News
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8ee91d9775136bce42082b/ilmuwan-covid-19-tidak-menyeramkan
Wabah virus Corona membuat seluruh dunia ketakutan. Tapi ilmuwan coba bicara dengan data. COVID-19 tidak seseram yang dibayangkan orang. Pandemi COVID-19 membuat semua orang di dunia mengisolasi diri, menjaga jarak dulu dan kerja dari rumah. Sudah 1,4 juta kasus di seluruh dunia, 82.195 kematian dan 301.649 orang yang sembuh. Perekonomian dunia terganggu, dan kegiatan masyarakat terhambat, itula
Lapor Hansip
09-04-2020 16:21

Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan

Wabah virus Corona membuat seluruh dunia ketakutan. Tapi ilmuwan coba bicara dengan data. COVID-19 tidak seseram yang dibayangkan orang.

Pandemi COVID-19 membuat semua orang di dunia mengisolasi diri, menjaga jarak dulu dan kerja dari rumah. Sudah 1,4 juta kasus di seluruh dunia, 82.195 kematian dan 301.649 orang yang sembuh.

Perekonomian dunia terganggu, dan kegiatan masyarakat terhambat, itulah faktanya. Namun bersikap paranoid salah juga. Sekelompok ilmuwan melakukan penelitian dan berkesimpulan, penyakit COVID-19 dari sisi medis tidak seseram yang diramaikan di media sosial.

7 Ilmuwan dari universitas, rumah sakit, dan lembaga kesehatan di Marseilles, Prancis menyampaikan hasil riset yang mencerahkan. Mereka adalah Yanis Roussel, Audrey Giraud-Gatineau, Marie-Thérèse Jimeno, Jean-Marc Rolain, Christine Zandotti, Philippe Colson dan Didier Raoult.

Penelitian mereka bertajuk 'SARS-CoV-2: Fear Versus Data diterbitkan International Journal of Antimicrobial Agents seperti dilihat detikInet di Sciencedirect, Kamis (9/4/2020). Mereka membandingkan tingkat kematian 4 macam coronavirus yaitu HKU1, NL63, OC43 dan E229 dengan COVID-19 di Prancis dan negara-negara anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Mereka juga membandingkan tingkat kematian akibat SARS dan MERS yang juga semuanya adalah keluarga virus Corona. Tim ilmuwan menjumpai data yang menarik.

Per tanggal 2 Maret 2020, mortality rate di dunia akibat COVID-19 adalah 3,4%. Tingkat kematian di negara-negara OECD adalah 1,3%. Tingkat kematian di Prancis tempat para ilmuwan ini berada adalah 1,6%. Tingkat kematian akibat coronavirus selain COVID-19 di Marseille, Prancis adalah 0,8%.

Tim ilmuwan membandingkan bahwa kematian dalam kasus infeksi pernafasan akibat virus selain Corona dan TBC mencapai 2,6 juta orang pertahun. Sementara untuk COVID-19 hingga saat ini sekitar 5 bulan berlangsung adalah 88.550 kematian.

Data membuktikan tingkat kematian akibat COVID-19 relatif sama saja dengan virus corona lainnya dan bahkan masih lebih rendah dari total kematian penyakit infeksi pernafasan akibat virus selain corona dan TBC.

Para ilmuwan ini secara tegas menyimpulkan, masalah virus Corona telah direspons berlebihan.

Bagaimana nih KASKUSER, Anda setuju pendapat mereka???

Sumber : https://m.detik.com/inet/science/d-4...711.1586135793

Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan


profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:26
Kayanya pake data lama deh itu peneliti, coba di bandingin pake data sekarang di prancis.


emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:29
selama belum ada vaksin atau obatnya virus ini menyeramkan cuk...
jangan lihat statistik ratio korbannya saat ini... lihat kecepatan penyebarannya dan potensi bermutasinya dimasa yang akan datang... kalau ga cepat di tangani amit2 dah bermutasi jadi lebih ganas....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:31
iya nih virus gak nyeremin ko, efeknya cuma demam doang kaya musim pancaroba tapi efek di belakangnya jika seseorang pumya riwayat penyakit lain itu yg bahaya,
profile-picture
golanmilano memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:31
penyebarannya juga ngeri. sangat mudah.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:32
Mati dengan cara sesak nafas itu lebih mengerikan dibayangin gaes... Seakan pelan2 selang napas ente disempitin
Padahal kematian itu hampir sebagian besar menyakitkan, bisa bernafas lancar tapi perih jg menyakitkan
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:33
tolol kalau cuma liat statistik kematian,
Coronavirus timeline:
- January 19: 100 cases
- January 24: 1,000 cases
- February 12: 50,000 cases
- March 6: 100,000 cases
- March 18: 200,000 cases
- March 26: 500,000 cases
- April 2: 1,000,000 cases
- April 8: 1,500,000 cases

bisa penyakit lain kaya gitu? mustahil
corona senjata biologis itu buatan cina yg bocor karena cina jorok
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
Diubah oleh Rasuna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:35
Kungflu emoticon-Takut
profile-picture
db84x3 memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:43
Tidak menyeramkan ya, ya udah suruh aja tuh ilmuwan yg merawat pasien Covid-19....tanpa APD.
profile-picture
profile-picture
Himehochikoro dan rodam.dam memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:44
Lagi2 statmen kyk dr.terawan...gk serem gk mematikan...tau2 prancis juara 2 dieropa kasus ma kematian baru kalang kabut kyk italy ma spanyol
profile-picture
wongtukul memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:44
La itu hepatitis B dianggap remeh bro
Menularnya mengerikan juga
Tau kagak taunya juga susah kecuali cek lab
Menularnya melalui

Melalui produk darah (jarum yang tidak steril atau darah yang tidak disaring).
Melalui hubungan seks vaginal, anal, atau oral tanpa alat pengaman.
Dari ibu ke bayi dalam proses mengandung, persalinan, atau menyusui. :jones
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:48
Tapi penyebarannya yg cepat itu yg mengerikan. Apalagi kalo kena ke orang tua
0 0
0
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:52
Gak menyeramkan sih sebetultnya. Cuman hanya sudah saatnya yg muda gantikan yg tua secara totalitas.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:58
Ngga menyeramkan kok, betul itu kata Ilmuwan tersebut.
Ngga percaya? Tanya Ust Abd Somad emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk
Masa Tentara Allah dibilang menyeramkan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:58
Gak nyeremin kog ekonomi dunia sampe ambruk.
Kalo obatnya atau vaksinnya udah ada baru gak nyeremin.
0 0
0
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 16:59
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
profile-picture
king.aslan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 17:00
Iya iya gak serem kok, sampe skrg vaksin nya blm ada, yg kena corona cuma 2 pilihan : sembuh atau mati
emoticon-Cape d... emoticon-Takut
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 17:03
Seganas apapun penyakit, selama sudah ada obat patennya, mungkin gak sepanik ini.
Ini kan soal covid yg belum ditemukan obat pastinya. Itu yg bikin covid lebih serem dari penyakit yg mungkin bahkan yg lebih mematikan dari covid sekalipun tp sudah ada obatnya.
Tp wajar aja sih klo ilmuwan bilang gitu. Macem gw klo bilangin anak gak usah takut ma hantu, hantu itu gak ada, gak ada sejarah manusia dimakan hantu. Biar anak gak panik ajah. Padahal gw sendiri takut minta ampun ma namanya dedemit.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 17:05

ahaha..

Nah ini dia...

Kalau dibandingkan tingkat kematian akibat kecelakaan atau bencana alampun, mungkin Covid-19 secara angka ngga menyeramkan.

Tapii.. apa para ilmuwan itu melupakan Label "PANDEMIC"

Statisik dalam kasus Pandemic tidak bisa hanya dibandingkan dengan unsur angka mortalitas akibat 1 atau 2 kasus.

Harus juga diperhitungkan, Kecepatan tingkat penyebaraan dan luas paparan, media penularan, kemampuan penanganan dll

Katakanlah memang sekarang masuk kategori tidak menyeramkan, lah terus kalau dihadapi dengan santai.. tar keburu Game Over lah

aya aya wae..
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan: COVID-19 Tidak Menyeramkan
09-04-2020 17:20
corona itu sangat rentan terhadap orang-orang yang punya kekebalan tubuh yang lemah dan komplikasi penyakit lainnya.

kalau daya tahan tubuhnya kuat, tidak banyak pikiran, santai, gembira, ceria, maka akan bisa pulih lagi. sejauh tidak punya penyakit lainnya misalnya : diabetes, jantung, bronkhitis, asma, ginjal, paru-paru, dan lainnya yang beresiko tinggi.

oleh karenanya tak perlu berlebihan sehingga memikirkan terus akhirnya stress dan daya tahan tubuh menurun drastis, ditambah berinteraksi dengan para pengidap corona tanpa disadari ya sudah lah.

yang jelas masalah mati ya semua yang bernyawa pasti akan mati cepat atau lambat. terkena corona itu cuma prosesnya. biar tidak kaget kalau mati mendadak begitu saja.

emoticon-2 Jempol

emoticon-Traveller
Diubah oleh 64m64n9s
profile-picture
kurapbadak memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia