Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
7
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebb8ff98d94d0560210b081/wajarkah-berat-badan-sista-naik-saat-pms-datang
Menjelang menstruasi, seringkali wanita mengeluh mengenai berbagai gejala premenstrual syndrome (PMS). Mulai dari mood swings, perut kram dan begah, nyeri payudara, ngidam makanan tertentu, hingga naik berat badan. Namun, benarkah berat badan naik bisa terjadi saat PMS atau hal ini hanya disebabkan pola makan Sista sehari-hari? Beragam kemungkinan penyebab berat badan naik saat PMS
Lapor Hansip
13-05-2020 13:13

Wajarkah Berat Badan Sista Naik Saat PMS Datang?

Past Hot Thread
Wajarkah Berat Badan Sista Naik Saat PMS Datang?

Menjelang menstruasi, seringkali wanita mengeluh mengenai berbagai gejala premenstrual syndrome (PMS). Mulai dari mood swings, perut kram dan begah, nyeri payudara, ngidam makanan tertentu, hingga naik berat badan. Namun, benarkah berat badan naik bisa terjadi saat PMS atau hal ini hanya disebabkan pola makan Sista sehari-hari?

Beragam kemungkinan penyebab berat badan naik saat PMS

Fase PMS ditandai oleh kadar hormon progesteron yang mengalami peningkatan, sementara hormon estrogen mengalami penurunan, Sista. Hal ini menyebabkan berbagai gejala fisiologis dan gejala PMS. Biasanya gejala tersebut mulai terasa sekitar 7-10 hari sebelum hari pertama menstruasi, dan mereda dalam 1-2 hari setelah haid mulai.

Berat badan naik saat PMS merupakan hal yang wajar dan sangat mungkin terjadi. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

1. Penumpukan cairan

Tubuh wanita memang sangat unik dan luar biasa. Setiap bulannya selalu melewati berbagai siklus hormonal yang menyebabkan komposisi tubuh selalu berubah-ubah.

Selama PMS, tubuh menyesuaikan diri dengan terus menahan cairan di dalam sel tubuh. Akibatnya, berat badan air pun bertambah.

Kenaikan berat badan air biasanya ditandai dengan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, walaupun tidak terlalu jelas terlihat. Sista juga mungkin mengalami perut yang terasa begah.

2. Perubahan nafsu makan

Asupan energi Sista juga akan selalu naik dan turun seiring dengan siklus menstruasi. Menurut berbagai penelitian, asupan energi paling rendah cenderung terjadi saat masa ovulasi dan paling tinggi pada fase PMS yang didominasi hormon progesteron.

Hormon progesteron juga meningkatkan penggunaan energi tubuh, sebagai kompensasinya tubuh lebih banyak makan, dan akhirnya menyebabkan berat badan naik saat PMS.

Sebaliknya, hormon estrogen memiliki sifat anoreksigenik atau meregulasi saluran cerna dengan cara menghambat kontrol saraf untuk nafsu makan, mengurangi kuantitas makanan per waktu makan, dan meningkatkan level rasa kenyang.

Pada fase pra-menstruasi, hormon estrogen kadarnya sangat rendah sebagai kebalikan dari progesteron yang melonjak tinggi. Akibatnya, nafsu makan akan lebih tinggi dari biasanya, sehingga dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Cenderung makan karbohidrat tinggi



Hormon serotonin dalam tubuh wanita berperan penting dalam gejala fisiologis dan psikologis selama PMS, terutama dalam perubahan mood dan kontrol nafsu makan. Serotonin ternyata juga berkaitan dengan kontrol otak dalam menentukan pola makan dan komposisi diet. 


Selama masa pra-menstruasi, kadar serotonin cenderung rendah, sehingga menyebabkan wanita lebih rentan mengalami depresi dan makan makanan lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, tubuh juga akan cenderung menginginkan jenis makanan tertentu yaitu karbohidrat yang bertujuan untuk meningkatkan kadar serotonin dalam otak. 

Dengan kata lain, dorongan untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat yang tinggi merupakan mekanisme adaptif tubuh untuk mengompensasi kadar serotonin yang rendah pada masa pra-menstruasi, sekaligus menjadi bentuk upaya tubuh untuk meningkatkan mood.

Food Craving

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa wanita saat PMS memiliki frekuensi food craving yang lebih sering disertai depresi yang lebih intens. Jenis makanan yang diinginkan pun cenderung yang ‘enak-enak’ seperti makan makanan manis dan berlemak. Itulah alasan berat badan naik saat mengalami PMS, Sista!


Namun, selain faktor hormonal dan kecenderungan food craving di atas. Faktor apa saja sih yang juga bisa mempengaruhi kenaikan berat badan di masa PMS? Lalu, bisakah kenaikan berat badan itu dicegah? 

Yuk, ketahui selengkapnya di sini: https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-kewanitaan/berat-badan-naik-saat-pms/ 






profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Wajarkah Berat Badan Sista Naik Saat PMS Datang?
13-05-2020 19:38
bener banget si emangg cenderung meningkat tuh krn makan karbo mulu, ane jg jd seneng makan coklat wkwkwkw
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
1 0
1
Wajarkah Berat Badan Sista Naik Saat PMS Datang?
15-05-2020 23:07
Apa iya gitu? ane nggak begitu memperhatikan sih, yang jelas sih kalau pas PMS itu jadi sensian, kalau nafsu makan bertambah dan suka makanan manis dan berlemak nggak begitu ane perhatiin sih..
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
1 0
1
Wajarkah Berat Badan Sista Naik Saat PMS Datang?
16-05-2020 11:36
ane merasa kalo pms perut pasti agak membesar kayak buncit gituuu
0 0
0
Wajarkah Berat Badan Sista Naik Saat PMS Datang?
17-05-2020 21:56
gue bgt ni.. kalo lg pms laper mulu tapi kalo dah selesai mlah gk doyan mkan
0 0
0
Wajarkah Berat Badan Sista Naik Saat PMS Datang?
18-05-2020 10:26
kayaknya wajar dan justru kalau terlalu dipikirkan bisa jadi stres ga sih sis
0 0
0
Wajarkah Berat Badan Sista Naik Saat PMS Datang?
28-05-2020 20:56
ane susah banget mau nambahin berat badan
0 0
0
Wajarkah Berat Badan Sista Naik Saat PMS Datang?
29-05-2020 17:30
kasian banget cewe udah kesiksa waktu pms, batinnya juga kesiksa karena bb nya nambah, yang sabar ya emoticon-Mewek
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia