Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
305
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e9d630c0577a9258176aced/ekuador-gempar-gegara-virus-corona-mayat-tergeletak-di-tepi-jalan
Belakangan ini beredar informasi terkait pantauan langsung dampak dari virus corona yang mewabah di Ekuador. Fakta-fakta yang berdar pun cukup mengkhawatirkan. Berikut rangkuman beberapa poin pembahasan yang dilansir terkait tragedi tersebut.
Lapor Hansip
20-04-2020 15:53

Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan


Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan fenomena menyedihkan yang terjadi di Ekuador. Negara yang berlokasi di bagian barat laut Amerika Selatan tersebut dikabarkan kewalahan menghadapi pandemi virus corona.

Melansir dari Infografis JHU CSSE, hingga Senin, 20 April 2020 pukul 15:02 WIB, diketahui jika total pasien yang terinfeksi di Ekuador mencapai 9.468 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 474 orang meninggal dunia, dan yang sembuh sebanyak 1.061 orang.

Namun, belakangan ini beredar informasi terkait pantauan langsung dampak dari virus corona yang mewabah di Ekuador. Fakta-fakta yang berdar pun cukup mengkhawatirkan. Berikut gw rangkum beberapa poin pembahasan yang dilansir dari berbagai media arus utama di Indonesia. Check it out..


Guayaquil Layaknya Kota Mayat
Data resmi dari pemerintah Ekuador memang merilis jika jumlah korban yang meninggal akibat virus corona sebanyak 474 orang. Namun, beredar fakta dari warga Ekuador yang menyebut jika korban yang meninggal lebih dari itu. Bahkan jika dilakukan cek silang pada kawasan Guayas (negara bagian yang terdampak parah akibat virus corona), didapatkan fakta bahwa setidaknya 6.700 orang meninggal dunia pada dua minggu pertama di bulan April.

Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan


Kematian tersebut memang tidak hanya karena virus corona. Ada juga yang diakibatkan penyakit lain. Namun tingginya angka kematian di kawasan tersebut karena dampak dari lumpuhnya layanan kesehatan Ekuador akibat pandemi virus corona. Masyarakat disana pun juga tidak bisa mengakses klinik swasta karena tidak semua orang sanggup membayar biaya pengobatan.

Dampak dari masyarakat yang tidak mendapatkan fasilitas kesehatan membuat banyak korban meninggal di pinggir jalan. Bahkan ada yang sudah berhari-hari tidak dikubur ataupun dikremasi.


Presiden Ekuador Akui Kegagalan
Presiden Ekuador, Lenin Moreno, merespon terkait fenomena yang menggemparkan dunia ini. Ia mengakui jika pemerintahannya telah gagal dalam mengatasi krisis kesehatan.

Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan


Pemerintah Ekuador juga sadar jika selama ini cenderung lamban dalam menghadapi pandemi virus corona. Akibat hal itulah, pemerintah Ekuador pun telah meminta maaf kepada masyarakatnya.

Menteri Kesehatan Ekuador, Juan Carlos Zevallos, juga berjanji akan mengurus tragedi ini hingga situasi kembali normal.


Kesaksian Warga Setempat
Situasi yang menghebohkan di Ekuador disebabkan karena banyak kesaksian warga terkait fakta lapangan yang dilihat oleh mata mereka sendiri. Warga setempat menyaksikan banyak jenazah yang diletakkan begitu saja di pinggir jalan, dan menunggu hingga berhari-hari agar diurus.

Salah satu warga pun juga memperlihatkan jenazah dari kedua orang tuanya yang dibaringkan di depan rumahnya dan hanya terbungkus oleh kain. Kondisi tersebut lantaran ketersediaan peti mati yang sudah tidak ada lagi, dan memaksa warga menutup dan mengubur jenazan menggunakan kain hingga kardus.

Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan


Selain itu ada juga warga Guayaquil bernama Jesica Castaneda yang kesulitan mengakses pelayanan untuk membantu mengurus jenazah pamannya. Berikut kesaksiannya:

“Pamanku meninggal 28 Maret, dan tiada yang membantu mengurus jenazahnya. Kata rumah sakit, mereka tak punya pengangkut jenazah, dan kami tak bisa meminjam karena ia meninggal di rumah. Kami memanggil ambulans, tapi cuma diminta bersabar. Sekarang jenazahnya masih di tempat tidur, sama seperti waktu dia meninggal. Tak ada yang berani menyentuhnya”.



Rumah Jenazah Tutup karena Kewalahan
Tidak hanya rumah sakit yang lumpuh, rumah jenazah juga ikut kewalahan akibat tingginya jumlah kematian yang terjadi di Ekuador. Dampak dari hal tersebut membuat sejumlah rumah jenazah tidak lagi menerima permintaan penguburan. Banyak dari karyawan rumah jenazah yang takut tertular dari jenazah-jenazah tersebut.

Kota Guayaquil juga sampai kehabisan ruang untuk menguburkan mayat. Sebagian orang pun terpaksa harus membawa jenazah sanak saudaranya ke kota lain untuk dimakamkan.

Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan


Kebutuhan untuk menguburkan jenazah juga mengalami hambatan karena ketersediaan peti mati yang langka. Hal ini membuat sejumlah warga Ekuador menggunakan kardus sebagai peti mayat. Bahkan, narapidana pun sampai harus membuat peti mati dari kayu untuk membantu ketersediaan stok peti mati bagi korban.


Pesan TS Agar Indonesia Tidak Menjadi Seperti Ekuador
Fenomena kegagalan pelayanan kesehatan yang terjadi di Ekuador tentunya harus menjadi pelajaran berharga bagi kita warga Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Agar tragedi di Ekuador tidak terjadi di Indonesia, kita sebagai masyarakat harus terus disiplin dan sadar jika social distancing, memakai masker, rajin mencuci tangan, dan tetap di rumah saja menjadi langkah paling penting agar tidak menyebabkan lonjakan jumlah pasien terinfeksi virus corona. Karena jika pasien terinfeksi membludak, bukan tidak mungkin pelayanan kesehatan negara kita juga akan kewalahan. Tentunya ini harus menjadi perhatian kita semua.

Semoga pandemi virus corona yang sangat menjengkelkan ini cepat berakhir, AMIN!


Quote:Referensi:
Ekuador Laporkan 5 Ribu Kematian Dalam Semalam

Fakta-fakta Fenomena Jalan di Ekuador, Penuh Mayat Korban Virus Corona
Diubah oleh VolkswagenPutih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 304 lainnya memberi reputasi
305
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 12
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 16:07
Serem amat... jauh2 dari indonesia yg begian... takut beneran kalo kejadian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 51 lainnya memberi reputasi
52 0
52
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 16:10
Semoga gak kejadian di Indonesia. Disiplin di rumah adalah kuncinya, biar rumah sakit gak overload emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 50 lainnya memberi reputasi
51 0
51
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 16:11
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 41 lainnya memberi reputasi
39 3
36
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 16:57
waduh ada gempa , ngeri nih

Diubah oleh Rickin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 38 lainnya memberi reputasi
38 1
37
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 17:44
kasian. mudah2an indo ga sampe kayak gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 41 lainnya memberi reputasi
42 0
42
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:19
ya tuhan ternyata lebih parah dibanding indonesia, semoga indonesia tidak sampai seperti ini kondisinya emoticon-Takut itu mayatnya apa nggak mengeluarkan bau kalau nggak buru-buru dikubur??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 40 lainnya memberi reputasi
41 0
41
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:30
waduduh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 33 lainnya memberi reputasi
34 0
34
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:30
woghhhh turut berduka cita emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 34 lainnya memberi reputasi
35 0
35
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:30
wuh ngeriiii..
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 33 lainnya memberi reputasi
34 0
34
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:31
mudah2an gak sampe kayak gitu kejadiannya di negeri ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 34 lainnya memberi reputasi
35 0
35
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:31
saking banyaknya mungkin gan, smpe2 pemerintah nggak bisa nge-handle semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 30 lainnya memberi reputasi
31 0
31
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:32
serem banget gan semoga wabah covid 19 ini cepat berlalu dari bumi kita ya emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 31 lainnya memberi reputasi
32 0
32
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:33
Amit2, jangan sampe jadi seperti itu 😰
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 29 lainnya memberi reputasi
30 0
30
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:33
Gak mungkinlah indonesia kyk begitu...kan Indonesia negara tropicana slim, mending goyang tik tok aja, trs makannya pake nasi kucing biar imunnya kuat...hahahaha...makan tuh covid19, d bilangin dr awal bulan2 sblmnya Ndableekkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 31 lainnya memberi reputasi
31 1
30
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:33
ngeriih amaat, banyak mayat dijalan apalagi meninggal di rumah ga diapa apain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 30 lainnya memberi reputasi
31 0
31
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:33
serem banget ya virus ini udh sampe ngerembet kemana mana
pemerintah sampe kewalahan handle nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 28 lainnya memberi reputasi
29 0
29
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:33
wadidawww kasian jugaemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:34
wah ane ngebayangin kalo tuh mayat bangkit lagi macam zombie gmn ya??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:34
Sedih banget. Ini yang saya khawatirkan. Mayat bergelimpangan di mana-mana nggak ada yang ngurus. Udah kaya bukan manusia emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 27 lainnya memberi reputasi
28 0
28
Ekuador Gempar Gegara Virus Corona, Mayat Tergeletak di Tepi Jalan
20-04-2020 18:34
bakar mayat masal nih emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 26 lainnya memberi reputasi
26 1
25
Halaman 1 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia