Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
9
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecdf24182d4953beb2e054d/6-cara-mengatasi-rantai-keteng-kendor-amp-perawatannya
Mengalami rantai keteng kendor pada kendaraan yang kalian miliki memang bukan hal yang kita inginkan. Karena dampak dari kedornya rantai keteng ini benar-benar akan membuat kendaraan tidak memberikan performa terbaiknya.
Lapor Hansip
27-05-2020 11:53

6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya

Past Hot Thread
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya

Mengalami rantai keteng kendor pada kendaraan yang kalian miliki memang bukan hal yang kita inginkan. Karena dampak dari kedornya rantai keteng ini benar-benar akan membuat kendaraan tidak memberikan performa terbaiknya.

Jadi salah satu hal yang perlu di lakukan ketika rantai keteng mulai kendor adalah memperbaikinya. Nah untuk urusan ini ternyata kita tidak perlu merasa khawatir, karena ada banyak cara mengatasi rantai keteng kendor yang bisa kita lakukan dengan mudah dan simple.

Rantai keteng atau yang juga sering di sebut oleh kebanyakan orang di tanah air rantai kampret merupakan komponen yang sangat penting keberadaannya. Karena dengan rantai keteng secara keseluruhan mesin motor akan bisa bekerja dengan sempurna.

Namun jika ternyata rantai keteng tersebut sudah mulai kendor karena beberapa penyebab dan faktor. Maka selain akan membuat performa mesin sedikit bermasalah, ternyata juga akan membuat mesin bunyi klotok klotok atau bunyi  yang tidak enak di dengar saat mesin menyala.
 
Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor
Tidak hanya itu saja, ternyata jika rantai keteng kendor dan kalian biarkan saja. Maka dampak terburuk yang bisa kalian dapatkan adalah kerusakan pada komponen lain di dalam sistem kerja mesin itu sendiri. Dari pada panjang lebar, berikut adalah cara mengatasi rantai keteng kendor yang otoflik rangkum.
 
Apa Itu Rantai Keteng?
Rantai keteng atau juga sering di sebut rantai kampret oleh sebagian besar orang di tanah air merupakan komponen yang sangat penting keberadaannya baik pada motor ataupun pada mobil. Kenapa sangat penting?
Karena rantai keteng atau rantai kampret ini memiliki fungsi sebagai penyalur tenaga dari tenmaga daras ke bagian noken as. Yang dimana nantinya tenaga dari noken as akan langsung di teruskan untuk membuka dan menutup klep.
 
 
 
Bentuk dari rantai keteng sendiri tidak jauh berbeda dengan bentuk rantai motor atau rantai roda pada umumnya. Hanya saja perbedaan yang paling terlihat jelas mungkin dari ukurannya yang sangat kecil. Selain itu ulir dari rantai keteng juga berbeda.
 
Penyebab Rantai Keteng Kendor
Sebelum membahas lebih jelas mengenai cara mengatasi rantai keteng kendor. Tentu kalian juga harus mengetahui beberapa macam penyebab ranrai keteng tersebut kenapa bisa kendor. Berikut ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab utamanya.

1. Masa Pakai Rantai Keteng
Tidak bisa di pungkiri semua jenis barang yang ada termasuk barang otomotif tentu memunyai dan memiliki yang namanya masa pakai atau juga sering di sebut MTBF (Main Time Before Failure).
Rantai keteng sendiri mempunyai cara kerja yang terus menerus berputar melewati roda gigi. Karena di gunakan terus menerus dan terjadi gesekan, sudah pasti akan terjadi keausan dan rantai pun mulai mengendor.
 
2. Jarang Ganti Oli Mesin
Masalah kedua yang mungkin menjadi penyebab rantai keteng mungkin menjadi kendor adalah jarang mendapatkan asupan oli mesin baru dan segar. Kurangnya perawatan pada oli mesin akan berdampak pada banyak hal.
Selain rantai keteng yang mudah kendor karena kurangnya formula pelumas yang ada pada oli mesin. Bisa juga justru akan membuat kerusakan pada mesin motor terutama pada bagian piston motor.
 
3. Terlalu Sering Geber-Geber Gas
Penyebab yang satu ini mungkin sering terjadi pada motor anak muda. Karena seperti kita sadari bahwa anak muda yang mengunakan motor mungkin akan sering melakuakan geber-geber gas atau menarik gas sekuat-kuatnya.
Hal tersebut tentu akan berbdampak pada performa mesin. Salah satunya mungkin akan menjadikan kualitas rantai keteng sebagai penghubung tenaga dari kruk as ke noken as akan melemah dan kendor.
 
Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor
Lalu bagaimana jika ternayta ratai keteng yang ada pada mesin kendaraan mulai kendor? apakah ada solusi yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya? Tentunya ada beberapa cara mengatasi rantai keteng kendor yang bisa kalian lakukan. Diantaranya adalah,
 
1. Gantilah Dengan Baut
Kenapa rantai keteng di ganti dengan baut? Eits, maksudnya bukan rantai ketengnya yang di ganti dengan baut. Melainkan bagian penonjok tensioner yang kita ganti dengan menggunakan baut.
 
Cara ini bisa di lakukan dengan memanfaatkan serat pada tonjokan di bagian rantai keteng untuk kita gunakan sebagai penutup setelah dibagian tempat baut. Selain itu juga menjadi petunjuk langsung batang tensioner.
 
Namun ketika akan memasangnya, sebaiknya lepas penekan otomatis pada batang penekan. Dan ketika sudah dipasang, namun penonjok tensioner yang di tekan tidak mundur, maka masalah rantai keteng kendor masih bisa di akali.
 
Cara yang paling mudah tentu dengan menambahkan mur dibagian atas atau bawah kemudian menempelkannya. Namun penggunaan mur tersebut tidak boleh sembarangan karena ukuran mur baut benar-benar harus pas dan tidak terlalu panjang.
 
2. Menggunakan Baut untuk Menyambung
Kemudian cara mengatasi rantai keteng kendor yang berikutnya juga bisa di lakukan dengan memanfaatkan baut. Namun cara ini mungkin bisa di bilang lebih rumit dan lebih merepotkan Pasalnya kalian harus menggunakan baut sebagai penyambungnya.
 
Tujuan dari penggunana baut untuk menyabnung adalah agar batang dari penekan dapat menekan tensioner kembali. Namun cara ini membutuhkan keahlian khusus mengingat tidak semua orang paham akan metode yang satu ini untuk mengatasi rantai keteng kendor.
 
3. Modifikasi Tensioner Lemah
Kencang dan kendornya setelah rantai keteng akan sangat berpengaruh pada pembukaan dan penutupan klep. Maka dari itu pada mesin kendaraan tentu ada yang namanya tensioner.
 
Yang dimana tensioner ini akan mempunak fungsi untuk membuat ketegangan pada rantai keteng tetap stabil. Dan jika tensioner sudah lemah atau sudah aus, tentunya akan memunculkan bunyi berisik pada mesin saat kondisi panas.
 
Cara Merawat Rantai Keteng
Setelah mengetaui bagaimana cara mengatasi rantai keteng kendor. Mungkin hal yang tidak kalah pentingnya untuk kalian ketahui adalah cara merawat rantai keteng itu sendiri. Seperti apa cara merawatnya? berikut otoflik rangkumkan.
 
1. Lakukan Pemeriksaan Rutin
Melakukan pemeriksaan secara rutin pada bagian rantai keteng mungkin menjadi satu-satunya cara yang paling efektif untuk mengetahui kondisi rantai keteng. Waktu paling sedikit untuk memeriksa rantai keteng setidaknya 1 tahun sekali.
 
2. Lakukan Pendeteksi Masalah
Cara merawat rantai keteng yang baik dan benar berikutnya adalah dengan melakukan pendeteksian masalah. Metode ini bisa kita lakukan dengan mudah hanya dengan memanasi motor setiap harinya.
 
Jika terdapat sura berisik seperti “tek tek tek” saat mesin nyala, namun setelah 15 menit hilang, maka itu bukan berasal dari rantai keteng yang kendor, melainkan dari masalah lain.
 
3. Rutin Mengganti Oli Mesin
Dan yang terakhir adalah ruting mengganti oli mesin kalian setidaknya 2 bulan sekali. Dengan melakukan penggantian oli mesin secara rutin, tentu akan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, terutama pada sektor performa.
 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya
28-05-2020 05:12
bermanfaat ini
0 0
0
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya
28-05-2020 10:18
Tetep aja papa yang ngelakuin ini semua kalo ane tapi mantap nice info wkwk
0 0
0
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya
28-05-2020 14:35
barusan ngalamin
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya
28-05-2020 16:45
hmm.. seperti biasa..saya selalu serahkan ke bengkel. tp kayaknya harus belajar dikit2
0 0
0
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya
28-05-2020 20:41
makasih gan sharingnya walaupun abis ini kayanya tetap ke bengkel...
0 0
0
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya
29-05-2020 10:15
Motor gede atau motor agak gede, cepet banget ya ganti rante ini?
0 0
0
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya
29-05-2020 12:41
Wuih dapet pelajaran baru lagi nih
0 0
0
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya
29-05-2020 21:16
wahh mesinyaa jadi kendor gituu yah
0 0
0
6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor & Perawatannya
12-06-2020 04:43
Nice info gan, emoticon-Jempol
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia