Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
54
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec96520c8208422cf75d8b3/jalangkote-cemilan-di-hari-raya-idul-fitri-eits--jangan-dibully
Resep Jalangkote/Pastel Ilustrasi di sini Membaca thread kaskuser tentang perundungan penjual jalangkote, membuat saya penasaran, apa itu jalangkote? kalau melihat gambarnya mirip pastel, akhirnya saya mencari di mesin pencarian, iya memang benar adanya jalangkote memang pastel yang selama ini saya suka, yang membedakan kulit jalangkote lebih tipis, pastel lebih tebal, kalau isian, dari beberapa s
Lapor Hansip
24-05-2020 01:02

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!

icon-verified-thread
Resep Jalangkote/Pastel


Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Ilustrasi di sini


Membaca thread kaskuser tentang perundungan penjual jalangkote, membuat saya penasaran, apa itu jalangkote? kalau melihat gambarnya mirip pastel, akhirnya saya mencari di mesin pencarian, iya memang benar adanya jalangkote memang pastel yang selama ini saya suka, yang membedakan kulit jalangkote lebih tipis, pastel lebih tebal, kalau isian, dari beberapa sumber sesuai selera.

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Selengkapnya di sini


Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Sumber di sini

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Sumber di sini


Di bulan Ramadhan ini banyaknya yang menjual gorengan, meski di tengah pandemi, yang namanya mencari nafkah harus terus berjalan, memang tidak seramai sebelum virus Corona ini melanda.


Banyaknya gorengan yang ada hanya tahu isi, risol, bakwan (bala-bala), mendoan, pisang, dan ubi, tetapi yang menjual jalangkote/pastel bisa dibilang langka.


Berhubung sebentar lagi menjelang Idul Fitri, tukang jualan sudah pada libur, mereka sibuk memasak keperluan sendiri untuk lebaran, akhirnya saya membuat jalangkote sendiri.


Resep Jalangkote atau pastel ala Cahaya:

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!


Bahan untuk kulit:

Terigu seperempat dibagi 2
Mentega
Butter 1 sendok makan
Minyak goreng 1 sendok makan
Telur 1 butir
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Penyedap (skip)


Bahan isi:


Bawang merah
Bawang putih
Lada bubuk secukupnya (kalau mau pedas boleh diperbanyak ladanya)
Ketumbar secukupnya
Irisan cabai
Garam secukupnya
Penyedap (skip)
Wortel 2 (diiris dadu kecil-kecil)
Kentang 2 (diiris dadu kecil-kecil)
Buncis iris kecil-kecil
Daun bawang
Seledri
Daun kelor
Bakso lobster (bisa telur)
Minyak goreng untuk menumis dan menggoreng.

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!


Cara membuat isian:


Bawang merah, bawang putih, dan cabai diiris tipis, tumis sampai harum, setelah itu masukkan air, setelah mendidih masukkan wortel dan kentang, lima menit kemudian (setelah kentang dan wortel empuk) baru masukkan buncis nya, aduk-aduk sebentar matikan kompor.


Setelah kompor dimatikan baru masukkan daun bawang, daun seledri, dan daun kelornya, untuk menambah rasa masukkan garam dan penyedap.


Setelah bahan isian sudah diolah, barulah saya membuat bahan untuk kulitnya, khawatir bahan kulitnya akan cepat keras bila kena angin, nanti susah dibentuk.


Cara membuat kulit jalangkote/pastel:

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Talenannya bersih ya gansis, 🙈 itu sudah lama belum ganti-ganti


Bahan untuk kulit dicampur jadi satu, aduk sampai kalisemoticon-Blue Guy Peace (sampai bisa dibentuk).


Quote:Saya buat 2 adonan, pertama tanpa tambahan air, yang ke dua dengan tambahan air.

Tanpa tambahan air, bisa lebih tipis, jadi jalangkote, dengan air jadi pastel karena lebih tebal, karena tidak bisa ditipiskan, lengket di talenan.



Setelah selesai dibentuk, masukkan bahan isiannya, bentuk secara manual, (tanpa cetakan) meskipun bentuknya kurang maximal, tetapi rasanya nikmat dan renyah.

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Tidak kelihatan bentuknya, adonan tanpa campuran airemoticon-Ngaciremoticon-Wowcantikemoticon-Genit


Cemilan untuk lebaran, di mana ketika lebaran yang disajikan hanya kue kering, dan rasanya hampir semua manis, dengan hadirnya jalangkote membuat Idul Fitri berbeda.

Kue lebaran


pic pastel


Memuji buatan sendiri emoticon-Malu

Ternyata memang saya selalu gagal kalau bikin kue. Eits Jangan Dibullyemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Ngacir


Jakarta, 03:48
Sabtu, 23 Mei 2020
30 Ramadhan 1441H



Terimakasih yang sudah membaca


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Keep smile and istiqamah.


Saran dan kritik dengan cara yang sopan.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin 1 Syawal 1441 H
Diubah oleh Cahayahalimah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 01:02

Klik Gambarnya

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Diubah oleh Cahayahalimah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
endonesiano78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 01:07
again
profile-picture
profile-picture
lenitan dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 03:03
sm kyk ane klo bikin pastel atau yg dibentuk2 gtu, kyk dimsum juga misalnya

males emoticon-Ngakak (S) jd bentuknya random
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 08:55
ouh ini pastel enak bundaaa
profile-picture
profile-picture
lenitan dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 11:06
makanan paporit ane nih
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 12:00
jangan gebukin pedangannya yaaemoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 12:42
yg penting rasanya enak emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 14:26
Sist TS mau ndak Ane bully???
emoticon-Malu

Biar masuk tipi...
emoticon-Goyang
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Diubah oleh adolfsbasthian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 15:14
Quote:Original Posted By Bgssusanto88
makanan paporit ane nih


Sering dimasakin dong gan, senangnyaemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By anakjahanam721
jangan gebukin pedangannya yaaemoticon-Embarrassment


Iyes siap, apa sih yg ngga buat kamuemoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By triwinarti
yg penting rasanya enak emoticon-2 Jempol


Iyes sis

Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Sist TS mau ndak Ane bully???
emoticon-Malu

Biar masuk tipi...
emoticon-Goyang
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!


Hihi om adolf mahemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 19:51
wahhhh ... ane paling suka nih
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
24-05-2020 22:53
lagi viral.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
25-05-2020 00:55
Jalangkote/pastel =mudik/pulang kampung
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
25-05-2020 11:08
Quote:Original Posted By nofivinovie
lagi viral.


Iya sis, gara2 perundunganemoticon-Mewek

Quote:Original Posted By primawidhie
Jalangkote/pastel =mudik/pulang kampung
emoticon-Traveller


Hehe bisa aja perbandingannya ganemoticon-Matabelo
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
25-05-2020 12:38
pastel approved emoticon-pencet
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
25-05-2020 15:05
enak inihhhh ane baru makan sekali jadi pengen makan lagi deh
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
25-05-2020 20:50
wow... masak nih... jalankote handmade. pasti enak
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
25-05-2020 22:14
kalo makan ini, selalu mencari harta karun wkwk yaitu telurnya wkwk
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
25-05-2020 22:29
Quote:Original Posted By yunda.me
pastel approved emoticon-pencet


emoticon-welcomeemoticon-terimakasih

Quote:Original Posted By japarina
enak inihhhh ane baru makan sekali jadi pengen makan lagi deh


Kalau daerah saya jarang yg jualemoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By l13ska
wow... masak nih... jalankote handmade. pasti enak


Hihi iya buatan sendiri pastinya enak#muji diri sendiri

Quote:Original Posted By blackvelvet23
kalo makan ini, selalu mencari harta karun wkwk yaitu telurnya wkwk


Hehe saya tidak.pakai telur, pakainya bakso lobster ajaemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan l13ska memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
25-05-2020 23:29
ouw....klu didaerah ane ini namany pastel sis....isiny bsa syuran atau ikan sma telur sesuai selera.kta
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
26-05-2020 15:19
apapun itu entah bentuknya yang kurang menarik atau gimana kalau buatan sendiri sih enak enak aja walau menurut orang kain masih kurang oke itu sih ane ya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Cooking & Resto Guide
risol-abang2
Outdoor Adventure & Nature Clubs
mendaki-untuk-pulang
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia