News
Batal
KATEGORI
link has been copied
26
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea77b97eaab2575ba4edf71/jeritan-pedagang-kaki-lima-saat-mudik-dilarang-karena-corona
Matahari sudah di atas kepala tapi tisu dan masker dagangan Hasanudin belum laku satupun. Dia duduk termenung di trotoar sambil menatap terminal bayangan Pasar Rebo yang sunyi lantaran dampak corona. Hasanudin masih ingat betul betapa menggembirakannya bulan Ramadan tahun lalu. Dagangannya selalu ludes dibeli para pemudik yang hendak berangkat dari terminal bayangan itu. Terminal bayangan Pasar R
Lapor Hansip
28-04-2020 07:40

Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona

Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona

Matahari sudah di atas kepala tapi tisu dan masker dagangan Hasanudin belum laku satupun. Dia duduk termenung di trotoar sambil menatap terminal bayangan Pasar Rebo yang sunyi lantaran dampak corona.

Hasanudin masih ingat betul betapa menggembirakannya bulan Ramadan tahun lalu. Dagangannya selalu ludes dibeli para pemudik yang hendak berangkat dari terminal bayangan itu.

Terminal bayangan Pasar Rebo jadi favorit pemudik karena melayani berbagai jurusan, mulai dari Garut di Jawa Barat hingga Ponorogo di timur Pulau Jawa. Ribuan orang pemudik berangkat dari terminal ini setiap tahunnya.

Keramaian itu membawa berkah bagi PKL seperti Hasanudin. Ia bisa mengantongi Rp300 ribu hingga Rp400 ribu setiap hari. Namun kisah manis itu tampaknya tak terulang di Ramadan kali ini.

"Bagaimana lagi begini. Karena dilarang, mudik sudah enggak ada. Dulu mahsebelum corona, kalau puasa alhamdulillah," ucap Hasanudin saat ditemui CNNIndonesia.com di terminal bayangan Pasar Rebo, Jakarta, Senin (27/4).

Pria paruh baya itu bilang kini hasil penjualan tisu dan masker habis untuk mengganti modal. Hanya Rp15 ribu yang ia kantongi setiap harinya.

Sementara kontrakan di kawasan Cawang seharga Rp250 ribu per bulan tak bisa ditunda pembayarannya. Begitu juga kehidupan dua anaknya yang masih kecil.

"Ya, sekarang yang penting bisa makan dulu anak-anak. Kontrakan saya minta bayar bulan depan, mudah-mudahan cepet kelar dah," kata Hasanudin memanjat harap.

Pedagang lainnya, Lina, juga mengeluhkan hal yang sama. Sehari-hari ia berdagang kopi dan minuman dingin di sekitar terminal bayangan Pasar Rebo.

Perempuan asal Semarang itu kini hanya bisa mengantongi pendapatan bersih sekitar Rp30 ribu per hari karena terminal semakin sepi.

"Sekarang kan yang lewat bus dalam kota saja, sudah enggak boleh yang buat mudik. Paling satu bus cuma lima orang. Sepi," ucap Lina kepada CNNIndonesia.com.

Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona

Sepinya penumpang berdampak pada penghasilan para PKL. (CNNIndonesia/Dhio Faiz

Lina bilang biasanya kalau Ramadan, ia dan suami mulai mencicil untuk biaya pulang kampung. Mereka biasa memanfaatkan momen lebaran untuk menyapa tiga anak mereka yang masih kecil di kampung halaman.

Namun ia ragu kali ini. Sebab pemasukannya dan suami menurun drastis di masa krisis corona. Suami Lina biasanya menjadi kuli panggul di Pasar Induk Kramatjati. Penghasilannya anjlok dari Rp300 ribu per hari menjadi Rp60 ribu per hari.

Lihat juga:

 3 Hari Larangan Mudik, 4.041 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

"Biasanya tiket bus Rp300 ribu per orang. Ini enggak tahu deh pulang apa enggak, kebanyakan keluarnya daripada masuknya," ucap Lina sambil tertawa.

Pemerintah telah menetapkan larangan mudik untuk Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah. Larangan itu mulai diterapkan pada Jumat (24/4) dengan penerapan sanksi mulai Kamis (7/5). (jun)


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...-karena-corona

ITULAH MENGAPA KITA DIAJARKAN MENABUNG SEDARI KECIL

SEWAKTU2 ADA HAL YG TAK DIINGINKAN PUNYA BEKAL PERSIAPAN

JIKA DAGANG LARIS, JGN BERLAKU MEWAH

SIMPAN BUAT MASA DEPAN

KRN MAU MENYALAHKAN SIAPA?

SEMUA UDAH TERJADI

TINGGAL KELAPARAN DIDEPAN MATA
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 07:49
emoticon-Mewek
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 08:03
"Ana fengen fulang tafi
ga funya nyali gan"


Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
01am dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 08:13
Quote:Original Posted By nevertalk
emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By muscle.maniac
"Ana fengen fulang tafi
ga funya nyali gan"


Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona


Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona

profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 08:20
emoticon-Imlek gak usah lebay ah, gue anak pasar, jgn dikira PKL itu susah hidupnya, gaji pns gol 3 aja kalah dgn pedagang mie ayam kaki lima, giliran sepi minta belas kasihan kek paling miskin sedunia, bukan gue ngga empati..., base on experience jg emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snoopze dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 08:32
Kata cebong makanya jualan online
profile-picture
profile-picture
01am dan rizaldi.sarpin memberi reputasi
2 0
2
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 08:41
semoga mereka di beri berkah di bulan suci ini
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 08:48
ya semoga lekas berakhir
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 09:02
Mantap, menjerit saat susah..emoticon-Matabelo
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 09:18
Menunggu beras istana
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 09:22
Halah ngapain kasian.
Pak jokowi sudah berusaha keras

Hargai dong usaha beliau,
Manja banget nih pkl pkl
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 09:30
semua sektor pekerjaan turun pendapatan keknyaemoticon-Sorry
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 09:35
Quote:Original Posted By tukangbeling7
emoticon-Imlek gak usah lebay ah, gue anak pasar, jgn dikira PKL itu susah hidupnya, gaji pns gol 3 aja kalah dgn pedagang mie ayam kaki lima, giliran sepi minta belas kasihan kek paling miskin sedunia, bukan gue ngga empati..., base on experience jg emoticon-Imlek


Pedagang kaki lima dibanding gaji org kantoran swasta aja bisa lebih tinggi pendapatannya...tapi liat dulu itu omzet atau margin bersih...dan jgn pukul rata smua kaki lima pendapatannya besar...

Kaki lima itu termasuk pengusaha juga yg harus nyiapin thr buat karyawannya klo ada...dimana dgn situasi skrg mreka juga bisa goyang, gak kyk pns yg msh terjamin bulanannya...restoran franchise ternama aja hrus nutup seratusan cabangnya krn hal ini...apalagi kaki lima.

Gak smua pengusaha punya cadangan dana utk hadapin hal kek gini, 1-2 bln mungkin siap...lewat dari itu banyak yg tumbang, krn pembayaran dari klien tertunda, vendor2 dah nagih, project2 yg hrusnya mulai malah tertahan...cashflow jadi amburadul...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
01am dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 11:23
Semua menjerit sekarang cuk!
Pengusaha besar maupun pedagang kecil semua menjerit perekonomiannya!

emoticon-Wakaka

Yg selamat hanya PNS saja yg tetap digaji!

Karyawan swasta hanya dibayar setengah atau seperempat gaji!
Bahkan kena PHK!

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 12:06
Kalo ente dapat duit pas pas an, mau nabung gimana
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 12:47
gak semua orang bisa nabung
duit yg didapat habis buat kebutuhan sehari hari
tapi ada juga tipe orang yg besar pasak dari tiang
dan itu dijadikan alasan gak bisa nabung
jadi pintar2lah menilai orang sebelum memberikan bantuan
kadang, gak semua orang layak dibantu
ada orang yg susah karena salahnya sendiri gak nabung walau ada kesempatan utk itu
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 13:16
Boro2 nabung, sehari2 aja pas2an. Disaat seperti ini harusnya kementrian/dinas sosial yang bergerak paling depan dan kalau bisa kementrian yg paling gabut se Indonesia tapi dana paling gede, ikutlah ngebantu. Toh kerjanya selama ini cuma jadi koordinator travel sama nentuin kapan hari raya kan? Travel lagi tutup semua, hari raya mah dari awal taun udah pada ditulis... udah sana turun deh ke jalan, sebar2in anggaran yang gila2an itu buat ngebantu orang yang susah.
profile-picture
profile-picture
01am dan elanglangit25 memberi reputasi
2 0
2
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 13:42
semangat..
0 0
0
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 14:13
Udah... gak usah ribut..

Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona

Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 15:13
kasian mrk,pemerintah cuma peduli cukong dan koruptor
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Jeritan Pedagang Kaki Lima Saat Mudik Dilarang karena Corona
28-04-2020 17:47
Untuk sekarang ini kita harus lebih berhati² dalam mengatur keuangan, bukan hanya dari pedagang saja bahkan pengusaha² besar pun juga mengalami hal yang sama 🙏
profile-picture
01am memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Drama di Kota, Drama di Desa
drama-di-kota-drama-di-desa
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia