News
Batal
KATEGORI
link has been copied
188
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed0493010d2955b6d16c7a1/tito-makan-bersama-di-ipdn-saat-lebaran-tak-langgar-psbb
Tito menegaskan seluruh praja IPDN yang berjumlah 3.747 orang itu tengah menjalani karantina kampus dan tak diperkenankan untuk keluar kampus dan mudik ke daerahnya masing-masing.
Lapor Hansip
29-05-2020 06:28

Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB

Past Hot Thread
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB


Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menilai agenda makan siang bersama para praja dan pejabat Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) saat hari raya Idulfitri atau Lebaran 1441 H pada hari Minggu (24/5) lalu tak melanggar penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tito menegaskan seluruh praja IPDN yang berjumlah 3.747 orang itu tengah menjalani karantina kampus dan tak diperkenankan untuk keluar kampus dan mudik ke daerahnya masing-masing.

"Jadi itu tidak langgar PSBB, tapi mereka sedang dikarantina 3.700 [praja IPDN itu]," kata Tito saat menggelar rapat kerja dengan Komisi II DPR, KPU, dan Bawaslu melalui sambungan jarak jauh, Rabu (27/5).

Sebelumnya, foto ribuan praja IPDN menggelar pertemuan dan makan bersama selama Lebaran tersebar di media sosial. Kegiatan itu pun menuai kritik keras karena dilakukan di tengah pandemi Covid-19 di mana pemerintah mengimbau agar tak digelar acara secara massal.

Dari foto yang beredar, tampak sejumlah pria berbatik tengah duduk di meja bagian depan dengan latar belakang banyak praja IPDN. Dari foto lain yang beredar, terlihat juga sejumlah praja asyik berjoget bersama para penyanyi.

Lebih lanjut, Tito mengatakan, dia telah menginstruksikan seluruh Praja IPDN menjalani karantina kampus sejak 3 bulan lalu guna menghindari penyebaran corona.

Ia menegaskan bahwa seluruh Praja IPDN tak biasa menjalani pendidikan dari rumah seperti kebanyakan kampus lainnya saat wabah corona terjadi.

Hal itu tak lepas dari komposisi kurikulum di IPDN kebanyakan bersifat kegaiatan pembentukan karakter dengan menjalani 60 persen kegiatan fisik.

"Ini mirip sama Akpol, Akmil, AAU. Karena mereka otomatis, mereka tak bisa belajar dari rumah. Jadi mereka saya perintahkan karantina kampus. Tak bisa interaksi dengan orang dari luar," kata Tito.

Selain itu, Tito menegaskan bahwa acara makan bersama yang dilakukan seluruh praja IPDN merupakan kegiatan rutin setiap harinya. Ia menjelaskan seluruh praja IPDN selalu dikumpulkan dalam suatu ruangan besar untuk makan bersama.

Lantas, Tito menyatakan Rektor IPDN, Hadi Prabowo, berinisiatif untuk mengumpulkan para praja untuk makan bersama-sama pejabat IPDN lainnya saat Idulfitri tiba.

Meski demikian, Tito mengklaim acara tersebut sudah memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak meja makan antara satu sama lain.

"Nah, di lebaran biasanya anak-anak ini cuti. Tapi tak diperbolehkan. Makanya Rektornya ambil inisiatif ikut makan seperti kegiatan rutin saja," kata Tito.

Kepala Biro Adminiatrasi, Kerja Sama dan Hukum IPDN Baharuddin Pabba juga sempat membenarkan acara makan 3.747 praja bersama jajaran pimpinan. Acara ini digelar usai salat Idulfitri.

"Setelah pelaksanaan shalat ied (Idulfitri), pada jam makan siang praja yang dilaksanakan pada pukul 13.00-15.00 WIB dilaksanakan makan siang bersama jajaran pimpinan IPDN di Menza [tempat makan praja di Kampus IPDN] yang diikuti 3.747 orang praja," kata Baharuddin dalam keterangan resminya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (27/5).

Baharuddin menjelaskan tujuan digelarnya acara tersebut hanya ingin memberikan apresiasi atas ketaatan, kepatuhan kepada praja IPDN dengan tidak mudik ke kampung halamannya masing-masing.

SUMUR:
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...k-langgar-psbb


Quote:
Tak Ada Jaminan Halalbihalal IPDN Bebas Virus Korona

Anggota Komisi IX DPR Saleh Daulay mengkritisi acara halalbihalal yang diselenggarakan oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor, Jawa Barat. Acara tersebut dianggap melanggar ketentuan pecegahan penyebaran virus korona.

"Kalau menurut saya, tidak ada jaminan bahwa kegiatan itu aman. Sebab, setiap ada keramaian, potensi penularan selalu saja mungkin terjadi. Itu yang perlu dihindari," kata Saleh kepada Medcom.id, 28 Mei 2020.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu pun mempertanyakan karantina yang dilakukan berjalan maksimal atau tidak. Terutama menutup akses keluar masuk secara ketat.

"Jika masih ada penerimaan tamu dari luar kampus atau menerima masuknya orang-orang yang membawa logistik ke kampus, karantinanya belum tentu tertutup secara ketat. Artinya, masih ada kemungkinan orang luar masuk dan menyebarkan virus ke dalam kampus," ucap dia.

Mantan Wakil Ketua Komisi IX itu mengingatkan kasus penyebaran virus korona di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol). Sebanyak 300 siswa terjangkit virus korona.

"Dari mana dan bagaimana penyebarannya tidak jelas. Tetapi kasus itu sempat menjadi perhatian," ujar dia.

Dia berharap kelalaian serupa yang dilakukan oleh IPDN tidak terulang. Semua instansi harus mematuhi aturan yang dibuat oleh pemerintah.

"Paling tidak, selama masa pandemi ini semua pihak diharapkan dapat menjaga diri," katanya.

Kampus lIPDN di Jatinangor, Jawa Barat menggelar halalbihalal di tengah suasana pandemi virus korona. Acara yang berlangsung di Balairung Rudini pada Minggu, 24 Mei 2020 itu dihadiri seluruh mahasiswa (praja) yang berjumlah lebih dari 3.700 orang, serta pejabat sekolah tersebut.

Keterangan pers yang diperoleh Media Indonesia, kegiatan tersebut dilakukan atas perintah Rektor IPDN menghibur praja yang selama ini melakukan karantina di kampus. Kegiatan yang dilakukan diklaim tidak melanggar protokol kesehatan seperti pengaturan jarak kursi, penggunaan masker, dan cuci tangan.

"Seluruh civitas akademika sudah rapid tes dan hasilnya negatif covid semua," Kepala Biro Kerjasama, Humas, dan Hukum IPDN Baharuddin Pabba melalui siaran pers, Selasa, 26 Mei 2020.

SUMUR:
https://www.medcom.id/nasional/polit...s-virus-korona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ardian76 dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 06:29
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krausser dan 16 lainnya memberi reputasi
16 1
15
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 06:32
yang penting anggaran harus terserap habis, betchul?
biarin pemerintah kere yg penting pns n calon pns ngabisin anggaran

kitak aja gak berani halal bihalal n makan2 sekantor

kenak semua modar cem yg di sukabumi
Diubah oleh chisaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
legbail dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 06:48
ternyata banyak banget ya jumlahnya praja IPDN, 3.700 an
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 06:53
Bikin aturan sendiri, dilanggar sendiri, mantan petinggi polkis lagi. Urat malunya udah putus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krausser dan 25 lainnya memberi reputasi
24 2
22
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 07:32
Terserah... Kalian enih yg sakit...
emoticon-Traveller
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mows dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 07:38
Lha terus penyanyi nya, sebelumnya udah dikarantina disana juga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parfumkuning dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 07:43
ya tetep aja gak boleh berkerumun, emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
legbail dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 07:43
lanjutken emoticon-pencet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 07:56
Itu lagi joget jogetan sama penyanyi, emang penyanyi nya orang ipdn juga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 08:00
Benar sekali Pak Tito
Corona TIDAK MEMATIKAN emoticon-Salaman








Mending joget dangdut drpd joget ubur2 ky Mahfud MD kmrn emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krausser dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 08:02
Anggota dpr dan yg kritik dipersilakan ikut sih acara itu, biar kasi semangat buat yg sdh karantina 3 bulan itu. Masalahnya pada berani dan iklas ga? Wkwkkkkkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
westciss dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 08:05
Yach kalo hal ini jadi CLUSTER BARU, gampang... Pemerintah Pusat tinggal salahkan Masyarakatnya ataupun Pemimpin Daerahnya emoticon-Selamat emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
krausser dan entop memberi reputasi
1 1
0
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 08:15
Wakakak...dah iyein aja. Judicial review by MA aja dikangkangin. Itu jalur hukum yang formal, apalagi kl cuma nyinyir.
Jadi makin keliatan kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
legbail dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 08:54
"Aturan buat kalean tidak berlaku buat kami." emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krausser dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 09:00

Serah aja deh....


No cendol, bata onlyemoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
widoko dan 6 lainnya memberi reputasi
3 4
-1
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 09:18
namanya juga menteri jokowi
gak heran
plecidenya aja begitu gimana mau menterinya bener
ya walau sebelumnya mereka semua orang pinter tp kebodohan itu kayak virus menular cepet banget nularnya
dari pemimpin ke bawah itu hitungan menit begitu ditunjuk langsung bego
profile-picture
profile-picture
profile-picture
legbail dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 09:20
Harusnya menhub kemarin mampus aja supaya ini pejabat tolol goblog mikir 3 kali mau bela pelanggaran di kasus wabah penyakit emoticon-Cape d...
Diubah oleh hhendryz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RED.GUARDIAN dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 09:21
Ya kan dibela lagi sm lord jancuk.....
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 09:22
tito ngurus yg lain aja lah
profile-picture
entop memberi reputasi
1 0
1
Tito: Makan Bersama di IPDN saat Lebaran Tak Langgar PSBB
29-05-2020 09:23
Penyanyi dan timnya dari orang luar IPDN, penyedia cateringnya juga. Banyak orang luar dari IPDN.

Ah ink ngelesnya kebangetan. Kok sekarang gini amat yak kondisi elit-elit.
Semua sejak jaman Mukidi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia