• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Komparasi Mitsubishi Canter VS Isuzu NMR 71,Siapa Truk Pengangkut Cabe Yang Terbaik ?

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Komparasi Mitsubishi Canter VS Isuzu NMR 71,Siapa Truk Pengangkut Cabe Yang Terbaik ?
Hallo gan sist kesempatan kali ini, ane hadir kembali dengan pembahasan dunia otomotif. Kali ini ane akan membahas dua jenis truk yang paling diminati sebagai kendaraan niaga, lebih tepatnya truk pengangkut sayur. Lebih familiar dengan nama truk cabe, sudah pada tahu dong pastinya ya sama truk ini ? emoticon-Big Grin


Selain bus malam, ternyata truk cabe juga punya komunitas dan penggemarnya disini gan sist. Khusus untuk truk cabe, tulisan serta gambar yang unik pada bak truknya menjadi salah satu yang digemari banyak orang. Tahukah gan sist, truk yang digunakan untuk mangangkut cabe ini adalah tipe Mitsubishi Fuso Colt Diesel atau biasa disebut juga Canter dan Isuzu NMR 71.


Dua pabrikan Jepang ini menjadi favorit pengusaha, khususnya dibidang angkutan niaga. Kebanyakan truk cabe memakai Mitsubishi Canter, tapi 3 tahun terakhir peta persaingan mulai berubah gan sist. Dimana NMR 71 mulai mengusik kedigdayaan Canter, maka dari itu ane akan membuat perbandingan. Siapa diantara dua merek ini yang paling diunggulkan dipasar truk 6 ban ?. Mari kita mulai pembahasannya emoticon-Big Grin




Canter (kiri) NMR (kanan)




1.Eksterior


Isuzu NMR sendiri hadir dalam empat varian mulai dari:Elf NMR 71 , Elf NMR 71 L , Elf NMR HD 5.8, Elf NMR HD 6.1.
Empat tipe varian Isuzu NMR sendiri kini menjadi favorit pengusaha, dimana truk ini bisa diaplikasikan dengan berbagai model gan sist. Mulai dari truk box, truk bak kayu, sampai dump truk.


Kita mulai dari eksterior nih, dari sang penantang yaitu NMR 71. Dari lampu kabut dan lampu utamanya sendiri cukup besar gan sist (lebih besar dari milik Canter), ditambah ada garis grill dibagian tengahnya. Menambahkan kesan maco dan gahar pada tampilan luarnya, lampu utama yang cukup besar menjadi nilai plus ketika digunakan bagi pengemudi yang sering berjalan pada malam hari, ane sangat suka dengan tampilan lampunya. Terlihat keren dan segar ya emoticon-Big Grin




NMR 71

Sumber



Lanjut pada sang penguasa pasar, Mitsubishi Canter (Co
lt Diesel) yang identik dengan warna kuningnya. Si Kuning punya banyak varian gan sist, ada 15 varian yang dihadirkan. Beberapa diantaranya adalah FE 71, FE 74 HD ,FE 74 L ,FE 74 S ,FE 84 G. Sama seperti NMR,colt diesel (Canter) juga bisa digunakan dalam berbagai model. Seperti truk box,bak kayu,dan dump truk.




Mitsubishi Colt Diesel

Sumber



Lampunya dulu berbentuk bulat pada awalnya kemudian difacelift jadi kotak, sampai yang terkahir faceliftnya seperti ini lebih lancip (tajam) dan lebar kalau menurut ane. Di sisi colt diesel foglamp berwarna kuning untuk menembus kabut, masih setia berada dibemper bagian bawahnya gan sist. Ini juga jadi ciri khas Si Kuning dari dulu ,perubahan lain hanya pada grill depan yang kini sudah dilabur krom, dan logo tulisan colt diesel semakin terlihat jelas. Hampir semua tipe colt diesel (Canter) mempunyai tempilan luar yang sama seperti ini gan sist, produk ini hampir jarang mengalami perubahan dari masa ke masa. Terlihat konvensional dan unik,ciri khas Mitsubishi. Kita lanjut masuk interiornya ya emoticon-Big Grin



2.Interior


NMR 71 datang dengan konsep kabin yang cukup luas gan sist, sudah ada fitur kamera parkir yang menyatu ke dalam sistem radio tape dan mp3, memberikan kesan modern dibandingkan truk lama Isuzu. Selain itu sudah ada port USB juga nih, kebutuhan penting di zaman modern (emoticon-Big Grin).


Selain itu posisi stirnya bisa diatur sesuai keinginan gan sist, dimaju mundurkan atau dinaik turunkan. Biar pas dengan posisi sopirnya, NMR juga sudah dilengkapi power steering. Dimana akan lebih mudah dan stabil mengemudikan truk ini saat melewati berbagai medan jalan.


Tapi ada minusnya dari kabin luas ini, yaitu letak tuas perseneling. Dimana tuasnya itu dekat dengan jok kursi penumpang disebelahnya. Hal ini cukup mengganggu, terutama kalau mau bongkar muat. Biasanya kan bawa 3 orang buat bongkar, nah yang duduk ditengah nanti posisinya jadi kurang enak karena dekat tuas tersebut. Pergerakan buat memindahkan gigi juga akan terasa kurang nyaman kalau lagi posisi duduk bertiga (emoticon-Hammer (S)). Tapi kalau untuk jalan berdua saja sih cukup ok menurut ane, tapi kalau diisi bertiga, sedikit akan terganggu dengan posisi tuas koplingnya.




Ini interior NMR,tuas perseneling yang ane maksud gan sist.

Sumber



Berbanding terbalik dengan colt diesel, dimana tuas perseneling sudah jadi satu dengan dashboard gan sist.Jadi kalau bawa 3 orang gak masalah ya, karena tuasnya pas didashboard, posisi duduk lebih leluasa. Kabinnya memang kalah luas dari milik NMR, tapi si kuning punya kelebihan diposisi tuas persenelingnya yang sangat menguntungkan gan sist (tidak mengganggu pengemudi).


Selain itu Canter sendiri juga sudah sama-sama sudah power steering gan sist, dilengkapi mp3,tape radio dan USB port. Stirnya juga bisa diatur sesuai keinginan, maju mundur atau naik turun. Lanjut ke mesin ya gan sist emoticon-Big Grin




Punya Canter tuas perseneling sudah ada di dashboard emoticon-Big Grin

Sumber





3.Dapur Pacu


NRM 71 mengusung mesin diesel berkode 4HG1-T berkapasitas 4.570 cc, mesinnya cukup bandel gan sist. NMR 71 juga mendapatkan transmisi manual enam percepatan, selain itu NMR 71 juga dibilang cukup irit dalam konsumsi bbmnya.


Sementara Canter mengusung mesin berkode 4D34-2AT8 berkapasitas 3.908 cc, selisihnya memang tidak terlalu jauh ya untuk cc-nya.Bedanya Canter baru memiliki transmisi manual 5 percepatan sama dengan truk lain dikelas yang sama (Hino Dutro dan Toyota Dyna), nah disini NMR selangkah lebih maju, karena sudah 6 percepatan (emoticon-Big Grin). Kedua mesin ini juga sama-sama terkenal iritnya gan sist, terlebih Canter yang sudah dikenal mulai tahun 1970-an.




Mesin NMR

Sumber






Mesin Canter

Sumber


Untuk spare part sendiri Canter memang lebih mudah dicari dan banyak variasinya, mulai dari ori sampai yang KW. Sementara untuk spare part NMR belum tersedia cukup banyak saat ini dipasaran, tapi seiring berjalannya waktu.Ane yakin spare partnya akan mudah didapatkan, karena penjualan NMR terus membaik dari tahun ke tahun.



4.Keunggulan Dan Kelemahan Masing-Masing Berdasarkan Fakta Dilapangan


Hal ini adalah pendapat pribadi gan sist, berdasar fakta dilapangan. Kebetulan teman ane punya salah satu unitnya untuk usaha, ini dia beberapa fakta menarik dari dua truk ini,berdasarkan fakta dilapangan ya (pengalaman sopir dan pengusaha).


Salah satu keunggulan NMR adalah dia ini jago buat jalur mananjak gan sist, jadi buat kalian yang kebetulan domisilinya disekitar daerah pegunungan, untuk pilihan usaha. Sangat ane rekomendasikan untuk membeli NMR, karena fakta dilapangan NMR ini lebih kuat untuk dibuat nanjak daripada Mitsubishi Canter. Cukup dengan bermain digigi rendah, NMR mampu menanjak dengan mulus. Tanpa harus mengambil jarak ancang-ancang untuk menanjak,tapi minusnya aki dari NMR ini gampang tekor.




Sumber


Walau pihak Isuzu mengklaim produk terbarunya punya kapasitas listrik yang besar, namun fakta dilapangan berbicara lain. Banyak sopir yang mengeluh akinya tekor, dan memilih mengganti aki milik NMR dengan kapasitas aki yang lebih besar gan sist, ini salah satu kekurangan milik NMR. Pada bagian aki kapasitasnya masih kurang, menurut pengalaman dilapangan.


Plusnya NMR, sedari awal dia sudah dirancang untuk membawa muatan berat, maksimal sampai 8,25 ton daya angkutnya. Dibanding Canter yang hanya bisa membawa muatan ringan, NMR menawarkan paket komplit sekaligus. Kalau mau muatan sedikit juga stabil, kalau pas kebetulan membawa banyak muatan juga masih kuat dan mampu.




Sumber


Sementara Canter sendiri unggul dikelas muatan ringan, cocok buat bermanufer dikecepatan tinggi. Maka tidak heran banyak truk bermuatan cabe atau sayuran yang menggunakan tipe truk ini, karena kebanyakan sopir truk cabe dituntut sampai tujuan tepat waktu. Canter menawarkan hal ini, dimana mesinnya tetap stabil dikecepatan tinggi saat membawa muatan. Maksimal muatan yang bisa dibawa Canter sendiri sekitar 7,5 ton gan sist. Tidak beda jauh daya angkutnya, cuma untuk muatan banyak, lebih prefer ke NMR ya. Sementara kapasitas aki milik Canter jauh lebih besar dari NMR, ini adalah satu nilai plusnya gan sist.


Kelemahan Canter adalah dia tidak kuat menanjak gan sist,selain itu dia juga tidak cocok untuk mengangkut beban berat. Karena sedari awal Canter dirancang untuk muatan ringan, walaupun spesifikasi terbarunya menjamin truk ini kuat untuk jalan menanjak. Faktanya menurut pengalaman sopir dilapangan, untuk jalan menanjak tenaga Canter masih terasa kurang, seringkali juga ane melihat. Canter dengan muatan pasir atau muatan lain, masih terasa kesulitan dalam menanjak. Padahal muatannya standart,tidak berlebihan.




5.Harga Produk


Untuk harga terbarunya, Mitsubishi Colt Diesel dibanderol mulai dari Rp 280 sampai Rp 350 juta gan sist. Harga jual kembalinya juga terhitung bagus ya gan sist, karena si kuning ini sudah punya nama dan dikenal. Kalau kebetulan ingin menjual kembali atau membeli truk bekasnya, akan sangat mudah untuk mencari pembeli dan mencari truk bekas yang kita inginkan.


Untuk NMR 71, harganya juga gak terlalu jauh ya gan sist. Bisa dibilang setara lah ya,banderol terbarunya NMR berkisar Rp 287,5 sampai Rp 302,5 juta gan sist. Tapi minusnya penjualan kembali NMR ini belum begitu bagus, masih kalah dengan Canter.Walaupun soal kemampuan lebih unggul, namun masalah popularitas gak bisa dibohongi. Canter masih lebih diunggulkan dan diterima oleh masyrakat saat ini, kebanyakan juga masyarakat lebih memilih truk bekas milik Canter daripada milik NMR sendiri.




Sumber


Tapi dengan segala pembenahan, ane yakin NMR bisa menyaingi si kuning. Untuk saat ini pasar truk didominasi oleh NMR dan Canter, terutama untuk truk medium pengangkut sayuran ya. Dua produk ini bisa dibilang bersaing ketat, meninggalkan dua produk Jepang lainnya, yakni Hino Dutro dan Toyota Dyna yang tidak terdengar lagi gaungnya.


Menurut opini pribadi sih, saat ini memang yang terbaik tetap Canter ya gan sist. Berdasarkan pasar dan jumlah truk yang paling banyak digunakan saat ini, membuat nama Canter lebih diunggulkan. Apalagi untuk segmen truk cabe (sayur), nama Canter sudah tenar lebih dulu. Truk cabe=Canter, sudah jadi stigma orang-orang ya emoticon-Big Grin




Sumber


Dibalik kekurangan powernya, Canter tetap punya kelebihan pada bagian mesin dan chasis yang lumayan kuat. Dimana pendahulu Canter masih banyak yang beroperasi, walau usianya sudah uzur, salah satu bukti ketangguhan Canter menurut ane. Untuk truk yang dioperasikan sebagai kendaraan pengangkut sayur (cabe), saat ini memang Canter yang paling baik gan sist. Karena rata-rata muatan cabe atau sayurnya masih bisa dihandle oleh Canter, meskipum NMR datang untuk coba mengusik. Tapi sejauh ini Canter masih menjadi produk yang terbaik dan tetap menjadi piilihan utama masyarakat.


Quote:



Bagaimana gan sist, ada yang pernah lihat ?, atau belum pernah lihat sama sekali dengan dua jenis truk ini ? emoticon-Big Grin
Mungkin masih banyak yang belum tahu, bahwa dua truk ini lah yang berjasa mengantar sayuran ke Ibu Kota setiap harinya emoticon-Big Grin


Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.
Budayakan komen, jangan jadi Silent Reader !, enjoy kaskus !
Akan ane kasih cendol dawet buat yang sudah berkomentar, ditunggu komengnya ya gan sist emoticon-Blue Guy Cendol (L)





Sumber: opini dan pengalaman pribadi
Referens: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 29-05-2020 13:43
koi7tien212700BlueGuy.Banci
BlueGuy.Banci dan 35 lainnya memberi reputasi
34
19.5K
132
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.