others
Batal
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebdd060a2d195562138f550/legendaris-dan-unik-jajanan-tradisional-patola
I 🖤 BWI Hai..Hai..Hai Gaes :hai Kalau Sebelumnya aku bahas masalah jajanan yang ada di Pasar Ramadhan, kali ini aku akan bahas lagi jajanan legendaris yang sampai saat ini diminati oleh masyarakat, khususnya masyarakat banyuwangi sendiri sudah tidak asing di telinga mereka. Siapa yang tidak tahu Patola? Aku rasa hampir sebagian besar masyarakat juga sudah mengetahui jajanan tradisional ini, men
Lapor Hansip
15-05-2020 06:12

Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

I 🖤 BWI

Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

Hai..Hai..Hai Gaes

emoticon-Hai

Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

Kalau Sebelumnya aku bahas masalah jajanan yang ada di Pasar Ramadhan, kali ini aku akan bahas lagi jajanan legendaris yang sampai saat ini diminati oleh masyarakat, khususnya masyarakat banyuwangi sendiri sudah tidak asing di telinga mereka.

Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

Siapa yang tidak tahu Patola? Aku rasa hampir sebagian besar masyarakat juga sudah mengetahui jajanan tradisional ini, menjadi salah satu primadona saat teman berbuka puasa. Selain mempunyai rasa nikmat yang khas, jajanan ini juga hanya bisa ditemui saat bulan Ramadhan. Jadi tidak salah kalau jajanan yang namanya melegenda di daerah banyuwangi ini jadi buruan saat berbuka puasa.

Kue patola terbuat dari tepung beras dan biasanya memiliki beberapa varian warna yang mengundang selera seperti warna merah muda, hijau dan putih. Penyajian kue patola ini dipadukan dengan kuah santan yang dicampur gula merah, tapi sebagian juga biasanya dinikmati dengan dilumuri oleh rebusan air gula merah kental. Ada juga sebagian pencinta kue patola bahkan mencampurkan dengan buah durian, sehingga rasanya semakin maknyus.

Di kondisi pandemik covid 19 seperti saat ini, GanSis tidak perlu bingung untuk bisa mencicipi kue patola ini. Bagi GanSis yang ingin membuat sendiri kreasi kue patola ini bisa dengan mudah menyiapkan bahan – bahannya dirumah, pembuatannya pun juga cukup mudah dan masih sangat tradisional.


Quote:Bahan air gula merah :

300 ml santan kental, dari 1 butir kelapa parut (untuk gula merah)
150 g gula merah, sisir
2 lembar daun pandan
½ sdt garam

Untuk bahan santan :

400 ml santan cair dari satu butir kelapa parut
2 lembar daun pandan
garam secukupnya


Cara Membuat air gula merah dan santannya :
Semua bahan untuk gula merah di campur, di didihkan. Garamnya dimasukkan ketika air gula agak mendidih, diaduk. Matikan kompornya. Sisihkan.
Ketika agak dingin di saring agar bersih dari kotoran gula merahnya.

Untuk santannya, semua bahan dicampur kecuali garam. Ketika air santannya sudah agak mendidih, garamnya dimasukkan, diaduk. Dimatikan kompornya, disisihkan.

Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola


Quote:BAHAN :

225 g tepung beras
25 g tepung sagu
50 ml santan kental, dari ¼ butir kelapa parut
100 ml air, untuk menguleni
¼ sdt garam
2 sdm air daun suji, untuk pewarna hijau
2 tetes pewarna makanan ( colour food )


CARA MEMBUAT :


Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

1. Perciki tepung beras dan tepung sagu dengan santan. Bungkus dengan kain tipis, padatkan. Kukus di dalam dandang panas selama 10 menit, angkat.

2. Tuang air ke dalam tepung yang sudah dikukus secara bertahap, sambil diuleni hingga adonan kalis (tidak lengket di tangan).

Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

3. Bagi adonan menjadi dua bagian. Tambahkan air daun suji ke dalam satu bagian adonan, aduk rata. Tambahkan pewarna makanan (colour food) warna merah ke dalam sisa adonan, aduk rata.

4. Masukkan adonan dalam cetakan patula. Tekan secukupnya hingga membentuk mie yang bergelung.

Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

5. Ulangi proses yang sama hingga adonan habis. Alasi tiap patula dengan selembar daun pisang beroleskan minyak. Kukus di dalam dandang panas hingga matang (± 15 menit), angkat.

6. Tata patula hijau dan merah di tiap mangkuk saji. Siram dengan air gula merah dan santan.

Sajikan selagi hangat.


Resep patola ini mudah dibuat untuk mengisi kegiatan ketika pandemik corona sedang berlangsung dan bisa juga dijadikan sebagai untuk mencari tambahan uang. Patola ini sangat banyak di cari ketika bulan Ramadhan tiba dan untuk variasi rasa bisa ditambahkan buah durian atau potongan buah mangga. Dengan patola kita juga dapat berkreasi.


Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

Nah bagaimana GanSis? Mudah kan? Silahkan dicoba.

Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola

Selamat menjalankan puasa bagi semua yang menjalankan. Semoga puasa kita tahun ini di terima oleh Allah SWT, Amiin.


Referensi : link I, link II
Gambar link I , link II

Salam Rahayu
@danymarta.


Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 55 lainnya memberi reputasi
56
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 06:18
Pertamax emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 06:33
Enak sepertinya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 27 lainnya memberi reputasi
28 0
28
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 06:40
Quote:Original Posted By pe.rusuh
Pertamax emoticon-Ultah


Selamat loh ya, dicobain juga patolanya om pe
emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 22 lainnya memberi reputasi
23 0
23
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 06:41
Quote:Original Posted By ngejleb
Enak sepertinya...


Bikin mbak din, mumpung sekalian ada resepnya tuh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 06:45
Quote:Original Posted By danymarta.
Bikin mbak din, mumpung sekalian ada resepnya tuh..


Ga ada cetakkan mie ne om dandan...
Next klu sdh bisa keluar..save dulu resep ne..
Suwun
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 27 lainnya memberi reputasi
28 0
28
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 07:13
Quote:Original Posted By danymarta.
Selamat loh ya, dicobain juga patolanya om pe
emoticon-Angel


Enak patolanya, kudu dicobain nih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:15
Quote:Original Posted By ngejleb
Ga ada cetakkan mie ne om dandan...
Next klu sdh bisa keluar..save dulu resep ne..
Suwun
emoticon-2 Jempol


Hmm pake yang plastik buat ngehias kue tart itu juga bisa mbak, asal kalo gunting lobang bawahnya jangan besar2, kecil wae
emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:16
Quote:Original Posted By pe.rusuh
Enak patolanya, kudu dicobain nih emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Ndek pasar sek enek ketok e yo om, mbuh sih lek ndek kunu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:17
kemaluan series ijin siram cendol dan numpang di pejwan emoticon-Siap Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:33
Quote:Original Posted By danymarta.
Ndek pasar sek enek ketok e yo om, mbuh sih lek ndek kunu emoticon-Big Grin


Koyone rung tau nemu om emoticon-Thinking
Kudu gawe dewe nek ngunu emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:33
Quote:Original Posted By dadanggalau
kemaluan series ijin siram cendol dan numpang di pejwan emoticon-Siap Gan


Sip om dadang, kalo berkenan batain id ku juga emoticon-Malu
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:38
Bentuknya mirip kerupuk ya emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:38
Done emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:56
Quote:Original Posted By dadanggalau
kemaluan series ijin siram cendol dan numpang di pejwan emoticon-Siap Gan


Siap om, sumonggo
emoticon-Monggo


Makasih loh emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:56
Quote:Original Posted By adorazoelev
Bentuknya mirip kerupuk ya emoticon-Malu


Kek krupuk kering emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 08:57
Quote:Original Posted By pe.rusuh
Koyone rung tau nemu om emoticon-Thinking
Kudu gawe dewe nek ngunu emoticon-Belo


Yo ndang gawe om, aku engkok tak incip2 yak emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 09:04
Quote:Original Posted By danymarta.
Kek krupuk kering emoticon-Leh Uga

Kerupuk + sambel emoticon-Genitemoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 09:04
Quote:Original Posted By danymarta.
Yo ndang gawe om, aku engkok tak incip2 yak emoticon-Belo


Engko nek dadi om, rung tau gawe iki emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 09:41
makanan legend wajib di cendolin... eh cobain...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Legendaris dan Unik! Jajanan Tradisional Patola
15-05-2020 09:44
Quote:Original Posted By adorazoelev
Kerupuk + sambel emoticon-Genitemoticon-Genit


Naknan emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia