Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
169
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8c6624af7e93397d32bd94/kota-kecil-wonosobo-mistis-nan-menawan
Wonosobo, siapa yang tidak tau kota kecil yang berada tepat di tengah tengah provinsi jawa tengah. kota yang dikenal sebagai penghasil Purwaceng dan carica. dilain itu kota Wonosobo ini juga memiliki obyek wisata yang sudah dikenal bahkan sampai ke manca negara.
Lapor Hansip
07-04-2020 18:38

KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]

Past Hot Thread
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]

Wonosobo, siapa yang tidak tau kota kecil yang berada tepat di tengah tengah provinsi jawa tengah. kota yang dikenal sebagai penghasil Purwaceng dan carica. dilain itu kota Wonosobo ini juga memiliki obyek wisata yang sudah dikenal bahkan sampai ke manca negara.

objek objek itu diantaranya adalah, TELAGA WARNA, KAWAH SIKIDANG, dan yang paling terkenal diantara objek yang lain adalah sunrise di bukit sikunir, dan terkenal oleh turis manca negara dengan julukan THE GOLDEN SUNRISE, tak asal memberi sebutan, karna menurut para wisatawan baik domestik atau manca negara, menilai kalo sunrise di bukit sikunir ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Golden Sunrise Sikunir

 

yah itu lah beberapa objek wisata yang mungkin harus agan agan kunjungi jika berkunjung ke kota kecil ini, namun dibalik keindahan objek objek wisata yang indah itu, sama seperti di setiap kota lain pasti ada sisi kelam di setiap sudut kotanya.

mungkin bagi pecinta horor atau suka berwisata horor, di wonosobo juga memiliki beberapa spot wisata yang bisa di kunjungi. yaitu

1. Gamelan RM Belimbing
RM Belimbing Wonosobo


Yah RM Belimbing ini sudah berdiri dan beroperasi kira kira sejak tahun 1999an. Tapi pada sekitar tahun 2000an mengalami bangkrut dan akhirnya tidak digunakan kembali.


Menurut cerita yang saya dapat dari penduduk sekitar, sudah beberapa kali rumah makan ini akan dijual oleh si pemilik, namun karena terdapat kejadian mistis di rumah ini, akhirnya rumah ini tidak laku dan terbengkalai sampai sekarang. Apa saja sih kejadian-kejadian aneh di rumah ini.

Terdapat suara gamelan setiap malam malam tertentu
yah gamelan disini merupakan gending Jawa yang berasal dari sebelah utara rumah makan, tepatnya di bawah jembatan. Beberapa orang menyebut itu sebagai fenomena karena pada zaman dahulu, pada saat pembuatan jembatan, mereka memberikan tumbal berupa manusia, sehingga kengerian nya masih terbawa hingga sekarang.

Terdapat sosok pocong, dan sosok anak kecil pada sisi barat bangunan.
Sosok ini berasal dari kecelakaan yang sering terjadi di sisi barat ini, tepatnya beberapa tahun yang lalu ada mobil yang tidak tahu arah dan menerobos perboden. Bagi kalian yang belum tahu, sisi barat merupakan perboden jika kalian dari arah Banjarnegara ke arah Wonosobo, nah mobil itu pun melalui jalan perboden tersebut dan bertabrakan.

Alhasil pengemudi mobil tersebut tewas seketika di tempat. Btw entah mobil atau motor yang mengalami kecelakaan namun satu keluarga mengalami tewas, dan hanya menyisakan anaknya saja.

Sosok Wanita di dalam bangunan.
Jika kalian mengunjungi rumah makan ini pada malam hari, dan kalian melihat pada bagian dalam bangunan, kalian akan menjumpai lukisan wanita yang berada di dalam bangunan, konon lukisan ini hidup dan sosoknya berada nyata di dalam bangunan.

monggo bagi agan agan yang berniat dan ingin berwisata ke objek ini.

2. Keindahan Gunung Kembang


Gunung Kembang



Gunung Kembang merupakan salah satu gunung yang berada di Jawa Tengah, tepatnya di Dukuh Blembem Kaliurip, Desa Damarkasihan, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. 

Gunung kembang memiliki ketinggian 2320 MDPL. Gunung Kembang sudah didaki sejak tahun 1993, pada tanggal 1 April 2018 gunung kembang mulai dibuka untuk umum, menurut beberapa warga gunung kembang ini terkenal sangat mistis, bahkan sampai saat ini belum ada warga sekitar yang berani mendaki karena gunung kembang terkenal angker. 

Ada suatu cerita dari penduduk sekitar, pernah ada 25 pendaki ketika menuruni gunung kembang terjadi hal mistis yaitu ke 25 pendaki tersebut menuruni gunung secara terpisah menjadi beberapa jalur, padahal menurut masing-masing pendaki merasa menuruni gunung secara bersama-sama.

ada juga sebuah pengakuan dari seorang pendaki yang ketika menuruni gunung kembang, si pendaki ini mengalami hal mistis, yaitu setelah berjalan cukup lama, si pendaki ini tidak kunjung sampai ke bagian bawah namun hanya berputar putar saja alias dia selalu kembali ketitik dimana dia pernah menjejakan kakinya disana.

konon katanya hal itu di karenakan karena adanya akar mimang, yang dikenal sebagai akar gaib ataupun akar yang memiliki kekuatan tersendiri.

 Jadi jangan heran jika melihat sesajen berupa kembang mawar, kemenyan di gunung kembang. 

Karena keangkeran gunung kembang, maka sangat dilarang mendirikan tenda atau camping di area hutan gunung kembang. Camp hanya diperbolehkan di puncak gunung kembang. 

3. Gunung Pakuwaja, Tempat Paku Pulau Jawa Berada
Gunung Pakuwaja


Nama itu saat ini mungkin masih cukup asing di kalangan para pendaki gunung Indonesia. Biasanya para pendaki lebih mengenal Gunung Sindoro, Sumbing, atau Prau yang beberapa basecamp pendakiannya berada di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Kawasan perkebunan penduduk yang cukup rawan menyesatkan Gunung Pakuwaja berada tepat di sisi utara Puncak Sikunir yang biasanya ramai oleh wisatawan saat hari libur. Meski demikian, jalur pendakiannya tidak lewat sana, melainkan dari Desa Parikesit. Jika ditarik garis lurus, Gunung Pakuwaja dengan basecamp berjarak sekitar 1,7 kilometer. Perjalanan dari basecamp pun tidak langsung melalui kawasan jalur pendakian, melainkan terlebih dahulu melewati wilayah perkebunan penduduk

Meski demikian, wilayah perkebunan penduduk inilah yang cukup rawan menyesatkan pendaki

4. Gunung Prau
Gunung Prau

Gunung Prau menjadi salah gunung terfavorit di Jawa Tengah. Tak hanya punya pemandangan yang cantik, trek Gunung Prau juga tak terlalu sulit untuk dilalui pemula. Hanya dengan mendaki tak lebih dari 3 jam, Kamu sudah bisa mendapatkan view yang luar biasa indah. deretan gunung tampak berjejer megah, mulai dari Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu.

Saat mendaki Gunung Prau lewat jalur Dieng Kulon, diawal pendakian sampai ke area tower Kamu akan ditemani dengan indahnya vegetasi pepohonan yang masih lebat dan asri. Setelah melewati tower Kamu hanya akan menemukan beberapa tanaman tinggi dan lainnya merupakan vegetasi rumput dan bunga Daisy. 

Di salah satu bagian padang bunga Daisy ini Kamu akan menemukan beberapa pohon yang tumbuh dalam satu area. terdapat sekitar 4-5 pohon yang tumbuh saling berdekatan dan seperti membentuk kotak atau biasa disebut oyot rimpang. Tak banyak pendaki yang tahu bahwa konon di antara pepohonan inilah “pintu ghaib” Gunung Prau berada.

Gerbang Goib


Gunung Prau juga tak lepas dari sangkut pautnya dengan pegunungan Dieng, dimana di Dieng merupakan tempat singgah sana para dewa.


Berdasarkan cerita dari warga lokal, para Dewa dan juga penunggu Dieng juga masih bersemayam di pegunungan-pegunungan disekitar dieng termasuk Gunung Prau.

dan ngomong ngomong soal penunggu, pernah ada kejadian sekelompok pendaki yang semuanya adalah laki-laki sedang berkemah disana, dan pada malam hari mereka bernyanyi nyanyi untuk mengisi acara di malam hari, saat mereka sedang bernyanyi terdengar suara senandung yang menyaut diantara nyanyian mereka, yang terdengar seperti suara wanita.

pernah juga ada kejadian seorang pendaki wanita yang sedang berfoto disana seorang diri dan saat di foto dan dilihat hasil dari foto tersebut ada sesosok wanita di belakangnya yang ikut berfoto, padahal dia meyakini dibelakannya tidak ada siapapun.



Nah itulah beberapa cerita yang berada di kota kecil Wonosobo, yang dilain menampakan keindahan alamnya ternyata dibalik keindahan itu terdapat beberapa hal mistis yang menyelimutinya.

Terimakasih buat agan agan sekalian yang sudah menyempatkan diri mampir di Thread ini, maaf bila ada kekeliruan 


SUMBER
Rumah makan Belimbing
Gunung Kembang
Gunung Pakuwaja
G
unung Prau 1
Gunung Prau 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 80 lainnya memberi reputasi
81
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
07-04-2020 19:23
Amanken....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
07-04-2020 19:36
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
07-04-2020 19:53
lebih serem pertigaan kretek dr arah temanggung...rawan truk rem blong emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
07-04-2020 20:42
Nice threat gan..... Salam saja buat kota tercinta... Efek lockdown gak bisa pulkam... Semoga semua membaik aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
07-04-2020 20:54
Mantap gan, Nice info.. emoticon-I Love Indonesia (S) banyak sejarah tua nan mengesankan di Wonosobo. sayang sekali bila keindahan alam dan adat Wonosobo sampai tidak dikenal anak cucu.. amanken.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
07-04-2020 21:01
Kie sing mbaurekso @kakekane.cell
Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
07-04-2020 21:09
Belum pernah kesana. Tp pernah pacaran sama orang sana emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 01:15
Quote:Original Posted By panjialiansyah
emoticon-Wakaka


Napa ngakak sri... emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By saya.kira
Kie sing mbaurekso @kakekane.cell


emoticon-Malu


Quote:Original Posted By afryan015
sesepuh kah itu gan



Halo mas afryan... emoticon-Hai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 02:54
nek corona wes ilang ane mau ke prau emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 06:06
Untuk kota ini ane belum pernah ke sana berhubung memang letaknya cukup jauh. Sehingga silahkan saja para pengunjung bisa ke sana, tapi sekarang baru lock lock, jadi tidak bisa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 06:47
Quote:Original Posted By risky.jahat
nek corona wes ilang ane mau ke prau emoticon-2 Jempol


Bagus itu pariwisatanya.. emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By afryan015
hali mas mbaurekso hehe



Hihihi... 😁😁😁
Mas afran wsb nipun,, ting pundhi.. emoticon-Bingung

Kulo aturi,,, mampir rumiyen dumugi ting nggen kontere kulo... emoticon-Monggo


Quote:Original Posted By vixitev
Untuk kota ini ane belum pernah ke sana berhubung memang letaknya cukup jauh. Sehingga silahkan saja para pengunjung bisa ke sana, tapi sekarang baru lock lock, jadi tidak bisa.


Kalau LOLOK di tmpat saya,, itu brarti TITID YG NGGAK SUNAT... emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 07:20
wah wonosobo nih jadi inget pernah ke dieng jaman masih sepi sepinya
emang sih di sana banyak gunung macem sindoro, sumbing sama prau yang biasanya untuk mendaki dan banyak menyesatkan arah para pendaki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 07:39
Quote:Original Posted By afryan015
mampir lagi breee udah nambah banyak wisata baru juga sekarang


Iya gan dulu baru sempet ke dieng sama candi arjunanya doang
Pengen mampir di wisata lain sama nyobain makanan khasnya hehe semoga corona segera musnah dan bisa liburan lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
7kryptonite dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 09:52
jadi kangen mudik ke purbalingga dari semarang emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 10:03
Quote:Original Posted By afryan015
kulo teng daerah wonobungkah, la pnjenengan pundi


Kulo ting stasiun (wingking trminal DIENG BATUR) tapi kesehariane,, kulo ting HALTE SMP1 WONOSOBO (Kakekane.cell) mampir mawon mas... emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
7kryptonite dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 10:44
Quote:Original Posted By afryan015
oh sek biasane nggo etalase alit niko nggih


injeh,, meniko kulo.. 😅😅😅
profile-picture
profile-picture
profile-picture
7kryptonite dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 17:01
wonosobo dan bondowoso itu masih sodara'an?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 17:06
Kalo corona udah selese, yuk kita naik gunung emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aurora.. dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 17:09
udah sempet naik gunung2 disana , sindoro sumbing prau

paling pingin balik lagi ke sumbing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
KOTA KECIL WONOSOBO [MISTIS NAN MENAWAN]
08-04-2020 17:09
belum pernah main
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Cerita Pejalan Domestik
Selera Nusantara (Indonesian Food)
jajanan-ciri-khas-sunda-asli-gansist-harus-coba
Cooking & Resto Guide
bola-bola-singkong-kekinian
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia