Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec248e3b41d305fe26b2242/sering-dianggap-suka-menyendiri-ini-fakta-soal-introvert
Kepribadian introversion atau introvert adalah satu dari 3 macam tipe kepribadian. Selain introvert, ada juga kepribadian ambivert dan ekstrovert. Mereka yang termasuk dalam kepribadian introversion adalah orang yang cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan mood yang berasal dari dalam diri sendiri alias internal, dibandingkan dengan mencari stimulasi yang berasal dari luar. Yuk, cari tahu le
Lapor Hansip
18-05-2020 15:35

Sering Dianggap Suka Menyendiri, Ini Fakta Soal Introvert

Sering Dianggap Suka Menyendiri, Ini Fakta Soal Introvert

Kepribadian introversion atau introvert adalah satu dari 3 macam tipe kepribadian. Selain introvert, ada juga kepribadian ambivert dan ekstrovert. Mereka yang termasuk dalam kepribadian introversion adalah orang yang cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan mood yang berasal dari dalam diri sendiri alias internal, dibandingkan dengan mencari stimulasi yang berasal dari luar. Yuk, cari tahu lebih dalam lagi tentang kepribadian dan arti introvert.

Asal-usul kepribadian introvert

Dipopulerkan oleh Carl Jung, arti introvert, ambivert dan ekstrovert menjadi salah satu teori kepribadian yang banyak digunakan saat ini. Menurut beberapa teori, seseorang bisa memiliki kedua kepribadian introvert dan ekstrovert, tetapi biasanya akan cenderung mengarah ke salah satunya.

Orang dengan kepribadian introversion secara umum terlihat lebih senang menyendiri. Tidak seperti ekstrovert yang senang dan mendapatkan energi dari interaksi sosial, seorang introvert justru merasa harus mengeluarkan banyak energi saat harus bersosialisasi.


Seorang introvet sering disalahartikan sebagai pribadi yang pendiam, pemalu, dan penyendiri. Namun, sebenarnya seorang introversi bukan jenis orang yang selalu menutup diri dari dunia luar. Ciri-ciri orang introvert antara lain sebagai berikut: 

● Introvert adalah kepribadian yang cenderung menyimpan perasaan sendiri.
● Terlihat pendiam atau menarik diri ketika berada di tengah-tengah sekumpulan orang yang tidak mereka kenal baik.
● Sangat sadar diri dan memikirkan segala sesuatu sebelum bertindak.
● Merupakan pengamat yang baik dan cenderung mempelajari situasi sekitarnya melalui pengamatan terlebih dahulu.
● Lebih mudah bersosialisasi jika bersama dengan orang yang sudah mereka kenal baik.

Jika kamu termasuk orang dalam kategori kepribadian ini, maka besar kemungkinannya kamu akan sering menyadari atau lebih suka berdiam diri ketika berada di tengah banyak orang, terlebih lagi jika orang-orang di sekelilingmu adalah orang yang belum kamu kenal.

Beberapa ciri lain yang kemungkinan masuk dalam kategori introvert adalah:

Cenderung menghindari kontak mata dengan orang lain
Orang dengan kepribadian ini akan cenderung menghindari kontak mata, terutama dengan orang yang belum mereka kenal. Mereka dapat merasa malu jika berhadapan dengan orang baru dan terkesan menghindari orang tersebut, padahal sebenarnya orang sedang mencoba melindungi dirinya sendiri dan tidak ingin merasa terintimidasi dengan keberadaan orang tersebut.

Lebih sering melakukan self talking atau berbicara pada diri sendiri
Kepribadian introversion yang kamu miliki cenderung lebih ke arah mengekspresikan perasaan tanpa ingin merasa dihakimi sehingga lebih mudah untuk berbicara kepada diri sendiri atau bahkan kepada benda mati. Tak perlu terlalu khawatir jika kamu memiliki ciri ini karena kamu tidak gila. Hal ini memang keunikan dari karakter yang kamu miliki.

Bagaimana cara menghadapi kepribadian tipe ini?

Jika kerabat atau teman terdekatmu memiliki kepribadian tipe ini. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.


1. Pahami apa sebenarnya arti introvert itu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengerti betul apa arti introvert. Dengan begini, kamu mengetahui kemungkinan yang dapat terjadi, berikut tantangan yang muncul di kemudian hari.

Banyak orangtua terkadang khawatir ketika anak mereka mengurung diri di dalam kamar dan tidak mau berbicara terkait apa yang ia rasakan. Padahal ini hanya karakter dari kepribadian dan cara memahaminya saja yang berbeda.

Perilaku orang dengan kepribadian ini terkadang suka disalahartikan sebagai tanda-tanda depresi. Namun sebaiknya kamu jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan, ya. Yang perlu kamu pahami adalah introversion bukanlah suatu respon terhadap rangsangan yang terjadi dari luar, tetapi merupakan suatu tipe kepribadian.

2. Pahami kecenderungan perilaku orang dengan kepribadian ini

Sebagai contoh, orang introvert terkadang hanya memiliki satu atau dua orang teman dekat. Ini adalah termasuk salah satu ciri orang introvert, Mereka lebih nyaman dengan lingkaran pertemanan yang kecil, bukan berada di grup penuh dengan orang. Jumlah teman yang sedikit pada orang introvert bukan selalu indikasi orang tersebut mengalami masalah bersosialisasi, lho.

3. Jangan paksa untuk mengubah kepribadiannya

Karena sering disalahartikan sebagai pemalu dan penyendiri, orang introvert terkadang dianggap sebagai orang yang bermasalah. Jika orang dengan kepribadian ini memilih untuk menyendiri di kamar atau lebih asik sendiri dengan hal yang sedang ia lakukan, biarkan ia untuk melakukan hal tersebut karena saat itulah mereka merasa nyaman dengan dirinya.

Jangan lupa, orang introvert butuh waktu sendiri untuk mencerna kejadian-kejadian baru yang dialaminya. Hindari juga memaksa orang introversion untuk bersosialisasi, terutama jika berada di lingkungan baru. Biarkan ia mengamati dulu sejenak sebelum ikut bergabung dengan orang barunya.

Setelah mengetahui ciri-ciri kepribadian introvert di atas, ada beberapa mitos yang sering salah tentang kepribadian introvert. Simak lebih lanjut di sini: https://hellosehat.com/hidup-sehat/p...an-introvert/



 





Diubah oleh hellosehat
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Supranatural
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia