Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
78
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8d92d0c9518b5cda408e83/toko-di-atas-lahan-eks-kuburan-membawa-sial
Kuburan adalah tempat pemakaman manusia yang sudah wafat. Kuburan identik dengan kesepian dan kesendirian. Karena itu, dalam dunia mistik, tanah kuburan sering dijadikan media 'ilmu pembenci', yaitu ilmu untuk membuat dua orang yang awalnya saling menyayangi menjadi saling bermusuhan, toko/warung yang semula ramai menjadi sepi pembeli, dan sebagainya.
Lapor Hansip
08-04-2020 16:01

Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
Ilustrasi Kuburan

Kuburan adalah tempat pemakaman manusia yang sudah wafat. Kuburan identik dengan kesepian dan kesendirian. Karena itu, dalam dunia mistik, tanah kuburan sering dijadikan media 'ilmu pembenci', yaitu ilmu untuk membuat dua orang yang awalnya saling menyayangi menjadi saling bermusuhan, toko/warung yang semula ramai menjadi sepi pembeli, dan sebagainya.

Meski demikian, tanah atau lahan eks pekuburan tetap banyak dilirik dan diincar para pengembang pertokoan, jika posisinya dinilai strategis secara ekonomi. Misalnya di pinggir jalan raya, banyak/sering dilalui masyarakat, dan lain-lain.

Selain itu, pihak keluarga pemilik lahan kuburan juga banyak yang tergiur untuk menjualnya, karena harganya yang lumayan tinggi. Mereka rela membongkar makam para leluhurnya itu untuk dipindahkan ke tempat lain, lalu menjual eks lahannya.

Selanjutnya di atas lahan itu dibangun pertokoan, pasar atau tempat jual beli lainnya, seperti yang Ane saksikan dekat rumah Ane sendiri.

Namun berdasarkan pantauan Ane, toko-toko yang berdiri di atas lahan eks kuburan itu relatif sepi pengunjung/pembeli. Sebagai contoh, toko-toko yang ada dekat rumah Ane itu, di sana ada Bank, toko sepatu merek terkenal, dealer mobil, Notaris, dan toko tekstil.

Dalam pengamatan Ane, toko-toko itu terlihat sepi jika dibanding toko lain yang sejenis di tempat lain, meski posisinya tidak terlalu strategis. Bahkan toko-toko yang Ane sebut itu adalah penyewa terakhir (saat ini), setelah beberapa kali pergantian pihak penyewa yang berjualan di toko tersebut. Penyewa sebelumnya rata-rata hanya bertahan sekitar 6 bulan, lalu pindah atau berhenti berjualan di sana, entah karena kurang laku atau ada sebab lain.

Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
Taman Kamboja Banjarmasin

Contoh lain adalah Taman Kamboja di Kota Banjarmasin. Taman ini sebelumnya adalah lahan pemakaman umum untuk etnis tertentu. Kemudian makam itu dibongkar oleh pihak Pemko Banjarmasin dan dipindahkan ke kota Banjarbaru. Selanjutnya eks lahan kuburan itu dijadikan 'Pasar Blauran'. Tidak sampai satu tahun, pasar itu kemudian bubar, karena menurut pedagang setiap hari semakin sepi pembeli.

Kemudian lahan itu dijadikan Taman Kamboja, sebagai Ruang Terbuka Hijau dan Arena Bermain Anak. Namun sampai sekarang taman itu relatif sepi. Banyak alat-alat bermain yang rusak, bukan karena sering dipakai, tapi karena terbengkalai.

Melihat fakta tersebut, Ane berasumsi bahwa mungkin benar bahwa lahan eks kuburan itu membawa sial. Jika dibangun toko/pasar di atasnya, maka akan sepi pembeli. Dijadikan arena umum pun tetap akan sepi.

Ane tak bisa memastikan hal tersebut. Hanya saja, jika kita bandingkan dengan perumahan yang dekat dengan kompleks pekuburan, katanya rumah tersebut akan sulit untuk dijadikan agunan ke Bank. Alasannya, pihak bank katanya juga khawatir, jika rumah itu nantinya disita, maka susah/lambat lakunya saat dilelang.

Ada yang menganggap kuburan itu menyebarkan aura negatif terhadap rumah, menimbulkan kesan angker, terlalu ramai saat lebaran, dan sebagainya.

Intinya, rumah dekat apalagi di atas eks lahan kuburan dianggap membawa sial terhadap rumah dan pemiliknya. Namun kebenaran hal ini tentu harus dikaji dan diteliti lagi.(*)
****
Opini pribadi, dan ini.
Diubah oleh Aboeyy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nunu403 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
08-04-2020 16:11
semuanya masih misteri ya om
profile-picture
profile-picture
profile-picture
groschniy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
08-04-2020 16:12
katanya sih gituu....


Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
08-04-2020 16:30
Percaya ga percaya tapi nyata
0 0
0
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
08-04-2020 16:32
- Dari lokasinya sebagai kuburan, itu saja biasanya bukanlah merupakan tempat yang strategis, yang banyak didatangi orang, atau bahkan sekedar dilewati. Ibaratkan sebuah gang buntu, pemakaman adalah bangunan terakhir di gang tersebut.
- Karena point yang pertama itu, area sekitarnya kemudian juga "malas" untuk tampil cantik. Karena dipikir percuma. Apalagi kalau pemakaman itu juga dalam keadaan kurang terawat.

Sehingga untuk menetralkan kedua poin itu, maka kalau mau membangun, haruslah berupa kompleks luas. Pemakaman plus 2-3 rumah (ring1-2) di sekitarnya. Harus dibuatkan jalan tembus ke jalan raya besar yang ada disekitar area itu.

Untuk menangkal aura seramnya, sedapat mungkin bernuansa terang. Itu terkait jenis pepohonan, yang mana jenis warna daunnya dipilih bukan yang berwarna hijau gelap, atau bisa juga yang berwarna selain hijau. Ada kok yang warna daunnya berwarna lebih dari satu. Dan tanaman berbunga yang cerah. Warna cat bangunan, warna krem terang, atau putih hangat misalnya. Warna genting, jangan terlalu gelap. Juga jumlah penerangan jalan raya sewaktu malam.

Dan kalau dana untuk itu dirasa terlalu besar, tidak cocok dengan harga jual di daerah situ, jadikan kebun buah-buahan saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
08-04-2020 16:40
parno duluan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
08-04-2020 17:45
bassura
0 0
0
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
08-04-2020 18:00
Perpus sekolah ane dulu juga bekas kuburan setiap lewat jam 3 sore udah ga boleh ke ruangan tersebut .. pernah ada yg coba bandel malah kesurupan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 10:32
Di Medan, ada kompleks perkuburan besar. Campuran di sisi kiri untuk etnis tionghua. Di kanan untuk muslim. Dua duanya dibongkar kemudian di bangun mall. Namanya plaza medan fair. Ampe sekarang rame aja tuh plaza.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:02
yeeyy selamat ya boskuh, nice info BTW emoticon-Ultah
0 0
0
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:02
namanya jg mitos ya gan, orang2 sini kan seneng bgt ngmongin yg ky gitu
0 0
0
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:04
sebenrnya sih gk bawa sial atau apalah.
cuma yg beli risih kayaknya makanya sepi
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:05
coba bangun diskotik/club malam diatas bekas lahan kuburan..dijamin pasti tetap ramai gan oleh 2 jenis mahluk..emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ijah18 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:08
Percaya gak percaya gak, emang di atas kuburan itu bukan sial atau apa, tapi terkutuk atau gak bolehlah istilahnya. Karena secara logika manusia di atas orang mati kok ya masih dibangun bangunan. Kecuali dipindahkan kuburannya.

Sumber:
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:10
Dulu sd ane bekas kuburan. Rapi juga rame rame aja tuh gan yang dagang. Apa beda tempat beda aura yaemoticon-Hammer
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:11
Quote:Original Posted By remahrengginan
Dulu sd ane bekas kuburan. Rapi juga rame rame aja tuh gan yang dagang. Apa beda tempat beda aura yaemoticon-Hammer


Itu sih gegara ada sd bray, pusat perputaran uang dari rumah emoticon-Wakaka
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:12
bekas kuburan jadi perumahan.
kuburan berdampingan sama toko2 deket daerah ane pd rame aja gan,malah parkirnya dikuburan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:12
Quote:Original Posted By ryozak
coba bangun diskotik/club malam diatas bekas lahan kuburan..dijamin pasti tetap ramai gan oleh 2 jenis mahluk..emoticon-Ngakak


Ntr ada penjaga

Seberapan kuat lu?


emoticon-Wakaka
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:12
Mungkin tadinya itu tanah kuburan mau di sedekahin buat pemakaman tapi beralih fungsi...

Jadinya gak berkah?

Atau mungkin harus ada ritual permurnian kayak selametan rumah baru (biasanya yg orang islam ada acara begini). Menandakan ada 'penghuni' baru datang...

Imo
profile-picture
profile-picture
Gailham dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:13
lah ini HT sepi
emoticon-Bingung




Edit-

Gemboked.
Yg biasa main di kuburan ke sebelah.
emoticon-Cool
Diubah oleh yunda.me
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Toko di Atas Lahan Eks Kuburan Membawa Sial?
09-04-2020 19:17
di tempat aku spbu juga bisa bangkrut lho, kebetulan dibangun di atas tanah ex makam juga
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia