News
Batal
KATEGORI
link has been copied
138
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8efe75c0cad7055e21d240/sri-mulyani-ungkap-suramnya-penerimaan-pajak-2020
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan mewabahnya Covid-19 di seluruh dunia telah menekan perekonomian termasuk di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia bahkan diprediksi hanya akan mencapai 2,3% sepanjang tahun ini. Dengan pertumbuhan ekonomi yang turun, penerimaan negara juga akan mengalami kontraksi bahkan hingga 10%. Pemerintah menetapkan penerimaan nega
Lapor Hansip
09-04-2020 17:52

Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020

Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan mewabahnya Covid-19 di seluruh dunia telah menekan perekonomian termasuk di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia bahkan diprediksi hanya akan mencapai 2,3% sepanjang tahun ini.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang turun, penerimaan negara juga akan mengalami kontraksi bahkan hingga 10%. Pemerintah menetapkan penerimaan negara menjadi sebesar Rp 1.760,9 triliun atau hanya 78,9% dari target sebelumnya sebesar Rp 2.233,1 triliun di APBN 2020.

"Untuk Indonesia karena 2020 terjadi perubahan sangat besar. APBN 2020 akan hadapi tekanan baik dari sisi penerimaan negara, yaitu pajak, bea dan cukai dan PNBP semua menghadapi tekanan tidak mudah," ujarnya saat media briefing, Selasa (7/4/2020).

Menurutnya, penurunan penerimaan ini terutama dari sektor perpajakan sebagai penopang penerimaan negara yang dominan. Penerimaan pajak yang turun diakibatkan dunia usaha yang mengalami tekanan karena Covid-19 sehingga tidak mampu melaksanakan kewajibannya.

Selain itu, penerimaan dari sektor lainnya juga ikut mengalami tekanan. Sebab, Covid-19 ini menyebar hampir ke semua sektor perekonomian Indonesia termasuk UMKM.

"Apakah karena kondisi pelaku ekonomi melemah sehingga kemampuan bayar pajak turun dan perubahan komoditas yang turun tajam, minyak, batu bara turun nyata," jelasnya.

"Oleh karena itu kita melihat dari sisi penerimaan yang disampaikan ada kemungkinan turun, sebesar 10%. Outlook ini akan terus dimonitor dan teliti tiap bulan untuk capture perubahan kondisi ekonomi yang terjadi," tambahnya.

Di satu sisi, belanja negara justru mengalami peningkatan demi mitigasi dampak Covid-19 ke perekonomian dengan memberikan stimulus kepada semua sektor yang mengalami tekanan. Dengan kondisi penerimaan yang kontraksi dan belanja yang meningkat maka terjadi defisit yang melebar hingga 5,07% dari proyeksi awal hanya 1,76% dari PDB.

link

Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 17:54
Siap siap setelah drama corona berakhir bakal banyak palakan dari menkeu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dante_craze dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 17:56
jelas la bu. lagi susah. phk dimana - mana. ibu mah gila kalua masih nagih2 pajak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aprhodyte dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 17:58
Bisakah membangun negara tanpa pajak???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 17 balasan
Memuat data ..
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:03
Kl rakyat dan pengusaha masih juga gak kesentuh hatinya buat bayar pajak
Ter la lu
profile-picture
jokopengkor memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:04
Kalo covid 19 cepet lu tanganin. Gak gini2 amat kali bu...

Pimpinan lu tuh klamar klemer. Dipikir dengan cara santuy bs tiba2 magic sembuh sendiri.

Gw mah jd no hope tau gak liatnya juga. Liat si plongo apalagi pendukungnya malah sibuk nyebokin bukan ngarahin yg bener
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhdxt dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:05
sehubungan dengan bakal launchingnya mobil asemkan..yang ke 1000.000 unit diharapkan dapat menstimulasi rupiah jadi 10.000 emoticon-Cool
dengan syarat ...amies gabener..harus cebok emoticon-Tai dengan tertib...emoticon-Cool
Diubah oleh roger_more2
0 0
0
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:05
logis aja bu mul, mau kasih apa ke negara kalau emang duitnya kagak ada....konyol ah! emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:08
pengeluaran negara buat thr n gaji ke 13 kok malah naik bu?

tadi gw baca tahun 2018 35.8t
tahun 2019 jadi 40 t
naek hampir 10%

entah tahun ini berapa trilyun yg di hamburin untuk gaji ke 13 pns


Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
Diubah oleh chisaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:09
makanya untuk kali ini gw setuju mau ngutang brapa pun....
setiap NYAWA warga negara adalah asset bagi negara inii, mau kasih stimulus sampe 5000T pun utang gw setuju yang penting gak ada masalah sosial di masyarakat...

dan lagian BU kalau saya investor asing misalnya saya tau indonesia itu prospektif kalau tiba2 ngeluarin surat hutang 3000 T juga diserbu karena krisis ini bukan kesalahan pemerintah, beda kalau krisis kesalahan pemerintah nerbitin surat utang gak laku kan...

lagian kasih 1 juta ke setiap penduduk selama 2 bulan 540 T total masa iyaa 2 bulan masih ada penyebaran baru.. asal semua disiplin dirumah yaa
Diubah oleh jamkecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akirayamagashi dan 6 lainnya memberi reputasi
1 6
-5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:20
Asal jangan salahkan rakyat kecil,pajak bumi bangunan pasti bayar pak dukuh yang ngantar,pajak motor sampai ngantri di Samsat,pajak rokok langsung di potong..
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:21
Quote:Original Posted By jamkecil
makanya untuk kali ini gw setuju mau ngutang brapa pun....
setiap NYAWA warga negara adalah asset bagi negara inii, mau kasih stimulus sampe 5000T pun utang gw setuju yang penting gak ada masalah sosial di masyarakat...

dan lagian BU kalau saya investor asing misalnya saya tau indonesia itu prospektif kalau tiba2 ngeluarin surat hutang 3000 T juga diserbu karena krisis ini bukan kesalahan pemerintah, beda kalau krisis kesalahan pemerintah nerbitin surat utang gak laku kan...

lagian kasih 1 juta ke setiap penduduk selama 2 bulan 540 T total masa iyaa 2 bulan masih ada penyebaran baru.. asal semua disiplin dirumah yaa


Loe pikir hutang kagak bikin inflasi dan jatuhnya mata uang indon yang bikin pemilik rupiah jadi tambah kere karena rupiah melemah?. Lom lagi mengurangi pendapatan negara secara signifikan
0 0
0
Lihat 42 balasan
Memuat data ..
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:22
Gk usah ngemis2 pajak jg cukup ko asal lu potong 50% tenaga ASN & hapus dpr / mpr cem tai anjing yg gk guna itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nichodoankk dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:26
Bu SMI keknya sdh lelah emoticon-Big Grin
profile-picture
gesermeja memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:27
pajak suram, hutang luar negeri nambah... bisnis mandek, karyawan di phk... kita di kunci di dalam rumah.... udah mau kiamat bu... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:32
yeeh si vamp** bet**a ini ya
sikon lagi suram gini MASIH AJA MIKIRIN PAJAK emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:49
Gmn cadangan emas Indonesia semisal Freeport?
0 0
0
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 18:50
Saran ane buat pemerintah
Finalkan semua jenis pajak penghasilan!
Kepastian itu harganya mahal...
Ketidakpastian adalah setan
Krn beda dengan era 10tahun lalu
Ke depannya akan makin banyak perusahaan yg untung tipis!
Krn masa dpn adl soal efisiensi, margin tipis, dan rebut pasar
Apalagi perush startup
Pemeriksaan pajak buat aturan yg dipandang unpredictable bagi wajib pajak
Periksa pajak cmn krn lebih byr menurut ane udah gak jaman!
Diubah oleh xrm
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 19:03
Masih optimis 2.3 pct, kalo sampe 3 bulan masih begini2 juga, bakal minus ane rasa
0 0
0
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 19:19
Pasti ide sm ga jauh jauh kaya bpjs

Iuran bpjs rendah, solusinya naikin iuran
Bayar pajak rendah, solusinya naikin pajak
0 0
0
Sri Mulyani Ungkap Suramnya Penerimaan Pajak 2020
09-04-2020 19:29
mentri terbaik sejagat.
gak heran dipecat sby
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan rakusentai memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia