Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
316
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8fac728d9b176ce678ba2c/ayam-piaraan-yang-menolong-ketika-kepepet-soal-uang
Hai, Sahabat Kaskus .... Liburan terkait Wabah Corona Covid19 diperpanjang dua minggu lagi. Memiliki waktu yang lebih banyak, pastinya menjadi jenuh dan bosan. Tapi tidak dengan ane, selain berkebun, ane sibuk mengurus ayam piaraan. Selain dagingnya bisa dimakan, telurnya juga bisa dijadikan puding, atau dijual pada tetangga.
Lapor Hansip
10-04-2020 06:14

Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang


Hai, Sahabat Kaskus .... Liburan terkait Wabah Corona Covid19 diperpanjang dua minggu lagi. Memiliki waktu yang lebih banyak, pastinya menjadi jenuh dan bosan. Tapi tidak dengan ane, selain berkebun, ane sibuk mengurus ayam piaraan. Selain dagingnya bisa dimakan, telurnya juga bisa dijadikan puding, atau dijual pada tetangga.



Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang



Sepasang ayam berwarna putih ini, merupakan ayam kesayangan dari berpuluh ekor ayam lainnya. Sore hari begini, ayam-ayam berpencar entah ke mana, dan akan pulang sebelum maghrib. Tapi tidak dengan sepasang ayam putih ini. Selalu setia menanti di depan pintu belakang rumah. Bersiap untuk menerima makanan berupa beras atau dedak (ampas padi yang digiling)



Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang



Ayam yang baru saja menetas, tetap berada di dalam kandang bersama induknya. Dan akan dikeluarkan setelah dua belas hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari anak-anak ayam dari serangan musang atau anjing.



Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang


Seperti inilah penampakan telur-telur yang siap dierami. Biasanya, telur yang baru keluar dan masih hangat, dan untuk dijual atau dikonsumsi, akan ane ambil segera. Kalau sempat dierami satu malam, maka telur mulai membentuk di dalam, berupa darah lalu daging dan bakal anak ayam.


Keuntungan dari memelihara ayam, selain dagingnya bisa dimakan, adalah menjual telurnya atau sebagai konsumsi pribadi, sebagai puding atau direbus dan dimakan begitu saja. Kendalanya adalah ancaman dari musang. Kerugian dari memelihara ayam adalah, saat terkena wabah penyakit ayam. Maka tak pandang buluh, seluruh ayam akan kena, dari jumlahnya puluhan akan bersisa satuan saja. Bahkan ada yang mati semua.


Membuat kandang ayam adalah langkah awal untuk memelihara ayam. Membersihkan kotorannya, biasanya kalau waktu senggang dan luang seperti saat sekarang ini. Kotoran dari ayam akan ane kumpulkan dan jadikan pupuk tanaman.


Keluarkan ayam-ayam saat pagi hari untuk menghindari setres. Kerena ayam juga ingin bebas sambil mencari makanan



Memelihara ayam tidak terlalu sulit, makanannya juga cukup pangan tahu, beras atau dedak. Untuk ayam yang bebas dikeluarkan tiap pagi, biasanya ane kasih makan pagi dan sore hari saja. Berbeda dengan induk dan anak ayam yang baru menetas. Karena berada di dalam kandang terus, jadwal makannya bertambah menjadi lima kali sehari. Hehe. Kalau tidak induk ayam akan mengamuk dan anak-anak ayam menjadi setres.


Saat ayam sudah mulai sedikit tua, ane biasanya menjual ke pedagang ayam. Induk ayam sekali bertelur bisa sampai 12 butir atau lebih. Biasanya yang selamat dan sehat sampai besar sekitar 10 ekor ayam. Seperti itulah seterusnya, setiap ayam yang mulai tua, ane menjualnya sebagai tambahan kebutuhan dapur.


Quote:Telur Ayam

Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang




Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang




Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang




Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang



Ane membiasakan memberi kenyamanan pada ayam sedari mereka masih kecil. Memberi makan langsung dari tangan, patokan mereka akan terasa sedikit sakit saat ayam mulai besar. Tapi itu menjadikan ayam lebih jinak.


Sekian pengalaman ane bersama ayam piaraan. Sayangi hewan dan binatang piaraan kalian ya, karena mereka juga makhkuk ciptaan Tuhan. Sahabat Kaskus, punya hewan piaraan apa nih? Mari berbagi cerita yuk ....

emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2




Sumber : Opri dan Dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 91 lainnya memberi reputasi
92
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 06:15
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang

Singgah, Sahabat Kaskus emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
annuu dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 06:16
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang


Dilema saat keinjek kotoran ayam
emoticon-Ngakak emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 06:18
Uwowww.. kalau gak ada duit buat beli lauk tinggal ambil atu telurnya ya kak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 06:19
Quote:Original Posted By kicquck
Uwowww.. kalau gak ada duit buat beli lauk tinggal ambil atu telurnya ya kak emoticon-Big Grin


Yes, bener banget hihihi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 06:20
Quote:Original Posted By embunsuci
Yes, bener banget hihihi


Pagi ini dah nelur belum bund ?? emoticon-Genit martabak telur enak soalnya pagi2 gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 06:20
Quote:Original Posted By kicquck
Pagi ini dah nelur belum bund ?? emoticon-Genit martabak telur enak soalnya pagi2 gini


Ada delapan, hehehe
Waah cocok tuhemoticon-Bettyemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 06:51
keren...udah jadi aja..padahal kena gangguan terusemoticon-Cool2thumbupemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 07:27
Waah akhirnya bikin juga 💖
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 07:33
Ayamnya kalo udah gede bisa dipotong dan makan bersama keluarga emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 07:34
Quote:Original Posted By embunsuci
Ada delapan, hehehe
Waah cocok tuhemoticon-Bettyemoticon-Betty


Eksekusi bund emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 07:37
Ane ada piara ayam kampung betina kira2 sdh lebih dari 10 thn. Sdh lintas beberapa generasi tuh ayam emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 07:41
Quote:Original Posted By embunsuci
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang

Singgah, Sahabat Kaskus emoticon-Shakehand2


Katanya gak mau ikutan wkkwkw cieee bagus enih bunda wkwkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 08:23
telurnya bersih bgt gitu yah, sis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 09:36
Salam BBB, Gan! Melihara ayam memang sejuta manfaat. Salut deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 09:38
skarang kalo mau miara ayam wajib lapor RT/RW kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 09:49
dulu masa kecil memelihara ayam di kampung, senang saat memberi makan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 10:21
ayamku gak dikandangin , mereka tidur di atas pohon semua. kalo mau bertelur baru disediakan tempatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 10:22
ane jg punya banyak sis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 11:19
Gak tega makan ayam yang dipiara dari kecil hingga jinak. Mending ane jual dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ayam, Piaraan yang Menolong Ketika Kepepet Soal Uang
10-04-2020 11:34
Nambahi, jangan coba-coba dekat-dekat sma induk ayam yg baru menetaskan telur, ganas soalnya hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Healthy Lifestyle
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia