Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
56
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecd5901b840881d3719b7b4/lima-hidangan-istimewa-pendamping-ketupat-kamu-pilih-mana
sumber Makan Besar, Saat Menu Istimewa Ini Tersaji Di Meja Makan Sudah menjadi budaya dan tradisi di Indonesia, bahwa hari raya idul fitri berati mudik dan berkumpul dengan keluarga. Acara ini sering disebut dengan lebaran. Lebaran itu sendiri artinya lebar_setelahnya atau sesudahnya. Maksudnya setelah menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan. Hidangan khas lebaran ini adalah ketupat. Untuk menikma
Lapor Hansip
27-05-2020 00:59

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?

icon-verified-thread
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Makan Besar, Saat Menu Istimewa Ini Tersaji Di Meja Makan

Sudah menjadi budaya dan tradisi di Indonesia, bahwa hari raya idul fitri berati mudik dan berkumpul dengan keluarga. Acara ini sering disebut dengan lebaran. Lebaran itu sendiri artinya lebar_setelahnya atau sesudahnya. Maksudnya setelah menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan.

Hidangan khas lebaran ini adalah ketupat. Untuk menikmati ketupat, biasanya ada menu pendamping. Menu ini terbilang istimewa, karena dikhususkan buat lebaran. Meskipun menu-menu ini bisa ditemui di saat yang lain, tetapi rasanya akan terasa lebih istimewa saat lebaran. Menu-menu itu adalah sebagai berikut:

1. Opor Ayam

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Makanan ini sudah populer hampir di seluruh Indonesia. Opor adalah sejenis kari dengan kuah santan kental yang gurih.

2. Semur

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Tidak kalah populer dengan Opor, semur hidangan berwarna coklat pekt yang berasal dari kecap manis, cengkih, pala serta bawang, berisi daging atau ayam rebus.

Sebenarnya dalam keseharian pun semur seringkali dijumpai sebagai manu utama dalam nasi uduk. Hanya saja isinya lebih sederhana, yaitu kentang, tahu, jengkol atau tempe.

3. Rendang

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Rendang berasal dari daerah Minangkabau, tetapi bisa dijumpai di daerah-daerah lain. Teknik dan cara memasaknya pun beragam tergantung daerahnya.

Umumnya rendang di masakan dengan Aneka rempah-rempah dan santan menggunakan api kecil dalam waktu yang lama. Hingga hanya menyisakan daging dan dedaknya saja yang berwarna hitam pekat.

Perlu digaris bawahi jika rendang daging asli padang cara memasaknya ada aturannya sendiri. Satu kg daging dipotong menjadi 20 bagian, kemudian di masak dengan santan dari lima butir kelapa. Inilah yang membuat rendang asli padang berbeda dengan rendang daerah lainnya.

4. Rica-Rica

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Bagi penggemar masakan Manado atau Sulawesi Utara pasti tak asing dengan jenis makanan yang satu ini.

Rasa pedas menjadi ciri khas masakan ini. Bukan rica namanya kalau gak pedas.
Akan tetapi macam-macam rica untuk saat ini ada banyak, setelah mengalami adaptasi daerah dan kokinya.

Isi atau bahan utama Rica ini pun bervariasi. Bisa ayam, bebek, ikan, kelinci dll.
Karena rasanya pedas, rica-rica banyak menggunakan cabe. Mau coba membuatnya?

5. Gulai

Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?


Hidangan istimewa yang kelima adalah Gulai. Ciri khas masakan ini adalah warna kuning kuahnya, karena pengaruh kunyit sebagai bumbunya. Ada juga yang bilang jika gulai ini adalah bentuk lain dari kari.

Isi atau bahan utama dari gulai bisa bermacam-macam, baik daging, ayam, ikan ataupun sayuran. Misalnya saja daun singkong, sayuran ini terasa nikmat juga loh saat dibuat menjadi gulai.

Opini Pribadi dari sumber referensi penelusuran mesin Google










Diubah oleh husnamutia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
27-05-2020 01:00
pejewan
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
27-05-2020 01:00
hemmm apa pun makanannya, ngumpul bersama keluarga, nikmatnya sungguh terasa
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
27-05-2020 01:02
tahun ini hanya keluarga kecil yang kumpul, semoga tahun depan bisa berkumpul bersama seluruh keluarga besar
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
27-05-2020 18:29
kalo aku kare ayam atau sayur lodeh mbk 😅
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
27-05-2020 19:40
Quote:Original Posted By husnamutia
penggemar lodeh, ya?


Hehe ... iya mbak
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
28-05-2020 19:48
pake opor terus sambel krecekkkk duhhhhh nyammm
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
29-05-2020 06:07
opor ayam wajib ada
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
29-05-2020 22:44
opor ayam.. pake lodeh gori.. sama sambel goreng krecek. sedeppp
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
29-05-2020 23:07
Rendang, Semur, Sambal Krecek emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
30-05-2020 06:15
Pilih opor ayam, dong
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
30-05-2020 07:40
opor ayam sih biasanya+daging rendangnya buat pendamping makan ketupat selalu jadi menu hidangan andalan pas lebaran tiba emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
30-05-2020 08:21
suka semua kecuali semur
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
30-05-2020 08:59
@matahari728 ditambah makannya rame rame sekeluarga, nikmat bener tuh
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
30-05-2020 09:00
@lintangayudy tidak suka yang rasa manis ya?
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan lintangayudy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
30-05-2020 11:03
Di rumah kemarin bikin opor sama gulai, mantap 🤭
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
30-05-2020 14:55
Opor + Ketupat + Sambal Goreng + Kerupuk Udang = Sempurna emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
30-05-2020 22:16
apapun makanan nya kalau makan sama keluarga rasanya pasti enak
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
31-05-2020 04:58
@luvcuku berul sis, kebersamaan bersama keluarga, memang tiada tergantikan
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
31-05-2020 23:04
semuanye ane sikat gann wkwk
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?
01-06-2020 00:28
@aquarian95 sehat berati, gak ada yang terganggu, nikmati saja semuanya, yang penting halal
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia