Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecdef36f0bdb21d3f62de33/nafas-tua-si-bagongtruk-legendaris-yang-mencoba-tetap-eksis
Mercy L Series atau biasa orang Indonesia menyebutnya sebagai bagong,mulai masuk pasar otomotif tanah air mulai tahun 1970.Selain mendapat julukan bagong dia juga mendapat julukan nonong,akibat bentuk kepala truknya yang memiliki moncong pesek.
Lapor Hansip
27-05-2020 11:40

Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Truk merupakan salah satu kendaraan yang penting gan sist,untuk mengangkut berbagai kebutuhan pangan dan barang.Dari dulu perannya sangat penting bagi pertumbuhan roda ekonomi suatu negara,truk juga terus mengalami banyak perubahan dari masa ke masa.Pada tulisan kali ini ane akan bahas salah satu truk legendaris di Indonesia dan juga di dunia,ini truk masih eksis sejak TS masih kecil sampai sekarang emoticon-Big Grin


Walaupun sekarang sudah banyak yang tidak beroperasi,tapi kemarin TS sempat menemukan satu yang masih jalan.Dan itu cukup membuat kaget,karena truk itu membawa muatan yang cukup banyak.Truk yang ane akan bahas kali ini adalah Bagong,namanya mirip tokoh pewayangan.Tapi dia bukan orang Jawa,pernah kah kalian dengar namanya ?.
Mari kita simak pembahasan Si Bagong ini emoticon-Big Grin



SEJARAH


Alkisah dahulu kala sebelum truk Jepang menguasai pasar Indonesia,ada salah satu truk asal Jerman yang sukses menjadi penguasa jalanan.Khususnya disegmen angkutan barang,produk andalan pabrikan Mercedes Benz ini juga dikenal dengan sebutan L Series.Truk ini diproduksi di Jerman pertama kali pada tahun 1959 gan sist.Produk ini sukses dipasarkan dibeberapa negara lain diluar Eeopa,seperti di Amerika dan juga Afrika.Terakhir kali Bagong dibuat tahun 1995,setelah itu tidak diproduksi lagi.


Mercy L Series (nama asli dari pabrik) atau biasa orang Indonesia menyebutnya sebagai bagong,mulai masuk pasar otomotif tanah air mulai tahun 1970.Selain mendapat julukan bagong dia juga mendapat julukan nonong,akibat bentuk kepala truknya yang memiliki moncong pesek.Mengingatkan akan tokoh pewayangan, bernama bagong,dimana hidungnya pesek juga (jahat ya orang sini emoticon-Hammer (S)).


Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis

Bagong Sang Legend emoticon-Cool

Sumber



Kalau gan sist lihat fotonya diatas,bentuk kepalanya memang klasik ya.Ciri khas truk tahun 1980-an,meski tidak punya tampang yang rupawan.Tapi Si Bagong ini punya tenaga yang kuat lo gan sist.Buktinya dulu Si Bagong sempat dipakai sebagai kendaraan pengangkut BBM oleh Pertamina,dan digunakan oleh perusahaan rokok ternama PT Gudang Garam Tbk.Dengan warna merah pada bagian kepalanya.


Kemunculan Mercy Bagong bermula saat berdirinya PT Star Motor sebagai ATPM,dibawah naungan PT GMM,sekaligus sebagai perwakilan penjualan Mercy di Indonesia.Si Bagong kemudian dirakit di Indonesia,dulu kawasan perakitan Mercy milik PT GMM (German Motor Manufacturing) masih menempati pabrik di Jalan Sulawesi 1,Tanjung Priok.Sebelum akhirnya pindah ke pabrik yang lebih besar di Wanaherang,Kabupaten Bogor pada tahun 1983.


Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis

Pasukan Bagong milik PT Gudang Garam emoticon-Big Grin

Sumber



Sambutan pasar cukup bagus waktu itu gan sist,Si Mbah Bagong menjadi favorit banyak pengusaha dan sopir truk era 1970-an hingga 1980-an.Pada waktu itu Mercy Bagong merajai pasar truk di Indonesia,mulai dari kategori truk biasa,truk tangki,dump truck,bahkan truk militer.Bagong ada dimana-mana gan sist (emoticon-Belo)


Irit dan bertenaga adalah alasan laris manisnya penjualan Bagong kala itu,Mercy Bagong layaknya ‘dewa penyelamat’ gan sist bagi para pengusaha.FYI sebelumnya truk di Indonesia tahun 1970-an,kebanyakan menggunakan truk berbahan bakar bensin buatan Amerika yang dikenal boros (emoticon-Hammer (S)).Sementara Mercy hadir dengan mesin diesel dan bbm solar yang lebih irit emoticon-Big Grin



Tipe Yang Dipasarkan Di Indonesia


Seri truk yang masuk ke Indonesia waktu itu adalah seri L911,Mercedes Benz L911 (tipe mesinnya 1113/1313) dilengkapi mesin diesel 6 silinder direct injection OM352 N/A,dengan kapasitas mesin 5.700 cc.
Mampu menghasilkan tenaga maksimal 126 hp di 2800 rpm serta torsi maksimal 375 nm di 1500 rpm.Truk ini terkenal tangguh dan bandel pada masanya gan sist meski punya tenaga besar,tapi soal konsumsi bbm dia termasuk irit emoticon-Big Grin


Untuk seri L911 Mercedes-Benz memiliki beberapa varian antara lain,tipe L323 mampu mengangkut 7,5 ton dan tipe L327 mengangkut 14 ton.Ukuran yang lebih besar yaitu Mercy L332 dan L334 bisa mengangkut barang hingga 21 ton (emoticon-Belo)


Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis

Sumber


Keunggulan Si Bagong


Quote:1.Kapasitas Angkut Besar

Mercy Bagong yang beredar di Indonesia yaitu model 1113/1313 mempunyai kapasitas angkut mulai dari 7,5 ton hingga yang tertinggi 21 ton.Cukup besar juga ya gan sist daya angkutnya,mesin 5.700 cc mereka mampu menggendong sampai maksimal 21 ton bebannya (emoticon-Hammer (S)).


2.Mesin Tidak Cepat Overheat

Dengan kemampuan angkut yang super besar,mesin Bagong tidak mudah panas alias overheat gan sist.Ini jadi nilai plusnya,kenapa banyak pengusaha waktu itu memilih Si Bagong.Hal ini juga memberi keuntungan pada sopir,karena mereka lebih nyaman dalam perjalanan,sehingga tidak terlalu banyak istirahat.Selain itu waktu pengiriman barang bisa dipangkas,karena truk tidak terlalu sering berhenti untuk mendinginkan mesinnya.


3.Bahan Bakar Yang Irit

Kemunculan pertama mesin diesel dengan bbm memang fenomenal di Indonesia gan sist,karena ternyata mesinnya sendiri lebih irit daripada mesin dengan bbm bensin. Sukses menjadi primadona pengusaha kala itu.Waktu itu dengan motto iritnya,Mercy sukses menggeser pabrikan Amerika di Indonesia.Baik disegmen bus maupun angkutan barang emoticon-Big Grin


4.Chassis Kokoh Khas Mercy

Mercedes Benz dari dulu sampai sekarang memang istimewa gan sist,selain sukses memproduksi mesin yang tangguh,Mercy juga memiliki keunggulan di chasisnya (rangka).Mercedes-Benz merancang L Series dengan chasis yang lentur,hal ini bertujuan untuk meredam getaran saat di jalan,sehingga pengemudi merasa nyaman. Chasisnya tergolong awet dan kuat gan sist,meskipun sudah uzur masih mampu menggendong banyak muatan,selain itu rangka bodynya juga tidak mudah bengkok atau patah saat terjadi kecelakaan.(nikmat mana lagi yang kau dustakan ? emoticon-Big Grin emoticon-Hammer (S)).


5.Kelebihan Moncong Si Bagong

Moncong pada kepalanya bukanlah kekurangan,tapi justru sebuah kelebihan.Jangan coba mengejak moncongnya Si Bagong,peran moncong itu ternyata cukup penting pada masanya.Moncong tersebut akan mengurangi kemungkinan buruk menimpa sopir ketika terjadi kecelakaan,nah walaupun sering disebut pesek.Ternyata peseknya itu punya fungsi penting kan ? emoticon-Big Grin



Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis

Jika beruntung kalian masih bisa menjumpainya dijalan gan sist emoticon-Belo

Sumber



Mercy Bagong sekarang spesiesnya mulai langka gan sist,sudah jarang yang beroperasi lagi.Biasanya ditempat TS,truk ini masih eksis buat mangangkut tebu,beras bahkan pupuk.Kondisinya bisa dibilang mengenaskan ya,jarang yang masih terawat dengan bagus (emoticon-Berduka (S)).Terakhir ane lihat pas sebelum lebaran kemarin,jalan santuy dengan membawa muatan pupuk.Rasanya senang campur bangga,ternyata si mbah bagong masih bisa eksis walaupun cuma sebiji (emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak (S)).


FYI gan sist salah satu truk L911 yang masih mulus dulu pernah dipamerkan di Museum Nasional (Gajah),pada bulan Februari 2020 kemarin.Ada yang sempat mampir kesini dulu sebelum pandemi ?.Truk yang dipamerkan kala itu berwarna putih dan masih terlihat mulus,baik interior maupun eksteriornya.Minusnya cuma pada bagian antena atau sungut, yang berada di hidung truk.Biasanya sungut itu membantu pengemudi melewati jalan sempit atau digunakan untuk parkir.


Truk yang dipajang di Museum Nasional waktu itu merupakan unit layanan perbaikan milik salah satu dealer dan bengkel resmi Mercedes Benz,di Jakarta.Bersama truk itu juga dipajang bersama replika mobil pertama Mercedes Benz,yaitu Benz Patent-Motorwagen.Pameran waktu itu dibuat untuk mengenang perjalanan menuju 50 tahun kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia.


Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis

Unit Mercy Bagong yang dipamerkan bulan lalu di Museum Nasional emoticon-Big Grin

Sumber



Ketangguhannya memang tersohor dinegeri ini,tak jarang gan sist juga akan bertemu dengan bagong di ruas jalan nasional antar propinsi,menjadi bukti ketangguhan mesin truk tersebut sekaligus menempatkannya dalam deretan truk antik dan legendaris di Indonesia.


Usianya memang tak lagi muda,tapi Bagong masih sanggup mengangkut beban yang tak sedikit bahkan tetap percaya diri melaju diantara banyak truk generasi Jepang yang menguasai pasar Indonesia saat ini.


Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis

Bagong versi militer emoticon-army

Sumber



FYI nih gan sist,umumnya para sopir yang mengemudikan Bagong usianya tak lagi muda. Bagong biasanya berjalan dengan pelan dan santuy dijalan,pelan asal sampai tujuan.Itulah motto hidup Bagong sekarang,menjadikannya raja sekaligus dewa penyelamat pengusaha di Indonesia pada masanya.


Bagi gan sist yang punya pengalaman ketemu dan pernah dengar namanya atau bahkan belum pernah tahu soal cerita Si Bagong,jangan lupa tinggalkan komentar kalian dibawah ya.Bagi yang sudah berkomentar akan ane kasih cendol,bagi yang lagi bangun rumah akan ane kasih bata.Jangan jadi Silent Reader,budayakan komen ya gan sist.Enjoy kaskus ! emoticon-Angkat Beer


Bagong Sang Dewa Penyelamat




Sumber: opini dan pemikiran pribadi,pengalaman
Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google imagea
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
exclip dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 11:40
untuk updet ya emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Original Posted By crockoaches
Jarang bgt ane liat si bagong ini di jalan tanpa bawa muatan yg over
Selalu entah over atau kosong krn jalan pulang, tua2 keladi


Quote:Original Posted By devilianmochino
Ane sering bgt nih nemuin Mbah Bagong di Pasuruan, nanti klo ketemu tak fotoin dgn warna kepala merah itu adalah ciri khas'nya .. emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By blackf3ather
klo ngeliat ini di jalan kayak time travel emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By pannotia.server
Makanya ada yang bilang, mobil buatan eropa itu mengutamakan keselamatan pengemudinya... mobil buatan Jepang, mengutamakan keselamatan mesinnya.... mantan supir nih yang bilangemoticon-Big Grin



Bdw lanjut lagi, bahas truck Doyok...


Quote:Original Posted By jagotorpedo
kadang masi ketemu si bagong ini di jalan...

...dan selalu...kepalanya merah..!!
..gak pernah nemu yg warna lain..emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By kacung69
serem gan mukanya..


Quote:Original Posted By kuciank
Coba klo jalanan pengaspalan mulus dan bermutu dari dulu,
gak proyek gali lubang tutup lubang emoticon-Big Grin
Mungkin mottonya bukan Pelan dan sampai tujuan dengan selamat,
mungkin ane senang liat lambho dari atas truk berkeliaran dibawah saling aju sensasi, dan ane nonton liveemoticon-Big Grin
tapi dijerman emang dilarang kecepatan dibawah 100km/jam juga,
klo mobil jerman bukan truk dibawa kayak siput nangis insinyurnyaemoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By piaupiaupiau
masih ada beberapa di padalarang

bawa batu kapur muatan penuh sambil nurunin bukit

untung gak misah itu rangka sama bodi


Quote:Original Posted By pabloo
wah ada besi tua


Quote:Original Posted By pandawa5arjuna
ane sering liat nih versi bus gandeng wahhh macho dan keker deh hehe


Quote:Original Posted By alketam
Simbahnya axor/actros ini memang hebat dia masih bisa jalan diantara truk-truk mudaemoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By minhakim20
udah jarang nemu truk model bagong gini.. kalo nemu dijalanan pun pasti jalannya kek bekicot.. lama bgt wkwk mungkin gegara mesin tua kali yaa


Quote:Original Posted By apidazenko
Pernah ane naik truk ini sekali, bandung solo nonstop, tenaganya masih bagus emoticon-Matabelo
Diubah oleh si.matamalaikat
0 0
0
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 12:00
klo ngeliat ini di jalan kayak time travel emoticon-Big Grin
Diubah oleh blackf3ather
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 13:19
Makanya ada yang bilang, mobil buatan eropa itu mengutamakan keselamatan pengemudinya... mobil buatan Jepang, mengutamakan keselamatan mesinnya.... mantan supir nih yang bilangemoticon-Big Grin



Bdw lanjut lagi, bahas truck Doyok...
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 14:06
mersi lejen neeemoticon-Jempol
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 14:44
Jarang bgt ane liat si bagong ini di jalan tanpa bawa muatan yg over
Selalu entah over atau kosong krn jalan pulang, tua2 keladi
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 17:29
Ane sering bgt nih nemuin Mbah Bagong di Pasuruan, nanti klo ketemu tak fotoin dgn warna kepala merah itu adalah ciri khas'nya .. emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 18:04
Quote:Original Posted By srusuut
mersi lejen neeemoticon-Jempol


lejen pada masanya emoticon-Toast



Quote:Original Posted By crockoaches
Jarang bgt ane liat si bagong ini di jalan tanpa bawa muatan yg over
Selalu entah over atau kosong krn jalan pulang, tua2 keladi


betul gan,nafas tua tapi tenaganya muda emoticon-Big Grin




Quote:Original Posted By devilianmochino
Ane sering bgt nih nemuin Mbah Bagong di Pasuruan, nanti klo ketemu tak fotoin dgn warna kepala merah itu adalah ciri khas'nya .. emoticon-I Love Indonesia


mantap,menolak punah ya gan emoticon-2 Jempol


ditempat ane tinggal sebiji aja yang masih eksis emoticon-Ngakak
0 0
0
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 21:08
kadang masi ketemu si bagong ini di jalan...

...dan selalu...kepalanya merah..!!
..gak pernah nemu yg warna lain..emoticon-Big Grin
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 22:26
serem gan mukanya..
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 22:39
Coba klo jalanan pengaspalan mulus dan bermutu dari dulu,
gak proyek gali lubang tutup lubang emoticon-Big Grin
Mungkin mottonya bukan Pelan dan sampai tujuan dengan selamat,
mungkin ane senang liat lambho dari atas truk berkeliaran dibawah saling aju sensasi, dan ane nonton liveemoticon-Big Grin
tapi dijerman emang dilarang kecepatan dibawah 100km/jam juga,
klo mobil jerman bukan truk dibawa kayak siput nangis insinyurnyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 22:43
ane nunggu trit oplet body kayuemoticon-Recommended Seller
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
27-05-2020 23:08
masih ada beberapa di padalarang

bawa batu kapur muatan penuh sambil nurunin bukit

untung gak misah itu rangka sama bodi
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
28-05-2020 05:12
wah ada besi tua
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
28-05-2020 06:00
ane sering liat nih versi bus gandeng wahhh macho dan keker deh hehe
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
28-05-2020 07:28
Quote:Original Posted By jagotorpedo
kadang masi ketemu si bagong ini di jalan...

...dan selalu...kepalanya merah..!!
..gak pernah nemu yg warna lain..emoticon-Big Grin


merah jadi ciri khasnya gan,melambangkan keberanian emoticon-Big Grin




Quote:Original Posted By kacung69
serem gan mukanya..


dulu ditakutin anak kecil gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By kuciank
Coba klo jalanan pengaspalan mulus dan bermutu dari dulu,
gak proyek gali lubang tutup lubang emoticon-Big Grin
Mungkin mottonya bukan Pelan dan sampai tujuan dengan selamat,
mungkin ane senang liat lambho dari atas truk berkeliaran dibawah saling aju sensasi, dan ane nonton liveemoticon-Big Grin
tapi dijerman emang dilarang kecepatan dibawah 100km/jam juga,
klo mobil jerman bukan truk dibawa kayak siput nangis insinyurnyaemoticon-Leh Uga


jalan emang faktor penting gan,sedih lihat jalan disini.sering banget rusaknya, emoticon-Hammer (S)



Quote:Original Posted By servesiwi
ane nunggu trit oplet body kayuemoticon-Recommended Seller


jadi ingat si doel nih emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By piaupiaupiau
masih ada beberapa di padalarang

bawa batu kapur muatan penuh sambil nurunin bukit

untung gak misah itu rangka sama bodi


wahh jago juga ya gan,masih sanggup nurunin bukit emoticon-Belo



Quote:Original Posted By pabloo
wah ada besi tua


tua-tua keladi gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By pandawa5arjuna
ane sering liat nih versi bus gandeng wahhh macho dan keker deh hehe


dimana itu gan ?
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
28-05-2020 10:17
Wah mantap nih nice info mau belajar bawa truk
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
28-05-2020 20:39
jujur dah ini jaman ane bocah menurut ane tampang ini truk serem
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
29-05-2020 15:35
eits.... barusan liat si bagong lewat pantura...emoticon-Big Grin
kepalanya masi merah..emoticon-Big Grin

...yg gw heran (sekaligus kagum).. suara mesinnya masi halus...
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
29-05-2020 16:25
ini kalo dibandingkan dengan ford thames trader tuaan mana Gan?
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Nafas Tua Si Bagong,Truk Legendaris Yang Mencoba Tetap Eksis
29-05-2020 21:15
lucu yaa namanya si bagong itu hahha
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia