News
Batal
KATEGORI
link has been copied
75
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec7de88facb951c8804754a/viral-pemulasaran-jenazah-pdp-covid-19-ditarik-rp-3-juta-di-mojokerto
Empat video berisi informasi keluarga pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 diminta biaya Rp 3 juta oleh rumah sakit, viral di media sosial. Peristiwa itu disebut terjadi di salah satu rumah sakit (RS) di Kota Mojokerto. Dari penelusuran jatimnow.com, empat video itu masing-masing berdurasi 1.31 menit, 4.10 menit, 18 menit dan 22.55 menit itu tersebar di beberapa grup Facebook. "Keluarga pas
Lapor Hansip
22-05-2020 21:15

Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto

Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto


Empat video berisi informasi keluarga pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 diminta biaya Rp 3 juta oleh rumah sakit, viral di media sosial. Peristiwa itu disebut terjadi di salah satu rumah sakit (RS) di Kota Mojokerto.

Dari penelusuran jatimnow.com, empat video itu masing-masing berdurasi 1.31 menit, 4.10 menit, 18 menit dan 22.55 menit itu tersebar di beberapa grup Facebook.

"Keluarga pasien PDP Covid19 di mintai 3 juta oleh petugas kamar jenazah di RSUD dr Wahidin Sudirohusodo Mojokerto sebagai biaya pemulasaraan jenazah pasien.kalo tidak ada uang jenazah tidak akan bisa di makamkan#Pungli," tulis akun Facebook Evin Prasetya seperti dilihat jatimnow.com, Jumat (22/5/2020).

Akun ini juga mengunggah foto bukti pembayaran yang tertulis menyebut penerimaan uang sebesar Rp 3 juta untuk biaya pembayaran peti jenazah, kantong jenazah dan pemakaman jenazah.

Orang yang ada di dalam video menyebut jika pungutan biaya itu terjadi di RSU Dr Wahidin Sudirohusodo Kota Mojokerto.

Ada dua orang memakai baju berwarna biru diduga petugas rumah sakit dan tiga orang yang diduga keluarga pasien PDP yang meninggal serta satu orang merekam kejadian itu.

Dalam video yang berdurasi 4 menit 10 detik itu, seorang pria meletakkan sejumlah uang yang diminta pihak rumah sakit senilai Rp 3 juta.

"Harus ada kwitansinya pak. Ojo nyusahno orang susah mas (jangan menyusahkan orang susah mas). Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Kota Mojokerto, Bu Wali tolong diperhatikan," kata seorang pria dalam video itu.

Unggahan akun ini di grup Facebook Info Kriminal & Lalu Lintas (Nusantara) itu mendapat komentar 5.224 dari warganet.

"Oalah rek. Wong wes mati jek di jaluki duwek.di kiro duwek oleh metek (Oalah rek, orang sudah meninggal diminta uang, dikira uang tinggal pencet)," tulis salah satu warganet.

"Bukannya wabah corona semua biaya ditanggung pemerintah melalui APBN," tambah akun lain.

Sementara itu, Direktur RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, dr Sugeng Mulyadi menyebut bahwa video itu terjadi karena adanya kesalahpahaman dan ketidakpahaman petugas pemulasaran terhadap surat edaran tata laksana Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) untuk pembiayaan Covid-19 tertanggal 6 April 2020.

"Isi surat edaran itu menyebutkan, semua biaya perawatan hingga pemakaman terhadap pasien yang terpapar Covid-19 atapun pasien PDP ditanggung oleh pemerintah daerah alias semuanya gratis," ungkap dr Sugeng.

Menurutnya, sebelum edaran itu keluar, memang pasien terkait Covid-19 bagi warga luar Kota Mojokerto dikenakan biaya administrasi termasuk biaya pemakaman. Dirinya yakin petugas pemulasaran belum mengetahui surat edaran yang baru.

"Masalah ini sudah selesai dan biaya Rp 3 juta itu sudah dikembalikan ke keluarga. Kami juga memberi pengertian terhadap keluarga," tandasnya.

Sumber Berita

Kubur Jenazah PDP COVID-19, Petugas RSUD Mojokerto Minta Rp3 Juta

Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto

Sebuah video dugaan pemungutan liar (pungli) untuk pemulasaraan jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 beredar di media sosial (medsos).

Disebutkan, aksi pungli tersebut dilakukan oknum petugas RSUD Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto. 

Video dugaan pungli tersebut diunggah pemilik akun Facebook, Evin Prasetya pada Kamis (21/5/2020) pukul 23.24 WIB. Dalam video berdurasi 4 menit 10 detik itu, memperlihatkan percekcokan antara pihak keluarga pasien PDP COVID-19 yang meninggal dengan petugas kamar jenazah rumah sakit pelat merah tersebut.

Lantaran, petugas kamar jenazah meminta kepada pihak keluarga untuk menyerahkan uang Rp3 juta guna biaya pemulasaraan jenazah pasien meninggal. Kendati pasien merupakan PDP COVID-19. Meski demikian, pihak keluarga akhirnya tetap menyerahkan uang tersebut. Namun keluarga pasien meninggal meminta kuitansi sebagai bukti pembayaran yang sah.

Berdasarkan penulusuran SINDOnews, pemilik akun Facebook Evin Prasetya tersebut bekalangan diketahui menantu pasien PDP COVID-19 yang meninggal tersebut. Pasien meninggal itu diketahui berinisial JSH (60). Dia mengembusknya nafas terakhir pada Selasa (19/5/2020) lalu saat menjalani perawatan medis di RSUD Wahidin Sudiro Husodo.

"Iya itu mertua saya. Saya juga yang unggah videonya. Ketika peristiwa itu, saya ada di lokasi. Meninggalnya sekitar pukul 17.30 WIB. Kami ditelepon pihak rumah sakit, karena kami semua di rumah. Sebab dirawat di ruang isolasi jadi tidak boleh ditungguin," kata Evin saat dihubungi melalui sambungan ponselnya, Jumat (22/5/2020).

Ikhwal terjadinya dugaan pungli itu bermula saat petugas penanggung jawab pemulasaran jenazah COVID-19 kembali menghubunginya pada pukul 21.00 WIB, selang tiga jam setelah mertuanya dinyatakan meninggal dunia. Petugas yang bernama Muhammad Nurul Huda, meminta uang pemulasaran jenasah sebesar Rp3 juta.

"Beliau menyampaikan uang itu untuk biaya ambulance Rp1 juta, untuk peti Rp1 juta, dan Rp1 juta biaya petugas pemakaman. Jadi satu paket semuanya total Rp3 juta biayanya," kata Evin.

Evin pun mengaku kaget saat petugas tersebut justru meminta uang guna pemulasaraan jenazah mertuanya. Padahal mertua lelakinya tersebut merupakan pasien PDP COVID-19. Warga Desa Terusan, Kecamatan Gedeg masuk kategori PDP COVID-19 lantaran dari hasil pemeriksaan medis terdapat pnemonia.

"Sebelumnya dirawat di RS Hasanah pada (18/5/2020) dengan riwayat penyakit diabetes, dan sesak nafas. Kemudian (19/5/2020) dirujuk ke RSUD Wahidin Sudiro Husodo karena hasil toraknya jelek ada flek infeksi di paru-paru. Makanya dicurigai COVID-19. Selanjutnya diisolasi dan dilalukan rapid test, hasilnya nonreaktif," jelas dia.

Padahal, pemerintah sudah mengeluarkan regulasi terkait dengan COVID-19, bahwasanya pasien COVID-19 seluruh biaya perawatan hingga pemulasaraan jenazah ditanggung negara. Lantaran kesal, dia pun mengunggah video saat penyerahan uang Rp3 juta tersebut. Sebab, petugas rumah sakit juga tidak mengeluarkan kuitansi resmi sebagai bukti pembayaran.

"Tadi pukul 10.00 WIB uang dikembalikan, tapi setelah saya unggah video. Pihak RS datang terus menyampaikan permohonan maaf, mengembalikan uang. Kami berusaha tolak tapi mereka tetap meninggalkan uangnya," kata Evin.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur RSUD Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, dr Sugeng Mulyadi menepis tudingan adanya pungli pemulasaraan jenazah pasien PDP Covid-19. Ia berdalih jika persoalan tersebut hanya kesalahpahaman saja antara pihak petugas rumah sakit dengan pihak keluarga.

"Jadi karena surat edaran Permenkes itu kan April, jadi sosialisasi kami ke bawah, kadang ada yang sudah tahu tapi ada yang tidak tahu. Karena baru setelah ada SE semua (biaya pemakaman) mulai peti mati, plastik, serta biaya tenaga bisa diklaim," kata dr Sugeng dalam konferensi pers.

Adanya pungutan uang Rp3 juta tersebut lantaran ketidaktahuan petugas di kamar jenazah RSUD Wahidin Sudiro Husodo. Menurut dia, uang tersebut hanya digunakan sebagai titipan. Sebelum, petugas bernama Huda tersebut menanyakan langsung ke atasannya terkait dengan biaya pemulasaraan jenazah PDP COVID-19 apakah bisa diklaimkan atau tidak.

"Karena meninggalnya malam, besoknya akan dikonfirmasi ke atasannya ke Pak Didik dan bu Triyas. Dan benar paginya dikonfirmasi, itu ada aturan dan harus dikembalikan. Anaknya (pasien) sudah dipanggil, tanggal 20 pagi jam 8 untuk disuruh kembalikan karena ada aturannya memang dikembalikan," kata dia.

Akan tetapi uang tersebut nyatanya belum juga diserahkan petugas rumah sakit pelat merah milik Pemkot Mojokerto itu. Hingga akhirnya, video dugaan pungli tersebut tersebar di dunia maya. Bahkan, video tersebut menjadi viral lantaran mendapatkan respon dari ribuan netizen yang mayoritas kesal dengan ulah petugas medis tersebut.

"Miskomunikasi itu sebenarnya. Jadi kami harus meluruskan SE yang terbaru itu, si personal ini (petugas medis) menggunakan aturan yang lama. Tapi uangnya sudah dikembalikan, pagi tadi. Jadi pagi tadi, sekalian kami memberikan pengertian COVID-19, jadi hari ini keluarga semua ikut rapid test," kata Sugeng.
Sumbernya

The Power of Viral
Dengan kekuatan viral akan menghukummu!
Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:15
ReserveD
profile-picture
luhutpandjaitan memberi reputasi
1 0
1
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:21
Padahal setahu ane RSUD SOP-nya ga segitunya dimintain sampai 3 juta. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junior43 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:25
Miskomunikasi itu wajar, bahkan kami para menteri juga sering miskom. manusiawi ga usah lebay!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junior43 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:25
binatang buas kalok lagi lapar memang bakal memangsa sesamanya sendiri emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan saya.kira memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:28
Kalo gk diviralin ya dikantonginemoticon-Leh Uga
Oopsiii momentemoticon-Wakaka
Diubah oleh coolmaxx
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:31
Klasik,
viral
klarifikasi
cari kambing buat diitemin
minta maaf.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:32
Sudah jatuh ditimpa tangga
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:33
Pungli emang ada dimana-mana dan kapan saja jika ada kesempitan
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:34
Kapan hari ada oknum PNS nakes curi masker, peluang dikit ijo.
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:36
Dimaafin aja, salah paham doang dan udah dibalikin jg duitnya
profile-picture
profile-picture
1punchman dan saya.kira memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:37
Kalo ga diaplod ya dimakan tuh
emoticon-Hansip
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:39
Harap maklum
emoticon-surprised
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:42
Quote:"Jadi karena surat edaran Permenkes itu kan April, jadi sosialisasi kami ke bawah, kadang ada yang sudah tahu tapi ada yang tidak tahu. Karena baru setelah ada SE semua (biaya pemakaman) mulai peti mati, plastik, serta biaya tenaga bisa diklaim," kata dr Sugeng dalam konferensi pers.

Sosialisasi sebulan masih kurang
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junior43 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:51
Kesempatan dalam kesempitan, mayan nambah uang lebaranemoticon-Ngacir
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:54
wah wah...laper tuhemoticon-Ngakak
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 21:58
Udah tahu kok, tapi coba2 siapa tahu dpt duwet
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 22:07
coba bayangin yang ditarikin itu orang desa, gaptek ga bisa bikin viral kejadian kek gini

3 juta masuk kantong itu
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 22:09
Mulai memangsa sesama
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 22:11
Ketahuan nyolong/pungli... Alasan gak tahu?????

Mantap revolusi mental.!!!!!! Mental maling menjadi mental pungli.
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Viral Pemulasaran Jenazah PDP Covid-19 Ditarik Rp 3 Juta di Mojokerto
22-05-2020 22:31
klo ga viral itu 3 juta lenyap kayak asap emoticon-Ngakak
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia