Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
683
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eccf37bdbf7646a175763e5/nikah-muda-jadi-alasan-gagalnya-rumah-tangga
Asslamualaikum wr. wb. Termakasih sebelumnya agan sista sudah berkenan mampir di trhead saya kali. gambar Ngomongin soal pernikahan !! Meskipun ada beberapa orang yang memilih untuk hidup sendiri, akan tetapi sebagai manusia yang fitrahnya hidup berpasang-pasangan, tentu hal ini menjadi dasar bagi setiap pria/wanita untuk melakukan pernikahan. Bukan hanya sepasang anak muda, bahkan yang sudah berk
Lapor Hansip
26-05-2020 17:46

Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?

icon-verified-thread
Asslamualaikum wr. wb.
Termakasih sebelumnya agan sista sudah berkenan mampir di trhead saya kali.

Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?


Ngomongin soal pernikahan !!
Meskipun ada beberapa orang yang memilih untuk hidup sendiri, akan tetapi sebagai manusia yang fitrahnya hidup berpasang-pasangan, tentu hal ini menjadi dasar bagi setiap pria/wanita untuk melakukan pernikahan.
Bukan hanya sepasang anak muda, bahkan yang sudah berkeluargapun juga banyak yang menginginkan menikah lagi dengan berbagai alasan mereka.

Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?

Pernikahan menjadi hal yang sakral untuk sepasang pria dan wanita, karena pernikahan adalah awal dari berlangsungnya hidup berumah tangga. Untuk kelanggengan sebuah rumah tangga banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dibutuhkan oleh sepasang kekasih sebelum memutuskan untuk menikah dan membina rumah tangga. Karena tak jarang sepasang suami istri yang gagal dalam membina rumah tangga dan memutuskan untuk bercerai meskipun usianya di anggap sudah sangat mumpuni untuk menikah. Apa lagi jika sepasang pemuda yang berani mengambil keputusan untuk menikah hanya karena sudah merasa nyaman dan cocok, tentu akan lebih rentan gagal rumah tangganya.

Pernikahan bukan hanya persoalan nyaman, sepemikiran, kasih sayang dan cinta. Namun pernikahan cenderung mengenai tanggung jawab, saling memahami, menerima, menenangkan, melengkapi kekurangan pasangan suami/istri.

Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?

Banyak hal yang menjadi alasan gagalnya berumah tangga. Datang dari berbagai sudut pandang "nikah muda" menjadi salah satu alasan tidak langgengnya sebuah rumah tangga. Pada usia yang masih muda dinialai kurang dewasa dalam menyikapi segala permasalahan keluarga sehingga memicu terjadinya perceraian dengan beralasan "ketidak cocokan". Ada juga yang beranggapan "nikah muda" hanya sebagai alasan ( media) agar bisa terpenuhi semua hasrat sepasang pemuda tanpa harus melanggar aturan. Sehigga setelah terpenuhi semua hasratnya dan merasakan bosan akan memutuskan untuk berpisah.

Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?


Ada juga alasan yang mengatakan nikah muda lebih cenderung berujung perceraian. Karena usianya yang masih muda dirasa kurang bisa membawa diri sebagai suami/istri yang setia, dengan kata lain, lebih mudah tergoda oleh pria/wanita lain disebabkan oleh ego-nya yang masih labil dan kurang bijaksana dalam mengambil keputusan sehingga menimbulkan persoalan yang berujung perceraian.

Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?

Akan tetapi banyak juga pasangan pria dan wanita yang masih berusia muda namun mempunyai kedewasaan diri juga komitmen yang cukup mantap untuk mengambil keputusan "nikah muda". Seperti apa yang terlihat sekarang ini, banyak pasangan suami istri yang dulunya "nikah muda" juga masih utuh keluarganya sampai saat ini meski sudah berpuluh-puluh tahun membina keluarga yang bahagia bersama anak-anaknya.

Dengan bergagai fakta "nikah muda" yang terlihat di kehidupan ini, sudah tepatkah "nikah muda" di jadikan sebagai alasan gagalnya jalinan rumah tangga?

Agar menjadi pembahasan yang menarik, agan/sista bisa mengoreksi mana yang kurang berkenan atau jika ada yang perlu ditambahkan saha harapkan berkenan memberikan komentarnya, dan pasti akan sangat bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.

Baca juga kuntilanak merah

bgssusanto88
Diubah oleh Bgssusanto88
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 18:27
Enaknya nikah mudaaa tuh punya anak masih mudaa ajaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 18:30
Iya, bener... yuk, sist? emoticon-Malu
Diubah oleh Jangan.maling
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 18:38
Mau berumah tangga itu banyak yang harus dipikirkan gak sekedar ngomong cinta belaka.
Ada dua poin penting yang harus diperhatikan sebelum menikah!

Pertama karakter pasangan
Poin pertama ialah menilai dari karakter, bagaimana cara dia menyelesaikan masalah, bagaimana cara dia mengambil keputusan and other.
Sebagaimana kita ketahui usia muda itu usia yang labil dan emosi pun sering kali gak terkontrol.

Yang kedua ekonomi
Setelah menikah tentunya harus tahu bagaimana kehidupan setelah menikah, kalau masih menetap di rumah orang tua its ok asal bisa memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri, tapi kalau sekiranya masih belum mampu memenuhi kebutuhan hidup keluarga sendiri ya gw gak recommend.
Secara logika anak muda itu kondisi ekonomi nya pasti belum cukup(ekonomi pribadi bukan ekonomi orang tua) nah tentu nikah muda itu tidak disarankan.

Tapi kedua poin tersebut bukan jaminan juga pernikahan langgeng.
Ada yang nikah muda langgeng ada juga yang tidak langgeng, yang nikah di usia matang pun sama.
Intinya nih nikah harus ada kesiapan yang matang!

====

Gw sering lihat tuh banyak orang nabung buat nikah katanya ... Tapi duit tabungannya bukan untuk kehidupan setelah menikah nanti tapi malah buat ngerayain resepsi pernikahan agar terlihat wah, setelah menikah zonk ...

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 18:43
Nah, mereka menerapkan pola hidup sederhana setelah nikah. emoticon-Hammer2
Diubah oleh Jangan.maling
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 18:52
Ane gak bakalan nikah muda sistemoticon-Malu


Nyari uang dan ilmu dulu sebanyak-banyaknyaaa...............................................................................................emoticon-Ngacir
Diubah oleh anakjahanam721
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamujahat.21. dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 74 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 19:04
harus mengerti satu sama lain, gk boleh adu ego.emoticon-Mewek
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 19:25
mau komen panjang tapi males
tapi yg jelas nikah itu butuh kesiapan.. entah itu fisik, materi, mental, dan kematangan emosi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 19 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 19:38
nikah enak enak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 19:41
jadi mikir mikir lagi :v
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 17 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 20:05
cuma ada 2 faktor rumah tangga tidak bisa langgeng, ekonomi dan urusan ranjang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 20:22
sblm nikah mah bnyk yg harus dipikirin, bukan cuma ena ena atau mantap2 doang wkwkkw

yg pertama buat ane, kesiapan mental. ketemu pasangan 24/7, baik buruknya ketauan dah itu. siap gak? blm nanti pny anak, bs sering brantem krn gbs ngurus anak atau apalah

yg kedua, tentu saja ekonomi. terutama buat cowok. tega bener, nikahin anak org, gbs kasi makan. mending gausa nikah dulu tu anak cewek, biar ortunya yg biayain idupnya. blm ntar pny anak, biaya makin bengkak

yang ketiga, kesiapan dan pengenalan. kdg pacaran tu, sifat aslinya gak ketauan. atau mau yg simple, pas cowok2 pdkt, liat cwenya baik, alim, kalem, eh pas pcrn barbar, kasar, kang ngatur dll. ya klo pas pcrn, baek, sabar, dll, pas nikah emosian, barbar dll, gmn? cerein? gak semudah itu fergusooo

nikah muda, klo dh siap a-z silahkan deh. tp klo gak, mending kejer mimpi dan cita2, bahagiain ortu dulu, dan hal positif lain

ini hanya opini, ane sendiri blm nikah, jd bahasanya blepotan wkwkkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
g3nk_24 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 20:28
Memahami karakter masing' & menekan ego mungkin akan sulit di usia muda karena memang masanya serta minim pengalaman, butuh pemikiran yang dewasa ketika menghadapi sebuah masalah tanpa ego
profile-picture
profile-picture
profile-picture
g3nk_24 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 20:36
Aku wktu smp diajak main sama kaka kelas, sebulan kmudian kami nikah. Apakah yang terjadi sebelum kami nikah?
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Bgssusanto88 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 205 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 20:51
Nikah muda bagi anak cewek yang baru lulus SMP/SMA enggak mau lanjut kerja/pendidikan enggak apa2 gan, boleh sah wajar2 aja. untuk saya loh emoticon-Malu emoticon-Ngakak
Diubah oleh monkeydfarly
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Bgssusanto88 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 21:42
bukan masalah usia Muda atau bukan. Tapi keDewasaan dalam membina rumah tangga. Ane sendiri alami, hampir aja bubar. tapi mikir ulang. batal deh bubaran nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
g3nk_24 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 21:44
Intinya sih balik lagi ke pribadi masing2 sih, kadang umur gak nentuin juga, yang penting udah cukup umur aja sesuai hukum yang berlaku
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Bgssusanto88 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 39 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 21:45
tergantung sama personal nya masing masing sih...

waktu nikah... umur gw baru 22... istri gw 17... pacaran cuma 1 1/2 tahun. nikah tahun 2009. alhamdulillah sampai sekarang adem ayem bin langgeng. yg penting ngga egois.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 22:23
nikah yukkk gan🤣🤣🤣
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 143 balasan
Memuat data ..
Nikah Muda, Jadi Alasan Gagalnya Rumah Tangga ?
26-05-2020 22:23
Boro2 mau nikah, yg mau nikahin aja kagak tau kemana ngumpet kali di empang🤣🤣🤣
Diubah oleh maulidyayundak
profile-picture
Bgssusanto88 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 17 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
cerpen-horor-hangit
Stories from the Heart
indigo-bukan
Stories from the Heart
chubby-bunny
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
dendam-arwah-dari-masa-lalu
Stories from the Heart
Stories from the Heart
kenangan-mentaya
B-Log Collections
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia