News
Batal
KATEGORI
link has been copied
230
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8bc06ac0cad76c40408773/covid-19-negara-g20-diprediksi-resesi-kecuali-ri-dan-2-negara-lain
Dampak pandemi virus corona Covid-19, pertumbuhan ekonomi negara-negara besar yang tergabung dalam G20 diprediksi akan negatif dan akan masuk dalam jurang resesi. Namun, ada 3 negara yang pertumbuhan ekonominya diprediksi masih positif, salah satunya Indonesia
Lapor Hansip
07-04-2020 06:51

Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain

Past Hot Thread
Jakarta - Dampak pandemi virus corona Covid-19, pertumbuhan ekonomi negara-negara besar yang tergabung dalam G20 diprediksi akan negatif dan akan masuk dalam jurang resesi. Namun, ada 3 negara yang pertumbuhan ekonominya diprediksi masih positif, salah satunya Indonesia

Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain

Mengutip The Economist, Direktur Peramalan global di Economist Intelligence Unit, Agathe Demarais, mengatakan pandemi virus corona Covid-19 membawa hampir seluruh negara-negara G20 jatuh ke jurang resesi.

Ia mengatakan lebih dari setengah negara-negara yang masuk dalam jajaran G20 diprediksi mengalami pertumbuhan ekonomi negatif. “Gambaran ekonomi global tampak suram, dengan resesi di hampir setiap ekonomi maju di seluruh dunia," kata Demarais, Selasa, 31 Maret 2020.

Meski demikian, Ia mengatakan dari beberapa negara G20, masih ada 3 negara yang diprediksi pertumbuhan ekonominya masih positif sepanjang 2020. Ketiga negara tersebut yakni Indonesia, India, dan China.

Ia memprediksi pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia masih akan berada di angka 1 persen. Sebelum virus corona menyerang, PDB Indonesia diprediksi tumbuh 5,1 persen.

Sementara India, PDB pada tahun 2020 berada di angka 2,1 persen dari perkiraan sebelumnya sebesar 6,9 persen. Sedangkan China berada di angka 1 persen dari perkiraan sebelumnya di angka 5,9 persen.

Demarais mengatakan pemulihan ekonomi bisa saja terjadi pada semester II tahun 2020. Meski demikian, ia juga menyebut pertumbuhan akan terkontraksi lebih dalam jika ada gelombang epidemi kedua dan ketiga.

Ia mengatakan Eropa akan menjadi kawasan yang paling terpukul akibat pandemi Covid-19 ini. Ia memprediksi Eropa akan membukukan resesi setahun penuh sebesar 5,9 persen. Lebih rinci, pertumbuhan ekonomi Jerman sebesar -6,8 persen, Perancis -5 persen, dan Italia -7 persen.

Di Jerman, sebagian besar sektor manufaktur sangat berorientasi ekspor. Artinya negara tersebut secara khusus akan terkena gangguan rantai pasokan dan permintaan global yang lemah.

Selain Eropa, kawasan Amerika Latin juga akan terpukul dan masuk dalam jurang resesi. Argentina akan terkontraksi sebesar -6,7 persen, Brasil -5,5 persen, dan Meksiko -5,4 persen.

Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
Sumber : The economist

Demarais menyebut, satu-satunya pilihan negara-negara G20 untuk mendukung pertumbuhan ekonomi adalah mungkin melalui stimulus fiskal, kendati itu pun masih bisa dipertanyakan efektifitasnya.

“Ini karena pengenalan langkah-langkah stimulus fiskal dapat meningkatkan risiko krisis utang begitu epidemi virus corona selesai. Prospek seperti itu akan berdampak buruk pada pertumbuhan global,” katanya.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva menyambut baik langkah-langkah fiskal dan moneter yang diambil sejumlah negara. Tetapi ia mengatakan akan lebih banyak dibutuhkan terutama kebijakan di arena fiskal dalam mencegah terjadinya resesi global.

Indonesia sendiri, melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani, sebelumnya telah memprediksi akibat yang ditimbulkan pandemi Covid-19 ini terhadap perekonomian tanah air.

Ia menyebut apabila masalahnya lebih berat, seperti kalau durasi Covid-19 bisa lebih dari 3-6 bulan, dan kemudian terjadi lockdown dan perdagangan internasional bisa drop di bawah 30 persen, maka pertumbuhan ekonomi bisa mencapai di antara 2,5 persen sampai sampai ke nol persen.

Sri Mulyani mengatakan untuk meminimalkan risiko perlambatan ekonomi yang nyata harus ada dua langkah responsif yang diambil yakni pemberian stimulus fiskal dan moneter serta intervensi di sektor kesehatan untuk menekan laju transmisi virus dan angka kematian akibat wabah.

"Kita nggak mengharapkan itu terjadi. Makanya langkah-langkah safety net dan sektor usaha supaya tetap berjalan, harus dilakukan. Ini fokus yang kita lakukan bersama Pak Menko Perekonomian dan OJK," kata Sri Mulyani.

Ia mengatakan Presiden Jokowi sudah memberikan arahan tegas untuk menangani pandemi Covid-19 ini dan sudah memberikan setidaknya 10 arahan makroekonomi untuk merespons kondisi genting akibat wabah ini.

Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain

Beberapa arahan langsung Jokowi antara lain stimulus fiskal sudah dipersiapkan, Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral juga turut berpartisipasi dalam tiga bulan terakhir tahun ini saja, BI sudah memangkas suku bunga acuan BI 7-DRRR sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,5%.

BI juga meluncurkan paket kebijakan baru untuk memitigasi risiko virus corona Covid-19 ke sektor perbankan. Dalam paket kebijakan ini, BI berfokus untuk menjaga pasokan likuiditas valas dan rupiah bagi perbankan. Selain itu, BI juga fokus untuk mendorong transaksi non-tunai untuk memperlancar transaksi keuangan di masyarakat dengan melakukan penurunan biaya transaksi

SUMBER
Diubah oleh awanpro
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 8
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 08:10
Quote:Original Posted By jimbitkilibit
yaa jelas yg namanya kematian pasti ada.. gak ada corona pun orang mati di indo karena penyakit jg jauh lebih banyak koq..


Emang gue komen apa sih ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 08:15
Quote:Original Posted By jimbitkilibit
sorry bro salah quote.. emoticon-Peace


Sudah kuduga, biasa aja, mau jawab bingung, makanya gue tanya gitu, hehehe
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 08:36
Indo kaga resesi?

Hebat amat

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 08:39
yg prediksi dah d bayar jkw....

emoticon-Cool
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 08:41
Optimis aja lah gan, semua ada yang mikirin pasrahin aja. pikiran kita kebanyakan ga nyampe sono apalagi skala makro. Ngeri kalau sampai negara kita nih ikut terjerembab resesi global emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 08:46
Biasanya opung langsung nyolot ditunggu gak ada

Disuruh diamkah emoticon-Ngakak
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 08:54
mana yg katanya 7 persen wokeowkwowkwo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 08:55
Semoga para koruptor kena Corona semua.

Dan semoga ada mujizat di pertumbuhan ekonomi negara.
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 09:06
Resesi apaan sih gan, sumpah ane orang awam nih wkwk
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 09:11
Quote:Original Posted By bang.didot
Semoga valid datanya gan


Moga aja gan
profile-picture
bang.didot memberi reputasi
1 0
1
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 09:17
Kita memang masih masuk kategory medium risk.

Tapi jangan lebay dulu, kajian ketat mendalam dan matang untuk penanganan wabah korona sangat penting.

Asimetris informasi antar G 20 terkait kebijakan dan stimulus untuk tujuan agitasi ekonomi akan jadi PR kedua setelah pandemi mulai reda.

But first..
Tuh dirjen wabah penyakit menular kasih anggaran yg cukup dl biar test uji korona bisa maksimal. Supaya hasil statistisnya trustable.

Jadi para pelaku ekonomi besar indo punya gambaran, bisa memprediksi dan bisa mempersiapkan langkah langkah selnjutnya.

Masak sebulan lab balai besar dan jaringannya baru mgetes sekian ribu sample aja. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

emoticon-Traveller
:

Diubah oleh kopaser
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 09:37
Just wanna say :

In to (🇮🇳) ,...begitu bangga dan mengagung-agungkan : negara dgn democrazy terbesar sedunia ,...tapi ributnya bukan main : kalau ada event election per district , belum lagi sistem kasta nya yg super-duper ribet berujung chaos.

🇨🇳 punya GDP per-capita capai angka 10276 usd ,...dgn jumlah penduduk skitar 1,427 Milyar jiwa ,...versus :

India ,...dgn populasi skitar 1,352 Milyar jiwa ,...GDP per-capita skitar : 2172 usd

Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain

Pertumbuhan ekonomi 🇮🇳 , sangat tidak berkualitas !!! ,....pantes Apple tdk pernah berharap dari 🇮🇳 market ,...malah Xiaomi yg dominan dan berjaya disana.emoticon-Leh Uga
===========================================

World Economy Watches and Waits for China’s Great Reboot emoticon-Ngakak (S)

Ketergantungan dunia emoticon-Ngakak (S) ,...pada "pabrik raksasa dunia" ====>> 🇨🇳:

U.S., Europe question reliance on China for essential goods emoticon-Ngakak

"Essential goods utk zaman now" :

Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara LainCovid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain

Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain

Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain

============================================

🇨🇳 ,..adalah : global supply chain serta pabrik dunia terutama utk component barang2 electronic dan barang 1/2 jadi , serta bahan baku obat2an !!!


Mengapa dampak global begitu besar


Produksi di China merosot akibat wabah virus. Liburan nasional untuk Tahun Baru Cina telah diperpanjang dan area yang luas telah dikarantina (terutama di provinsi Hubei). Produksi dalam sebagian besar perekonomian telah terhenti. Survei produksi bulanan untuk sektor industri dan jasa (PMI produksi komposit) runtuh pada bulan Februari. PMI berada pada level yang mengindikasikan bahwa sebagian besar bisnis mengalami stagnasi atau penurunan produksi. [2] Sektor industri dan jasa keduanya terpukul keras karena pekerja dan pelanggan tinggal di rumah. Ekspor juga turun tajam, dengan angka terakhir menunjukkan bahwa nilai ekspor Tiongkok turun 17% pada Januari dan Februari tahun ini dibandingkan periode yang sama pada 2019.

Ekonomi Tiongkok hanya menunjukkan lambatnya aktivitas pada Februari. Menurut perkiraan dari Bloomberg, berdasarkan berbagai langkah pemanfaatan, ekonomi berjalan pada 65% dan 75% dari tingkat normal pada minggu terakhir bulan Februari dan minggu pertama bulan Maret masing-masing. Ekonomi dapat menutupi beberapa kerugian produksi dalam beberapa bulan mendatang; karena itu pertumbuhan sepanjang tahun masih dimungkinkan. Namun, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk produksi, semakin sulit hal ini terjadi.

Dampak ekonomi global COVID-19 hampir pasti akan lebih besar daripada epidemi SARS pada 2002/2003, yang juga dimulai di Cina (lihat studi ini untuk perbandingan).

Pertama-tama, pangsa ekonomi Tiongkok dalam total ekonomi global saat ini adalah 20%, jauh lebih tinggi daripada tahun 2003 (9%, lihat gambar 3).



https://economics.rabobank.com/publi...nomic-outlook/



Diubah oleh softcoreman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paexada dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 09:45
datanya sesuai ga? masa kita dianggap bebas resesi
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 10:07
yakinlah aman....

jelas sekarang bahwa corona itu bukanlah seperti yang dinyatakan si UAS bahwa itu tentara ALLAH yang diutus untuk menghukum bangsa china yang zholim kepada muslim uighur dan tidak akan menyerang muslim lainnya.

ada banyak negara lain yang tidak zholim kepada muslim uighur pun kena. negara mayoritas muslim juga penduduknya. tak nyambung perkataan si UAS dengan kenyataan yang ada. makanya dia diam dan bungkam sekarang. malu dengan pernyataannya kemarin.

emoticon-Traveller
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 10:21
Quote:Original Posted By anak manis
wahh masih plus ya. mudah2an prediksinya benar


Quote:Original Posted By elanglangit25
yg bener cuy?
sekelas usa n eropa resesi tp di kita kagak?
mau ketawa takut dikarungin emoticon-Takut:


Apalagi dikafanin ya gan?emoticon-Ngakak
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 10:22
Udah goblok, kere, sekarang belagu....
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 10:46
The economist ada dukunnya.
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 10:52
Bebaskan PPh, 6 bulan aja...
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 10:55
keren tuh india, masih sanggup bertahan diatas indonesia
0 0
0
Covid-19, Negara G20 Diprediksi Resesi, Kecuali RI dan 2 Negara Lain
07-04-2020 11:05
Dibayar berapa tuh buat bikin statemen angin angin surga kaya gini 😁
0 0
0
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia