Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecb206c26377232b903433d/tenaga-medis-atau-nakes-indonesia-terserah-adalah-oknum
Ramainya seruan sosial media dara para akun yang mengaku tenaga medis atau tenaga kesehatan, masih menuai pro kontra hingga saat ini. Tenaga medis memang merupakan garda terdepan dalam permasalahan kesehatan dunia. Ditengah pandemi virus corona covid-19 saat ini, peran tenaga medis menjadi andalan banyak orang. Bila bekerja sebagai tenaga medis, tentunya sudah melalui berbagai tahapan pendidikan.
Lapor Hansip
25-05-2020 08:33

Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum

icon-verified-thread
Ramainya seruan sosial media dara para akun yang mengaku tenaga medis atau tenaga kesehatan, masih menuai pro kontra hingga saat ini.

Quote:Tenaga medis memang merupakan garda terdepan dalam permasalahan kesehatan dunia. Ditengah pandemi virus corona covid-19saat ini, peran tenaga medis menjadi andalan banyak orang.

Bila bekerja sebagai tenaga medis, tentunya sudah melalui berbagai tahapan pendidikan. Selama tahapan pendidikan, moral, mental dan keahlian dibentuk. Hingga keluar yang namanya sertifikat, ijasah, ijin kerja atau praktek dan hal lain terkait itu. Dan semua resiko pekerjaan yang akan ditempuh selama menjalani pekerjaan, tentu saja sudah diberi tahu. Singkatnya, bila berani mengambil keputusan sebagai tenaga medis, maka harus siap dengan keahlian, mental, moral dan segala resiko pekerjaan yang sangatlah berat. Tidak bisa menjalankan sumpah yang disetujui saat memutuskan menjadi tenaga medis, itu harus ada tanggung jawabnya. Baik di dunia ini, maupun di hari kemudian.

Pandemi corona yang melanda saat ini, yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir, tentu saja membuat tenaga medis kalang kabut. Dalam kekalutan saat ini, ada beberapa oknum yang bermain guna menambah kerisauan masyarakat. Tak sedikit ada saja tenaga kesehatan yang nakal dan menjadi oknum. Ini yang mesti dibersihkan oleh organisasi yang membawahi profesi tenaga kesehatan.

Di awal pandemi corona diumumkan juga melanda negeri kita, kekalutan para tenaga medis terjadi. Memang jika kita lihat berbagai berita, berbagai tenaga medis kekurangan alat pelindung diri. Dalam menjalankan tugas, standar operasional prosedur, disaat wabah melanda, banyak tenaga medis hanya menggunakan perlengkapan APD ( alat pelindung diri ) seadanya.

Akibatnya, banyak tenaga medis yang terpapar dan gugur dalam menjalankan tugas. Mereka yang terpapar dan gugur ini, merupakan pahlawan dalam mengatasi masalah kesehatan. Mereka yang ikhlas bertugas dengan segala resikonya, layak kita sebut juga sebagai pahlawan tanpa tanda jasa seperti halnya profesi tenaga pendidik. Walaupun ada sertifikat yang mengapresiasi tugas dan tanggung jawabnya, namun resiko berat yang dapat hinggap, rasanya memang tak sebanding.

Ditengah perjuangan para pahlawan kesehatan ini, mungkin ada saja oknum nakal yang bermain. Keluhan kekurangan APD contohnya: ditimpakan kepada pemerintah. Ada lho, oknum tenaga medis yang kerjanya cuma menyalahkan sana sini di sosial media. Padahal, bila sang oknum mau berkaca pada diri sendiri, dia juga salah beberapa hal. Termasuk dalam perkiraan dan rencana antisipasi.

Kekurangan alat perlindungan diri, tentu saja tidak dapat dilimpahkan kepada pemerintahan semata. Jika kita melihat di berbagai penjuru dunia, hampir semua pemerintahan bisa dikatakan kelabakan menghadapi pandemi ini. Jika oknum tenaga medis hanya menyalahkan pihak lain, kenapa mereka tidak berani menyalahkan diri sendiri, atas ketidak siapannya.

Sebagai contoh, keluarga kami, pernah ada yang sakit hingga meninggal dirumah sakit. Untuk mengurus jenazah, kami harus menebus biaya yang cukup besar dan membuat keluarga kalang kabut. Hutang sana sini setelah dana patungan tak mencukupi tidak dapat dihindari. Siapa yang salah dalam hal ini?...

Apakah negara, rumah sakit , tenaga medis dan lainnya..?..

Dalam hal ini, tentu pihak lain tidak bisa disalahkan, yang salah adalah saya, karena keluarga kami tidak memiliki kemapanan secara finansial. Itu saja yang saya benamkan dalam pikiran, dari sejak kejadian 2010 lalu sampai dengan saat ini.

Kekurangan APD, ketiadaan obat dan vaksin hingga saat ini, tentu saja tidaklah etis menyalahkan pihak lain. Keberanian menyalahkan diri sendiri dan mencari solusinya, adalah langkah yang pantas ditempuh. Apalagi bila sudah dengan penuh kesadaran mengambil resiko menjalankan tugas. Sebagai masyarakat saya tentunya berharap, keluhan keluhan dari tenaga medis, tak perlu terlalu diumbar. Apalagi hingga bergema di sosial media dan menuai pro kontra. Sampai sampai ada aksi saling sindir lintas profesi. Ini sangat disayangkan.

Padahal, seharusnya kita saat ini, saling melengkapi dan menunjang. Sesuai dengan bidang profesi dan kemampuan kita masing masing tentunya. Aksi saling menyalahkan dan saling sindir lintas profesi tentu saja merupakan hal yang buruk. Mari kita sadari, kita seharusnya saling menghargai. Bukan sebaliknya.

Oknum nakes yang kerjanya cuma menyalahkan masyarakat yang berkerumun dengan berkoar di sosial media, itu cuma memperkeruh suasana. Masyarakat yang berkerumun juga mesti sadar dan selalu berupaya menjaga diri, agar tidak menambah beban tenaga medis yang saat ini sedang kelimpungan. Jika kita bersama mau sadar, maka jalan perjuangan mengatasi masalah kesehatan ini, akan sampai pada solusi terbaik.

Namun jika hanya saling menyalahkan saja, dengan alasan masing masing yang menjadi pembenaran, maka kekacauan sudah didepan mata kita.

Sebagai tenaga medis, bila masih menggaungkan kata Indonesia Terserah dan selalu mengeluh dalam berbagai media. Maka ia layak menyandang gelar sebagai oknum tenaga medis. Apalagi, yang sekarang numpang tenar ditengah masalah kesehatan yang bikin kita semua kelabakan. Dengan modal ijasah sebagai tenaga medis, mengeluh membabi buta, hanya menyalahkan pihak lain, lalu menjadi artis sosial media, rasanya itu bukanlah tujuan tenaga medis yang sesungguhnya.

Bila ada nakes atau tenaga medis yang berprilaku seperti itu, sebagai masyarakat, kita harus ingat dia adalah oknum. Oknum yang mengambil keuntungan ditengah kesulitan, yang dihadapi kita semua saat ini. Oknum inilah, yang membuat para tenaga medis sejati, bisa kehilangan martabat dan simpati masyarakat .

Padahal, masih banyak tenaga medis yang berjuang ikhlas menjalankan tugas di berbagai pelosok negeri. Contohnya, di daerah, mungkin masih banyak mantri sebagai tenaga kesehatan masyarakat, rela ditukar dengan singkong untuk dijadikan sebagai upah tugasnya oleh masyarakat.

Sang mantri tidak memandang apa materi yang didapat selama menjalankan kewajiban. Sang mantri hanya berupaya sebaik mungkin menjalankan tugas serta menunaikan sumpah pekerjaan dan kewajiban yang dijalaninya. Mereka inilah sejatinya sang pahlawan dalam dunia kesehatan.

Dan untuk oknum tenaga medis, sebaiknya segera sadar. Organisasi yang membawahi bidang kesehatan juga mesti mulai bersih bersih. Untuk membersihkan oknum tenaga medis yang merusak nama baik dan mulia petugas bidang kesehatan.

Pemerintah dan lembaga berwenang yang terkait, dengan bidang kesehatan, sebaiknya mencabut kewenangan oknum nakes dibidang medis. Jangan sampai masyarakat menjadi korban oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dan sebagai masyarakat biasa, mari kita sadari, agar kita juga jangan sampai menjadi oknum pula. Apalagi menjadi sampah bagi masyarakat. Mari sama sama kita berkaca. Pihak lain tidak layak untuk kita salahkan, atas segala sesuatu yang buruk menimpa kita. Yang salah adalah kita sendiri, karena tidak mampu melakukan langkah pencegahan dan tindakan antisipasi serta solusinya.

Mari, kita upayakan perbaiki diri kita masing masing, segala hal yang terjadi diluar kemampuan kita, bila semua upaya yang kita lakukan sudah di batas maksimal daya kita. Kita pasrahkan saja kepada Yang Maha Kuasa. Yang Maha mengatur segala urusan...
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum

Diubah oleh arbib
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 08:35
Kolom update tambahan
profile-picture
fitsahats. memberi reputasi
1 0
1
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 08:40
Menyambut era New Normal

Bukan berarti abai dan tidak mengikuti anjuran kesehatan yang ada.

Hanya saja, berbagai pembatasan yang justru menimbulkan berbagai masalah kesehatan baru, dalam berbagai bidang harus segera di minimalisir. Sebisa dan sebaik mungkin semoga kita temukan solusinya bersama sama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terserahsaja659 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 08:42
Jejak dulu


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zhendong.Wanmei dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 08:50
Oknum nakes = Naked
Tenaga Kesehatan Disease
0 0
0
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 08:55
Menurut Ane, sebagian nakes yang menyerukan tagar itu bukan oknum, tetapi mereka menggunakan hak nya untuk menyuarakan pendapat/aspirasi mereka kepada kita masyarakat yang udah dihimbau buat ikuti protokol kesehatan namun masih ngeyel.
Memangnya nakes yang koar2 itu resign setelah menyerukan tagar tersebut? Ane rasa gak. Mereka tetap jalanin tugas mereka di RS, tetap setia sama sumpah profesi mereka, dan gak demo kayak di tetangga sebelah sampe dipecat.
Mereka butuh diapresiasi dan dihargai kerja kerasnya secara nyata dengan tindakan kita yang sadar sepenuhnya buat mengikuti protokol kesehatan demi mengurangi penyebaran virus, bukan cuma dengan view, like, comment, share, atau subscribe habis itu udah, bye, dan ngeyel lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boyszfaith dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 09:14
terserahh selamat tinggal wkwk
profile-picture
Zhendong.Wanmei memberi reputasi
1 0
1
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 09:58
Kalau menurut opini ane itu bukanlah mengeluh atau menyerah.. Itu keresahan tim medis sebagai bagian dari rakyat juga, tim medis juga manusia... Mereka mewakili masyarakat medis mengungkapkan keresahannya terhadap kebijakan kebijakan yg tidak konsisten dan warga ngeyel, dapat berpotensi penularan Corona yg jauh lebih besar lagi... Sementara jumlah fasilitas medis( RS dll) dan tenaga medis terbatas...

Bayangkan saja jika yg terpapar positif di indonesia tembus jutaan atau puluhan juta orang, mau di rawat dimana? fasilitas dan tenaga medis jelas gak akan mampu melayani itu...

Jadi wajar jika tim medis sebagai bagian dari rakyat Indonesia mengungkapkan suara keresahan mereka... Bukan kah mengemukakan suara atau pendapat adalah hak rakyat yg diatur undang undang

Dan tudak akan ada hidup dan perekonomian yg bisa normal sebelum ada vaksin yg tepat..
Diubah oleh Maxxx100
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 10:05
emoticon-Wow emoticon-Wow
profile-picture
Zhendong.Wanmei memberi reputasi
1 0
1
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 10:19
Bayangin ente ngeyel, ga mengindahkan physical distancing cuma demi baju lebaran sama kue lebaran (kalo cari nafkah ga masuk itungan ya), terus kena covid 19,terus perawatnya udah bilang terserah

Ente ga kerawat, akhirnya mati, tapi seengganya matinya ga penasaran karena udah beli baju lebaran
Toh dimakaminnya juga cuma pake kain kafan sama plastik


Udahlah jangan bilang oknum atau apa perawat juga manusia, saat ini paling ampuh obat covid 19 cuma physical distancing, lebih baik mencegah daripada mengobati
Udah diperingati berkali kali


Wis dikandani ngeyel yo wis, sakarepmu,
Tos dibere nyaho ge kitu, sok weh kumaha sia
See, i told you, its up to you know
profile-picture
profile-picture
profile-picture
flexyman dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 11:23
indonesia terserah kan sbg kritik atas kendablegan masy Indonesia. Salahny dmn??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
notemptation dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 11:38
mereka hanya ingin kita sadar diri #dirumahsaja
kok malah kita balik ngamukin mereka?
tolol apa tolol kelen guys??? mikir klo mau jalan2 anjg emoticon-Ngamuk
jng mentang2 mereka melanggar kode etik mereka kelen bisa caci mereka seenak jidat juga..
profile-picture
profile-picture
Zhendong.Wanmei dan junior43 memberi reputasi
2 0
2
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 13:06
akibat kebijakan yang berubah-ubah
0 0
0
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 13:14
tumben om, trit seminya ga keluar 🤣
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 13:15
ada ada aja yg bikin ulah ya
0 0
0
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 14:24
boleh lah mengeluh sekali2 atas bebalnya rakyat tercinta ini? protokol kesehatan diabaikan, udah capek2 psbb eh malah bejubel beli baju lebaran, udah cape2 ngerawat pasien covid19 malah dituduh bagian dari konspirasi.
nakes juga manusia. Indonesia terserah, tapi mereka tidak menyerah hanya mengeluh sedikit
profile-picture
Zhendong.Wanmei memberi reputasi
1 0
1
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 14:36
Gpp
Penduduk kita banyak
profile-picture
profile-picture
arbib dan Zhendong.Wanmei memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 14:53
Ya sama... semua juga cuman oknum.
Pengemuka agama / umat yg bikin onar juga oknum.
Jadi jelas kan?

Jangan gebyah uyah
profile-picture
Zhendong.Wanmei memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 17:32
Jadi salah nakes ya gan?
Ga boleh protes?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 18:26
#terserah #kami-tidak-menyerah
Ini yg terbaru gan. Capek di negative thinking in muly sama netijen
Diubah oleh notemptation
profile-picture
ginadevine memberi reputasi
1 0
1
Tenaga Medis atau Nakes Indonesia Terserah adalah oknum
25-05-2020 19:44
Mungkin dy lelah gan.?
profile-picture
arbib memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia