Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ece3bbb0577a9144022c2d2/kuy-intipin-rahasia-manis-dan-gurihnya-si-kacang-sembunyi
Kacang Sembunyi Berbicara mengenai kacang tanah, semua pasti sudah tahu gimana rasanya. Entah yang masih berupa biji, atau sudah diolah. Bagi beberapa orang, kacang jenis ini menjadi momok tersendiri. Konon katanya bisa menyebabkan jerawat tumbuh makmur. Wah! Seram juga ya. Tapi itu semua gak berlaku pada setiap orang ya. Kalau saya rasa sih, jerawat tumbuh ada karena beberapa faktor X-nya. Misaln
Lapor Hansip
27-05-2020 17:06

Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi

icon-verified-thread
Kacang Sembunyi
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi

Berbicara mengenai kacang tanah, semua pasti sudah tahu gimana rasanya. Entah yang masih berupa biji, atau sudah diolah. Bagi beberapa orang, kacang jenis ini menjadi momok tersendiri. Konon katanya bisa menyebabkan jerawat tumbuh makmur. Wah! Seram juga ya. Tapi itu semua gak berlaku pada setiap orang ya. Kalau saya rasa sih, jerawat tumbuh ada karena beberapa faktor X-nya. Misalnya saja si pemilik wajah jarang mencuci muka dengan benar. Kalau saya pribadi biasanya mendekati hari dimana tamu bulanan datang, tuh jerawat biasa nongol. Entah satu atau dua. Duhh … kenapa malah bahas jerawat, ya … hehehe.

Kacang tanah yang masuk ke dalam jenis polong-polongan atau legum, merupakan tanaman perdu yang dapat tumbuh mencapai 30-50cm dan memiliki daun kecil-kecil yang tersusun majemuk. Tanaman yang berasal dari Amerika ini, merupakan kacang-kacangan terpenting kedua setelah kedelai di Indonesia. 

Di Indonesia sendiri banyak kudapan atau makanan berbahan dasar kacang tanah. Terlebih makanan khas daerah. Ada pecel, asinan, gado-gado, rujak cingur dan kawan-kawan. Kalau kudapan ringan biasanya sih kue kering kacang. Yang si kacang tanahnya dihaluskan lalu dicampur dalam adonan kue. Kacang atom, kacang rebus, kacang sangrai, kacang goreng pedas manis, kacang sembunyi yang di lain tempat bisa ganti nama jadi kacang intip. Entah mana yang betul. Kacang tanah pun bahan utama pembuatan oncom. 

Saya bukan hendak mengulas makanan yang tadi disebutkan di atas. Kali ini, saya ingin mengajak kawan kaskuser semua membuat kacang sembunyi atau kacang intip. Enggak ribet dan modalnya ringan di kantong. Asal sesuai dengan langkah pembuatan, saya rasa sekali bikin saja akan berhasil. Bahannya hanya ada empat saja. Kacang tanah, kulit pangsit, gula pasir dan minyak goreng. 

Sebenarnya kulit pangsit itu lebih enak bikin sendiri. Tentunya 'kan lebih higienis, ya. Tapi di sini saya membeli kulit pangsit siap pakai. 

Bahan-bahan Kacang Sembunyi
penampakan bahan

Quote:bahan-bahan
1. Kacang tanah 70gr (digoreng)
2. Kulit pangsit satu bungkus. Potong-potong. 1 lembar jadi 9 potong.
3. Gula pasir 70gr. (Ini masih ada sisanya)
4. Minyak goreng 1/2 liter.


Quote:Carbut:
1. Ambil satu potong kulit pangsit dan 1 butir kacang.
2. Letakan kacang di sudut kulit pangsit. Lalu gulung. Kemudian rekatkan memakai sedikit air.
3. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis.
4. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tunggu hingga benar-benar panas ya.
5. Jika minyak sudah panas, masukan 2sdm gula pasir. Diamkan. Jangan diaduk. Apalagi diaduk2. Tunggu hingga gula mencair serupa karamel.
6. Jika gula sudah membentuk karamel, masukan gulungan kacang secukupnya. Jangan sampai penuh. Beri ruang agar para kacang sembunyi bisa ngembang dengan baik.
7. Kemudian, aduk-aduk kacang agar karamel gula bisa menempel dengan sempurna.
8. Jika sudah matang, angkat tiriskan.
9. Lakukan hal yang sama hingga kacang sembunyi mentah habis.
10. Pakai api sedang aja, ya. Malah kalo saya cenderung kecil. Kecuali saat permulaan, ya agar minyaknya cepat panas. Untuk selanjutnya ya pakai api sedang saja.
11. Jika sudah dingin, masukan dalam toples dan tutup rapat.

Oiya, saat kacang sembunyi sudah dingin, kondisinya akan saling berdempetan. Maka dari itu, sesaat setelah diangkat dari penggorengan, pisah-pisahkan menggunakan capit atau sendok selagi masih panas. Karena jika sudah dingin akan susah dipisahkan.

Jangan letakan kacang sembunyi yang baru ditiriskan di atas wadah yang di alasi kertas apalagi tisu. Taruh saja di atas nampan biasa.


Nah, itu dia cara membuat kacang sembunyi ala saya. Diluar pasti banyak yang bikin dengan cara yang sama pula, tapi ini beda dari yang lain. Karena saya membuatnya selain pakai tangan juga melibatkan hati. Hati yang riang. Bagi saya, jika hati riang, kerjaan seberat apapun akan jadi ringan. Dan, bila membuat makanan, makanan itu rasanya akan lain tentunya. 😁

Terima kasih untuk yang sudah sudi berkunjung. Terlebih mampir dengan cendol beserta rate-nya.

Sekian dan sampai jumpa di tulisan-tulisan saya berikutnya.

Salam hangat.



🍓🍓🍓🍓🍓

Sumber tulisan: karya pribadi + dari Wikipedia (P-2)
Foto: dokpri.
Diubah oleh rirandara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
27-05-2020 17:08
page one
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
27-05-2020 17:26
Apapun yang melibatkan hati, pasti rasanya akañ berbeda. emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan rirandara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
28-05-2020 10:45
minyak sisanya ga bisa dipakai lg ya?
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan rirandara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
28-05-2020 19:47
wii baru tau ada snack inii. kayaknya enak yaaa, papa ane juga demen kacang, boleh lah dicoba
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan rirandara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
29-05-2020 03:03
shy nut emoticon-Big Grin
sekejap lenyap padahal buatnya lama emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan rirandara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
30-05-2020 07:38
pernah makan sih ini jajanan tapi nggak tau kalau namanya kacang sembunyi, karna kacangnya nyelip kali ya makannya dinamain kacang sembunyi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan rirandara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
30-05-2020 21:49
Sejujurnya saya baru tahu bahwa nama makanan ini adalah kacang sembunyi, menarik jadi ingin coba membuatnya sendiri.
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan rirandara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
30-05-2020 22:09
ternyata dari kulit pangsit ya? baru tau nih
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan rirandara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
30-05-2020 22:10
namanya lucu juga kacang sembunyi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan rirandara memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kuy! Intipin Rahasia Manis dan Gurihnya Si Kacang Sembunyi
01-06-2020 17:58
aku mending pas kacangnya gak ngunpet Beib
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia