News
Batal
KATEGORI
link has been copied
228
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec82a7609b5ca281f72f412/dunkin-donuts-tumbang-tak-bayar-thr-amp-potong-gaji-karyawan
Sektor restoran terus berjatuhan, setelah KFC merumahkan hampir 5.000 karyawan dan potong gaji karyawan, kondisi yang sama juga dilakukan PT Dunkindo Lestari, pemegang lisensi waralaba donat Dunkin' Donuts di Indonesia.
Lapor Hansip
23-05-2020 02:39

Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan

Past Hot Thread
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan Foto: Maja Suslin/TT News Agency/via REUTERS

Quote:Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor restoran terus berjatuhan, setelah KFC merumahkan hampir 5.000 karyawan dan potong gaji karyawan, kondisi yang sama juga dilakukan PT Dunkindo Lestari, pemegang lisensi waralaba donat Dunkin' Donuts di Indonesia. 

Dunkin' Donuts salah satu restoran yang terdampak pandemi covid-19. Banyaknya mal yang tutup berimbas pada operasi bisnis Dunkin' Donuts, sehingga yang jadi korban adalah hak pekerja seperti upah dan THR yang belum dibayarkan.

Serikat pekerja melaporkan bahwa upah dan tunjangan hari raya (THR) pekerja sampai Jumat (22/5/2020) ini tidak juga dibayarkan oleh perusahaan dengan keputusan sepihak tanpa persetujuan pekerja. Gaji mereka dipotong sampai 50%.


[table][tr][td]Pilihan Redaksi
Raksasa Restoran Tumbang, KFC Rumahkan Hampir 5.000 Karyawan
KFC Mati-Matian, Rumahkan & Potong Gaji Hampir 5.000 Karyawan
Lebaran 2020 Memang Beda: Bayar THR Molor, Tak Ada Untung!
[/td]
[/tr]
[/table]


Manajer HRD Dunkin' Donuts, Junaidi  mengakui serikat pekerja memang tidak diibatkan dalam keputusan penundaan THR dan pemotongan gaji, tetapi melalui jalur manajerial yaitu melalui GM, manager, supervisor, head atau shift leader. Ia bilang aturan dari Kemenaker adalah melalui persetujuan karyawan bukan serikat pekerja.

"Mengenai upah yang dipotong dan THR yg ditunda sudah sesuai dengan surat edaran menteri tenaga kerja yaitu melalui mekanisme persetujuan karyawan," kata Junaidi kepada CNBC Indonesia, Jumat (22/5).

Junaidi mengakui persoalan ini terjadi karena kondisi perusahaa yang terdampak pandemi covid-19. Ia bilang Sebagian kecil karyawan harus dirumahkan karena ada toko di mal yang tutup, sehingga pihaknya masih menunggu mal-mal dibuka

"Sebagian besar toko tutup dan hanya 1 shift, dulu bisa 2 shift. Kita sangat berharap PSBB dilonggarkan karena aturan tersebut sangat memukul usaha kami," katanya.

Junaidi menegaskan sampai saat ini manajemen terus berupaya memenuhi hak pekerja, salah satunya dengan mempercepat penjualan aset agar dapat dana segar untuk membayar THR.

"Kalau upah yang dipotong kita jalankan berdasarkan hari kerja yang dilakukan dan melalui persetujuan karyawan, sedangkan THR yang ditunda akan kami bayarkan secepatnya karena kami sedang proses penjualan aset dengan harga setengah harga normal," katanya.

Pada Jumat (22/5), sekitar 200 karyawan Dunkin' Donuts nekat menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Pusat Dunkin' Donuts  Jalan Hayam Wuruk Jakpus, di tengah PSBB. Mereka menuntut hak mereka soal upah yang dipotong dan THR yang belum dibayarkan. Mereka menganggap keputusan itu dilakukan sepihak tanpa persetujuan pekerja.

[table][tr][td]
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji KaryawanFoto: Serikat Pekerja Dunkin' Donuts beredemo menuntut pembayaran upah dan tunjangan hari raya (THR) (ist)
Serikat Pekerja Dunkin' Donuts beredemo menuntut pembayaran upah dan tunjangan hari raya (THR) (ist)

[/td]
[/tr]
[/table]


"Aksi ini terpaksa kami lakukan karena manajemen Dunkin' Donuts secara sepihak tidak membayarkan THR dan upah secara tepat waktu. Sementara para pekerja dan keluarganya sangat membutuhkan THR tersebut untuk menyambung hidup di masa PSBB akibat pandemi Covid 19," kata Sekretaris Jenderal ASPEK Indonesia Sabda Pranawa Djati dalam pernyataan resminya, Jumat (22/5).



Sumber
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-gaji-karyawan

Mengikuti Jejak KFC sepertinya ya pak
Diubah oleh juraganind0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aguswahyu86 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 8
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 04:21
Quote:Original Posted By sniper2777
negara jg dah mau bangkrut tapi ASN tetap msh terima gaji full + THR emoticon-Leh Uga


Kalo negara bangkut cem yunani bejimane
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 04:27
donatnya ga enak. coba kalo isinya "daging" emoticon-Kiss (S)
0 0
0
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 04:32
Mana ini kebijakan pemerintah untuk memperbaiki ekonomi? Satu per satu perusahaan tumbang
profile-picture
profile-picture
mastergerry1 dan chisaa memberi reputasi
1 1
0
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 04:35
padahal dunkin dah enak sekarang
lumer gitu, mungkin banyak menteganya

thu pas gw beli awal tahun ya
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 04:36
Itu donat bukan nya skrang udh misah dari mall ya?


Enak sih dunkin cuman mehong.


emoticon-Ngakak
0 0
0
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 04:37
Nasi padang msh buka?emoticon-Traveller
profile-picture
abau. memberi reputasi
1 0
1
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 04:42
Dunkin hebat bisa bertahan sampe sekarang
seingget gw dunkin dimuara karang sudah dari 94 apa 95 sampe sekarang masih ada walau sudah sepi
profile-picture
profile-picture
abau. dan chisaa memberi reputasi
2 0
2
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 04:50
lg sulit gan..
jaman skrg yg tenang cuman PNS doank.
wirausaha juga pada sulit..
profile-picture
deddyes memberi reputasi
1 0
1
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 04:59
Kebanyakan tempat usaha tutup bukan karena covid tapi di paksa tutup alasan PSBB.. padahal kalau buka, usaha nya masih jalan walaupun ga normal pemasukannya.
profile-picture
deddyes memberi reputasi
1 0
1
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:00
Gak ada covid pun DD udah ditelikung sama J.Co, makanya sering banget promonya beli setengah lusin gratis setengah lusin
profile-picture
profile-picture
abau. dan kapankapoknya memberi reputasi
2 0
2
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:01
Tenang....
Masih ada gorengan: bala2, molen, ubi, tahu isi, resol dkk
Kalo kurang kenyang ada lontong emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
abau. dan .noiss. memberi reputasi
2 0
2
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:02
Dari zaman cuma ada di Kota, sampai sekarang masuk mal, masa dua bulan dah kembang kempis.
profile-picture
abau. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:08
jadi kangen donat legend nih 👀
profile-picture
abau. memberi reputasi
1 0
1
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:15
di kota gue cuma satu dunkin donut yg masih buka, lainnya udah pada tutup, kalah saing rasa dan harga, suka malak malak dipaksa jadi member, trus kena hantam corona... habis lah dia
profile-picture
profile-picture
abau. dan kapankapoknya memberi reputasi
2 0
2
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:21
Harusnya contoh perusahaan ASN PNS, meski WFH, dirumahkan, tetap terima gaji full dan THR, keuangan perusahaan tetap lancar jaya.
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:29
semoga hal hak pekerja segera terselesaikan
0 0
0
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:30
1 per 1 restoran tumbang

mending tutuplah daripada buka tapi ga ada pengunjung

hotel aja udah pada tutup
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan chisaa memberi reputasi
2 0
2
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:33
Penjelasan perusahaan cukup jelas tapi karyawan masi ga terima.. kalo udah kayak gini ya harusnya karyawan berbesar hati masi menerima gaji 50 persen karena banyak diluar sana lgsg dicut.

Pemerintah ayo fokus selamatkan pengusaha dengan beri pinjaman. Banyak pengusaha diluar sana yang bahkan hanya punya cash operasional sampai akhir juni, Dan selewatnya mereka akan gulung tikar.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rian0192 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:33
Mana ada perusahaan f&b yg mau negosiasi sama karyawan. Semua di putusin secara sepihak. Yg ujung 2 nya THR dan gaji gak di bayar meski sudah mengabdi lama. Masih mending lah di gaji stengah nya ada juga yg di lupain anggap nya kerja bakti kali di perusahaan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
abau. dan .noiss. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dunkin' Donuts Tumbang: Tak Bayar THR & Potong Gaji Karyawan
23-05-2020 05:36
donat kampung bisa jadi alternatif kalo DD bangkrut

harganya murah dan pakai toping serbuk gula putih

profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia