News
Batal
KATEGORI
link has been copied
204
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecf2b789a972e47df7435ac/jurnal-terbitan-singapura-analisis-peluang-anies-pada-2024
Najib memulai artikelnya dengan ringkasan meningkatnya popularitas Gubernur Anies yang menyebabkan saingan politiknya takut dan sulit untuk menenangkan kursi kepresidenan pada Pilpres 2024 di bawah sistem pemilihan langsung. Karena itu, ada beberapa pihak mengusulkan agar pemilu dikembalikan ke sistem pemilihan tidak langsung atau dipilih DPR.
Lapor Hansip
28-05-2020 10:09

Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024

Past Hot Thread
https://republika.co.id/berita/qaypg...ies-pada-2024
Quote:
Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS) Yusof Ishak Institute yang bermarkas di Singapura, menerbitkan jurnal tentang karier politik Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Artikel berjudul 'Anies Baswedan: Karier Politiknya, Covid-19, dan Pemilihan Presiden 2024' yang diterbitkan pada 19 Mei 2020, ini ditulis oleh Ahmad Najib Burhani, selaku peneliti tamu ISEAS Yusof Ishak Institute sekaligus Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI).

Najib memulai artikelnya dengan ringkasan meningkatnya popularitas Gubernur Anies yang menyebabkan saingan politiknya takut dan sulit untuk menenangkan kursi kepresidenan pada Pilpres 2024 di bawah sistem pemilihan langsung. Karena itu, ada beberapa pihak mengusulkan agar pemilu dikembalikan ke sistem pemilihan tidak langsung atau dipilih DPR.

Menurut Najib, Anies dikenal sebagai seorang intelektual Muslim yang progresif. Namun, banyak orang bertanya-tanya apakah Anies telah berubah setelah Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017, lantaran bersekutu dengan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) dan mengendarai gelombang populisme Islam yang dibangun oleh Gerakan 212. Belum lagi, sambung dia, pidato pengukuhannya sebagai gubernur DKI pada Oktober 2017 mengisyaratkan keberpihakan Anies dengan warga propribumi.

Najib menyebut, banyak orang meragukan kemampuan Anies sebagai pemimpin nasional. Meskipun bukan termasuk orator yang baik, namun Anies dianggap mampu 'menghipnotis' pendengarnya. Kurangnya perkembangan kemajuan di Jakarta di bawah kepemimpinan Anies yang digambarkan para kritikusnya, dianggap sebagai indikasi ketidakmampuannya dalam menjadi gubernur.

"Anies Baswedan masih dapat menebus citra dan reputasinya jika dia mampu membawa Jakarta keluar dari pandemi Covid-19. Krisis ini memberinya kesempatan untuk memenangkan hati dan pikiran, dan menjadi batu loncatan untuk upayanya dalam Pemilihan Presiden 2024," ucap Najib.


Najib menyebut, Anies memiliki popularitas tinggi versi dua survei terakhir yang dilakukan Indo Barometer dan Median pada Februari 2020. Anies menduduki urutan kedua di belakang Prabowo Subianto (capres runner up 2014 dan 2019), dan di atas Ketua DPR Puan Maharani, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kebangkitan Anies di perpolitikan nasional mulai muncul usai ia lulus dari studi doktoral di Northern Illinois University (NIU), Amerika Serikat. Anies tidak langsung masuk ke dunia politik praktis, melainkan terlibat di The Indonesian Institute (TII) dan Partnership atau Kemitraan, kemudian diangkat sebagai rektor Universitas Paramadina pada 2007.

Selama menjadi rektor, Anies meluncurkan program Gerakan Indonesia Mengajar (GIM), yang konon mencontoh gerakan 'Teach for America' (TFA). Menurut Najib, program yang pesertanya lulusan universitas ini diminta mengajar ke daerah tertinggal atau terpencil. Mereka dikirim dengan tujuan untuk menginspirasi dan memotivasi anak-anak di sekolah dasar.

"Tidak hanya berhasil menciptakan kesadaran tentang pentingnya pendidikan bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil, tetapi juga membuat orang-orang muda yang berpendidikan dan perkotaan sadar akan keanekaragaman Indonesia," ucap Najib.

Sayangnya, setelah 20 bulan menjadi mendikbud, Jokowi mengganti Anies dengan Muhadjir Effendy. Tidak berselang lama, Anies maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI dan menang, setelah mengalahkan calon pejawat (incumbent) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Najib menyoroti, Pilgub DKI 2017 sebagai titik balik Anies sebagai Muslim moderat yang progresif, dan Anies sebagai politisi yang bersedia berkompromi dengan nilai-nilai positif untuk keuntungan politik. Anies yang meminta dukungan politik kepada tokoh agama kontroversial Rizieq Shihab, membuatnya mendapat respons beragam tidak hanya dari masyarakat umum, tetapi juga dari sekutu dan teman dekatnya sebelumnya, termasuk yang ada di Universitas Paramadina.

Selama menjadi gubernur DKI, Najib memandang, tidak mudah menilai keberhasilan dan kegagalannya di Jakarta. Perang tagar atau penyebutan Gabener dan Goodbener menandakan dua kelompok berseberangan dalam meninjau kinerja Anies. Najib pun membuat kesimpulan, gara-gara berteman dengan Rizieq Shihab di Pilgub DKI 2017 dan terlibat politik identitas, Anies kehilangan kepercayaan dari beberapa orang yang sebelumnya adalah pendukungnya. Pun ada 42 persen warga Jakarta yang tidak memilihnya (suara ke Ahok).

Najib menuturkan, peluang Anies untuk menang pada Pilpres 2024 tergantung berbagai faktor. Rekonsiliasi dengan mereka yang kecewa dengan Anies yang menjalin pertemanan dengan Gerakan 212 dan Rizieq Syihab, pasti menambah peluangnya untuk memenangkan kursi kepresidenan. Jika Anies berdamai dengan sekutu dan pendukung sebelumnya, dan menjauhkan diri dari kelompok garis keras, peluangnya untuk memenangkan pilpres semakin meningkat.

"Bahkan hari ini, ketika dia masih berhubungan dengan 212 dan Rizieq Syihab dan tidak benar-benar berhasil dalam memerintah Jakarta, elektabilitasnya sudah menjadi yang tertinggi. Cara Jakarta menangani pandemi Covid-19 adalah kesempatan Anies untuk menebus dirinya," ucap Najib yang aktif di Muhammadiyah ini.





ini opini gw d tret lain
Quote:

Quote:
Wan Aibon mau maju 2024:
- ga ada partai
- jabatan abis di 2022 dan ga ada panggung di 2023
- duit tadinya dari APBD DKI tp krn covid kyknya APBD bakal defisit smpe 2022 jdnya duit jg cekak

peluangnya:
-bukan jawa, jawa 40% ga bakal pilih dia
-bukan NU
-karena temennya FPI PKS HTI dan 212 minoritas (15%) ga bakal pilih dia
-ga punya partai
-sisanya dr pemilih prabowo pilpres lalu tp klo prabowo maju lagi suara 44% kepecah bisa2 cuma dapat setengahnya
-rekam jejaknya kacrut jg (DP0 gagal,reklamasi terbitin IMB, banjir trus2an, bansos ga becus, kasus PSBB dilanggar smpe angka corona tertinggi di DKI)
feeling gw ga bakal maju ,dan seandainya maju ga bakal kepilih





dari analisa rasional berdasar artikelnya gw setuju
kunci wan aibon menang pilpres tu incar suara minoritas (15%) dan suara jokowi voter (55%) krn klo dia ngandalin mantan pendukung wowo, mentok cuma 40% apalagi klo wowo maju jg suaranya makin kepecah

masalahnya buzzernya di kaskus itu tiap hari hina2 minoritas dan jokowi, klo gitu kasusnya si anus bakal kalah oleh buzzernya sndiri emoticon-Big Grin
tp feeling gw klo dia pindah haluan ninggalin FPI HTI PKS 212 juga dilema karena bisa2 pendukung dia skrg bakal banyak ninggalin dia 
si wowo lbh pinter mainnya, masuk pemerintahan jokowi tp main 2 kaki, fadli zon masih oposisi jd dia incar suara 2 kaki


profile-picture
profile-picture
profile-picture
hammyhamzz dan 38 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:10
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egama dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:13
rumah depe nol untuk seluruh Indonesia? emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egama dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:14
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:14
Emang udah bisa ya warga Keturunan jadi Presiden RI???

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:16
orang jawa mau pilih anies?

ni baca baik2
dari pendukung anies garis keras
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024

emoticon-Cipok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:17
Di negara ini gampang, mau ga kompeten, mau bohong bebas, asal dia jawir dan islam, jadi itu barang emoticon-Cool

Peluang anies tertutup, kecuali dia jadi wapres. Nah, pertanyaan nya siapa presiden nya?

List jawir potensial:

1. AHY (Pacitan)

2. Gatot Nurmantyo (Wong Tegal)

3. Ganjar Pranowo (Karanganyar)

4. Risma (Surabaya)

5. Khofifah (Madura)

6. Ridwan Kamil (Bandung)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paexada dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:24
Apa cuma ane orang jawa barat yang ga bakal pilih anies di 2024 nanti? Soalnya sebagian orang jawa barat udah jadi kadrun yang temperamen sehingga meninggalkan prinsip silih asah, silih asuh, silih asih yang menjadi jati diri orang sunda. Dan anies selama ini dikenal dekat dengan kadrun emoticon-Bingung
Diubah oleh kontholl
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:29
masih nggak kapok ya pilih presiden modal kontes popularitas yang ujungnya cuma jadi boneka?

pilih itu dari kalangan yang memang punya power.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gendhu89 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:32
Quote:Original Posted By nasgorbabi
Di negara ini gampang, mau ga kompeten, mau bohong bebas, asal dia jawir dan islam, jadi itu barang emoticon-Cool

Peluang anies tertutup, kecuali dia jadi wapres. Nah, pertanyaan nya siapa presiden nya?

List jawir potensial:

1. AHY (Pacitan)

2. Gatot Nurmantyo (Wong Tegal)

3. Ganjar Pranowo (Karanganyar)

4. Risma (Surabaya)

5. Khofifah (Madura)

6. Ridwan Kamil (Bandung)

Kemungkinan besar sih ahy-anies,(Demokrat Nasdem,PKS),PKS birapun bukan kader udah cinta mati sama anies,
Nasdem tempat pertama kali Anies masuk jadi kader emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 17 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:38
gw pro yg bukan babu asing aseng
babu amrik tuh yg mendewa dewakan aseng asing
gk nyadar kulit coklat sm kapasitas otak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:39
partainya apa?
pks? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:41
Karena ambisinya cukup tinggi, kayaknya bakalan nyapres bukan nyawapres emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:45
kalo pake jurus spanduk tolak jenazah yg dipasang di rmh ibadah

jadi brp persen peluangnya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:45
mantab capres pujaan ku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:56
Quote:Original Posted By nasgorbabi
Kalau bisa demokrat nasdem pkb saja, AHY kan jatim..

Hmm, kalau AHY - ANIES sih mantap juga ini barang, dua duanya lulusan amerika emoticon-Traveller


Pkb byk nu nya Pemilihnya
Sementara Nu byk kontra dgn kadrunemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:57
Quote:Original Posted By ahmad.sarkowi
terus apa mau mu tionghoa anjing?emoticon-Big Grin


Trs maunya aniesemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 10:59
wan abud jgn sampe deh jd presiden, donge bgtu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 11:01
kenapa yang jadi patokan nya Puan sama Ridwan Kamil. kenapa g di masukin Risma sama Ganjar trus Erick dan lain lain dah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 11:04
Anies "citra"nya terlalu menjurus ke kanan sih...terutama dari kelompok yg itu...

Diliat hasil pilpres kemarin di Jakarta Jokowi menang dari Prabowo padahal sentimen agama kenceng banget di Jakarta.....

Tambah susah lagi di daerah nasionalis macem Jawa timur dan Jawa tengah...

Kalo masih Deket kelompok itu kayak kartu mati aja itu Anies....

Di 2019 itu sentimen keagamaan kenceng banget...tetep aja partai nasionalis yg masih jaya....di 2024 gw gak yakin sentimen keagamaan bakal bisa kenceng lagi...udah bosen orang2....

Sekarang para kandidat potensial udah moles dirinya ke nasionalis...ahy,Risma,rk,Khofifah,Ganjar,Sri Mulyani,dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Jurnal Terbitan Singapura Analisis Peluang Anies pada 2024
28-05-2020 11:07
Akankah ramalan akan tergenapi emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia