News
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4aa8f337f934e7f37239f/transportasi-boleh-beroperasi-ngabalin-keputusan-resminya-dilarang-mudik
Suara.com - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menegaskan pemerintah tetap melarang masyarakat mudik ke kampung halaman saat pandemi Covid-19, meski transportasi mulai beroperasi kembali. "Kalau mudik itu atau pulang kampung, itu tidak ada perubahan sama sekali keputusannya resmi dilarang mudik," ujar Ngabalin saat dihubungi Suara.com pada Kamis (7/5/2020).
Lapor Hansip
08-05-2020 07:40

Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik

Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik

Suara.com - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menegaskan pemerintah tetap melarang masyarakat mudik ke kampung halaman saat pandemi Covid-19, meski transportasi mulai beroperasi kembali.

"Kalau mudik itu atau pulang kampung, itu tidak ada perubahan sama sekali keputusannya resmi dilarang mudik," ujar Ngabalin saat dihubungi Suara.com pada Kamis (7/5/2020).

Pernyataan Ngabalin tersebut menanggapi adanya kekhawatiran membludaknya warga di rumah sakit, karena aturan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang kembali mengizinkan transportasi beroperasi.

Kata Ngabalin, aturan tersebut sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang melarang masyarakat mudik untuk memutus penyebaran Covid-19.

"Pak Presiden mengumumkan untuk dilarang, tidak boleh ada orang keluar dari Jakarta. Ini tanpa alasan, karena itu akan menyebarkan virus," ucap dia.

Ngabalin menuturkan, berdasarkan Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19,
penumpang yang diperbolehkan bepergian sesuai kriteria dalam SE Gugus Tugas

Dalam SE disebutkan, kriteria pengecualian bepergian dengan transportasi bagi orang-orang yang memiliki melakukan kegiatan yang berhubungan dengan penanganan Covid-19.

Kategori pertama yakni orang-orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan kegiatan seperti: pelayanan percepatan penanganan Covid-19, pelayanan pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum, pelayanan kesehatan, pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan pendukung layanan dasar dan pelayanan fungsi ekonomi penting.

Kemudian kategori kedua yakni perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia.

Dan ketiga Repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), WNI, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal, sesuai ketentuan yang berlaku.

"Ini penting, supaya nanti karena beberapa yang di-framing itu memberikan tidak bagus, framing nggak bagus. Sehingga memberikan kesan, seakan-akan pemerintah membuka kembali, ini sama sekali tidak ada. Sudah ditegaskan oleh pemerintah, dalam hal ini adalah ketua Gugus Tugas, karena semua ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ucap dia.

Kebijakan dibukanya transportasi umum, kata Ngabalin, juga dilakukan dengan protokol yang ketat. Sehingga hanya kriteria-kriteria tertentu yang bisa menggunakan transportasi umum. Namun ia nenegaskan pemerintah tetap melarang meski transportasi umum diizinkan kembali beroperasi.

"Pelayanan terhadap pertahanan keamanan dan ketertiban umum kesehatan bagi mereka yang bekerja kemudian mendistribusikan kebutuhan-kebutuhan dasar yang mendukung layanan penyelesaian percepatan covid-19. Kemudian pelayanan fungsi-fungsi penting lah," ucap dia.

Ngabalin menceritakan kendala beberapa profesor yang tak bisa mendatangi laboratorium-laboratorium saat menangani Covid-19.

"Ada beberapa profesor yang kemarin juga perlu di daerah beberap laboratorium terhalang tuh, sementara mereka ahli dalam bidang itu dan harus datang ke laboratorium untuk membuka pergeseran pada medis untuk ini dan itu dan sebagainya. Ini kan butuh aturan-aturan yang khusus karena itu memang diberikan pengecualian seperti yang disampaikan oleh gugus tugas," katanya.

https://www.suara.com/news/2020/05/0...dilarang-mudik




Never cared for what they say
Never cared for games they play
Never cared for what they do
Never cared for what they know
And I know, yeah!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 07:42
Semakin plin-plan saja! emoticon-Wkwkwk

Jadi bagaimana ini boleh mudik atau enggak?
Transportasi dibuka enggak?

emoticon-Wakaka
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 07:47
So close no matter how far..emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 07:53

Life is ours, we live it our way..
All these words i don't just say..
N nothing else matters


emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 07:54
plonga plongo moment emoticon-Bingung
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 07:59
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Kalau transportasinya dikhususkan untuk:
- penyelenggara percepatan penganganan covid, penyelenggara keamanan, dll.
- pasien atau keluarga pasien
- migran dari luar

berarti bukan lagi transportasi umum dong
transportasi umum harusnya tetep dilarang beroperasi
yang beroperasi itu transportasi khusus, khusus untuk melayani kategori di atas.

Bukan begitu, pak ngadalin eh ngabalin?
emoticon-Bingung
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 08:07
tuan komisaris msh blm nempati posisi ya emoticon-Big Grin
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 08:12
Lucunya negeriku
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 08:13
plongo kun
...
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 08:33
makin ngeri ama strategi pemerintah

btw untung siapa ya
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 08:34
Katanya pulang kampung ga dilarang...





Hadeeeeh.....




emoticon-Cape d...
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 08:37
gila rakyat lagi menderita dibuat resah dgn keputusan ga jelas
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 08:38
Intinya kalo ente pindah lokasi cuman bawa penyakit dan beban bagi daerah yg didatengin
Mending kagak usah....


Kecuali ente ke daerah tersebut buat urusan bisnis
Ekonomi harus terus bergerak...
Risiko pasti ada
Kita minimalisir dengan tetap pake masker, jaga jarak, dsb


Gitu kali ya emoticon-Big Grin
Diubah oleh xrm
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 08:53
tolol gak sih? emoticon-Big Grin
profile-picture
cekingsS memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 08:58
pemerintahan kita kok kaya kepulauan ya, beda pulau beda kebijakan, beda kemauan, beda pendapat
profile-picture
cekingsS memberi reputasi
0 1
-1
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 09:01
metalica cuy....ni banyak aki aki disini ternyata
emoticon-Wakaka
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 09:35
bikin bingung..
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 10:06
Pulang kampung boleh kok. .. emoticon-Traveller
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 10:08
Blablablabla

Ga jelas blas
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 10:18
pak ngabalin kagak paham karakter yang ada di masyarakat?

di masyarakat, ada orang orang yang mengejar celah, yakni kata "boleh" nya itu.
sekali dapat kata "boleh" maka segala syarat dan aturan bisa rawan diakali.

harusnya sejak awal bilang. sejak awal disosialisasi sebelum berlakukan larangan mudik agar semua lapisan masyarakat tahu, tidak bingung dan poinnya tidak terpotong potong

kalau sekarang bilang, kan jadi terpotong potong infonya
0 0
0
Transportasi Boleh Beroperasi, Ngabalin: Keputusan Resminya Dilarang Mudik
08-05-2020 10:35
Plongonojutsu neh emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia