apa?udah nyiptain tehnologi apa?paling bisa nya ente buat kwiteauw emoticon-Leh Uga
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:38
Pelajar indonesia itu no 1, no 1 untuk belajar & mempraktekkan kata” kasar seperti ‘an**ng’ sejak usia dini
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:41
Gw kok ga yakin Anjal modelan si @buron.warteg sempat merasakan bangku sekolah emoticon-Bingung
0 0
0
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia