News
Batal
KATEGORI
link has been copied
169
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8bd96d10d2956f9c51526f/dokter-tifauzia-protes-cara-pemerintah-atasi-corona-sangat-berbahaya
Sikap pemerintah yang tidak memberlakukan lockdown dan malah melakukan Herd Immunity sebagai cara untuk mengatasi penyebaran virus corona alias Covid-19 mengundang kekhawatiran yang mendalam dari kalangan dokter. Dokter Tifauzia Tyassuma yang merupakan ahli epidemiologi mencermati bahwa strategi yang sedang dijalankan pemerintah adalah tidak memberlakukan lockdown, hanya imbauan agar tidak keluar
Lapor Hansip
07-04-2020 08:37

Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya

Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya

Sikap pemerintah yang tidak memberlakukan lockdown dan malah melakukan Herd Immunity sebagai cara untuk mengatasi penyebaran virus corona alias Covid-19 mengundang kekhawatiran yang mendalam dari kalangan dokter.

Dokter Tifauzia Tyassuma yang merupakan ahli epidemiologi mencermati bahwa strategi yang sedang dijalankan pemerintah adalah tidak memberlakukan lockdown, hanya imbauan agar tidak keluar masuk Indonesia, membeli Rapid Test untuk mempercepat penapisan ODP dan PDP, serta membeli obat Avigen dan Choloroquin dalam jumlah besar.

Terkait langkah-langkah pemerintah di atas, ujar Tifauzia maka ia mengamati bahwa ada langkah strategis yang dipikirkan oleh pemerintah saat ini, dan mungkin langkah tersebut adalah masukan dari pihak-pihak non kesehatan, sehingga sangat mungkin saat ini Presiden Jokowi mengambil kebijakan untuk melakukan Herd Immunity.

“Saya sampaikan kepada Bapak untuk mempertimbangkan kembali bila Bapak memang memutuskan untuk menyetujui Herd Immunity,” kata Tifauzia seperti dikutip dari helmiadamchannel, Rabu (1/4/2020).

Tifauzia menjelaskan Herd Immunity adalah langkah cepat membangun imunitas bersama secara kolektif dengan membiarkan masyarakat terinfeksi bersama. Dengan demikian akan ada yang terjadi yaitu banyak orang akan terinfeksi, sebagian yang terinfeksi akan meninggal, sebagian yang terinfeksi akan sembuh sebagai carrier atau pembawa, dan sebagian yang kontak tetapi tidak terinfeksi akan memiliki kekebalan.

Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya

Untuk diketahui, tegas Tifauzia, Herd Immunity bisa efektif apabila karakter virus dan prediksi evolusi atau mutagenesisnya sudah bisa diketahui dengan pasti. Namun masalahnya adalah Virus SARS nCOV2 ini baru memulai perjalanan evolusinya.

“Tidak ada satupun ilmuwan di dunia ini yang mampu memastikan perjalanan mutasi virus ini akan menjadi seperti apa,” ungkapnya.

Karena itu, dia menekankan bahwa Herd Immunity menjadi langkah yang spekulatif yang amat sangat berbahaya bagi seluruh rakyat.

Apalagi, rakyat Indonesia memiliki daya kekebalan dan status nutrisi yang rendah, sehingga apabila Herd Immunity dilakukan maka alih-alih terjadi imunitas kolektif, tetapi yang terjadi adalah banyak yang terinfeksi dan menjadi parah dengan cepat, banyak rakyat yang meninggal, terutama kelompok usia rentan dan yang memiliki komorbid, dan fasiliitas kesehatan yang pada dasarnya memiliki ketahanan rendah akan tumbang dengan cepat. “Yang terkorbankan adalah dokter dan tenaga kesehatan lain,” tegasnya.

Sekali lagi, ujar Tifauzia, pihaknya menyampaikan selagi belum terlambat bahwa strategi lockdown teritorial dan wilayah masih harus dipertimbangkan dan diputuskan dengan cepat oleh Pemerintah RI. “Herd Immunity seperti langkah bumi hangus. Kasihan rakyat,” katanya menegaskan lagi.

Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya

“Kira-kira kalau saya membacanya adalah, rakyat  yang terinfeksi nanti akan diberikan Avigen dan Cholorquin. Padahal Avigen masih kontroversial dan baru terbukti bermanfaat (dalam skala terbatas) untuk gejala ringan dan sedang,” tambah Tifauzia.

Padahal, dia menerangkan, dengan status imunitas dan status nutrisi sebagian besar rakyat Indonesia yang rendah, maka kemungkin orang terinfeksi hanya sampai status ringan sampai dengan sedang akan sangat kecil karena terbukti saat ini angka case fatality rate mencapai 8,4%, lebih tinggi dari angka sembuh.

Artinya, siapapun yang terinfeksi apalagi pada usia berisiko akan melampaui fase ringan dan sedang, langsung menuju fase parah. Sehingga Avigen hanya akan seperti membuang garam di lautan alias sia-sia.

Sedangkan Chloroquin yang dimaksudkan untuk membuat kondisi endoplasma menjadi toksik, dan beberapa negara yang telah melakukan pemberikan Chloroquin saat ini terlaporkan mengalami keracunan akut dan kerusakan liver dengan cepat. “Alih-alih meracuni virus, yang teracuni justru penderitanya,” jelas Tifauzia.

Karena itu, tegas dia, Herd Immunity yang tampaknya akan diterapkan di Indonesia, menjadi langkah yang berbahaya bagi rakyat Indonesia. “Siapa lagi yang mengusulkan ide konyol dan berbahaya ini kepada pemerintah?,” ujarnya.

Subhanallah

Sungguh ukhti dokter yang gagah berani ya gaes


Masha Allah

emoticon-Kroasia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:41
Dokter tuh tugas nya ngobatin yang sakit bukan ngotot lock dont emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
myidkaskus dan 17 lainnya memberi reputasi
12 6
6
Lihat 11 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:42
kirain kompas
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:43
lokdon di luar negri pada kerusuhan, kelaparan

Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya

dokter ini harusnya ngerawat pasien aja, jangan ikut komen

BATA!
Diubah oleh red.bezos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
5 12
-7
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:43
para medis pasti ngomong yg kyak bgitu....
krn emang skil ny d situ.....

emoticon-Cool

kalo udah d posisi menkes (pemerintah) nggk bisa jg ngomong bgitu...... krn yg dpikirin bkan cuman soal kes....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cappuccinogirl dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:44
Di saat seorang bakul herbalife dianggap sebagai ahli epidemiologi. Terbukti kan? Dia justru malah kabur menghindari lockdown. Punya gelar sebagai dokter tapi ga pernah sekalipun keliatan maju ke garis depan sbg tim medis
Ya iya lah, andalannya kan nutrisi surgawi dan anjuran via twitter & FB. Aman dan nyaman ngetik sambil leyeh2 di kamarnya yg ber AC, sementara dokter2 lain mempertaruhkan nyawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cappuccinogirl dan 54 lainnya memberi reputasi
52 3
49
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:47
Dokter kadrun yg kepalanya ga pernah kejemur emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:50
Coba kupas dulu background nya, lulusan taun berapa, praktek dimana, apa aja pencapaiannya, gue trauma ketemu dokter puskesmas pansos tempo hari yang rambutnya kaya gulali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:53
aroma kadrun dr bu dokter ini kok sangat bau ya? emoticon-Leh Uga
kabur dr lockdown emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:54
Gua nongkrong aja.. Liat siapa yang goblog diakhir pertandingan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
asd24 dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:54
dokter kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zexis dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:55
mungkin dia cape , pengen libur 2 minggu maka nya ngotot lokdon emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan handa 23 memberi reputasi
2 0
2
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:55

SARKAS JANGAN DISERANG YA OM

Quote:Original Posted By khafidz99
Di saat seorang bakul herbalife dianggap sebagai ahli epidemiologi. Terbukti kan? Dia justru malah kabur menghindari lockdown. Punya gelar sebagai dokter tapi ga pernah sekalipun keliatan maju ke garis depan sbg tim medis
Ya iya lah, andalannya kan nutrisi surgawi dan anjuran via twitter & FB. Aman dan nyaman ngetik sambil leyeh2 di kamarnya yg ber AC, sementara dokter2 lain mempertaruhkan nyawa


Disaat komentar tak sesuai dengan hati. Inilah contoh komentar salah satu warga +62 yg maha benar. Dan berikut ini resepnya :
1 sendok penurunan gelar orang lain
1 liter kesotoy an
2 sendok teh hyperbola
1/2 panci tanpa riset
emoticon-Ngakak
Diubah oleh indraardn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
starcrash dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:55
Kalo kita lihat di luar negeri, lock down adalah kendaraan para (calon) diktator untuk memperkuat cengkeraman mereka terhadap rakyat.
Xi Jin Ping, Duterte, Orban, Vucic, Jong Un .. giat memanfaatkan lock down untuk membungkam suara rakyat.

Apakah kita ingin supaya Jokowi meniru mereka? emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cappuccinogirl dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:56
Quote:Terkait langkah-langkah pemerintah di atas, ujar Tifauzia maka ia mengamati


pengamat rupanya emoticon-Cape d...
0 0
0
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:56
sok tau... ngembangin mobil esemka aja pak de bisa apalagi cuma ngatasi corona. .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:56
Yang bilang lokdon coba tolong diri sendiri dulu di lokdon, jangan kemana mana wara wiri kesana kemari wawancara dari station tv ke station tv lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cappuccinogirl dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:57
Quote:Original Posted By esemkajaya
sok tau... ngembangin mobil esemka aja pak de bisa apalagi cuma ngatasi corona. .


Parah ni jokes nya
emoticon-Ngakak
0 0
0
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:57
judulnya begini, isinya begitu. kesimpulan: kadrun
profile-picture
profile-picture
handa 23 dan almara96 memberi reputasi
2 0
2
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 08:59
instan karma karena ketololannya, tolol kok bisa jadi dokter?
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
emmopayah dan handa 23 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Dokter Tifauzia Protes, Cara Pemerintah Atasi Corona Sangat Berbahaya
07-04-2020 09:00
ngak usah lockdown tapi alat medianya ditambah dan distribusikan dengan bener kampang
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia