News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
287
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed076a710d29512c5340f84/kemampuan-pelajar-cina-dan-singapura-teratas-indonesia-peringkat-6-dari-bawah
Negara-negara Asia mendominasi peringkat kemampuan pelajar versi OECD. Yang dinilai adalah kemampuan membaca, matematika dan sains para siswa dari 79 negara. Indonesia duduki peringkat 6 dari bawah. Empat provinsi di Cina, Beijing, Shanghai, Jiangsu dan Zhejiang, menduduki peringkat teratas dalam survei kemampuan pelajar PISA (Programme for International Student Assessment) versi OECD yang hasilny
Lapor Hansip
29-05-2020 09:42

Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah

Negara-negara Asia mendominasi peringkat kemampuan pelajar versi OECD. Yang dinilai adalah kemampuan membaca, matematika dan sains para siswa dari 79 negara. Indonesia duduki peringkat 6 dari bawah.

Empat provinsi di Cina, Beijing, Shanghai, Jiangsu dan Zhejiang, menduduki peringkat teratas dalam survei kemampuan pelajar PISA (Programme for International Student Assessment) versi OECD yang hasilnya dirilis di Paris. Ke-empat provinsi itu mencapai skor 555, diikuti oleh Singapura dengan 549, Macao (525) dan Hong Kong (524).
Survei PISA dilakukan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan OECD setiap tiga tahun di antara 37 negara anggotanya ditambah 42 negara mitra dagang dan ekonomi. Survei terbaru memuat data-data dari tahun 2018.
Jerman menduduki peringkat 20 dengan skor 498. Indonesia hanya mencapai skor 371 dan menduduki peringkat ke-6 terbawah. Peringkat ini didasarkan pada penilaian kemampuan membaca, yang dinilai jadi faktor terpenting.
Survei PISA dilakukan berdasarkan tes dua jam yang melibatkan 600.000 siswa berusia 15 tahun dari negara-negara peserta. Yang diuji adalah kemampuan membaca dan memahami materi yang dibaca, kemampuan matematika dan kemampuan sains.


Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah



Guru berkualitas dan pendidikan yang adil?
"Di banyak negara Asia, pendidikan anak-anak adalah prioritas nomor satu," kata Eric Charbonnier, pakar pendidikan di OECD. "Guru memiliki pelatihan berkualitas tinggi dan ada investasi di sekolah yang mengalami kesulitan," tambahnya.
Dalam kemampuan membaca dan memahami, yang dianggap OECD sebagai indikator utama potensi pendidikan, negara dengan kinerja terbaik adalah negara Baltik kecil Estonia, diikuti oleh Kanada, Finlandia dan Irlandia.
Sedangkan negara-negara Eropa yang lebih besar berada jauh di belakang, Inggris di peringkat 14, Jerman ke-20 dan Prancis ke-23. Amerika Serikat berada di peringkat ke-13.
Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria mengatakan, para siswa dari empat provinsi di Cina telah "mengungguli sebagian besar rekan-rekan mereka dari 78 sistem pendidikan yang berpartisipasi (dalam survei)".
Selain itu, 10 persen siswa yang paling "miskin" secara sosial-ekonomi di empat wilayah ini "juga menunjukkan keterampilan membaca yang lebih baik daripada rata-rata siswa di negara-negara OECD, serta keterampilan yang mirip dengan 10 persen siswa yang paling diuntungkan di beberapa negara ini," katanya dalam konferensi pers di Paris.


masing-masing wilayah luasnya setara dengan negara OECD pada umumnya, meskipun pendapatan mereka jauh di bawah rata-rata OECD.

Status ekonomi sering menentukan kinerja siswa
"Kami juga melihat peningkatan luar biasa di beberapa negara yang kinerjanya jauh di bawah rata-rata OECD, tetapi mereka meningkat sangat cepat," katanya, merujuk pada Albania, Moldova, Peru dan Qatar.
Melihat hasil survei dari negara-negara maju anggota OECD, Angel Gurria menyebut hasilnya "mengecewakan". Di  sebagian besar negara anggota "hampir tidak ada peningkatan dalam kinerja siswa mereka" sejak survei PISA pertama pada tahun 2000.
Bahkan di Jerman, sekalipun menduduki peringkat lumayan baik, skor di ketiga kategori yang diperiksa memburuk dibandingkan angka-angka dari tahun 2015. Namun status ekonomi di Jerman masih sangat menentukan kinerja siswa.
OECD memuji Brasil, Indonesia, Meksiko, Turki dan Uruguay karena telah mendaftarkan lebih banyak anak berusia 15 tahun dalam pendidikan menengah "tanpa mengorbankan kualitas pendidikan yang disediakan".
Angel Gurria mengatakan, sementara beberapa negara telah menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi seharusnya tidak menjadi indikator kinerja pendidikan, namun bagi banyak negara, kesetaraan dalam pendidikan belum tercapai.
"Adalah sangat mengecewakan, bahwa di banyak negara kode pos siswa tetap menjadi indikator terpenting mengenai prestasinya," tandasnya.

https://www.dw.com/id/survei-kemampu...20/a-51524700

ya akhi

china diatas amerika?
uda pasti ini bukan PISA
tapi CISA

emoticon-Matabelo 
Diubah oleh nasbung.idiot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
22-06-2020 20:31
yg penting masok sorga terus vesta 72 bidadara cukkk
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
31-05-2020 22:51
no wonder sih sama pendidikan indonesia wkwkwk padahal sumber daya manusia d indo tuh bagus loh, keliatan salah satunya dari bahasa inggris nya yg sbenny ga jelej d banding negara lain, cuma gtu lah, kurang fasilitas memadai aja
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
30-05-2020 11:21
Yang sering tawuran di Manggarai itu pasti ranking nya tertinggi..

0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
30-05-2020 10:57
emoticon-Cool
masih enak hujan batu di negri sendiri
dari pada hujan emas di negri orang ..
jangan jadi tipe orang yang suka beol di piring sendiri
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
30-05-2020 09:21
4L cmn becus beranak sama ngebabu

profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
30-05-2020 09:08
setidaknya kita tetap berusaha
profile-picture
profile-picture
hogoromo222 dan 5sagara5 memberi reputasi
2 0
2
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
30-05-2020 08:48
peminat sains di indonesia itu sedikit.

minat membaca rendah. tidak punya rasa ingin tahu/penasaran.

guru-guru di indonesia juga banyak yang masih bodoh-bodoh dan malah bikin murid makin bingung sama pelajarannya dan makin nggak suka.
profile-picture
farhan.faf memberi reputasi
1 0
1
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
30-05-2020 07:19
efek nasi kucing ?
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
30-05-2020 04:20
kemarin pas gua belanja diwarung ada 2 bocah sd lewat depan ane
trus ngomong gini gan "ngomong cewe mulu, muka cewe lu kyak anjing oy"
ane ngakak langsung gan
malamnya liat tread gini, ya wajar lah klu indo di 6 terbawah
emoticon-Ngakak
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 23:27
Apa ga kebalik tuhemoticon-Hammer (S)
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 22:20
ga usah di teliti, liat aja hasil nya
cari tau kenapa merka bisa seperti itu
kalo bagus ikuti
kalo buruk abaikan
gampang kan
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 21:26
jangan menyerah indonesia harus kuatt semangat
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 20:31
Yg jelas ada perbedaan budaya antara 62 & negara lain.

Kalo di negara laen, bego ma malu.
Di 62 malah bangga.

Di negara laen, hati-hati.
Di 62 malah cari mati.

Di negara laen, prestasi itu dianggap biasa.
Di 62, pinter dikit udah viral.... dielu2kan, diundang ke hitamputih. Jadi udah stuck di situ aja.
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan farhan.faf memberi reputasi
2 0
2
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 19:41
terus wakil indo yang menang olimpiade urutan brapa ya?
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 19:36
Perlu di upgrade nih kurikulum pendidikan
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 19:06
belum peringkat yang terakhir kan ya emoticon-Cape d... ehh jangan lah sampai peringkat terakhir kan indonesia sekarang sudah jadi negara maju bukan negara berkembang lagi
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 19:03
Coba tesnya tik-tokan pasti pelajar indon juaranya emoticon-Big Grin
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 19:00
semua pengambilan sample fair menurut ane, secara yg diambil kebanyakan kota besar atau ibukota.. dan di jakarta emang masih bnyk yg parah kok kemampuan baca dan nulisnya.

pernah ane iseng coba ajarin anak pembantu ane, 2hari nyerah ane :v

Padahal kasus matematika dasar tambah kurang kali bagi doang emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh handratas
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 18:33
Trus harus nyembah cina gtu wkwk...
0 0
0
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
29-05-2020 18:16
Ketika lulus sekolah tanpa ujian standar nasional (penilaian & suka2 gurunya aja) & ketika masuk universitas negeri yg bagus bisa pake duit, saat itulah ga ada lagi yang namanya "rajin belajar"..
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia