Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
31
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea9562a8d94d07f5161035e/misteri-makam-belanda-quotkerkhof-istana-landaquot
Selamat Sore, kembali lagi bersama ane gan, SarnoXcode masih dalam tajuk misteri.. :takut Jadi kalau agan-agan senantias nyimakn thread ane sebelumnya pasti gak bakalan asing lagi dengan tempat pemakaman belanda "Kerkhof". Singkat cerita, ane mampir kesana karena udah lama banget gak kesana dan memang jauh jauh hari udh niat mau bikin video disana gan, paas pertama kali sampe, kaget lah
Lapor Hansip
29-04-2020 17:25

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

icon-verified-thread
Selamat Sore,
kembali lagi bersama ane gan, SarnoXcode masih dalam tajuk misteri.. emoticon-Takut

Jadi kalau agan-agan senantias nyimakn thread ane sebelumnya pasti gak bakalan asing lagi dengan tempat pemakaman belanda "Kerkhof".

Singkat cerita, ane mampir kesana karena udah lama banget gak kesana dan memang jauh jauh hari udh niat mau bikin video disana gan, paas pertama kali sampe, kaget lah suasananya udh gk seserem dulu, sekaarng udah jembar (terang)
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

Setelah keliling keliling akhirnya ane putusin buat ambil momen di salah satu makam bernomor 43, ukurnya besar. Sekedar berbagi informasi aja gan, mohon pencerahan kalau salah. Jadi kerkhof ini dibangun sekitar tahun 1800-an, lebih tepatnya 1865 (berdasarkan tanggal meninggalnya yang tertera di makam tertua disini), waarga lokal nyebutnya Kerkhof "Istana Landa", dimana sekarang sudah dijaadikan cagar budaya berupa situs, jaadi hutan kota makanya terawat. Makam ini dibuat untuk para pekerja atau pegawai Pabrik gulaa Bodjong pada jaman dulu gan, untuk sekarng Pabriknya udah gak ada, tapi masih ad bekas lori buat angkut tebu nya.
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

Tapi sangat disayangkan banyak nisan yang hilang. Pada masa kolonial dlu infonya batu batu nisan itu didatangkan dri Coromandel, jadi dihiasi pahatan lambang keluaarga yang ad ornamen bingkai bunga, tapi tidak semuanya ada pahatan itu. Kebanyaakan nisan terbuat dari marmer putih yang berisi tulisn yang tidurn di makam itu. Untuk makam tertua disini aada 2 gaan, namanya A.J Vincent sama Claodine Van Hook. Sekilas namanya mirip sama pemain Tonight Show. emoticon-Takut

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
Foto di atas ane ini, ane duduk di tugu prsaasti makam bayi gan, namanya Wilhemine Hoft lahir 1893 meninggalnya 1894, kemungkinan dia sakit meninggalny, makanya dibuaat berbeda dengan yang lain , cuma ya itu lubang bekas marmernya ilang mungkin dulunya ada fotonya disitu, tertulis nomor 69. Ane sempet ambil video di lokasi itu, tapi keren nya si anak ngikut sampai rumah ane, dan terekam suaranya di video. Lanjuttttttt ke kuburan....

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
Foto atas ane itu tempat paling sering munculnya Tante kunti melaayang gan, duku banyak pohon bambu kuning, ilalang, kapuk raandu, jadi serem..kebanyakan tukang becak, atau yaang suka trek trekan yaang diliatin, sama yang suka mabok mabokam disitu, palingan cuma ketawa aja dia sambil melayang. Ane pernah liat si tante dulu paas SMA, kebetulan ujian akhir nassional ane gaak belajar, ane main ke kuburan itu, disana ada bangunan kecil mirip gereja, mungkin dulunyaa buat tempat disemayaamkan jenazah sebelum dikubur. Disitu kuntinya ngelayang, ane merinding kabur karena sore gan gelap...Tapi perlu agan taahu yaa, menurut catatn sejarah Tata upacaaraa pemakaman bisanya dilakukan setelah jam 6 malam, bagi orng Belanda itu merupakan suatu kegungan kalau penguburan dilakukan di kala matahari sudah terbenam. Mungkin orang belanda dulu penikmat senja...
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

Tapi kuntilanak sama pocong mah udh biasa kan gan di tempat gitun, apalagi genderuwo..yang spesial dari makam ini itu kemunculan nona belanda gan, sama tuan belanda istilah orang sini itu "Nyonyaeh", dengan gaun khas kolonial kulit putih, dan pakai payung, tapi jujur ane belum sempet ngeliat. Makanya ane rencana mau kesana malam malam, aambil video setengah jam muter lagu kolonial sapa tahu mereka mau sapa kita. Menurut petani di samping kuburan yang oernah ane tanya, biasanya maghrib mereka kayak jalan gitu, serem tapi katanya udah biasa jadingak ganggu...
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

Yang lebih serem lagi, penampakan ular gede taapi buntet, buntung gak ada ekor, segede pohon kelapa. Banyak yang udah diliatin, di dlem situ jaman dulunya, dan ane pun pernah ngerasa. Jadi singkat cerita pas ane duduk di atas kuburan, sambil gegoleran sesekali itu denger kayak suara gerakan di sela sela rumput gajah, dulu rumputnya tinggi tinggi, dan ditaambah gerakan daunya itu, aane kaaget lah...makin lama kok makin deket...keliatan lah palanya item..ane langsung lari bawa sepeda ane. Tukang arit cari rumput juga pernah aada yang diliatin gan....
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

Foto di ataas lokaasi favorit ane rebahan, dan sering diliatin gan, tapi ane mah gak kapok maen kesitu, tenang soalnyaa. Makanya kemren ane mutusin buat ambil video disitu buat kenang kenangan terus ane masukin Youtube..

Rencana ane besok malam, insyaAllah ane mau ke kuburan belanda itu gan, ane bawain bunga sama lilin buat Bayi Wilhelmine, soalnya ane udah janji mau kesitu lagi buat baawain dia boneka ama bunga, nanti aane coba taruh kamera ngadep ane sama ane pegang satu, setengah jam cukuplah jam 12 malam disitu sendiri. Semoga bisa ketemu, ane puterin juga lagu kolonial biar mereka nostalgia jin yang disitu. emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut


Sekian dari ane gan, maaf kalau blepotan ngetik di hp, semoga bisa nemenin agan semuanya sambil nunggu beduk maghrib. Semua cerita ane, ane buat di youtube juga, sapa tahu mau mampir di youtube channel : SarnoXcode


Makasih agan agan, yang udah kasih cendol sebelumnya, green bar nya jadi dua..alhamdulillah....

Sampai ketemu besok..Bersambung...


UPDATE MALAM HARI

Jadi semalam ane pergi ke tuh makam gan, buat nyalain lilin buat Baby Wilhelmine...sekalian aja ane foto foto disitu yak, tapi blur. Gaak tahu kenapa jadi blur, mungkin pencahayaan kurang jadi maaf yeh

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

ane taruh lilin di prasastiny Baby Wil, jangan bully TS yah...TS mukanya kayak gaarong soalnya. Tadinya mau bawa boneka minimal boneka Annabelle tapi lupa, pake lilin aja. Gak lupa juga pake lotion anti "lemud" biar gak digigit nyamuk stress.

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

dari yang namanya bau wangi, bau rempah, bau badan, suara anak kecil, suara burung, suara hati, suara buruh kayak aane itu ada disini semuanya gan, tapi ane berusahaa positif thinking. Ane rencana awalnyaa pengin tidur disitu bawa bantal, kan lumayan semriwing kalau kata orang.

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

semalam ada yaang terbang di antaraa pepohonan, tapi pas ane rekam gak dapet. Kenapa aane coba foto atau rekam, ntar No PiC ,Hoax....kan gaak lucu..makanya ane coba ambil gambar terus. Mau uji nyali, nyali ane ciut gak sebesar orang orang...emoticon-Takut

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

ane foto di depan makam no 42, yang dulunyaa banyak penampakan kuntilanak di atasnya. Dulu pintu masuk mah tepat di depan makam itu, keren pintu masuknya mah...sekarang lebih rapi aja si, cuma pintu masuk aslinya udah gaak ada. Jangan bully ane karena ane lebih serem dari setan ya gan...emoticon-Takut

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

ane sempet rebahan disini gan, melepas lelah. Makam faavorit ane gan, soalnya luas dan bersih.

Jaadi intinya gini gan, ane bukan mau ganggu mereka, kita pun suatu saat nanti akan di posisi mereka. Pola pikir manusia yang negatif terkadang justru jadi pondasi halusinasi....mudeng??ahhhhh....

kenapaa ane berani kesitu sendiri, karenaa menurut ane, ane gak macem macem, ane tetep tenang, berpikir positif, melatih diri buat gak panik. Coba deh agan agan bayangin atau mungkin pernah rasain. Kalau di kampung main petak umpet, emang milih milih tempt?kalau udah namanya main mah mau sembunyi di pohon,rumah angker juga ayok...gak takut karena kita pas main gak mikir negatif...Sama halnya kalau agan diliatin sosok. Yakin itu makhluk halus?jangan sampai mereka marah karena di dzolimi, difitnah terus sama manusia...emoticon-Takut

ketika agaan melewati tempat sepi, dirumah sendirian, tempt angker, agan taakut...otomatis mikir macem macem dong..akhirnya ketakutan itu mengirimkan rangsangan ke otak untuk mulai berhalusinasi, sorot lampu, pantulan lamph, bayangan dari sorot lampu, dipikirnya macem macem...karena kitaa udah mikir negatif duluan. Untuk mengatasi rasa takut itu ya dengan berpikir positif, tetap tenang. Apa itu membantu?sangat membantu..

Kalau diliatin beneran di depan mata langsung ilang, ya itu bonus. Tidak setiap bonus itu menyenangkan, traumaa mungkin karen kebayang terus. Sama halnyaa mantan, kalau kitaa gak berpikir tentang mantan, pasti hati kita tenang, cobaa kalau kepikiran mantan, sama halnya agan berhalusinasi liat setan...mantan kan setan gan...

Kuntilanak, pocong, genderuwo, pasti punyaa kehidupan masing masing disaana, mungkin juga mereka takut kalau sampai ketauan sama kita..takut jadi duit..Tapi jujur ane penasaran sama noni belande, kakak ane kandung, pernah dilitain di belik atau kolam di belakang bangunan situ gaan, katanya pake baju merah dan kakak ane lupa namanya siapa. Semalam ane penasaran lah, coba kebelakang bangunan situ, udah sampe bangunan ane urungkan niat ke belik itu...atut emoticon-Takut ....atut ada uler, soalnya baanyaak banget ulernya di rawa itu.. besok coba ane taruh kamera disitu buat mastiin adaa penampakan gak,...

buat Baby Wilhelmine tetep jadi favorit ane gan...

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"

udahlah, next ane mau coba bawain boneka buat Baby Wil sapa tahu suka... satu lagi gan, ane pengin ketemu noni belanda semoga besok bisa ketemu..


makasih agan semuanya, semogaa bisaa membuat hari ini semakin berkah

maaf update ane berantakan..
salam jempol kejepit nisan emoticon-Takut
Diubah oleh nug.febri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 22 lainnya memberi reputasi
21
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
29-04-2020 17:26
Mantap nih buat lokasi foto pre wed...
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
profile-picture
profile-picture
nug.febri dan rayhanpahlevi27 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
29-04-2020 17:47
baca ntar malam biar seru 😴😴😴
profile-picture
profile-picture
nug.febri dan rayhanpahlevi27 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
29-04-2020 19:13
Yg mana sih setannya?
Yg ini?

emoticon-Bingung

[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
profile-picture
profile-picture
nug.febri dan rayhanpahlevi27 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
29-04-2020 20:26
Yang penting mereka gak ganggu aja si, gan
profile-picture
profile-picture
bimahanif27 dan nug.febri memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
29-04-2020 21:27
Kirain itu yang pake topeng serigala patung doang wkwk ternyata agan ya
profile-picture
nug.febri memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
29-04-2020 21:55
Tarik pusaka sob kan lumayan dapat koin voc emoticon-Leh Uga
profile-picture
nug.febri memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Misteri] Makam Belanda "Kerkhof Istana Landa"
29-04-2020 22:25
Manteb gan makin banyak yucuber kemari ini nantinya hehe
profile-picture
nug.febri memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia