Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
174
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecbd508337f93278645a49a/kenapa-lambung-kapal-dicat-merah
Siapa yang pernah melihat kapal-kapal yang sedang berlayar? Apakah kamu pernah memperhatikan cat kapal yang berada di lambung kapal. Nah coba deh kamu perhatikan pasti rata-rata kapal-kapal itu identik dengan cat warna merah.
Lapor Hansip
25-05-2020 21:24

Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Siapa yang pernah melihat kapal-kapal yang sedang berlayar? Apakah kamu pernah memperhatikan cat kapal yang berada di lambung kapal. Nah coba deh kamu perhatikan pasti rata-rata kapal-kapal itu identik dengan cat warna merah.

Mau tahu ga sejarahnya? Setidaknya untuk pengetahuan agan kalau ada yang nanya, ya ga tulalit jawabnya. Lumayankan nambah ilmu sedikit, yuklah kita kulik ini sejarahnya.

Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Dahulu kapal-kapal yang terbuat dari kayu umurnya tidak kuat, cepat lapuk di bagian lambung kapal karena terkena air dan juga hewan-hewan laut. Tentu saja kerusakan pada lambung kapal sering terjadi dan harus diperbaiki agar kapal bisa berlayar lebih lama.

Kemudian kapal pun berganti bahan dengan besi, disinilah kapal mulai rentan dengan karat dan korosi maka kapal harus dilapisi dengan cat anti korosi yang fungsinya mencegah karat pada kapal.

Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Cat korosi itu biasanya adalah tembaga, yang warna dasarnya adalah warna merah. Warna dasar dari cat untuk anti korosi yang ada di bagian lambung kapal berupa campuran biosida. Campuran biosida ini fungsinya untuk mencegah hewan laut menempel di lambung kapal, seperti cacing laut, teritip dan sebagainya.

Zat kimia biosida ini diperlukan agar lambung kapal tidak dirusak oleh hewan laut yang suka membuat rusak kapal, seperti lubang kecil hingga air laut pun masuk ke dalam rongga lambung kapal.

Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Karena zat biosida berwarna merah juga, maka cat warna merah menjadi identik pada lambung kapal. Jadi warna merah itu bukan iseng apalagi ngasal ya gan tapi ada fungsinya, karena cat tembaga dan juga biosida memang berwarna merah.

Selain itu warna merah juga menjadi pemandu kru kapal untuk mengukur berat beban kapal dari muatan yang dibawa kalau over kapasitas bisa dipastikan kapal akan tenggelam dan ini berbahaya.



Maka tak jarang ada coretan angka-angka di sisi lambung kapal, untuk mengetahui beban maksimal kapal agar bisa tetap stabil berlayar. Walau saat ini zat kimia biosida dan juga cat tembaga sudah bisa dicampurkan dengan warna lain selain merah, tapi nampaknya warna merah tetap melekat di lambung kapal hingga saat ini. Mungkin sudah tradisi bagi para kru pembuat kapal, bahwa lambung kapal itu cocok dengan warna merah.


Sumber 1




profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 103 lainnya memberi reputasi
102
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
25-05-2020 21:35
NAIS INPOH..
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dukuncaboel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
25-05-2020 21:52
Kalau ijo tar dikiran cendol kaskus
Cat meni untuk logam biasanya merah, kalau dilapis warna lain juga rugi, ga ada yg liat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mendew dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
25-05-2020 21:54
Ini baru informasi

nice bree
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dukuncaboel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
25-05-2020 21:57

Perasaan ane doang, atw emang kapal pesiar ga diwarnain merah ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
windatari dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
25-05-2020 22:10
Nice info..
Added knowledge emoticon-Cool
emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zukii.vixii dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
25-05-2020 22:37
trit faedah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaykay22 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
25-05-2020 23:48
Cat merah buat nandain kedalaman air, sama supaya mudah dilihat dasar kapalnya ketika berada di air laut yg sedang keruh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zukii.vixii dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 00:05
kalau di cat abu2 ntar dikira ikan paus ada punuknya kayak di gurun emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zukii.vixii dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 02:45
baru tahu ane, bukan tanpa alasan dibuat ya kek gt ya
profile-picture
profile-picture
dukuncaboel dan .r4hma. memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 05:30
Memiliki maksud tersendiri gan, sehingga bisa menjadikan kapal bisa awet dan mantul. Tentu saja bisa dikondisikan agar tetap bisa berjalan lancar dan bisa menjadikan manfaat untuk kapal.
profile-picture
profile-picture
dukuncaboel dan .r4hma. memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 07:36
bagus gan!
profile-picture
profile-picture
dukuncaboel dan .r4hma. memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 07:56
Sip, ane paham om emoticon-thumbsup
Thread bagus btw
profile-picture
profile-picture
dukuncaboel dan .r4hma. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 09:33
Ane malah penasaran sama kapal kayu. Kenapa kok tidak merembes airnya. Padahal cuma dari susunan kayu, pasti ada rongganya emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
.r4hma. dan dukuncaboel memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 09:38
Selama ini tidak terlalu memperhatikan, karna setiap naik kapal lambung kapalnya gak kelihatan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 10:38
Nice thread gan
profile-picture
profile-picture
.r4hma. dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 11:34
cat merah yaaemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
.r4hma. dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 12:07
pelajaran ane waktu di pelayaran 13 tahun yg lalu
profile-picture
profile-picture
.r4hma. dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 12:08
bru tahu gw
profile-picture
.r4hma. memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 13:42
terimakasih gan
profile-picture
.r4hma. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 21:28
keren sih, semuanya pasti ada alasannya dan udah dipikirin sama si perancang kapal hehehe emoticon-2 Jempol
profile-picture
.r4hma. memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia