News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8b5965facb951fc40fd6d0/sunyinya-bumi-dan-pulihnya-lapisan-ozon-di-tengah-pandemi
JEDA.ID – Pandemi memang banyak mengakibatkan dampak negatif, akan tetapi di sisi lain juga punya sisi positif bagi Bumi. Setelah kadar polusi menurun, ilmuwan mengamati bahwa Bumi menjadi lebih sunyi di tengah pandemi yang dipicu Virus Corona baru itu. Covid-19 Setidaknya 4 miliar orang atau sekitar separuh dari populasi dunia, mengisolasi diri untuk memutus penularan virus corona. Aktivitas ma
Lapor Hansip
06-04-2020 23:31

Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi

Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi

JEDA.ID – Pandemi memang banyak mengakibatkan dampak negatif, akan tetapi di sisi lain juga punya sisi positif bagi Bumi. Setelah kadar polusi menurun, ilmuwan mengamati bahwa Bumi menjadi lebih sunyi di tengah pandemi yang dipicu Virus Corona baru itu. Covid-19

Setidaknya 4 miliar orang atau sekitar separuh dari populasi dunia, mengisolasi diri untuk memutus penularan virus corona. Aktivitas manusia pun berkurang drastis dan menjadikan getaran Planet Bumi berkurang.

Dikutip detikINET dari CBS, Senin (6/4/2020) periset yang memantau pergerakan Bumi menyebut bahwa disetopnya sistem transportasi, bisnis, dan kegiatan manusia lain berkolerasi dengan getaran Bumi lebih rendah dari biasanya.

Penurunan kebisingan seismik ini, yaitu getaran di kerak Bumi, memunculkan peluang langka bagi ilmuwan untuk memonitor gempa Bumi kecil, aktivitas vulkanis serta tremor halus lain yang biasanya tenggelam karena pergerakan sehari-hari begitu banyak manusia.

Getaran lebih sunyi tersebut diobservasi oleh Thomas Lecocq, seismologi Belgia di Royal Observatory of Belgium dan dipublikasikan di jurnal Nature. Menurutnya, penurunan kebisingan semacam itu biasanya hanya terjadi sebentar di sekitar perayaan agama.


Lebih Sensitif

Di Belgia, getaran Bumi yang disebabkan aktivitas manusia merosot sekitar sepertiga semenjak isolasi terkait Covid-19 diberlakukan pemerintah. Penurunan kebisingan berhubungan langsung dengan penutupan sekolah, restoran, ruang publik serta larangan bepergian.’

Kegiatan manusia dalam lingkup kecil semacam kemacetan atau konstruksi bangunan memang hanya menyebabkan pergerakan kecil di kerak Bumi. Akan tetapi secara bersama-sama, hal itu mengakibatkan jumlah besar kebisingan yang membuat ilmuwan kesulitan mendeteksi peristiwa alam di frekuensi yang sama.

Sejak karantina diberlakukan, seismometer permukaan di Belgia menjadi lebih sensitif mengukur aktivitas seismik yang biasanya tidak dapat dipantau. Pengukuran gempa bumi kecil atau ombak di lautan menjadi lebih akurat. “Sungguh sangat sunyi di Belgium,” kata Lecocq.

Pernyataan sama dibenarkan oleh ahli di berbagai negara. Periset di Selandia Baru, Skotlandia, Perancis dan Inggris melaporkan hal yang sama semenjak isolasi digelar, yaitu Planet Bumi menjadi lebih sunyi.


Lapisan Ozon Pulih

Sejumlah peneliti menyatakan lubang pada lapisan ozon di atas Antartika terus mengalami pemulihan. Pemulihan ini terjadi akibat berkurangnya penggunaan Klorofluorokarbon (CFC) pada kulkas dan botol spray.

Perbaikan ozon pun ini telah mengubah sirkulasi udara di atmosfer. Hal ini berpengaruh pada temperatur atmosfer, cuaca, tingkat curah hujan, serta dapat menyebabkan perubahan suhu laut dan konsentrasi garam.

Lapisan ozon adalah bagian dari atmosfer yang ada di lapisan stratosfer Bumi. Lapisan ini melindungi warga Bumi dari radiasi ultraviolet dari Matahari. Tanpa lapisan pelindung radiasi ini, nyaris tak ada yang bisa bertahan hidup di Bumi.

Salah seorang peneliti dari Universitas Colorado Boulder, Antara Banerjee mengaku menggunakan data dari pengamatan satelit dan simulasi iklim untuk mendeteksi pemulihan ozon. Banerjee dkk juga memodelkan perubahan pola angin terkait dengan pemulihan lapisan ozon.

Dengan metode itu, Banerjee menyampaikan pemulihan ozon sebagian besar berkat Protokol Montreal yang disepakati secara internasional pada tahun 1987, yang melarang produksi zat perusak ozon, seperti CFC.

“Kami menemukan tanda perubahan perubahan iklim di belahan Bumi selatan, terutama pada pola sirukulasi aliran udara,” tuturnya seperti dilansir CNN.

Banerjee mengatakan penyusutan lubang ozon berkat Perjanjian Montreal yang disepakati pada 1987. Perjanjian itu yang untuk mengurangi pengunaan CFC itu dinilai telah berhasil membalikkan kerusakan yang telah dilakukan manusia terhadap planet bumi.

“Jika kita tetap mematuhi protokol ini maka lubang ozon diproyeksikan untuk pulih. Di beberapa daerah, kami pikir itu mungkin terjadi dalam beberapa dekade mendatang dan di tempat lain jauh di akhir abad ini,” ujarnya.

Ia memperkirakan kembalinya kondisi ozon seperti tahun 1980-an baru bisa terjadi sekitar 2030 di belahan bumi utara. Sementara untuk belahan bumi selatan pada 2050, dan lapisan ozon di Antartika baru bisa pulih pada akhir 2060-an.

Melansir New Scientist, lubang ozon membuat arus udara yang disebut aliran jet garis lintang di belahan bumi selatan secara bertahap bergeser ke Kutub Selatan sebelum 2000.

Namun, berdasarkan studi yang mereka lakukan, aliran jet ini berhenti sejak 2000 dan bahkan berbalik arah. Berhentinya pergerakan in dimulai ketika lubang ozon membaik.


Perubahan Iklim

Martyn Chipperfield dari Universitas Leeds yang tidak terlibat dalam penelitian mengatakan telah melihat tanda-tanda bahwa lapisan ozon sedang pulih dan menilai penelitian itu merupakan langkah selanjutnya untuk melihat efek dari pemulihan ozon terhadap perubahan iklim.

Menurutnya, bukan hanya pulihnya lapisan ozon yang berpengaruh pada aliran jet ini. Kadar karbondioksida juga memiliki peran.

Menurut mereka, pada 2000 ketika aliran jet terhenti sementara, saat itu terjadi keseimbangan antara kadar karbondioksida yang mengalirkan udara ke selatan dan pemulihan ozon yang mendorong aliran jet ke utara.

Melansir The Independent, efek dari aliran yang berhenti sementara ini bervariasi di tiap wilayah. Sebagai contoh di Australia sebelum tahun 2000, diperkirakan musim gugur lebih kering dari saat ini. Sebab, aliran jet ini mendorong badai yang membawa hujan dari wilayah itu.

Chipperfield mengatakan penting untuk mengetahui aspek mana dari perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi karbon dioksida dan akibat lubang di ozon.


Sumber : https://jeda.id/real/sunyinya-bumi-d...h-pandemi-5019

Diubah oleh daily.planet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
06-04-2020 23:36
Ada jalannya utk memulihkan diri dari wabah polusi dan ketamakan manusia emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dogmonoteis dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
06-04-2020 23:41
Hoax emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan darck91 memberi reputasi
1 1
0
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
06-04-2020 23:42
ad jg ya sisi positifny....
emoticon-Cool

selain pedagang n pembuat masker....
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan sanyhani memberi reputasi
2 0
2
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
06-04-2020 23:55
baguslah gan...


trit jamin sepi, ga bahas anis - jokowi
emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
06-04-2020 23:58
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whyjtilpg dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 00:03
Sisi positif yang benar benar ane rasakan

ane tidak perlu mendengar cacian dan kebencian kepada kafir yang slelau diagaungkan penceramah dengan toa ajaib ketika solat Jumat


emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Air.Gate dan 15 lainnya memberi reputasi
13 3
10
Lihat 21 balasan
Memuat data ..
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 00:09
Bulan ini kok jadi dingin yak emoticon-Bingung kek bulan Januari
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 00:10
manusia ternyata virusnya emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 00:54
Hewan2 liar itu adalah rumah/inang alami buat berbagai macam virus, dan keluarag virus corona hanya salah satunya. Hutan tempat tinggal hewan dibabat habis, hewannya sendiri diekploitasi, ya virus yg ada dilamanya keluar, rumahnya diobrak abrik. Ini bukan yg terakhir, kalo kelakuan manusia kaya gini terus, akan ada lagi pandemi2 selanjutnta. Keserakahan dan kelebihan populasi manusia adalah akar segara masalah. KB solusinya!! 1 keluarga 1 anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 01:01
Ketika bumi memaintenance dirinya untuk manusia.
Dan nanti manusia akan merusak bumi lagi.

Ketika TS salah kamar memuat trit ini di BP.
Dan nanti TS tak akan mengulangi lagi sebelum dibanned.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yudistira98 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 01:08
bagus deh klo lapisan ozon mulai pulih, moga terus sehat ozon nya....dan moga2, pas virusnya udah lenyap...kondisi bumi tetep kayak gini...lapisan ozonnya juga bisa berfungsi maksimal....alam emang punya cara sendiri buat menyembuhkan dirinya....
bener2 kayak film The Day After Tomorrow...
semoga ini bisa jadi pembelajaran buat manusia, untuk selalu menjaga bumi tercinta kita^^
mayan ada thread ginian...bosen liat berita soal Corona sama perselisihan di atas...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 01:09
Quote:Original Posted By Betjanda
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi


emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Betjanda memberi reputasi
2 0
2
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 01:11
Heal the world.

Make it a better place.

For you and for me, and the entire human race.

emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 01:47
Alam sedang memulihkan dirinya sendiri...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sanyhani dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 02:37
😁stlah korona ntar juga tetep ancur..pupulasi bumi naek drastis,manusia kan hobiny perusak😓
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sanyhani dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 02:43
Moga aza corona ini beneran jd seleksi alam

Yg jarang cuci tangan siap2 aza emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sanyhani dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 02:47
Quote:Original Posted By boringman2
Hewan2 liar itu adalah rumah/inang alami buat berbagai macam virus, dan keluarag virus corona hanya salah satunya. Hutan tempat tinggal hewan dibabat habis, hewannya sendiri diekploitasi, ya virus yg ada dilamanya keluar, rumahnya diobrak abrik. Ini bukan yg terakhir, kalo kelakuan manusia kaya gini terus, akan ada lagi pandemi2 selanjutnta. Keserakahan dan kelebihan populasi manusia adalah akar segara masalah. KB solusinya!! 1 keluarga 1 anak


Quote:Original Posted By i.am.legend.
Haram!!!!

4 istri 28 anak.

emoticon-Cool


1 anak dapat subsidi
2 anak standar
3 anak lebih dipajakin duitnya,

Dunia akan stabil dan bahagia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sanyhani dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 04:22
Jalanan aj sepi bener....

Enak kalo buat jalan jalan, tapi ga bolehh...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 04:31
Cara alam merefresh,
Habis manusia gak ada habisnya aktifitas, mau hari libur tetap aja kejar target, alam diporsir, diperas terus.
Kalo jaman dulu yg terbaca historinya, setiap tahun ke tujuh stop aktifitas, bajak tanah dan panen tidak ada. Penjelasannya utk penghormatan sang pencipta.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
07-04-2020 05:25
Sunyinya Bumi dan Pulihnya Lapisan Ozon di Tengah Pandemi
di kutub utara ada lubang ozon yg besar

BATA!
Diubah oleh red.bezos
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
0 1
-1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia