Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebcdc24c342bb156d28d34f/hamamusuh-utama-petani-kita
Agan sista...sekedar berbagi pengetahuan aja yah? Boleh kan? Ane ingin berbagi pengetahuan tentang hama yang sangat dibenci oleh petani. Dibenci, karena sangat merugikan para petani. Ane coba mengurutkannya ya gan/sist. Tapi ini versi ane lho ya... Berikut barisan mantan...ups...barisan hama maksud ane :ngakak
Lapor Hansip
14-05-2020 12:50

HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Agan sista...sekedar berbagi pengetahuan aja yah?
Boleh kan?

Ane ingin berbagi pengetahuan tentang hama yang sangat dibenci oleh petani.
Dibenci, karena sangat merugikan para petani. Ane coba mengurutkannya ya gan/sist.
Tapi ini versi ane lho ya...

Berikut barisan mantan...ups...barisan hama maksud ane emoticon-Ngakak

1. KEONG EMAS

HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA

Biarpun namanya keong emas, tapi ga.laku dijual sebagai perhiasan lho...emoticon-Blue Guy Bata (L)
Keong emas berbeda dengan keong sawah yang berwarna hitam.
Keong emas ini merupakan musuh pertama petani, karena hewan ini menyerang saat tanaman padi masih muda.
Hewan ini bisa menghabiskan tanaman padi satu kotak sawah dalam semalam saja.
Makanya petani sangat membencinya karena sangat merugikan.

2. TIKUS

HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA

Hama yang sangat familiar. Karena di rumah juga banyak.
Tikus ini menyerang tanaman tidak pakai perhitungan waktu.
Dari tempat persemaian, tanaman muda, hingga waktu tanaman padi bunting.
Bisa menghabiskan tanaman sekotak sawah dan biasanya disisakan tanaman yang di pinggir.
Bisa menyebabkan gagal panen.

3. WERENG

HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA

Ini juga sangat parah. Jika musim wereng, tanaman padi cepat sekali menguning dan mati. Biasanya menyerang pada sawah yang banyak airnya, dan sudah berbuah.
Bisa merusakkan padi, hingga gagal panen.

4. WALANG SANGIT

HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA

Memyerang saat buah padi masih muda. Hewan ini menyedot cairan pda bulir padi yang masih muda.
Bulir padi yang sudah disedot, otomatis menjadi koaong, tak berisi lagi.

5. SUNDEP

HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA

Disebut juga penggerek batang.
Jika terkena hama ini, maka pucuk tanaman padi baru (pupusnya), akan mengering.
Jikapun keluar bulir padinya, maka bulir padi kosong.
Pencrgahan harus dilakukan semenjak bibit padi.

6. BURUNG PIPIT

HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA

Burungnya lucu, tapi kalau padi sudah menguning, datang satu kompi memakan padi tersebut.
Untung gampang diusir, sehingga tidak terlalu merugikan.

Nah, itulah hama yang dibenci oleh para petani. Ada slogan dari para petani yang mengatakan:
Quote:Sebelum padi sampai di rumah, kita belum panen.

Karena di sawah banyak hama yang kadang tidak terprediksi dan bisa menggagalkan panen.

Jadi, jangan dikira jadi petani itu enak ya...
Banyak masalah juga kan?

Gambar diambil dari: Google.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makgendhis dan 25 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
14-05-2020 13:11
jadi kepingin sate keong kan. ts tanggung jawab dong emoticon-Kemana TSnya?
profile-picture
profile-picture
LadiessMan217 dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
18-05-2020 00:00
Mungkin disebut hama karena keseimbangan alam yang sudah mulai tidak seimbang..
1. Perburuan hewan2 predator secara berlebihan (Ular, Belut, Burung Hantu, Biawak) sebagai predator utama tikus atau keong

2. Penggunaan Insektisida, yg justru juga membunuh serangga2 predator dari serangga2 yg menjadi hama. Termasuk hewan pemangsa serangga yg habitatnya semakin rusak seperti kelelawar dan burung walet atau seriti

3. Bermutasinya serangga2 hama thd insektisida dan pupuk kimia yg justru menambah masalah semakin sulit

4. Penanaman berselang antar musim antara padi dan palawija.
Diubah oleh m0buh41
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jauhmengelana89 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
18-05-2020 02:00
memang bner klu lg musin hama petani rugi besar2an gan sis, mending msih bsa pnen lbih awal malah kdang sma sekali g bsa panen petaniny
profile-picture
profile-picture
jauhmengelana89 dan beqichot memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
18-05-2020 03:02
emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ApiWinong dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
18-05-2020 10:20
selain itu harga yg tak bersahabat jg musuh utama petanj gan
profile-picture
beqichot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
18-05-2020 16:25
yg bahaya sundep wereng ini sih karna bisa mati padinya klon kena ini hama. kebetulan daerah ane ada area persawahan luas jdnya udh hafal sm kek beginian. klo musim ini yg bikin resah petani sih tikus sm keong sih. keong banyak bgt tuh
profile-picture
beqichot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
18-05-2020 16:42
nyimak aja gan
profile-picture
beqichot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
19-05-2020 12:57
musuh abadi para petani ini sih.. dimanapun tempatnya pasti musuhnya sama aja wkwk
profile-picture
beqichot memberi reputasi
1 0
1
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
19-05-2020 14:43
yap betul banyak hama yang merugikan dari pihak petaninya
profile-picture
beqichot memberi reputasi
1 0
1
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
19-05-2020 15:18
itu burung Gereja bukan bukan burung Pipit
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan beqichot memberi reputasi
2 0
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
19-05-2020 21:51
iyaa bener sih ini menggelikan sekali
profile-picture
beqichot memberi reputasi
1 0
1
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
31-07-2020 23:20
kasian sih petani2 yang harus berjuang lawan hama2 yang rusakin taneman2nya giniemoticon-Frown pengusir hama juga ga baik buat d konsumsi ya
profile-picture
beqichot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
07-03-2021 22:15
Kalau burung pipit di tangkepin terus di goreng gan asli gurih banget haha
0 0
0
HAMA....MUSUH UTAMA PETANI KITA
19-07-2021 12:11
om beqichot petanikah? pantes hobinya di sawah mulu main sm padi emoticon-Bingung

kapan2 ndis main ke sawah om ya emoticon-Malu
Diubah oleh makgendhis
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Anime & Manga Haven
daya-tarik-tokyo-revenger
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia