News
Batal
KATEGORI
link has been copied
159
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e901742c82084619b7ed4b9/jenazah-perawat-positif-corona-ditolak-publik-murka-tangkap-provokatornya
SuaraJawaTengah.id - Video yang menunjukkan penolakan jenazah perawat RSUP dr Kariadi Semarang yang meninggal karena virus corona covid-19 viral di media sosial. Rencananya, jenazah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Siwarak, lingkungan Sewakul, Kelurahan Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat. Peristiwa ini menimbulkan perbincangan di kalangan warganet. Mereka rata-rata marah dan menyesalkan te
Lapor Hansip
10-04-2020 13:50

Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya

Quote:Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya

SuaraJawaTengah.id - Video yang menunjukkan penolakan jenazah perawat RSUP dr Kariadi Semarang yang meninggal karena virus corona covid-19 viral di media sosial.

Rencananya, jenazah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Siwarak, lingkungan Sewakul, Kelurahan Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat.

Peristiwa ini menimbulkan perbincangan di kalangan warganet. Mereka rata-rata marah dan menyesalkan terjadinya penolakan tersebut.

Postingan-postingan terkait penolakan jenazah perawat ini diunggah oleh akun Instagram @lambe_turah, Jumat (10/4/2020).

Gambar pertama yang diunggah @lambe_turah merupakan unggahan akun Facebook Agus Ratna Safitri yang memperlihatkan dua video saat terjadinya penolakan.

Satu video menunjukkan keluarga perawat yang menangis karena jenazah anaknya tidak jadi dimakamkan di tempat tersebut. Video yang lain memperlihatkan beberapa pria tampak berdebat.

Dalam sebuah video yang diunggah akun @lambe_turah menunjukkan seorang pria yang justru bersyukur karena jenazah perawat itu tidak jadi dimakamkan di Sewakul.


"Alhamdulillah, tidak jadi dimakamkan di Sewakul," kata seorang pria yang merekam video saat rombongan ambulans meninggalkan tempat pemakaman.

Terdengar juga dalam video itu seseorang berbicara dalam bahasa jawa, "paling kan seharusnya itu (jenazah) dibakar, dikremasi".

Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya

Slide terakhir yang diunggah oleh @lambe_turah menunjukkan klarifikasi dari warga desa lain yaitu Susukan. Mereka mengaku tidak menolak pemakaman jenazah perawat tersebut.

Salah satu pria dalam video itu bercerita, "Sebetulnya tadi kita atas nama warga RT 05 menerima, sudah bikin tempat yang mau ditempati untuk jenazah. Ternyata ada info Suwakul menerima, kita batalkan di sini".

"Setelah itu, info lagi datang di Suwakul ditolak. Dan setelah itu katanya diterima di TPU Bergota. Kita atas nama warga RT 05 yang bertempat di Gunung Kalong sangat kecewa adanya berita seperti ini," imbuhnya.

Warganet yang mengetahui kabar penolakan jenazah tenaga medis ini ikut menyesal. Bahkan beberapa diantaranya merasa marah dengan provokator yang memicu penolakan.

Seperti komentar, @ichsanramadhani_ "Ya tolak juga kalau warga itu sakit corona berobat ke RS, bilang aja maaf takut ketularan corona".

"Tangkap provokatornya," komentar warganet lain.

"Ini karena kurangnya edukasi tentang Covid-19, dan pemikiran-pemikiran orang kolot di situ," tulis @riska_yuniati.

"i see human, but not humanity," tulis @duhitakurnia.

Kronologi penolakan jenazah perawat

Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya

Perawat RSUP dr Kariadi Semarang yang meninggal karena Covid-19 berasal Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Ia meninggal dunia, pada Kamis (9/4/2020).

Dilansir AyoSemarang---jaringan Suara.com, Jumat (10/4/2020), Humas Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Semarang, Alexander Gunawan mengatakan, bahwa pasien tersebut sedianya bakal dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Siwarak, lingkungan Sewakul, Kelurahan Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat, sesuai dengan permintaan pihak keluarga.

Namun proses pemakaman harus dialihkan karena ada penolakan dari sekelompok warga setempat, sebelum jenazah tiba di TPU Siwarak.

Sebelum ada penolakan, sudah ada koordinasi pihak terkait dan keluarga, sedianya pemakaman tersebut dilakukan di Sewakul sesuai permintaan keluarga. Situasi cukup kondusif, persiapan untuk pemakaman juga mulai dilakukan.

"Pemangku wilayah RT 06/ RW 08 Kelurahan Bandarjo juga telah menyepakati rencana pemakaman tersebut. Namun selepas petang, kami mendapatkan informasi ada sekelompok warga yang menolak," kata Alexander Gunawan, Kamis (9/4/2020).

Alex menjelaskan, sesuai dengan domisili, pasien positif Covid-19 tersebut memang berada di wilayah Ungaran Timur.

Namun atas permintaan keluarga rencananya jenazah tersebut akan dimakamkan berdekatan dengan makam ayahnya.

Entah siapa provokatornya, tiba- tiba muncul penolakan oleh sekelompok warga setempat, padahal informasi awal dari RT setempat sudah tidak ada masalah.

"Jenazah akhirnya diputuskan untuk dimakamkan di tempat pemakaman keluarga Rumah Sakit dr Kariadi, di kompleks TPU Bergota, Semarang, yang terletak di belakang RSUP dr Kariadi," ujar Alex.

https://jateng.suara.com/read/2020/0...-provokatornya


Gua yakin yang nyuruh nangkep klo kejadian ada d lingkungan dia jg bisa bakal was2..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hunter.syahid dan 19 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 13:53
Mulai sekarang semwa yg mati akibat korona wajib dikremasi ! emoticon-Marah dasar babik
profile-picture
profile-picture
Phoda dan kolollolok memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 13:56
haduhh kasian juga.. perlu kebijakan lebih tegas deh keknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 13:56
nih kasus mirip2 sama waktu wni pulang dari wuhan terus transit di Batam dan karantina di natuna

orang Batam dan natuna pada protes krn takut.. tp orang2 diluar natuna dan Batam pd bacotin dengan alasan "kemanusiaan" terutama dari pulau jawa.. malah banyak yg bilang "kalau boleh dikarantina di tempat gw, bakal gw terima"

akhirnya boom.. sepulau Jawa kena pandemi covid 19.. orang2 yang banyak bacot itu pd kemana? langsung pd kocar kacir dan diam seribu bahasa dan pd minta lockdown alias gk memperbolehkan org luar masuk ke daerahnya emoticon-Malu (S)

inti dr kejadian tersebut adalah.. jangan banyak bacot bully mereka dengan alasan kemanusiaan ini itu, mereka nolak jg karena mereka takut dan kalau lu berada di posisi mereka, lu pun jg akan melakukan hal yg sama.. emoticon-Malu (S)

kalau mau bacot mending lu tuntut pemerintah agar menyediakan tempat pemakaman khusus yg meninggal karena corona..
Diubah oleh anggreiawan1989
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raisa06061990 dan 46 lainnya memberi reputasi
8 39
-31
Lihat 31 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 13:58
provokatorny udah ketauan.

tenaga medis di kariadi rencana akan blacklist daerah/tempat yang warganya kek gini.

source : orang dalam

emoticon-Traveller emoticon-Traveller
Diubah oleh KuwuRT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hunter.syahid dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:00
ya gw jujur saja sih
klo memang mati karena corona
mau status dia apapun
sebaiknya di kremasi saja

orang mati ya mati aja
mau lu gimanapun tetap telah mati
yang terpenting adalah menjaga yg hidup tetap sehat

ginian ga terguncang kan ya?

emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cepumerdeka dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:01
Quote:Original Posted By nubi.genit
Gua yakin yang nyuruh nangkep klo kejadian ada d lingkungan dia jg bisa bakal was2..


kenapa harus was-was? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
cepumerdeka dan kolollolok memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:03
Emangnya jenazah di kubur laen akan tertular?
profile-picture
profile-picture
Phoda dan kolollolok memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:03
pura2 gk dgr aj kl warga yg nolak kenap covid
biar adilemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Paidy dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:04
Quote:Original Posted By peyotpetot
kenapa harus was-was? emoticon-Bingung


Karena itu sifat yg manusiawiah.. dimana klo ngerasa tidak aman pasti bakal was2.. mau akhirnya setuju atau tidak setuju ttp bakal was2.. apa lagi klo rumahnya sebelah kuburan.. d tambah dengan bumbu2 orang sekitar.. emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggreiawan1989 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:04
Yg ditakutkan apa sih? Jenazah udah dibungkus plastik, lu juga gak bakal nurunin jenazah ke liang kubur alias gak ada kontak. Corona itu virus bukan makhluk astral.

Sosialisasi & ketegasan pemerintah masih kurang!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:05
Tuh warga sono tar kalo kena corona jangan ditolongin..


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:08
Provokatornya kuburin sekalian bareng jenazah corona.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nichodoankk dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:09
mungkin takut nularin mayat lainnya bre
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RokoMahal dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:17

jenazah hasil kena wabah bagusnya dipisah gan

selain untuk kesehatan jasmani
bagus juga untuk menangkal pengaruh buruk

buat pemerintah mungkin tidak masalah tapi buat masyarakat sekitar makam pasti merasakan gangguan non fisik

profile-picture
profile-picture
profile-picture
novriexx dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:22
iyak mesti ditanya provokatornya enih.demokrasi bablas awut ini mah. emoticon-Big Grin

dari awal dah didiamkan, menular ke tempat lain, contoh-mencontoh. emoticon-Hammer

Diubah oleh scorpiolama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:24
Namanya jg kumpulan orang2 bego, diatur susah diakalin gampang

Harusnya jadi org itu yg cerdas sehingga diatur gampang diakalin susah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1kartikatur dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:36
yang ngubur kan tim medis, kalo udah dikubur juga ga bakal nular keluar

provokatornya wajib ditangkep ini, kasian keluarga nya sampe nangis2 itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:47
ada himbauan dilarang sholat jumat, langsung pada menggonggong kami tidak takut corona kami hanya takut pada allah
giliran ada jenazah yg mau dimakamkan di kampungnya mendadak pada lebih takut corona emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
idiotane dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Jenazah Perawat Positif Corona Ditolak, Publik Murka: Tangkap Provokatornya
10-04-2020 14:47
Mudah2an warga yg nolak mendapat petunjuk dari tuhan yme
Semoga almarhum khusnul khotimah
Semoga keluarga almarhum tabah
Semoga pemda setempat bisa nyediakan tempat pemakaman khusus.
2 kali kejadian di jateng. Ngga tau di tempat lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aljibo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia