News
Batal
KATEGORI
link has been copied
201
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8c408e8d9b173f35388258/dunia-puji-cara-taiwan-hadapi-virus-corona
17 tahun kemudian setelah wabah SARS, Taiwan tak mau bernasib seperti dulu. Lembaga khusus bernama Pusat Komando Kesehatan Nasional Taiwan (National Health Command Center/NHCC) yang dibentuk setelah wabah SARS, langsung bergerak cepat melakukan pencegahan wabah virus corona.
Lapor Hansip
07-04-2020 15:57

Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona

Past Hot Thread
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
Taiwan patut dapat pujian sebagai negara dengan penanganan COVID-19 paling baik di dunia, di tengah banyaknya negara lain yang tumbang akibat wabah virus corona SARS-CoV-2 itu.
Pada 2003 silam, Taiwan pernah dihantam wabah SARS yang merenggut nyawa 181 orang dan sebanyak 150.000 orang dikarantina. Bersama Hong Kong dan China, Taiwan kala itu jadi negara yang paling parah terkena dampak penyakit sindrom pernapasan akut yang masih disebabkan virus dari keluarga besar corona.

17 tahun kemudian setelah wabah SARS, Taiwan tak mau bernasib seperti dulu. Lembaga khusus bernama Pusat Komando Kesehatan Nasional Taiwan (National Health Command Center/NHCC) yang dibentuk setelah wabah SARS, langsung bergerak cepat melakukan pencegahan wabah virus corona. Cara Taiwan dalam menangani COVID-19 ini juga dilaporkan dalam jurnal ilmiah Journal of American Medical Association (JAMA). Mereka mengambil langkah antisipasi super ketat sejak Januari 2020.

Tim kesehatan yang dibentuk dalam lembaga ini sudah terlatih dan berpengalaman untuk mengenali krisis dan mengaktifkan struktur manajemen darurat untuk mengatasi wabah penyakit yang muncul. Taiwan juga didukung oleh sistem perawatan kesehatan kelas dunia, dengan cakupan universal.
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
Apa saja yang dilakukan pemerintah Taiwan?
Langkah paling awal yang diambil pemerintah Taiwan adalah melarang publik melakukan perjalanan ke negara-negara yang berbatasan langsung dengan China. Pemerintah tak segan menghentikan perjalanan kapal pesiar dan menjatuhkan hukuman kepada siapa pun yang tak patuh pada aturan karantina mandiri di rumah.

Bersamaan dengan itu, produksi masker wajah digenjot untuk memastikan stok lokal yang memadai.

Intervensi tingkat tinggi dilakukan dengan melakukan pengujian tes COVID-19 ke seluruh penjuru negara. Beberapa warga yang sebelumnya tak terdeteksi mesti harus melakukan pengujian ulang karena pemerintah tak ingin mengambil risiko.

Intervensi hukum yang tegas diberlakukan kepada mereka yang membuat maupun menyebar hoaks medis tentang wabah virus corona.

“Mengingat kenyataan penyebaran COVID-19 yang masih berlangsung di seluruh dunia, langkah pencegahan yang diterapkan dengan cepat di Taiwan dan terbukti efektif mencegah epidemi skala besar, ini bisa menjadi pelajaran bagi negara-negara lain,” kata Wang.

Respons cepat dan transparansi pemerintah Taiwan dalam menginformasikan perkembangan terbaru dari wabah COVID-19 juga dinilai tepat. Meski tidak latah melakukan lockdown seperti yang diterapkan di sejumlah negara, langkah mitigasi yang dipilih pemerintah Taiwan pada akhirnya tetap bisa menyelamatkan negara tersebut.

Keterbukaan informasi pemerintah Taiwan dalam menangani wabah corona juga patut diapresiasi. Pemerintah membuka informasi soal rute jalan dan lokasi yang dilintasi pasien positif COVID-19 dalam beberapa hari terakhir. Informasi yang dibuka benar-benar cuma soal rute jalan dan lokasi, bukan identitas pasien.

Hal itu dilakukan agar masyarakat yang pernah berada pada lokasi dan jam yang sama dengan si pasien atau sempat bersinggungan dapat lebih mawas diri dan segera memeriksakan diri ke rumah sakit apabila merasa ada gejala COVID-19, sehingga bisa meminimalisasi risiko infeksi yang lebih luas.


sumber: http://www.wartaregional.com/2020/04...-virus-corona/

Mereka belajar dari kasus SARS loh Gan....
Polling
299 Suara
Apakah Indonesia bisa berhasil seperti Taiwan? 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 35 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 22:57
Kultur masyarakat nya beda gan, di sini banyak yg ngeyel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
animegazone dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:31
disini malah pada mudik gan imba beut
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:31
Taiwan lebih mementingkan rakyatnya dan ketika rakyatnya ada yg melanggar gak pakai masker akan di denda. Dari rakyat dan kembali ke rakyat. emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:33
Respon cepat dan transparansi pemerintah gan kuncinya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:34
intinya tu cuman di butuhin ketegasan emang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sankus010 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:35
negara santuy kluyuran bebas ditambah diskon tiket
Diubah oleh adkhanozawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mavve512 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:36
Speechless ngeliat pemerintah nanganin Covid 19..terlalu absurd..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:36
keren... bisa gak di terapin disini
0 0
0
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:36
Tak perlu kritik apa yang terjadi di negara kita. Lakukan apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penyebaran meski itu hanya rebahan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 8 lainnya memberi reputasi
7 2
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:37
ceweeee
0 0
0
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:37
lebih baik mencegah daripada mengobati
0 0
0
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:37
Yang disebarin rute dan lokasinya... kalo disini namanya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sylvester152 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:38
Pemerintah jg gk bs respon cepat dan transparan kalau masyarakatny juga pada ngeyel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:39
Kunci sukses Taiwan adalah disiplin pemerintah (tidak mencla mencle) dan respons super cepat. Begitu kabar corona mewabah, langsung tutup border.. langsung tes warga, langsung isolasi wilayah. Mana ada diskon tiket pesawat atau bagi-bagi nasi kucing?

Isolasi bukan berarti lockdown tidak boleh keluar beli sayur/makan/kebutuhan. Isolasi berarti tidak boleh keluar kota, keluar negeri. Mudik sudah jelas dilarang. Social distancing juga ditegakkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:39
Masyarakatnya sudah disiplin, negaranya sudah berpengalaman menghadapi bencana serupa, ditambah wilayah kecil, penduduk tidak terlalu banyak, masyarakatnya cukup homogen, kontrolnya jadi lebih mudah, sekali lagi jgn samakan dengan Indonesia, terlalu banyak perbedaan, jgnkan Indonesia, Amerika Serikat yg rakyatnya sudah well educated, APBN negaranya seperti tdk terbatas, malah jd episentrum Corona melebihi Cina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:39
Perlu dicontoh nih mitigasinya sama negara lain khususnya Indonesia.
0 0
0
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:40
ayok ayokkaum rebahan kita lanjut lg rebahanny
0 0
0
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:41
Quote:Original Posted By diamondchest
Kultur masyarakat nya beda gan, di sini banyak yg ngeyel


Iya gan bener banget warga disini masih banyak yang gak menaati Anjuran pemerintah. Semoga Ada tindakan tegas deh
0 0
0
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:41
saya memuji cara indo menanggapi korona emoticon-Cool

1.korona ga mungkin bisa masuk indo karna ngurus ijinnya sulit emoticon-Cool


2.indo kebal korona karena penduduk suka makan nasi kucing emoticon-Cool


3.kekuatan doa pula yang membuat indo tahan terhadap korona emoticon-Cool
Diubah oleh introvert.parah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makeiteasy69 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Dunia Puji Cara Taiwan Hadapi Virus Corona
07-04-2020 23:42
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Perlu dicontoh nih mitigasinya sama negara lain khususnya Indonesia.


Iya gan bener banget semoga Indonesia juga bisa melakukan langkah langkah yang terbaik deh ya untuk memberantas virus corona
profile-picture
gendhu89 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia