News
Batal
KATEGORI
link has been copied
287
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed076a710d29512c5340f84/kemampuan-pelajar-cina-dan-singapura-teratas-indonesia-peringkat-6-dari-bawah
Negara-negara Asia mendominasi peringkat kemampuan pelajar versi OECD. Yang dinilai adalah kemampuan membaca, matematika dan sains para siswa dari 79 negara. Indonesia duduki peringkat 6 dari bawah. Empat provinsi di Cina, Beijing, Shanghai, Jiangsu dan Zhejiang, menduduki peringkat teratas dalam survei kemampuan pelajar PISA (Programme for International Student Assessment) versi OECD yang hasilny
Lapor Hansip
29-05-2020 09:42

Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah

Negara-negara Asia mendominasi peringkat kemampuan pelajar versi OECD. Yang dinilai adalah kemampuan membaca, matematika dan sains para siswa dari 79 negara. Indonesia duduki peringkat 6 dari bawah.

Empat provinsi di Cina, Beijing, Shanghai, Jiangsu dan Zhejiang, menduduki peringkat teratas dalam survei kemampuan pelajar PISA (Programme for International Student Assessment) versi OECD yang hasilnya dirilis di Paris. Ke-empat provinsi itu mencapai skor 555, diikuti oleh Singapura dengan 549, Macao (525) dan Hong Kong (524).
Survei PISA dilakukan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan OECD setiap tiga tahun di antara 37 negara anggotanya ditambah 42 negara mitra dagang dan ekonomi. Survei terbaru memuat data-data dari tahun 2018.
Jerman menduduki peringkat 20 dengan skor 498. Indonesia hanya mencapai skor 371 dan menduduki peringkat ke-6 terbawah. Peringkat ini didasarkan pada penilaian kemampuan membaca, yang dinilai jadi faktor terpenting.
Survei PISA dilakukan berdasarkan tes dua jam yang melibatkan 600.000 siswa berusia 15 tahun dari negara-negara peserta. Yang diuji adalah kemampuan membaca dan memahami materi yang dibaca, kemampuan matematika dan kemampuan sains.


Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah



Guru berkualitas dan pendidikan yang adil?
"Di banyak negara Asia, pendidikan anak-anak adalah prioritas nomor satu," kata Eric Charbonnier, pakar pendidikan di OECD. "Guru memiliki pelatihan berkualitas tinggi dan ada investasi di sekolah yang mengalami kesulitan," tambahnya.
Dalam kemampuan membaca dan memahami, yang dianggap OECD sebagai indikator utama potensi pendidikan, negara dengan kinerja terbaik adalah negara Baltik kecil Estonia, diikuti oleh Kanada, Finlandia dan Irlandia.
Sedangkan negara-negara Eropa yang lebih besar berada jauh di belakang, Inggris di peringkat 14, Jerman ke-20 dan Prancis ke-23. Amerika Serikat berada di peringkat ke-13.
Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria mengatakan, para siswa dari empat provinsi di Cina telah "mengungguli sebagian besar rekan-rekan mereka dari 78 sistem pendidikan yang berpartisipasi (dalam survei)".
Selain itu, 10 persen siswa yang paling "miskin" secara sosial-ekonomi di empat wilayah ini "juga menunjukkan keterampilan membaca yang lebih baik daripada rata-rata siswa di negara-negara OECD, serta keterampilan yang mirip dengan 10 persen siswa yang paling diuntungkan di beberapa negara ini," katanya dalam konferensi pers di Paris.


masing-masing wilayah luasnya setara dengan negara OECD pada umumnya, meskipun pendapatan mereka jauh di bawah rata-rata OECD.

Status ekonomi sering menentukan kinerja siswa
"Kami juga melihat peningkatan luar biasa di beberapa negara yang kinerjanya jauh di bawah rata-rata OECD, tetapi mereka meningkat sangat cepat," katanya, merujuk pada Albania, Moldova, Peru dan Qatar.
Melihat hasil survei dari negara-negara maju anggota OECD, Angel Gurria menyebut hasilnya "mengecewakan". Di  sebagian besar negara anggota "hampir tidak ada peningkatan dalam kinerja siswa mereka" sejak survei PISA pertama pada tahun 2000.
Bahkan di Jerman, sekalipun menduduki peringkat lumayan baik, skor di ketiga kategori yang diperiksa memburuk dibandingkan angka-angka dari tahun 2015. Namun status ekonomi di Jerman masih sangat menentukan kinerja siswa.
OECD memuji Brasil, Indonesia, Meksiko, Turki dan Uruguay karena telah mendaftarkan lebih banyak anak berusia 15 tahun dalam pendidikan menengah "tanpa mengorbankan kualitas pendidikan yang disediakan".
Angel Gurria mengatakan, sementara beberapa negara telah menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi seharusnya tidak menjadi indikator kinerja pendidikan, namun bagi banyak negara, kesetaraan dalam pendidikan belum tercapai.
"Adalah sangat mengecewakan, bahwa di banyak negara kode pos siswa tetap menjadi indikator terpenting mengenai prestasinya," tandasnya.

https://www.dw.com/id/survei-kemampu...20/a-51524700

ya akhi

china diatas amerika?
uda pasti ini bukan PISA
tapi CISA

emoticon-Matabelo 
Diubah oleh nasbung.idiot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 09:50
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dipoaji90 dan 47 lainnya memberi reputasi
48 0
48
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 09:47
pelacur eh pelajar indonesia kalo buka internet yg di liat cuma video2 ga jelas di grup WA, tik tok'an atau nonton konten2 dangdut atau konten unfaedah di youtube
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:02
PISA gak penting, Indonesia yg penting pelajaran agama.
Mau pikiran terbelakang gak pa2, apa2 tinggal doa nunggu mukjizat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hanzkl dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 18:10
Nih ane pernah sekolah di Indo dan di negara barat

Menurut ane perbedaan terbesarnya ada pada critical thinking

Di negara barat kita diajarin kritis, guru dan dosen belum tentu benar makanya siswa siswi juga kritis2

Klo nanya juga ngeri ngeri

Beda sama di sini, di sini klo nanya malah dimaki maki apalagi soal agama atau yg tabu tabu seperti sex contohnya

Jadi klo yg ngajar salah sampe ke bawah salah

Akibatnya di sini orang klo ngomong apa asal yg ngomong macam label ustad, habib, dll mau ngomongnya ngawur juga dibela belain, orang di sini lebih percaya siapa yg ngomong daripada apa osi omonganya karena ngk kritis itu tadi

Ane pernah tuh denger ceramah, ustad muda ke kinian

Masa sun go kong dibilang dewa orang tionghua, disembah sembah orang tionghua, ini antara doi ngk tau tapi sok tau atau tau tapi memang mau bodoh2in orang, lucunya yg dengerin pada amin amin aja tau pada ngecheck ngk tuh minimal di googlelah emoticon-Ngakak

Sun go kong kan cerita rakyat emoticon-Ngakak

Atau ada mualap yg ngaku ngaku kepala suku orang tionghua dan temen ane yg kadrun ngotot emoticon-Ngakak

Mana ada kepala suku orang tionghua, ane tanya kapan dipilihnya? Ada sertifikat ngk? emoticon-Ngakak

Nah ini bedanya orang LN dan orang Indo
Diubah oleh diamondchest
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 09:59
yg ikut olimpiade fisika bisa di pastiken nama belakangya hartono atau wijaya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gosal1929 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:15
Quote:Original Posted By RyoEdogawa
Coba kriteria materinya diubah jd pelajaran Sejarah, Geografi, Bahasa, dan kemampuan mencatat buku sampai habis, mungkin hasilnya bisa berbeda emoticon-Big Grin


kemampuan "mengarang"
indo juaranyaemoticon-Metal
soal matematika: jawab dg skill mengarang
soal akuntansi: jawab pake mengarang
soal fisika: jawab dg mengarang
soal sejarah: jawab dg mengarang jg
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:04
Wah ini....Coba bandingkan tingkat KEIMANAN juga dong...Penentu masuk surga kan IMAN bukan PENDIDIKAN...Lebih penting mana? emoticon-Bingung
Yang kedua KAFIRUN mau seBAIK apapun, seCERDAS apapun tidak akan masuk SURGA...emoticon-Ngakak
Diubah oleh Jeffraid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:23
Pendidikanemoticon-thumbdown
Kesehatanemoticon-thumbdown
Teknologiemoticon-thumbdown
Ekonomiemoticon-thumbdown

Udah 74th merdeka masih gini2 aja ni negaraemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rs2006 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 10:08
Coba kriteria materinya diubah jd pelajaran Sejarah, Geografi, Bahasa, dan kemampuan mencatat buku sampai habis, mungkin hasilnya bisa berbeda emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia