others
Batal
link has been copied
394
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebdfc88c342bb27911564dd/mengulik-patola-takjil-khas-banyuwangi-yang-maknyoss
Dari waktu ke waktu banyak inovasi kue modern yang bermunculan, tetapi masih banyak juga lho jajanan tradisional yang tetap diminati oleh masyarakat untuk dijadikan menu buka puasa. Meskipun terlihat sederhana, jajanan tradisional ini gak kalah nikmat dari menu takjil lainnya.
Lapor Hansip
15-05-2020 09:20

Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Jajanan Tradisional Bercita Rasa Tinggi

Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!

Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!


Hai, bertemu lagi kita di threadane kali ini, masih semangat kan puasanya? Perbanyak ibadah ya, mumpung bulan Ramadhan sebagai bulan penuh berkah dan ampunan, maka perbanyaklah berbuat kebaikan dan menebar amal kebajikan.

Dari waktu ke waktu banyak inovasi kue modern yang bermunculan, tetapi masih banyak juga lho jajanan tradisional yang tetap diminati oleh masyarakat untuk dijadikan menu buka puasa. Meskipun terlihat sederhana, jajanan tradisional ini gak kalah nikmat dari menu takjil lainnya.

Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!

Kali ini ane mau ngebahas salah satu jajanan wajib di bulan Ramadhan, pasti pada tau nih? Ya, kue patola namanya. Salah satu kue tradisional yang selalu hadir menemani acara buka puasa kita di rumah.

Di Banyuwangi, Jawa Timur. Ada jajanan khas yang hanya diproduksi saat bulan Ramadan yakni Patola. Jajanan ini menjadi sajian buka puasa yang sangat digemari oleh masyarakat Banyuwangi, terlebih lagi bagi warga suku Osing.

Quote:
Dikutip dari Wikipedia, Suku Osing atau biasa diucapkan Suku Osing adalah penduduk asli Banyuwangi atau juga disebut sebagai Laros (akronim daripada Lare Osing) atau Wong Blambangan merupakan penduduk mayoritas di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.



Kue patola merupakan penganan yang terbuat dari tepung beras. Sekilas, bentuknya mirip mie. Di luar Banyuwangi, orang menyebut kue ini putu mayang atau petulo. Kue ini dibuat dengan bermacam-macam warna walau rasanya tetap sama. Tetapi dengan warna yang berbeda-beda menjadikan makanan camilan ini menjadi tersaji di dalam piring makan, apalagi dimakannya cukup disajikan dengan kuah santan dan campuran gula merah.

Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!

Mirip dengan sajian cendol hanya berbeda bentuk dan nama saja, kalau aslinya ya tetap sama karena bahan dasarnya juga dari tepung beras. Cuma berbeda dari cara pembuatan, pengolahan dan cara penyajiannya. Kalau soal makannya ya pastilah ... pasti sama, hehehee ....

Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!

Penganan ini cocok disantap saat berbuka puasa baik dalam keadaan dingin atau hangat-hangat, kuah santannya dimasak dengan irisan jahe juga bisa menghangatkan tubuh pada saat musim hujan, itu kalau agan dan sista mau mencobanya saja, karena resep dasarnya hanya disajikan dengan air santan dan gula merah saja.

Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!

Bagi anak muda milenial, kue patola mungkin masih asing. Di Banyuwangi, salah satu jajan pasar ini merupakan kuliner tempo dulu yang bisa dijumpai saat bulan Ramadhan di pasar dan emperan jalan. Uniknya kue ini hanya akan muncul di permukaan bila bulan puasa tiba, jadi ... agan dan sista jangan sampai lupa untuk mencicipinya sebentar pas berbuka puasa ya? Tetapi jangan lupa untuk membelinya segera sebelum kehabisan stok di penjual langganan agan en sista.

Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!

Kalau mau buat bisa juga tuh, itung-itung belajar buat sendiri tentu bisa menghemat budget asal kuat saja pada saat mengadon/menguleni bahannya yang tentu saja masih panas karena telah melakukan proses pengukusan kurang lebih selama 20 menit. Belum lagi pencampuran warna dan langsung mencetaknya pada cetakan khusus kue patola ini, dan kemudian kembali dikukus hingga benar-benar matang.

Kalau ane sih mending beli aja daripada bersusah payah membuatnya, disamping harganya juga murah meriah hanya sekitar Rp. 5.000,- agan en sista juga bisa sekalian membantu menglariskan dagangan kue ini dengan artian, ikut berpartisipasi menghidupkan perekonomian penjual kue tradisional agar tetap terus ada sepanjang masa.

Sekian ulasan ane tentang jajanan khas berbuka puasa dengan jajanan kue tradisional yang sudah turun temurun dilestarikan oleh warga Banyuwangi khususnya suku osing, suku asli warga Banyuwangi, tertarik mencobanya? Tunggu hingga petang nanti ya, gan?emoticon-Smilie

Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!

Diubah oleh evywahyuni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 137 lainnya memberi reputasi
138
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 09:21
Quote:Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!


Kunjungi threadlainnya, klik saja gambar diatas emoticon-Request
Diubah oleh evywahyuni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 34 lainnya memberi reputasi
35 0
35
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 09:21
Buat Komenan yang termaknyossemoticon-Cendol Gan

Quote:Original Posted By amikurnia
patola serapan dari sipatola, maknanya yaitu membersihkan diri kembali ke fitrahnya dan kembali suci seperti sediakala hingga kembali ke asalnya emoticon-Malu (S)
Makanya disambungkan dgn makna puasa segalanya bisa nyambung.

Quote:Original Posted By newkris
Warnanya sangat menggoda....kayaknya enak banget ya....

Quote:Original Posted By mine388
wuihhh maknyusss ya ini sepertinya emoticon-2 Jempol jadi pengen nyobain deh kalau berkesempatan main ke banyuwangi warna warni jadi menarikk


Quote:Original Posted By Aerthalker
wah enak bener gan keknya emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By aygilagility
makanan ane pas lagi kecil nih huhu kangen makan begonian, skrg gak tau ada yang jualan begitu dimana...


Quote:Original Posted By SpicaSparks
Duh jd pengen.. enak bgt itu rasanya emoticon-Frown


Quote:Original Posted By orgbekasi67
Ngeliatnya kayak enak banget ini,


Quote:Original Posted By rikiju
maknyos tenan kyke mbak emoticon-Recommended Seller


Quote:Original Posted By abayahmed
ane suka banget nih, ane ampe hirup kuah manisnya sampe bersih wkwk dulu masih kecil msh suka ada yg jualan keliling pake gerobak skrg udah susah banget nemuinnya...


Quote:Original Posted By satmofri
Psti rsanya mak nyussss..mlhat dri gambarnya aja jdi pngen


Quote:Original Posted By c4emInside
klo ditempat ane ditambahin surabi, hmm semakin nikmat
makanan tempoe doeloe emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By oops69
enak bgt buat sore2 ni abis mandi,


Quote:Original Posted By turkusuma
mantul....menggugah iman disaat bln puasa ja nih...hihihi


Quote:Original Posted By jagotorpedo
gw taunya patola tuh ini..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
emoticon-Leh Uga
apakah kapalnya keliling jual jajanan...??
emoticon-Ngakak
Diubah oleh evywahyuni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 33 lainnya memberi reputasi
34 0
34
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 09:45
Quote:Original Posted By evywahyuni
Lapak buat TS


Jadi kaya cacing bunda wkwkkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 32 lainnya memberi reputasi
33 0
33
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 09:48
Quote:Original Posted By evywahyuni
Huss, wkwkwk ntar yang mau makan jadi geli, Delemoticon-Big Grin

Jadi inget game cacingemoticon-Shutup


Aku jadi ingen dia huaaa.. gak semangat..semoga cepat sehat dia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 34 lainnya memberi reputasi
35 0
35
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 09:53
Quote:Original Posted By evywahyuni
Inget siapa, Del?emoticon-Smilie
Ada yang lagi sakit kah?
Semoga lekas sehat, aamiinemoticon-angel


Sudahlah lupakan saja...makasih didoakan
. cepet sembuh ya sayangnya akuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 30 lainnya memberi reputasi
31 0
31
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 09:58
Patolanya enak mbak evy emoticon-Leh Uga
Diubah oleh pe.rusuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 29 lainnya memberi reputasi
30 0
30
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 10:08
cek kulkas ada yg segeremoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 29 lainnya memberi reputasi
30 0
30
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 10:24
di tempatku ada bunda kek getuk gtu kalo yg kering untuk cacing namanyaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 27 lainnya memberi reputasi
28 0
28
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 10:28
Quote:Original Posted By evywahyuni
Pernah cobain, Gan pe?emoticon-Big Grin


Kayaknya belom pernah mbak emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 10:40
duduk palota woii jenenge
petulo ...

ts nyasar iki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 20 lainnya memberi reputasi
18 3
15
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 10:47
Quote:Original Posted By evywahyuni
Sepertinya enak, jadi pengen cobainemoticon-Matabelo


Iya mbak, bisa coba cari kalo ada yang jualan. Atau coba bikin sendiri aja mbak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 11:11
Quote:Original Posted By evywahyuni
Bagus kalo coba bikin biar tau susah dan senangnya itu dimana, tapi kalo ada yang jualan itu mending beli aja dehemoticon-Smilie


Pasti pengennya yang instan sih, tinggal makan emoticon-Big Grin
Kalo mbak evy yang bikin pasti enak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 11:48
Quote:Original Posted By evywahyuni
Hehehee bikinnya keknya ribet tuh, Ganemoticon-Bingung


Iya mbak, mending cari yang jual aja siapa tau ada emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 12:13
lama ga makan ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 12:14
lah kue PUTU MAYANG....

enak banget dah pas bulan puasa.. start makan ini dulu pas bebuka baru makan nasi n lauk....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 13:04
kalau ditempatku namanya getuk lundri itu mbak, sama nggak ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 13:06
Siang-siang liat ginian / nonton tanboy kun, auto lapaaarrrrr emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 18 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 13:30
bikin ngiler nih.. menarik untuk dicoba.. mirip gempol pleret yak? kuahnya manis gurih..
Diubah oleh kendek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 13:32
kirain ada artikel cara bikinny jg gan. hehe....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengulik Patola, Takjil Khas Banyuwangi Yang Maknyoss!
15-05-2020 13:36
apa lagi di sedu di siang hari gini emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia